Harga Tiket: Rp 17.500, Jam Operasional: 07.30-17.00 WIB, Alamat: Cipancar, Serangpanjang, Pusakamulya, Kec. Kiarapedes, Kab. Subang, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Menghabiskan waktu liburan di air terjun juga bukanlah ide yang buruk. Anda bisa menikmati pemandangan alam hijau dengan air yang turun dari ketinggian sebagai atraksinya. Menginjakkan kaki di Subang, Anda bisa menjadikan Curug Cijalu sebagai tujuan wisata. Curug ini memiliki pesona yang luar biasa dan akan memberikan pengalaman yang berbeda. Air yang jatuh dari ketinggian ini juga memiliki alam sekitar yang masih asri. Simak ulasan lengkapnya.

Sekilas Tentang Curug Cijalu

Tentang Curug Cijalu
Image Credit: Instagram.com @adam_firrizqi

Jawa Barat memang memiliki banyak curug curug cantik yang menawarkan bentang alam luar biasa. Tak heran jika provinsi kali ini seringkali dijadikan tujuan wisata, baik wisatawan lokal maupun dari luar kota. Dan di bagian selatan Subang, dimana kawasan ini didominasi oleh perkebunan dan juga berupa hutan yang dijadikan sebagai wahana pariwisata.

Anda bisa menjadikan kota ini sebagai tujuan wisata, mengingat di kota ini ada Curug yang dikenal dengan Curug Cijalu. Curug ini masih dalam kawasan Cagar Alam Gunung Burangrang. Sehingga sudah pasti memiliki bentang alam yang masih terjaga kealamiannya. Sebenarnya curug ini bukanlah destinasi wisata baru di Subang dan sudah ada sejak lama.

Dimana curug ini diresmikan dan juga dibuka untuk khalayak umum mulai dari 1 September 1984. Dan hingga kini masih menjadi destinasi wisata andalan di Subang yang tak boleh dilewatkan. Kawasan air terjun ini berada di ketinggian sekitar 1300 mdpl, membuat udaranya begitu sejuk mendekati dingin.

Untuk ketinggian curugnya sendiri sekitar 70 meter, dengan air yang cukup deras membelah bukit. Air yang jatuh tersebut kemudian membentuk kolam alami yang berada di bawahnya. Nama curug ini sendiri di ambil dari cerita yang tersebar secara turun temurun. Konon, sebelum diberi nama Cijalu, curug ini dikenal dengan nama Curug Cikondang.

Kemudian datanglah pendekar yang akhirnya menetap di kawasan curug ini. Menurut masyarakat, pendekar ini memiliki jalu atau taji sehingga membuat curug ini dikenal dengan Curug Cijalu. Sebenarnya, di dekat curug ini ada curug yang dikenal dengan Curug Putri. Jika Cijalu diibaratkan sebagai laki laki, maka curug Putri adalah perempuan sehingga seperti sepasang.

Hingga akhirnya munculah mitos, bahwa orang yang mandi di air terjun ini akan mudah untuk mendapatkan jodoh. Percaya atau tidak dengan mitos yang berkembang, penting bagi para pengunjung untuk tetap menjaga sikap selama di curug ini. Dan soal keindahan yang dimilikinya memang bukanlah mitos belaka, melainkan fakta yang semua orang bisa melihatnya langsung.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Cijalu

Daya Tarik Curug Cijalu
Image Credit: Instagram.com @jameskancil12

1. Menawarkan Bentang Alam Menawan

Daya tarik pertama yang dimiliki oleh Curug ini adalah pemandangan alamnya yang menawan. Sekelilingnya yang masih berupa hutan membuat pengunjung harus trekking terlebih dahulu untuk melihat air terjunnya. Begitu pengunjung memasuki kawasan Curug Cijalu ini, akan disambut dengan udara yang sejuk, pepohonan yang rindang berjajar rapi di kanan juga kiri,

Melangkahkan kaki menjauh dari pintu masuk, Anda akan menemukan perbukitan menyembul dari kejauhan. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati pesona hamparan kebun teh yang begitu menyejukkan mata. Dipadu dengan udara yang dingin dan sejuk secara bersamaan. Membuat siapapun akan betah menghabiskan waktu di tempat indah ini.

