Curug Ciherang, Wisata Air Terjun Memukau di Bogor

Curug Ciherang Bogor

Curug Ciherang di Bogor, salah satu air terjun populer di kalangan wisatawan. Wisata air di Kota Hujan yang memiliki beragam wahana menarik yang patut Anda kunjungi saat liburan.

Lokasi: Sirnajaya, Wargajaya, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor.
Map: Cek Lokasi

Selain berwisata ke Puncak, saat berada di Bogor Anda juga bisa mengunjungi keindahan Curug Ciherang. Panorama alam yang ada di air terjun ini sangat memanjakan mata. Air Terjun ini merupakan salah satu destinasi yang banyak diminati oleh warga Bogor dan sekitarnya. Hal tersebut dikarenakan Anda akan disuguhkan dengan pemandangan air terjun tiga tingkatan yang sangat indah. Selain itu, berbagai fasilitas lengkap akan menunjang kenyamanan dalam berlibur. Ingin tahu lebih lanjut tentang wisata satu ini? Simak ulasan berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Ciherang Bogor

Daya Tarik Curug Ciherang

Image Credit: Twitter.com @christian239_

Pemandangan alam yang akan Anda dapatkan ketika menginjakkan kaki di wisata satu ini sangatlah memanjakan mata. Meskipun menempuh perjalanan yang membutuhkan tenaga, namun keindahan tersebut akan terbayarkan ketika sampai di lokasi. Sepanjang trekking menuju ke air terjun, Anda tentu saja akan disuguhkan dengan hijaunya pepohonan yang ada di kanan dan kiri.

Panorama alam yang memukau di tengah hutan tersebut akan membuat Anda tidak merasakan letih. Anda bisa menjelajahi kawasan ini bersama teman dan kerabat agar perjalanan tidak terasa membosankan. Setelah melakukan trekking sekitar 15 menit, maka Anda akan bisa melihat keindahan Curug Ciherang.

Air terjun dengan ketinggian sekitar 30 meter ini akan menjadi panorama indah yang bisa Anda nikmati setelah lelah melakukan perjalanan. Untuk bentuknya sendiri, Anda akan mendapati air terjun yang terdiri dari beberapa undakan batuan yang terbentuk dengan alami. Ditambah dengan debit air yang terbilang cukup deras akan membuat Anda basah kuyup.

Daya Tarik Curug Ciherang Bogor

Image Credit: Twitter.com @goelaxteguh

Hal ini dapat terjadi ketika berada dalam jarak yang cukup dekat dengan air terjun. Keindahan lain yang bisa Anda temukan ketika berada disini adalah adanya kolam kecil. Kolam tersebut dapat Anda gunakan untuk bersantai dan berendam. Nantinya Anda akan bisa merasakan secara langsung kesegaran dari air yang mengalir di curug satu ini.

Berada di dataran yang cukup tinggi, berada disini Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan alam lain yang sangat mempesona. Anda bisa melihat panorama alam hijaunya pepohonan dari ketinggian. Selain itu, Anda pun akan merasa sangat bebas ketika berada di kawasan wisata satu ini.

Tak hanya itu saja, Anda juga akan disuguhkan dengan panorama alam indah dengan adanya gradasi batuan yang ditumbuhi oleh lumut. Tak hanya itu saja, berada disini Anda juga akan bisa melihat berbagai macam vegetasi dari tumbuhan rimbun yang ada di sekitarnya. Suasana yang alami akan membuat Anda betah untuk berlama lama di tempat satu ini.

BACA JUGA:  20 Mall di Bandung yang Wajib Anda Kunjungi

Alamat & Rute Menuju Lokasi Curug Ciherang

Rute Curug Ciherang

Image Credit: Google Maps (Eko Prastiv)

Apabila Anda tertarik untuk mengunjungi curug satu ini, maka Anda bisa mendatangi kawasan Jonggol. Lokasi ini masih berada di daerah Bogor. Untuk lebih lengkapnya, air terjun ini berada diantara dua buah desa yakni yang memiliki nama Wargajaya dan Sirnajaya, serta berada di Kecamatan Sukamakmur.

Dengan berada di ketinggian yakni sekitar 900 mdpl, maka hal ini akan membuat Anda bisa mendapatkan suasana alam yang sangat sejuk. Ditambah lagi Anda akan bisa menikmati air yang sangat jernih saat berada disini. Bagi Anda yang tertarik, maka Anda bisa menempuhnya dengan menggunakan jalur darat.

