Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 06.00-18.00 WIB, Alamat: Jonggol, Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Kota Bogor sangat terkenal dengan banyaknya curug. Salah satu curug yang patut disambangi bagi para traveler adalah Curug Ciburial di Kawasan Jonggol. Air yang jernih dengan keheningan alam, cocok pagi penduduk kota yang ingin menghirup udara bebas polusi.

Wisata alam curug ini menyuguhkan pesona yang tak kalah cantik meskipun ketinggiannya hanya 5 meter saja. Anda bisa sekedar bersantai menikmati udara atau berswafoto dengan orang terkasih. Air terjun yang mengalir bebas dengan dihiasi bebatuan serta rumput liar di sekitar tebing memberikan suasana baru yang tak bisa Anda dapatkan di perkotaan.

Bagaimanapun, sangat menarik untuk mengetahui salah satu wisata curug atau air terjun yang sangat cantik ini. Oleh karenanya, Anda tak perlu bingung lagi menentukan tujuan liburan akhir pekan bersama keluarga, sahabat, ataupun orang kekasih Anda.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Ciburial

Daya Tarik Curug Ciburial
Image Credit: Google Maps Barometer Adventure Indonesia

1. 1 Tiket untuk 4 Lokasi Wisata

Lokasi Curug Ciburial berdekatan dengan curug-curug yang lainnya. Dalam satu pembelian tiket, wisatawan sudah bisa mendatangi tiga lokasi wisata lain yaitu Curug Kembar, Curug Hordeng dan Curug Cileungsi. Sangat cocok bagi kantong pelajar yang ingin berwisata dengan murah.

Keempat curug dapat dijangkau dengan berjalan kaki. Jalan yang dilalui cukup curam dan terjal sehingga disarankan bagi para wisatawan untuk memakai sepatu sport agar tetap aman. Medan yang ekstrem dan licin bisa menjadi kesenangan tersendiri bagi Anda pecinta tantangan.

Perjalanan yang ditempuh untuk menuju lokasi air terjun adalah 20 menit kemudian tak jauh dari lokasi ini terdapat Curug Hordeng yang dapat ditempuh dalam waktu 5 menit saja. Lokasi yang cukup dekat sangat membantu dalam menghemat tenaga.

2. Kolam Alami

Curug Ciburial menawarkan kolam yang segar yang menyejukkan mata. Wisatawan dapat bebas berenang, mandi, atau hanya sekedar bermain air karena kedalaman kolam yang hanya 1 meter aman untuk beraktivitas termasuk juga aman bagi anak-anak.

Air kolam curug terbilang cukup jernih namun lumut di sekitarnya membuat warna air agak kehijauan. Meskipun demikian, kesejukan air yang menerpa kulit saat bermain air di kolam ini dapat memberikan pengalaman menyenangkan bagi wisatawan.

3. Spot Foto Hits

Bagi kalangan anak muda zaman sekarang masih belum lengkap rasanya jika tak mengambil gambar di lokasi wisata yang cantik. Pemandangan indah yang disuguhkan objek wisata curug ini terbilang cukup menarik untuk dipamerkan di sosial media.

Pesona alam yang masih alami terlalu sayangkan untuk dilewatkan begitu saja. Keindahan tebing, air terjun, bebatuan, dan hutan yang rimbun menyatu dengan indah, wajib untuk diabadikan.

Gaya apapun yang Anda tampilkan akan tetap menarik dengan latar belakang keindahan alam Curug Ciburial. Anda bisa mengambil spot foto seperti di sekitar tebing, bebatuan, atau saat Anda menyelami kolam di bawah curug.

Lokasi yang berada di sekitar tebing mengharuskan Anda berhati-hati saat berfoto karena dapat membahayakan keselamatan Anda jika sampai terpeleset dari tebing. Untuk itu jangan terlalu dekat dengan tebing saat berfoto.

Lokasi wisata yang tak hanya satu tempat saja memberikan banyak sekali spot foto lain yang dapat Anda gunakan untuk latar belakang foto Anda agar tampak lebih indah dan estetik.

Saran bagi pengunjung yang ingin berfoto dengan bebas di lokasi ini harus datang saat hari kerja karena pengunjung akan lebih sepi daripada hari libur. Tak akan rugi jika mau meluangkan waktu untuk mendatangi lokasi ini saat ada waktu luang meskipun bukan hari libur.