Tenang saja, walaupun harus trekking perjalanan Anda terbilang mudah. Karena trek ini telah disusun dengan bebatuan dan juga anak tangga yang rapi. Anda perlu menempuh jarak sekitar 300 meter untuk sampai di air terjun dari area parkir. Jalurnya yang berundak bisa dilewati oleh semua kalangan dan cukup mudah untuk dilalui.

2. Melewati Dua Curug

Seperti yang sebelumnya disebutkan, Anda akan menemukan curug lain sebelum akhirnya tiba di Air Terjun Cijalu. Jarak sekitar 100 meter sebelum air terjun Cijalu, Anda akan menemukan Curug Putri. Curug ini memang lebih kecil dengan ketinggian sekitar 30 meter. Tak ada salahnya untuk mampir di curug putri yang masih satu lokasi ini.

Karena jaraknya yang berdekatan inilah akhirnya banyak yang mengibaratkan jika kedua curug ini adalah sepasang kekasih. Apalagi dalam Bahasa Sunda jalu memiliki arti laki laki dan Curug Putri adalah perempuannya. Nama curug Putri sendiri sebelumnya adalah Curug Cibuntu.

Daya Tarik Cijalu
Image Credit: Google Maps (Helmy Kurniyawan)

3. Keindahan Air Terjun Cijalu

Daya tarik yang tidak bisa disanggah selanjutnya adalah keindahan dari Curug Cijalu sendiri. Curug ini termasuk curug yang tinggi dengan debit air yang deras. Air yang mengalir di tengah tengah tebing yang ditumbuhi berbagai tumbuhan hijau. Di bawahnya terbentuk kolam alami yang bisa dijadikan tempat untuk bermain air bagi para pengunjung.

Suasana kawasan air terjun yang asri dengan udara sejuk sangat cocok untuk melepas semua penat Anda dari aktivitas harian. Kicauan burung juga turut hadir, membuat suasana nya lebih menenangkan. Ketika matahari mengenai air terjun akan terbentuk pelang pelangi kecil yang semakin menambah keindahan curug ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Curug Cijalu

Alamat Curug Cijalu
Image Credit: Google Maps (Ria Arini D.J.)

Curug Cijalu berada di Desa Cipancar, tepatnya di Kecamatan Serangpanjang, Kab. Subang. Dimana jika Anda melakukan perjalanan dari pusat kota Subang dibutuhkan jarak sekitar 37 km untuk sampai di air terjun ini. Sementara jika berangkat dari bandung, jaraknya sekitar 63 km dan dari Purwakarta membutuhkan jarak tempuh sekitar 40 km.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi agar lebih mudah untuk menjangkau area wisata ini. Rute yang bisa Anda lalui yakni melalui rute Situ Wanayasa kemudian di pertigaan silahkan ambil arah kiri dan melewati Alun Alun. Barulah nanti di daerah Serangpanjang Anda mengambil arah belok kanan untuk sampai di Gapura curug ini.

Dari Gapura ini perjalanan Anda terbilang masih panjang, setidaknya Anda harus menjangkau jarak 3 km setelah membayar tiket. Petunjuk arah menuju Curug Cijalu sudah cukup lengkap, sehingga Anda tak perlu khawatir akan tersesat. Kondisi jalannya cukup baik, walaupun ada beberapa bahu jalan yang sudah mengelupas aspalnya.

Sebenarnya Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum, namun dari pusat kota Purwakarta. Anda bisa menggunakan angkutan 01 dan 02 untuk menuju Pasar simpang. Setelah itu dilanjutkan dengan menaiki elf jurusan Wanayasa dan turun di pangkalan ojek di dekat Wanayasa. Dan Anda bisa menggunakan ojek hingga menuju lokasi curug.

Harga Tiket dan Jam Operasional Curug Cijalu

Harga Tiket Curug Cijalu
Image Credit: Google Maps (Indra Hutagalung)

Pengunjung yang ingin mengintip pesona air terjun Cijalu, akan dikenakan biaya tiket masuk. Namun tenang saja, harga tiket masuknya tidak akan menguras kantong. Untuk setiap orang, dikenakan biaya sekitar Rp 17.500. Harga tiket ini terbilang tetap walaupun ketika musim liburan ataupun di hari biasa.

Hanya saja harga tiket tersebut masih belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan Anda. tarif parkir dikenakan sesuai dengan kendaraan yang Anda bawa, kisaran dari Rp 2 ribu sampai Rp 5 ribu. Harga tiket masuk maupun harga tarif parkir kendaraan bisa mengalami kenaikan sewaktu waktu. Tergantung dari kebijakan pengelola curug sendiri.

