Menikmati Keindahan Alam Curug Cigentis di Karawang

Curug Cigentis Karawang

Lokasi: Mekarbuana, Kec. Tegalwaru, Kab. Karawang.
MapCek Lokasi

Jika anda mengunjungi Karawang, maka salah satu wisata alam yang bisa untuk anda kunjungi adalah curug. Untuk itu, selagi bingung untuk memilih lokasi destinasi wisata untuk keluarga anda, maka anda pun bisa memilih Curug Cigentis sebagai salah satu alternatif anda. Apa saja yang bisa anda lakukan di curug satu ini? Bagi anda yang masih penasaran, maka anda pun bisa menyimak ulasannya berikut ini.

Rute Menuju Lokasi Curug Cigentis, Karawang

Rute Menuju Lokasi Curug Cigentis

Image Credit: Travelspromo.com

Kabupaten yang berada di Jawa Barat ini ternyata memiliki beberapa destinasi wisata alam yang sangat apik untuk anda kunjungi. Untuk itu, dengan menawarkan beragam tempat wisata yang menakjubkan dan juga panorama yang indah, maka dari itu akan sangat disayangkan sekali jika anda ke Karawang namun belum mengunjungi Curug Cigentis. Curug yang berada di Desa Mekar Buana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang menjadi tempat yang wajib untuk anda singgahi.

Tempat satu ini memiliki lokasi yang cukup strategis untuk anda jangkau. Hal ini dikarenakan tempat satu dapat dengan mudah untuk dijangkau dari mana saja. Sehingga tak heran jika banyak wisatawan yang menjadikan tempat satu ini sebagai salah satu tempat rujukan untuk berwisata saat akhir pekan. Jika anda merupakan wisatawan yang berasal dari daerah Jakarta, maka anda pun bisa mengunjungi curug satu ini melalui jalur Depok.

Dengan melewati jalur alternatif yakni Cileungsi dan Jonggol maka anda pun akan bisa sampai di lokasi air terjun ini. Selain itu, bagi anda yang mengendarai kendaraan roda dua dari Jakarta dan Bekasi maka anda pun bisa melewati daerah Cibubur dan melanjutkan perjalanan ke Cariu dan menuju ke Pasar Loji. Setelah itu, jarak wisata air terjun ini pun sudah dekat dan nantinya anda pun akan bisa untuk menemukan warga desa yang menyediakan fasilitasn parkir dan menginap.

Rute Menuju Lokasi Curug Cigentis, Karawang

Image Credit: Radardjowo.blogspot.com

Sedangkan bagi anda yang berasal dari kota Bogor maka anda pun jauh lebih mudah untuk menuju ke lokasi satu ini. Bahkan anda pun nantinya juga bisa bersepeda untuk bisa sampai ke air terjun Cigentis ini. Karena memiliki jarak yang dekat, maka jalur dari Bogor – Curug Cigentis sering kali digunakan sebagai jalur lomba sepeda santai oleh skala nasional. Dimana nantinya akan melewati jalan yang memiliki banyak tanjakan dan juga berliku.

BACA JUGA:  20 Mall di Bandung yang Wajib Anda Kunjungi

Untuk anda yang berasal dari Bogor dan menggunakan jalur utara, maka anda pun nantinya bisa melalui jalur Cibadak. Sedangkan bagi anda yang menggunakan jalur selatan, maka anda pun nantinya bisa melewati jalur Cibodas. Kedua jalur tersebut memasuki area perhutanan. Sehingga tak heran nantinya anda akan bisa merasakan suasana yang sejuk dan asri serta akan sangat cocok bagi anda yang menempuhnya dengan menggunakan sepeda.

Dan bagi anda yang berasal dari kota Karawang sendiri, maka jika anda ingin mengunjungi curug satu ini anda bisa menempuhnya melalui jalan tol. Anda bisa mengambil rute jalan tol Cikampek sekitar 30 km dan nantinya akan keluar melalui pintu tol Asper. Setelah itu, nantinya anda pun bisa menuju kawasan Parakan Badak dan menuju ke Desa Jayanti. Selanjutnya, anda pun bisa sampai ke lokasi curug satu ini dengan hanya menempuh jarak sekitar 2 km saja.

