Curug Cilember salah satu air terjun terindah di Puncak Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Wisata alam yang menyuguhkan pesona 7 curug dalam satu lokasi, pemandangan yang menakjubkan, taman kupu-kupu dan taman burung.

Harga Tiket: Rp 25.000, Jam Operasional: 06.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Raya Puncak-Gadog No.KM.15, Cisarua, Kec. Megamendung, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Selain Bandung, Bogor juga menjadi alternatif liburan untuk mereka yang tinggal di sekitaran Jakarta. Destinasi wisata di kota hujan ini memang luar biasa melimpah. Anda bisa menemukan banyak curug cantik yang bisa menjadi tujuan. Salah satunya Curug Cilember yang memiliki panorama luar biasa. Air terjun ini memiliki 7 curug dalam satu lokasi dengan pesona yang tentunya berbeda. Selengkapnya simak ulasan berikut.

Sekilas Tentang Curug Cilember

Tentang Curug Cilember
Image Credit: Google Maps (Arif Alfauzy)

Dari banyaknya destinasi di kota Bogor, keberadaan Curug Cilember memang tak bisa diabaikan. Curug satu ini bukanlah destinasi wisata baru, namun hingga kini masih menjadi primadona di kalangan wisatawan. Destinasi andalan Bogor ini sudah ada sejak tahun 1990 yang dikelola langsung oleh Perhutani dan diresmikan dii tahun 2000 an.

Berada di kawasan dengan luas 5,9 hektar, curug ini terletak di ketinggian 900 mdpl. Sehingga suhu udara di curug ini terbilang sejuk mendekati dingin. Rata rata suhunya mencapai 18 sampai dengan 23 derajat. Udaranya yang sejuk ini juga menjadi daya tarik dari air terjun yang indah ini. Sangat cocok untuk Anda yang sedang menghilangkan penat lantaran aktivitas harian.

Curug ini juga dikenal dengan Curug 7 Cilember, karena memang ada 7 curug yang bisa Anda kunjungi. Pengunjung memang bisa mengunjungi masing masing curugnya. Dimana semakin kecil angkanya, maka medan yang harus ditaklukkan semakin sulit. tetapi semuanya akan dibayar lunas dengan kemolekan yang dimiliki oleh curug ini.

Sepanjang perjalanan Anda juga tak perlu khawatir untuk tersesat, karena sudah dilengkapi dengan anak panah juga peta. Pengunjung tak hanya bisa menikmati pemandangan curug yang indah, tetapi juga bisa puas menjelajah wahana dan atraksi yang ditawarkan. Selain bisa menghabiskan waktu bersama teman teman, keluarga juga bisa mengunjunginya.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Cilember

Daya Tarik Curug Cilember
Image Credit: Google Maps (Yusuf Syakir Salasa)

Sebelum mengintip daya tarik yang dimilikinya, nama dari curug ini memiliki arti yang menarik. Cilember merupakan gabungan dari kata Ci dan Lember. Ci atau cai memiliki makna sebagai air dan Lember artinya jamur. Sehingga bisa diartikan jika Cilember adalah lokasi tumbuhnya jamur. Bukan hanya dari arti namanya, mitos yang ada juga menjadi daya tarik tersendiri.

Penduduk setempat percaya jika air terjun merupakan tempat mandinya para putri. Putri yang dimaksudkan adalah putri dari Kerajaan Siliwangi. Mereka juga masih percaya jika Curug ini masih dijaga oleh para raja Siliwangi. Karena mitos tersebut, konon katanya siapapun yang membasuh muka dan mandi dengan air curug akan awet muda.

Selain itu juga akan mendapatkan kekuatan serta enteng jodoh. Benar atau tidaknya mitos ini tentu kembali pada kepercayaan masing masing. Namun ketika Anda berkunjung, mungkin Anda bisa melihat para wisatawan yang mencoba untuk mandi atau mencuci muka di curug tersebut. Beberapa diantara hanya mencoba karena penasaran.

Air yang mengalir di curug ini memang luar biasa jernih dan segar. membuat pengunjung ingin merasakan untuk bermain air atau berenang. Curug 7 menjadi curug yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan, karena memang lokasinya berada di paling bawah. Sementara curug 1 yang merupakan curug paling tinggi membutuhkan jarak tempuh 2 sampai dengan 3 jam.

Daya Tarik Cilember
Image Credit: Google Maps (Fitri Yuliama)

Inilah mengapa pengunjung biasanya hanya akan mengunjungi curug no 5 saja atau curug 7 saja. mereka yang menjelajah hingga curug ke 1, umumnya yang sudah berpengalaman dalam treking. Sementara masyarakat awan akan mengunjungi curug 7. Selain mudah ditempuh, di curug ini Anda juga bisa menemukan banyak wahana dan fasilitas pendukung.