Daya Tarik Dimiliki Curug Ciburial
Image Credit: Google Maps Sanjaya Ariep

4. Tebing Menawan

Pemandangan tebing yang disuguhkan selama perjalanan menuju air terjun Ciburial menjadi salah satu daya tarik lokasi wisata ini. Selain itu, tebing yang terdapat di sisi kanan kiri air terjun juga memberikan ornamen alami yang memanjakan mata.

Ketinggian tebing di sekitar curug yang bervariasi, memungkinkan wisatawan untuk memanjat tebing yang rendah. Namun Anda harus tetap berhati-hati karena medan yang licin. Tetap utamakan keselamatan Anda selama berwisata.

5. Aliran Sungai

Air terjun yang mengalir bebas dari ketinggian dan jatuh ke kolam di bawahnya memberikan kesenangan saat melihatnya. Alirannya yang deras dan suara gemericik air bisa menjadi penenang setelah lelah bekerja.

Anda bisa sekedar memasukkan kaki ke dalam air untuk menikmati kesejukkan airnya. Jika Anda ingin mandi di aliran sungainya juga memberikan pengalaman seru yang tak terlupakan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Lokasi Curug Ciburial
Image Credit: Google Maps Oman Homsa

Curug Ciburial berada di Kecamatan Madang di daerah Sentul, Bogor. Tak jauh dari Ibu Kota Jakarta. Bagi Anda masyarakat Ibu Kota yang ingin mendapatkan suasana baru dan udara bersih, bisa langsung mendatangi lokasi ini karena jaraknya yang terbilang cukup dekat dan tentu saja murah.

Dari Jakarta, jarak curug ini hanya sekitar 60 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu 2 jam saja. Sementara itu jika Anda berada di pusat Kota Bogor, Lokasi curug hanya berjarak 32 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu 1 jam.

Rute perjalanan yang bisa Anda lalui dari Kota Bogor yaitu Jalam Rumah Sakit I kemudian melalui Jalan Raya Pajajaran setelah itu Jalan Tol Jagorawi, Masuk ke Jalan Raya Tajur kemudian Jalan Raya Ciherang Lame, Jalan Cibadak Sumakmur, Jalan Raya Rasamala, Jalan Gunungwangun, dan Anda akan menemukan gerbang masuk lokasi wisata curug.

Gerbang masuk lokasi wisata berupa gapura sederhana yang terbuat dari bambu dengan banner bergambarkan keempat lokasi wisata curug yang ada disana. Anda bisa membeli tiket masuk lokasi wisata disini.

Perjalanan menuju Curug Ciburial dari lokasi pembelian tiket adalah 20 menit. Anda akan melalui jalan setapak dengan medan yang cukup ekstrem karena jalan yang terjal dan licin. Namun, selama perjalanan, Anda akan disuguhkan pemandangan tebing, hutan, dan bebatuan alami yang menyatu dengan indah di alam.

Lokasi wisata ini menyediakan jalur trekking meski harus menyusuri sungai. Namun, masyarakat sekitar yang bertugas mengelola tempat wisata ini sangat memperhatikan kenyamanan pengunjung. Mereka menyediakan tali di lokasi tertentu yang terbilang cukup ekstrem untuk kemudahan wisatawan yang memilih jalur ini.

Jembatan-jembatan sederhana juga sudah dibangun di jalur menuju curug. Hal ini untuk membantu meringankan perjalanan di medan yang cukup ekstrem ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Curug Ciburial
Image Credit: Google Maps SUSANTO SUSANTO

Tiket masuk lokasi wisata air terjun Ciburial dibanderol dengan harga Rp 20.000 dengan tambahan uang parkir senilai Rp 5.000 dalam sekali kunjungan. Disini juga menyediakan penitipan helm dengan tarif Rp 3.000. Cukup dibilang standar bahkan relatif murah karena wisatawan bisa berkunjung ke empat lokasi wisata sekaligus.

Seperti lokasi wisata lain pada umumnya, harga tiket akan berbeda pada hari-hari tertentu. Namun, harga standar yang ditetapkan untuk pengunjung adalah nominal yang telah disebutkan tadi.

