Curug Cibeureum salah satu objek wisata alam yang memesona di Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Menawarkan panorama air terjun yang menyegarkan, jembatan beton dan telaga biru yang berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Harga Tiket: Rp 16.000, Jam Operasional: 07.30-13.00 WIB, Alamat: Jl. Cisarua Puncak KM.10, Desa Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Jawa Barat termasuk provinsi di Indonesia yang menawarkan banyak wahana wisata. bagi Anda yang sedang liburan di Jawa Barat, Cianjur bisa menjadi pilihan. Sebab, Anda bisa menemukan curug cantik yang dikenal dengan Curug Cibeureum. Curug ini sangat cocok untuk Anda yang gemar berpetualang, karena memiliki jalur trekking yang terbilang lengkap.

Sekilas Tentang Curug Cibeureum

Tentang Curug Cibeureum
Image Credit: Twitter.com @theluxuryadhara

Curug Cibeureum berada di kaki Gunung Gede Pangrango, sehingga masih masuk kawasan Taman Nasional Gunung Gede Parango. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango sendiri adalah taman nasional paling tua di Indonesia dan sudah ditetapkan sebagai taman nasional dari tahun 1980. Tak heran jika tempat ini menjadi surga bagi para pecinta alam.

Dan keberadaan Curug ini tentu saja berhasil menambah daya tarik dari Taman nasional ini. Air terjun ini termasuk air terjun yang kondang di media sosial karena kecantikannya. Berada di ketinggian sekitar 1625 mdpl dan terletak di jalur pendakian membuatnya banyak dikunjungi para pendaki. Dan tentu saja memiliki pesona yang luar indah.

Udaranya yang sejuk karena berada di tengah pegunungan juga membuat curug ini menjadi tujuan para pelancong. Curug Cibeureum sendiri dalam bahasa Sunda memiliki air terjun merah. Hal ini bukanlah tanpa alasan, tebing di balik air terjun ini ditumbuhi lumut yang berwarna merah. Curug ini juga sebenarnya terdiri dari 3 curug yang berbeda.

Curug inilah yang menjadi air terjun utama. Kedua curug lainnya dikenal dengan Curug Cidendeng dan Curug Cikundul. Dimana Curug Cikundul memiliki lokasi yang lebih tersembunyi, membuat tidak banyak pelancong yang mengunjunginya. Tentu saja, Anda bisa sekalian menikmatinya karena letaknya saling berdekatan.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Cibeureum

Daya Tarik Curug Cibeureum
Image Credit: Google Maps (Kubay Channels)

Sebenarnya, untuk bisa menjangkau curug ini pengunjung harus melakukan perjalanan yang tidak ringan. Pengunjung harus terlebih dahulu treking, karena lokasinya yang memang berada di tengah jalur pendakian. Treking yang harus ditempuh pengunjung sekitar 2,8 km. Membutuhkan waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam tergantung kecepatan langkah Anda.

Jalurnya terbilang menantang, medannya penuh tanjakan dan jalannya berbatu. Tenang saja, sepanjang perjalanan ini Anda akan dihibur dengan keindahan alam sekitarnya. Bentang alam di kawasan curug ini memang luar biasa mempesona. Nantinya Anda bisa beristirahat terlebih dahulu di pos 2. Biasanya pengunjung akan menyempatkan mengambil beberapa foto.

Melanjutkan langkah Anda, Anda akan melewati jembatan kayu yang cukup lebar. Anda akan ditemani dengan udara yang sejuk, sesekali kabut akan datang. Suara gemericik air di sungai yang alirannya jernih juga menambah suasananya. Barulah setelah melewati tangga ini, Anda harus kembali menjajaki beberapa tangga yang tersusun dari bebatuan.

Perjalanan sampai di pos 3 masih berupa jalan setapak berbatu. Anda hanya perlu mengikuti aliran sungai yang berada di sebelah kanan untuk sampai di Curug Cibeureum. Begitu Anda melihatnya, semua lelah selama treking akan menguap. Perjuangan Anda akan terbayar lunas ketika melihat eloknya air yang jatuh dari ketinggian ini.

Tinggi air terjun ini sekitar 40 meteran, dengan debit air yang deras. Airnya begitu jernih dan terbilang dingin ketika Anda menyentuhkan airnya. Sekitar curug dikelilingi tebing kokoh dengan hutan rimbun yang hijau. Udaranya yang sejuk turut serta menjadi daya tarik dari tempat cantik ini. Dijamin semua lelah dan penat Anda akan langsung terhempas.