Terletak di sepanjang jalur alternatif menuju ke arah Puncak, maka bagi Anda yang berkendara dari pusat kota Jakarta akan bisa menempuhnya dalam waktu sekitar 3 jam. Ketika ingin berwisata ke tempat satu ini, Anda juga bisa menempuh jalan yang sudah sangat mulus.

Meskipun belum ada kendaraan umum yang melewati tempat ini, Anda tetap bisa menemukannya dengan mudah ketika berkunjung kesini. Untuk itu, disarankan Anda untuk mengendarai kendaraan pribadi saat ingin berwisata ke lokasi satu ini. Sehingga, Anda bisa menggunakan kendaraan berupa motor atau mobil untuk kesini.

Harga Tiket Masuk Curug Ciherang Bogor

Harga Tiket Curug Ciherang

Image Credit: Facebook.com @dheri.samudra

Menikmati keindahan air terjun satu ini, Anda pun tidak akan dipatok biaya yang mahal. Hal tersebut dikarenakan Anda akan cukup membayar sekitar 20 ribu rupiah saja, jika ingin memasuki kawasan ini. Selain itu, untuk Anda yang ingin menikmati wahana lain yang terdapat disini akan dikenakan biaya tambahan.

Sebut saja seperti untuk memasuki Jembatan dan Rumah Pohon Anda akan dikenakan biaya sekitar 5 ribu rupiah saja. Namun, kawasan satu ini memiliki tiket parkir yang lebih mahal dibandingkan dengan destinasi wisata lainnya. Hal tersebut dikarenakan Anda akan dikenakan biaya sekitar 15 ribu rupiah untuk motor dan biaya sekitar 25 ribu rupiah untuk mobil saat berada di tempat satu ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Ciherang

Kegiatan di Curug Ciherang

Image Credit: Facebook.com @curugciherangbogor

1. Menyusuri Jembatan Gantung

Saat berada di Curug Ciherang, Anda tak hanya akan disuguhkan dengan keindahan air terjun belaka. Melainkan banyak sekali wahana atau spot menarik yang bisa Anda gunakan untuk berfoto. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang berkunjung kesini, jangan lewatkan Jembatan Gantung yang hits.

Spot foto satu ini dapat menjadi salah satu lokasi yang ramai dipadati oleh pengunjung. Tak jarang ketika liburan atau akhir pekan tiba bahkan Anda pun diharuskan untuk antri ketika ingin berfoto di tempat satu ini. Oleh karena itu, Anda sebaiknya tidak melewatkan spot kekinian satu ini.

BACA JUGA:  35 Tempat Wisata di Depok Terbaru & Terhits Dikunjungi

2. Berfoto di Rumah Pohon

Selain Jembatan Gantung, wahana hits lainnya yang harus Anda coba ketika sedang berada di Curug Ciherang adalah Rumah Pohon. Berada di ketinggian, membuat wisata ini mempunyai pemandangan dan panorama yang sangat menakjubkan. Untuk itu, bagi Anda yang kesini akan bisa menemukan rumah pohon yang akan membuat Anda melihat ketinggian dari sudut pandang berbeda.

Dengan adanya ketinggian tersebut yang menginspirasi pengelola untuk membuat bangunan yakni rumah pohon yang bisa digunakan bagi wisatawan untuk berfoto. Selain menjadi salah satu spot yang ramai dikunjungi oleh pelancong, wahana ini pun juga akan menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah.

Dari sini Anda akan bisa melihat indahnya kota Bogor. Ciri khas dari rumah pohon yang ada di wisata air ini adalah memiliki cat berwarna merah. Bentuknya yang cukup unik membuat banyak orang ingin mengabadikannya untuk berfoto di tempat satu ini. Ketika kabut mulai turun, maka Anda akan mendapatkan pemandangan yang sangat indah.

3. Berenang di Kolam Renang Curug Ciherang

Selain dapat bermain air di curug, berada di destinasi ini Anda juga bisa berenang di kolam renang yang ada di sekitar air terjun. Udara yang sejuk dan airnya yang jernih akan membuat Anda tertarik untuk berenang. Lebihnya lagi, kolam renang satu ini juga berbentuk infinity pool.