Adapun jam operasionalnya, dibuka pada pukul 06.00 hingga menjelang malam pada pukul 18.00 WIB. Wisatawan dapat berkunjung setiap hari karena tidak ada libur bagi destinasi wisata cantik ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Ciburial

Kegiatan Menarik Curug Ciburial
Image Credit: Google Maps Putri Wanasita

1. Mandi di Kolam Alami

Kolam alami yang disuguhkan sangat disayangkan untuk dilewatkan tanpa dijelajahi sama sekali. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mempersiapkan kebutuhan pribadi seperti baju ganti dan peralatan berenang seperti kacamata air agar Anda dapat menikmati isi sungai yang terbilang cukup jernih ini.

Berenang sambil menikmati keindahan Curug Ciburial adalah salah satu kegiatan menarik yang patut Anda coba saat berkunjung kesini. Namun semua kegiatan yang Anda lakukan harus tetap berhati-hati karena keselamatan Anda adalah yang utama.

Jangan khawatir dengan toilet dan kamar ganti, lokasi wisata ini sudah menyediakan toilet bagi para pengunjung dengan tarif normal Rp 3.000 untuk sekali pakai. Fasilitas ini cukup menjadi salah satu fasilitas penting yang dibutuhkan bagi para pengunjung.

2. Mendaki

Seperti yang telah disinggung tadi, Curug Ciburial dapat ditempuh dengan jalur pendakian terlebih dulu. Oleh karena itu, bagi Anda yang suka mendaki sangat disarankan untuk mencoba medan untuk menuju curug ini. Jangan khawatir, perjalanan Anda akan terbayar ketika sampai di lokasi karena keindahan alami curug yang akan memuaskan indra penglihatan Anda.

Bagi anda yang gemar memakai sandal gunung saat mendaki disarankan untuk memakai sepatu sport saja seperti yang sudah disinggung sebelumnya. Hindari alas kaki yang licin karena akan sangat berbahaya jika Anda memakai alas kaki yang kurang tepat untuk perjalanan menuju curug.

Tak hanya itu, Anda sebaiknya juga meluangkan waktu untuk beristirahat sejenak dari medan perjalanan yang cukup ekstrem. Anda bisa beristirahat sambil mengambil gambar dari keindahan alam yang disuguhkan.

Anda bisa memotret keindahan alam Curug Ciburial dengan gadget yang Anda bawa. Atau bisa juga dengan kamera jika menginginkan hasil jepretan yang lebih indah.

Kegiatan Menarik di Curug Ciburial
Image Credit: Google Maps OM ICHWAN

3. Piknik

Bagi anda yang ingin menikmati suasana dengan berpiknik santai. Anda bisa melakukannya disini, disarankan membawa bekal makanan dari rumah. Tapi jangan khawatir jika Anda tidak membawa bekal sendiri, tersedia banyak warung yang menjual makanan di sepanjang jalur wisata.

Menu makanan dan minuman yang ditawarkan terbilang sederhana seperti teh, kopi, gorengan, dan air kelapa muda. Namun, cukup mengenyangkan dan bisa menjadi tambahan sumber tenaga untuk melalui medan ekstrem curug ini.

4. Berkemah

Terdapat tempat khusus kemah di sekitar Curug Ciburial. Selama perjalanan menuju curug Anda akan menemukan lokasi perkemahan ini. Bagi wisatawan yang ingin berkemah dan bermalam disini sudah disediakan tempat yang nyaman dengan pemandangan indah Gunung Kuta.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Curug

Fasilitas Curug Ciburial
Image Credit: Google Maps muiz abdul

Destinasi alam Curug Ciburial ini telah dilengkapi fasilitas-fasilitas umum bagi pengunjung. Seperti tempat parkir kendaraan baik motor maupun mobil yang cukup luas. Jika anda ingin helm Anda aman dari pencurian, disini juga disediakan tempat penitipan helm.

Jangan khawatir mengenai toilet umum karena pengelola lokasi wisata ini telah menyediakan toilet serta kamar ganti jika Anda ingin mandi di kolam curug. Apabila ingin membeli makanan dan tidak sempat membawa bekal, disini sudah tersedia warung-warung.

Sayangnya tidak ada fasilitas tambahan lain, lokasi wisata ini hanya mengandalkan wisata alamnya saja tanpa ada tambahan fasilitas untuk bermain. Namun terlepas dari itu semua, Curug Ciburial di Jonggol, Bogor sudah memberikan keindahan alam yang cukup memuaskan dan menyenangkan.