Daya Tarik Cibeureum
Image Credit: Facebook.com (Andri Priatna)

Begitu Anda singgah ke Curug Cidendeng, Anda akan menyaksikan curug yang lebih ramping namun juga lebih tinggi. Keberadaannya berada di tengah tengah antara air terjun Cibeureum dan Cikundul. Di bawah masing masing curug terdapat kolam alami yang terbentuk dengan bebatuan besar yang menghiasinya.

Dengan suasana yang asri dan tenang ini, bukan hal yang mengherankan jika Curug Cibeureum berhasil menarik perhatian wisatawan. Bahkan yang mengunjunginya tak hanya wisatawan dalam negeri, namun juga turis dari mancanegara. Kemolekan panorama yang ditawarkan tak akan membuat Anda menyesal sudah menginjakkan kaki di curug ini.

Tidak hanya memiliki panorama indah, curug ini juga memiliki mitos yang menjadi daya tariknya. Selain karena lumut warna merahnya, ada juga kepercayaan yang turun temurun masih dipegang teguh. Di bawah air terjun terdapat sebuah batu yang konon merupakan seorang pertapa. Pertapa tersebut bermeditasi terlalu lama hingga berubah menjadi batu.

Kemudian menyebabkan aliran airnya menjadi merah. Jika menurut cerita yang beredar, batu besar yang lokasinya di tengah tengah adalah perwujudan dari seorang pertapa tersebut. Apapun mitos yang beredar, mau percaya atau tidak sebagai seorang pendatang ada baiknya untuk tetap menjaga sopan santun saat liburan di suatu tempat baru.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Curug Cibeureum

Alamat Curug Cibeureum
Image Credit: Google Maps (Yuli Awe)

Alamat lengkap dari destinasi wisata Cianjur ini berada di Desa Sindangjaya. Tepatnya di kecamatan Cipanas, Kab. Cianjur. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju wisata curug ini baik dari Bogor atau Jakarta. Rute menuju lokasi terbilang mudah, Anda bisa masuk Tol Jagorawi untuk menuju Puncak.

Setelah di kawasan Puncak, Anda bisa langsung lurus untuk menuju Cisarua, Puncak Pass dan Ciloto hingga pertigaan Cibodas. Anda silahkan mengambil arah kanan, akan ada papan petunjuk untuk menuju Kebun Raya Cibodas. Kemudian ikuti saja petunjuk arah hingga sampai di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, petunjuk arahnya terbilang jelas.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, sebenarnya Anda juga bisa memanfaatkan kendaraan umum. Naik saja bus dari terminal Kampung Rambutan dan mengambil jurusan Cianjur. Ada baiknya jika Anda bertanya lebih dahulu apakah nanti bisa melewati puncak atau tidak. Jika lewat Anda bisa turun di Kebun Raya Cibodas dan lanjut naik angkot Cipanas sampai Cibodas.

Kemudian silahkan turun di terminal Cibodas. Dari terminal ini perjalanan bisa dilanjutkan dengan jalan kaki atau mencari kendaraan lain hingga bertemu papan petunjuk menuju Curug Cibeureum. Disarankan menggunakan kendaraan pribadi lebih fleksibel dan lebih nyaman. Anda bisa memanfaatkan GPS Anda untuk tiba di curug ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Curug Cibeureum

Harga Tiket Curug Cibeureum
Image Credit: Google Maps (Parta Wijaya)

Wisata alam ini memang masih sangat alami, tapi pengelolaannya sudah baik. Untuk menghabiskan liburan di tempat ini, Anda harus mengeluarkan biaya tiket masuk. Tenang saja, harganya tak akan menguras kantong Anda. harga tiket masuk dibanderol sekitar Rp 16 ribu di hari biasa dan Rp 18.500 ketika di hari libur. Harga tiket belum termasuk tarif parkir dan bisa berubah sewaktu waktu.

Anda bisa datang kapan saja, karena buka dari Senin hingga Minggu. Namun untuk jamnya perlu Anda perhatikan, waktu operasional dibatasi hingga 13.00 WIB. Walaupun jam bukanya hingga 15.00 WIB. untuk itu ada baiknya datang dari pagi, mengingat waktu untuk treking juga tidak sebentar. Dan Anda juga akan lebih puas menikmati keindahan curugnya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Cibeureum

Kegiatan di Curug Cibeureum
Image Credit: Google Maps (Fajar)

1. Menikmati Pesona Bentang Alamnya

Kegiatan yang tak bisa dilewatkan pengunjung adalah menikmati keindahan alamnya. Tidak hanya di curugnya, sepanjang perjalanan pengunjung juga akan dimanjakan dengan pesonanya. Dipadu dengan udaranya yang sejuk dan deretan pepohonan hijau menambah suasana asrinya. Dijamin Anda tidak ingin cepat cepat pulang saat kemari.