Sehingga ketika Anda berada disini, maka Anda pun akan disuguhkan dengan pemandangan dari ketinggian yang sangat indah. Ketika Anda berenang disini, tentu saja akan lebih aman. Hal ini dikarenakan tempatnya hampir seperti waterpark namun dengan lahan yang lebih kecil. Bahkan permainan air seperti ember tumpah dan seluncuran kecil bisa Anda temukan di tempat satu ini.

4. Bermain di Air Terjun

Keindahan air terjun yang ada di lokasi ini memang tak bisa diragukan lagi. Ketika berada disini, Anda akan disuguhkan dengan air yang mengalir dari tebing bebatuan yang sangat mempesona. Anda pun bisa berfoto dengan spot yang sangat instagramable. Hal ini dikarenakan pemandangan berupa rimbunnya tumbuhan akan menjadi latar belakang yang bagus.

Selain itu, Anda juga bisa bermain air di sekitar air terjun. Namun, Anda pun juga perlu berhati hati ketika melangkah dari satu batu ke batu yang lain. Hal tersebut dikarenakan batu tersebut cukup licin. Untuk itu, sebaiknya Anda tidak berlarian atau melangkah dengan terburu buru saat berada di tempat wisata ini.

BACA JUGA:  25 Tempat Wisata di Sumedang Terbaru & Terhits Dikunjungi

5. Menyewa Kostum Hanbok

Tak perlu pergi ke Korea untuk memakai Hanbok. Hal ini dikarenakan saat Anda berwisata ke Curug Ciherang Anda bisa menyewa kostum tradisional Korea Selatan. Hal ini dilakukan oleh pengelola lantaran mengikuti tren yang sedang berlaku. Sehingga, dengan adanya penyewaan kostum ini pengunjung akan bisa berfoto layaknya sedang berada di Korea.

Pakaian khas yang berasal dari Korea ini juga sangat diminati oleh pengunjung. Hal ini dikarenakan banyak yang menyewanya sebagai outfit untuk berfoto di latar belakang air terjun atau hijaunya pemandangan yang membentang. Tentu saja, hal ini akan menjadikannya memiliki nilai estetika tersendiri di mata pengunjung.

6. Trekking

Saat berada di Curug Ciherang, kegiatan wajib yang pastinya harus Anda lakukan adalah trekking di jalur yang berbatu. Pasalnya, di destinasi satu ini Anda tak perlu khawatir untuk menempuh destinasi yang jauh. Sebab, dari area parkir hingga air terjun hanya perlu untuk berjalan kaki sekitar kurang lebih lima menit saja untuk bisa sampai ke air terjun.

Namun, selama perjalanan yang mudah tersebut Anda tetap harus berhati hati karena harus menempuh trekking di jalur yang berbatu. Pasalnya, trek yang harus Anda lalui untuk bisa sampai ke tempat air terjun bisa dikatakan lumayan menanjak. Ditambah dengan jalur tumpukan batu akan membuat Anda perlu waspada.

Meskipun melewati jalan yang terjal dan berliku, akan tetapi sepanjang perjalanan Anda nantinya akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat indah. Pepohonan hijau yang ada di sekitar air terjun akan membuat Anda terpukau. Selain itu, setelah menempuh perjalanan tersebut Anda juga akan mampu menikmati pemandangan air terjun yang sangat indah.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Ciherang

Fasilitas di Curug Ciherang

Image Credit: Google Maps (Yunita Tresnawati)

Berbicara tentang fasilitas yang ada di tempat satu ini dapat dikatakan cukup lengkap. Hal ini dikarenakan Anda akan menemukan banyak hal yang dapat menunjang liburan Anda. Diantaranya adalah toilet, hal tersebut akan memudahkan bagi Anda yang ingin basah basahan selama berada di Curug Ciherang.

Ditambah lagi, bagi Anda yang ingin berenang di tempat ini tak perlu khawatir. Sebab, wisata ini memiliki kamar bilas dan kamar ganti yang cukup bersih. Tak hanya itu saja, di sekeliling tempat wisata juga terdapat warung makan hingga pedagang yang menjajakan banyak dagangan. Hal ini akan membuat Anda bisa membeli camilan atau makanan ketika berada disini.

Curug Ciherang menjadi salah satu destinasi yang pas untuk menghabiskan liburan akhir pekan. Ketika berwisata di tempat satu ini, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat indah. Selain itu, berbagai kegiatan menarik juga bisa Anda lakukan disini. Sehingga, Anda tidak akan bosan jika mengunjungi wisata yang terletak di Bogor tersebut.