Pesona Keindahan yang Ditawarkan Curug Cigentis

Pesona Keindahan yang Ditawarkan Curug Cigentis

Image Credit: Iklantravel.com

Untuk anda yang ingin merasakan keindahan dari curug satu ini, maka nantinya akan terdapat beragam fasilitas yang bisa untuk anda nikmati disini. Dimana curug yang memiliki debit air sangat banyak ini akan membuat anda nantinya puas untuk bermain air dan juga menikmati kesejukan air yang jatuh dari kolam. Selain itu, kondisi sungai di bawah air terjun ini pun cukup luas sehingga mampu untuk menampung debit air.

Dengan adanya batu batu besar yang berada di sungai tersebut juga bertujuan agar nantinya mampu untuk menahan air sehingga tidak menimbulkan banjir. Memiliki ketinggian yakni sekitar 25 meter, maka akan membuat anda bisa melihat keindahan dari air terjun satu ini. Ditambah lagi air tersebut tidak langsung turun ke dasar, melainkan menghantam batu batu yang berada di tebing sehingga akan membuat air mengalir dengan lebih melebar.

BACA JUGA:  16 Tempat Wisata di Karawang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tebing dari curug ini pun juga dikelilingi oleh pepohonan yang hijau. Dimana memiliki bentuk seperti lumut dan pohon merambat. Hal ini tentu saja akan membuat suasana dari tebing menjadi lebih hijau dan membuat air terjun lebih terlihat mempesona dan memanjakan mata anda. Dengan adanya tumbuhan hijau yang menutupi curug tersebut, maka hal ini akan membuat air terjun menjadi terlihat cantik dan tidak menakutkan.

Untuk itu, bagi anda yang berkunjung kesini maka anda pun nantinya akan bisa untuk menikmati pesona yang disuguhkan oleh Curug Cigentis ini. Anda pun bisa melihat keindahan dari air terjun ini sembari bersantai di atas batu besar dan juga bermain air. Tentu saja kegiatan ini pun akan bisa untuk sedikit menenangkan dan merilekskan pikiran anda.

Menyusuri Bebatuan Untuk Menikmati Keindahan Curug Cigentis

 

Bagi anda yang ingin mengunjungi curug satu ini, maka anda pun tak perlu untuk mengeluarkan biaya yang berlebih. Pasalnya dengan merogoh kocek sebesar 15 ribu rupiah saja, anda pun akan bisa untuk merasakan keindahan alam yang memanjakan mata dari air terjun satu ini. Dengan tarif yang cukup terjangkau tersebut maka anda pun juga akan bisa untuk mengeksplor segala bentuk keindahan yang ada di air terjun satu ini.

Ditambah lagi anda pun diperbolehkan untuk mengambil foto sepuasnya ketika berada di curug cigentis ini. Untuk bisa sampai ke air terjun, maka anda pun perlu berjalan sekitar 300 meter dari tempat loket. Jalan yang anda tempuh pun cukup mengasyikkan, dimana anda nantinya akan berjalan kaki dengan menyusuri hutan dan sungai. Ditambah lagi dengan banyaknya bebatuan yang ada di sekeliling akan membuat anda pun merasakan sensasi yang menakjubkan.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata Instagramable di Bandung Paling Hits

Ketika menyusuri jalan tersebut, maka anda pun nantinya juga akan mendengar suara gemuruh dari air terjun yang terasa menyejukkan. Hal yang pada umumnya dilakukan oleh pengunjung ketika berada disini adalah melakukan swafoto dengan latar belakang air terjun. Selain itu, anda pun juga bisa berenang dan mandi di sungai yang berada di air terjun tersebut. Tentu saja hal ini akan menyegarkan dan mampu untuk mengembalikan mood anda yang berantakan.

Dikarenakan ketika anda berjalan ke air terjun ini melewati medan bebatuan dan air, maka anda pun bisa membawa baju ganti. Hal tersebut sebagai jaga jaga apabila anda ingin berenang di air terjun satu ini. Selain itu, anda pun juga perlu untuk menyiapkan alas kaki yang nyaman untuk digunakan. Pasalnya medan yang akan tempuh cukup berair dan berbatu, sehingga sandal gunung merupakan alas kaki yang tepat untuk anda gunakan ketika berada disini.