Curug Cikuluwung Bogor, Bermain Air di Lembah Batu Unik

Curug Cikuluwung Bogor

Curug Cikuluwung bisa menjadi pilihan wisata alam saat berkunjung ke Bogor. Air terjun yang memiliki pesona alam yang menakjubkan dan unik, bermain air di antara lembah berbatu.

Lokasi: Cibitung Wetan, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor.
Map: Cek Lokasi

Kota Bogor memang terkenal dengan kondisi alamnya yang begitu menawan. Karena menjadi daerah pegunungan dan sumber mata air yang melimpah menjadikan Bogor memiliki banyak curug cantik. Salah satunya yang belakangan kondang adalah Curug Cikuluwung yang mendapatkan sebutan sebagai surga tersembunyi, dan menarik untuk dijelajahi saat liburan dan akhir pekan. Selengkapnya simak ulasan berikut.

Pesona Curug Cikuluwung di Bogor

Pesona Curug Cikuluwung

Image Credit: Instagram.com @indotravellers.co

Apakah Anda termasuk pecinta wisata alam Curug? Jika iya maka Anda harus menyempatkan untuk mengunjungi Curug Cikuluwung di Bogor ini. Memang curug satu ini terbilang masih baru, tetapi pesona yang ditawarkan akan membuat siapapun berdecak kagum. Terutama ketika peran media sosial mulai bekerja, membuat pamor curug ini semakin naik.

Ada banyak keunikan yang bisa Anda intip pada curug satu ini. Salah satunya, air terjun ini justru hadir di tengah tengah lembah yang berbatu. Berbeda dengan curug pada umumnya yang berada di tengah tengah hutan. Tapi justru hadirnya lembah bebatuan ini membuat air terjunnya semakin eksotis dan begitu menarik.

Bebatuan yang tersusun di sekitarnya seakan batu buatan, padahal semuanya merupakan pahatan alami alam. Karena keindahan inilah, banyak yang kemudian berbondong bondong mengunjungi destinasi satu ini. Apalagi air yang mengalir berwarna kebiruan yang tentunya jarang untuk ditemukan di berbagai tempat lainnya.

Bukan hanya memiliki keindahan yang mengagumkan, Curug Cikuluwung juga memiliki mitos yang berkembang. Percaya atau tidak percaya, sebagai pengunjung ada baiknya jika tetap menghargai dan mematuhinya. Salah satu mitosnya, perempuan yang sedang haid sebaiknya tidak datang ke tempat satu ini.

Selain itu, pengunjungnya juga tidak dianjurkan untuk menggunakan pakaian yang berwarna merah cabe. Pantangan ini karena, masyarakat zaman dahulu atau yang dikenal Karuhun suka sekali menggunakan baju murah. Dan para Karuhun ini tidak ingin dan tidak mau disaingi oleh orang lain yang menggunakan pakaian yang sama.

Mitos yang berkembang juga mengatakan, jika terdapat panorama tak kasat mata yang hanya bisa dilihat oleh mereka yang berkemampuan khusus. Konon, pemandangan ini berupa tulisan dan juga lukisan artistik dan berada di bebatuan air terjun. Ada juga yang mengatakan kursi kursi kerajaan Mulawarman yang ada di sekitar curug.

Pengunjung juga sebaiknya selalu menjaga sikapnya, baik tingkah, ucapan sampai busananya. Jangan lupakan untuk tetap menjaga kebersihan sekitarnya dengan tidak meninggalkan sampah. Larangan larangan ini tentunya bertujuan baik, sehingga tak ada salahnya dilakukan. Mengingat tujuannya adalah untuk keselamatan Anda.

BACA JUGA:  Taman Satwa Cikembulan Garut, Destinasi Terbaik Saat Liburan

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Cikuluwung

Image Credit: Google Maps (Rangga Tobing)

Bukan hanya memiliki keunikan baik dari kondisi alamnya, tetapi juga dari mitos yang berkembang. Hal ini rupanya belum membuat curug ini puas menunjukkan pesonanya. Sebab, curug satu ini memiliki dua curug yang bisa Anda kunjungi. Untuk lebih memudahkan, banyak yang menyebutkan curug Cikuluwung 1 dan Cikuluwung 2,

Keduanya sama sama memiliki air kebiruan yang terlihat begitu menyegarkan. Untuk Cikuluwung 1 mendapatkan sebutan sebagai Little Green Canyon. Hal ini karena memiliki tebing dengan batuan yang mengapit curugnya. Kolam di bawah air terjun yang kebiruan membuat Cikuluwung satu menjadi spot yang paling diburu wisatawan.