Untuk waktu operasionalnya sendiri mulai dari hari Senin sampai dengan Hari Minggu. Sehingga Anda bisa datang kapan saja, baik di hari biasa maupun akhir pekan. Anda bisa berkunjung dari pukul 07.30 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB. alangkah baiknya Anda datang di pagi hari dan di hari biasa agar lebih leluasa menikmati keindahan curug ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Cijalu

Kegiatan di Curug Cijalu
Image Credit: Google Maps (Aini Firdaus Rahman)

1. Menikmati Keindahan Curug

Hal yang pasti akan dilakukan ketika berada di Cijalu adalah menikmati keindahan air terjunnya. Air jernih yang mengalir dari ketinggian ini memang begitu indah. Di sekitarnya berserakan bebatuan yang membuatnya semakin menawan. Pepohonan yang rindang juga akan membuat Anda ingin berlama lama. Udaranya juga begitu sejuk semakin membuat betah berlama lama.

2. Bermain Air

Kegiatan seru yang bisa dilakukan selanjutnya adalah bermain air. Rasanya kegiatan ini sangat sayang untuk Anda lewatkan. Anda bisa bermain air di area Curug Cijalu maupun di Curug Putrinya. Kedua aliran airnya sama sama memiliki air jernih dan menyegarkan. Kebanyakan pengunjung akan bermain di Cijalu karena kolam alaminya lebih luas.

Untuk kedalaman kolam berbeda beda, umumnya ketika akan mendekati air terjun semakin dalam. Namun kedalamannya masih berada di batas aman, yakni paling dalam setinggi dada orang dewasa. Pastikan Anda dalam keadaan tubuh yang fits karena memang airnya begitu dingin, sehingga tubuh bisa menggigil.

3. Camping

Selain bermain air, Anda juga bisa merasakan keindahan curug andalan Subang ini lebih lama dengan bercamping. Memiliki fasilitas camping ground yang memadai, mendirikan tenda bersama keluarga atau teman teman tentu menambah keseruan. Apalagi alam yang dimiliki Curug Cijalu masih sangat terjaga, hutan pinus dan pemandangan malam harinya luar biasa.

4. Berburu Foto Kekinian

Kegiatan yang tak boleh dilewatkan selanjutnya adalah berburu foto foto kekinian. Curug ini memiliki spot spot instagramable yang tersedia secara alami. Anda bisa mengambil foto dengan background air terjun yang begitu gagah. Atau Anda juga bisa mengambil foto di beberapa sudut seperti hutan pinus atau di Curug Putri.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Cijalu Subang

Fasilitas Curug Cijalu
Image Credit: Google Maps (Kaira n sabrina)

Kawasan wisata alam ini telah dilengkapi dengan segala fasilitas yang siap memanjakan wisatawan. Mulai dari jalur setapak yang akan memandu wisatawan untuk sampai di curug. Selain itu juga ada toilet yang keberadaannya telah memadai. Begitu juga dengan area parkirnya yang siap menampung berbagai kendaraan pengunjung.

Anda yang beragama muslim juga bisa menemukan mushola sebagai tempat ibadah. Di sepanjang jalan setapak untuk menuju Curug Cijalu, telah dilengkapi dengan tempat duduk di beberapa sudut, tempat sampah juga pos jaga. Sehingga tidak ada lagi alasan untuk membuang sampah sembarangan, karena sudah ada fasilitas penunjangnya.

Bagi Anda yang tidak sempat membawa bekal juga bukanlah masalah. Karena Anda bisa dengan mudah menemukan gerai makanan juga minuman yang banyak ditemukan. Bahkan Anda bisa membeli souvenir atau oleh oleh di sekitaran Curug ini. Mulai dari kaos, pakaian ganti hingga daster bisa Anda temukan di area souvenirnya.

Tidak ada salahnya menjadikan Curug Cijalu sebagai tujuan wisata ketika Anda sedang di Subang. Memiliki pemandangan yang mengagumkan, curug ini juga begitu asri dan terjaga. Pastikan cuaca sedang sangat cerah ketika Anda mengunjungi curug ini. Jangan lupakan juga untuk menyiapkan baju ganti atau kebutuhan selama Anda liburan.

REKOMENDASI DESTINASI