2. Bermain Air

Sembari menikmati pemandangan air terjunnya, Anda juga bisa bermain air di aliran air terjun ini. Kesegaran airnya yang jernih mengundang siapapun untuk menjajal kesegarannya. Karena alirannya deras, pengunjung yang ingin mendekat ke arah air terjun harus selalu berhati hati. Selain itu airnya juga sangat dingin, sehingga tak disarankan untuk yang tak tahan dingin.

3. Berkemah

Kegiatan menarik yang bisa dilakukan pengunjung lainnya adalah berkemah. Lokasi air terjun tak terlalu jauh dari Mandalawangi Campground. Hanya butuh jarak 1 km, wisatawan sudah bisa mendirikan tenda di kawasan ini. Berkemah akan semakin seru jika Anda bersama dengan teman teman atau keluarga. Karena bisa menambah keakraban di antara Anda.

Alamnya yang asri memang membuat Anda tak ingin segera beranjak. Karena masih belum ada penginapan di dalam kawasan ini, maka Anda yang ingin lebih lama menikmati keindahannya hanya bisa dengan camping. Menghabiskan malam dengan api unggun dan saling bercengkrama pasti akan memberikan pengalaman tak terlupakan.

Kegiatan Curug Cibeureum
Image Credit: Instagram.com @armandaferry

4. Singgah di Telaga Biru

Selama treking sebenarnya Anda akan melewati Telaga Biru. Lokasinya sekitar 1,5 km dari pintu masuk curug. Anda bisa menjadikan spot ini untuk beristirahat sembari menikmati keindahannya Danau tenang dengan warna air warna biru ini dikelilingi pepohonan hijau yang menentramkan. Spot ini adalah spot favorit untuk mengambil beberapa foto kekinian.

5. Hunting Foto

Rasanya tidak lengkap jika mengunjungi tempat seapik ini tanpa membawa kamera. Karena perjalanan liburan ini juga bisa Anda jadikan ajang berburu foto cantik. Di Curug Cibeureum terdapat banyak spot foto yang cocok untuk mengambil potret kekinian. Spot paling favorit adalah di sekitar curug, jembatan Panjang Rawa Panyangcangan dan juga Telaga Biru.

Fasilitas Umum dan Tips Saat Liburan di Curug Cibeureum

Fasilitas di Curug Cibeureum
Image Credit: Google Maps (Kaya Kenal)

Fasilitas yang dihadirkan di wisata alam Cianjur ini terbilang sudah memadai. Anda bisa menemukan area parkir luas yang bisa menampung kendaraan Anda. Selain itu Anda juga bisa menemukan kamar mandi umum di sekitar curug. Tidak hanya itu hadirnya mushola juga bisa memudahkan pengunjung agar tak melewatkan ibadah.

Beberapa pos untuk tempat beristirahat juga bisa Anda temukan sepanjang jalur pendakian. Pada pos pertama Anda bisa menemukan pusat informasi, tempat istirahat juga toilet. Jika Anda membutuhkan makanan dan minuman, bisa ditemukan di sekitar parkir. Beberapa gazebo juga sengaja dihadirkan untuk menjadi tempat istirahat pengunjung.

Ketika Anda menghabiskan waktu di tempat ini, pastikan menyiapkan kondisi tubuh agar tetap fit. Jangan lupa untuk menggunakan alas kaki dan pakaian yang nyaman. Alangkah baiknya untuk membawa bekal seperti makanan dan minuman untuk perjalanan. Apabila Anda berencana untuk basah basahan, pastikan juga untuk membawa baju ganti atau pakaian hangat.

Keindahan Curug Cibeureum memang sangat sayang untuk dilewatkan. Pesona alamnya yang luar biasa membuatnya sangat cocok untuk habiskan akhir pekan atau liburan. Walaupun Anda harus menyiapkan fisik sebelum menjangkaunya. Pastikan menjadi wisatawan yang bijak dengan tidak meninggalkan sampah di lokasi wisata ini. Dengan begitu keindahannya akan tetap terjaga.