Untuk itu, saat ini pengelola sudah membatasi jumlah orang yang bisa menikmatinya. Setidaknya hanya sekitar 30 orang yang bisa sampai Cikuluwung 1 dalam satu sesinya. Jika Anda tidak kebagian slot, maka harus menunggu sesi berikutnya. Hanya ada dua sesi, sehingga alangkah baiknya bagi Anda untuk melakukan reservasi terlebih dahulu.

Sementara untuk Cikuluwung 2, keindahan yang dimilikinya tidak kalah menawan. Sekalipun tetap ada perbedaannya, Cikuluwung 2 tidak dihiasi dengan tebing tebing batunya. Melainkan terdapat gua yang berada tepat di air terjunnya. Sama sama memiliki air kebiruan dan membentuk kolam di bawahnya. Pengunjung seringkali berenang dengan ban pelampung di sini.

Alam yang masih asri, memang membawa Anda pada petualangan liburan yang tak terlupakan. Segarnya air curug yang jernih, udaranya yang sejuk akan membuat siapapun betah berlama lama di curug ini. Walaupun berlama lama tidak selalu bisa dilakukan, mengingat curug ini sudah memiliki aturan waktu dan pengelolaan yang baik.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Curug Cikuluwung

Rute Curug Cikuluwung

Image Credit: Google Maps (Kumara Wisyesa)

Seperti halnya curug lainnya, Cikuluwung berada di sebuah desa. Tepatnya ada di Kampung Suka Asih, Desa Cibitung, Pamijahan, Kab. Bogor Barat. Lokasi desanya ini memang cukup jauh jika ditempuh dari pusat kota Bogor. Kendati demikian, peminatnya justru tak pernah surut karena rasa penasaran yang membumbung.

Perjalanan yang panjang tidak akan percuma, karena keindahan yang ditawarkan akan menghilangkan semua lelah Anda. Medan yang dilalui memang cukup menantang, kehatian hatian harus selalu dimiliki oleh pengunjung. Perjalanan dengan kendaraan bermotor juga akan dilanjutkan dengan jalan kaki untuk tiba di lokasi curug.

Sementara untuk rutenya, jika dari Bogor kota Anda bisa langsung mengambil rute ke Dramaga. Rute ini akan melalui Cikampak dan dilanjutkan ke Cibatok. Hingga akhirnya Anda tiba di Pertigaan Cemplang dan ambil arah kiri dan ikuti jalan. Setelah 45 menit, Anda bisa belok kanan dan menemukan Gang Gardu yang terbilang curam.

BACA JUGA:  Pemandangan Alam Eksotis di Kawah Talaga Bodas, Garut

Gang Gardu sendiri letaknya setelah sungai Cikuluwung. Jika sudah melalui jalan ini, Anda akan bertemu dengan jalan berbatu. Jalanan berbatu ini biasanya dilewati sekitar 10 menit saja. Barulah Anda akan menemukan papan petunjuk ke Curug Cikuluwung. Papan ini akan membawa Anda masuk ke perkampungan dan dilanjutkan dengan jalan kaki.

Karena membutuhkan trekking terlebih dahulu, maka Anda sebaiknya tidak mengajak anak anak atau orang yang sudah cukup tua. Hal ini karena memiliki risiko tinggi, anak tangga menuju Air Terjun sudah bagus tetapi terkadang licin. Akses jalan menuju Kampung Suka Asih juga sudah bagus saat ini.

Harga Tiket dan Jam Operasional Curug Cikuluwung

Harga Tiket Curug Cikuluwung

Image Credit: Google Maps (Riko Tampati)

Untuk mengintip keindahan curug ini tak perlu merogoh kocek yang dalam. Hanya saja, untuk masuk Cikuluwung 1 dan 2 akan dikenakan biaya yang berbeda. Tiket masuk Cikuluwung 1 sekitar Rp. 20 ribu, sementara Cikuluwung 2 berkisar Rp. 10 ribu setiap orangnya. Harga tersebut masih belum termasuk tiket parkir ataupun sewa ban pelampung.

Jika curug lainnya memiliki jam operasional full, maka berbeda dengan curug ini. Terdapat jam operasional istimewa yang harus diperhatikan. Yakni mulai pukul 09.00 hingga pukul 11.00 dan sesi kedua dimulai pukul 13.00 hingga 15.00. Pembagian jam ini dikarenakan para pengunjung harus ditemani oleh pengelola demi keamanan serta kenyamanan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Cikuluwung

Kegiatan di Curug Cikuluwung

Image Credit: Google Maps (Dha Firda)

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Curug Cikuluwung memiliki pesona yang tidak bisa diabaikan. Keindahannya akan membuat siapapun berdecak kagum dan ingin mengunjungi. Dan Anda ternyata juga bisa melakukan berbagai kegiatan menarik di Curug cantik ini. Kegiatan tersebut mulai dari menikmati pemandangan hingga berburu foto cantik.

1. Bersantai Sembari Menikmati Pemandangan

Hal pertama yang pastinya akan dilakukan oleh wisatawan adalah menikmati pesona alamnya. Bahkan sejak dalam perjalanan, Anda sudah akan disuguhkan dengan suasana pedesaan yang asri. Dan Anda akan semakin terkagum setelah berhasil menaklukkan anak tangga menuju lokasi curug.

Tebing tebing yang membingkainya, berpadu dengan suara gemiricik angin akan memberikan ketenangan tersendiri. Anda bisa beristirahat sejenak sembari menikmati pesona curug ini lebih dekat. Surga tersembunyi ini memang memberikan paket liburan lengkap. Mulai dari berpetualang hingga pesona alamnya yang tak bisa diabaikan.

2. Berenang di Kolam Alaminya

Setelah rasa lelah Anda sudah cukup reda, maka kini saatnya Anda merasakan kesegaran airnya. Air jernih yang kebiruan ini, merupakan sumber mata air yang begitu segar. di sepanjang aliran air terjun ini memang terbentuk beberapa kolam alami. Sehingga pengunjung bebas akan berenang dimana saja, tentunya setelah izin dari pengelola.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Pangandaran yang Wajib Anda Bawa Pulang

Kolam yang ada di Curug Cikuluwung tidaklah dalam, sehingga aman bagi Anda untuk berenang. Ketika musim kemarau tiba, debit air dari air terjun tidak terlalu tinggi sehingga aman untuk berenang. Pengunjung juga berkesempatan untuk mendekat ke arah air terjun. Ada ruang yang tersembunyi di balik air ini dan sangat cocok untuk dijadikan spot foto.

Bagi Anda yang tidak jago berenang juga tidak perlu khawatir. Pihak pengelola sudah menyediakan pelampung sehingga tidak perlu takut tenggelam. Apalagi bagi Anda yang ingin menjelajahi arus sungai yang akan memberikan sensasi berbeda. Anda bisa mengarungi air sungai biru dengan tebing di sisi kanan dan kiri. Suasana yang asri memang membuat Anda betah lama lama.

3. Berburu Spot Foto Aestetik

Tidak boleh ketinggalan, aktivitas berburu foto sangat mungkin untuk Anda lakukan. Pengunjung bisa mengambil banyak foto yang cantik, mulai dari berfoto dengan latar belakang air terjun. Di dalam air terjun yang bisa diduduki, juga akan memberikan efek tirai saat airnya turun. Terutama jika pandai dalam mengambil angle akan menjadi foto yang cantik.

Bebatuan besar yang berada di pinggir air terjun juga menarik untuk dijadikan spot berfoto. Dengan latar belakang tebing bebatuan yang berpadu dengan birunya air. Pemandangan tak kalah menakjubkan jika Anda mengambil sudut dari atas. Sebaiknya Anda tak datang sendiri, sehingga ada teman yang akan mengambilkan Anda foto yang cantik.

4. Beristirahat Sembari Kulineran

Perjalanan Anda di Curug Cikuluwung akan semakin lengkap dengan kegiatan satu ini. Selepas puas bermain main dan berfoto foto, Anda bisa kulineran di warung makan yang ada. Warung makan dibuat layaknya bale bale sehingga akan membuat nafsu makan Anda meningkat. Berbagai menu dan minuman hangat tersedia di warung ini.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Cikuluwung Bogor

Fasilitas Curug Cikuluwung Bogor

Image Credit: Google Maps (Betawi Condet)

Untuk membuat pengunjung makin nyaman, Curug cantik satu ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Mulai dari area parkir yang luas dan telah ada petugas yang menjaganya. Anda juga bisa beristirahat di gazebo yang disediakan, dan tentunya kulineran di warung warung yang ada. Kamar mandi dan ruang bilas juga sudah tersedia di curug ini.

Keindahan curug ini akan membuat siapapun mendapatkan petualangan yang tak terlupakan. Cikuluwung memang berada cukup tersembunyi, tetapi peran media sosial membuat namanya menjadi naik daun. Mengunjungi destinasi satu ini, sebaiknya tidak saat musim penghujan. Selain itu juga harus pastikan bahwa Anda dalam kondisi tubuh yang prima.