Curug 7 sebagai curug pertama memiliki dua air terjun yang saling berdampingan. Kedua air terjun ini memiliki kontur yang berbeda, yang satu air terjun berundak dengan lekukan menawan. Curug 7 ini berada di tebing yang ditumbuhi vegetasi hutan alami. Airnya yang jernih mengalir dari atas ketinggian dan mengenai bebatuan sungai yang ada di bawahnya.

Tenang saja airnya tak terlalu deras dengan kolam alami di bawahnya. Kolam di curug 7 ini cukup dangkal sehingga pengunjung bisa bermain air maupun berenang. Begitu Anda mendekat, tempias dari air terjun akan menambah kesejukan suasananya. Anda bisa menjelajah bagian curug paling kondang diantara curug ini dan menjajal semua atraksinya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Curug Cilember

Alamat Curug Cilember
Image Credit: Google Maps (Fachri Microlearning)

Curug cantik ini berada di desa Cilember, Bogor. Tepatnya Anda harus menuju Jl. Raya Puncak KM 15, Cisarua, Megamendung. Anda tak akan susah menemukan destinasi satu ini, mengingat petunjuk jalan menuju tempat wisata sudah memadai. Akan lebih mudah jika Anda mengunjungi tempat wisata air terjun ini dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Untuk Anda yang memulai perjalanan dari Depok atau Jakarta, silahkan arahkan kendaraan menuju arah Puncak Bogor. Ketika Anda sudah melewati hotel USSU Cisarua, Anda bisa mengikuti papan petunjuk yang mengarahkan menuju Curug Cilember. Nantinya Anda tinggal belok kanan ketika menemukan pertigaan.

Dari sini jarak yang harus Anda tempuh sekitar 1,5 km lagi untuk sampai di lokasi. Sebenarnya Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum dari Jakarta. Anda bisa menggunakan KRL menuju stasiun Bogor terlebih dahulu dari Jakarta. Selanjutnya dilanjutkan dengan naik angkot jurusan Bubulak- Sukasari. Berikutnya angkot jurusan Sukasari menuju Cisarua.

Sementara bagi Anda yang memulai perjalanan dari pusat kota Bogor, butuh waktu sekitar 1 jam untuk sampai di lokasi. Jaraknya memang terbilang jauh yakni sekitar 23,5 km dari pusat kota Bogor. Tetapi Anda tak perlu khawatir karena sudah banyak petunjuk untuk sampai ke lokasi. Anda juga bisa mengandalkan GPS yang terpasang di handphone Anda.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Curug Cilember

Harga Tiket Curug Cilember
Image Credit: Google Maps (Fauzan Fidadi)

Untuk menikmati berbagai keindahannya, Anda juga harus mengetahui harga tiket masuk dari Curug Cilember. Harga tiket masuknya tak akan membuat Anda merogoh dana terlalu dalam, untuk wisatawan lokal tiket dibanderol mulai Rp 25 ribu. Sementara untuk tiket pelancong mancanegara dibanderol mulai dari Rp 75 ribu.

Harga tiket ini masih belum termasuk dengan tarif parkir kendaraan. Tarif retribusi parkir untuk motor mulai dari Rp 5 ribu dan untuk mobil Rp 10 ribu. Anda yang ingin mencoba wahana yang disediakan juga harus membayar tiket khusus. Wahana dibanderol mulai Rp 20 ribu hingga tidak lebih dari Rp 50 ribu.

Anda bisa mengunjungi air terjun ini kapan saja, karena buka dari Senin hingga Minggu. Buka mulai pagi yakni pada pukul 06.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB. jika Anda ingin lebih puas menjelajah Anda bisa berangkat lebih pagi dan di hari biasa. Mengingat ketika akhir pekan pengunjungnya semakin banyak dan membludak.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Cilember

Kegiatan di Curug Cilember
Image Credit: Instagram.com @deanjtankian

1. Trekking

Kegiatan yang nantinya pasti dilakukan ketika berada di Curug ini adalah treking. Sepanjang kaki Anda melangkah, Anda bisa sekalian menikmati keindahan alam sekitarnya. Jalan setapak ini sudah dibuat sedemikian rupa dengan rute yang beragam. Anda bisa mengikuti jalur yang ada untuk sampai tujuan, entah di curug 7 atau di curug atasnya lagi.

Udara sekitar yang sejuk dengan pohon pinus yang berada di sisi kanan dan kiri akan menemani perjalanan Anda. Beberapa pengunjung juga mengambil kesempatan treking ini untuk sekalian berburu foto cantik. Mengingat medannya yang terbilang menantang, pastikan Anda menggunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman dan sesuai dengan medannya.

2. Bermain di Air terjun

Rasanya tidak lengkap apabila tidak berenang atau bermain air saat Anda menjelajah keindahan Curug Cilember ini. Airnya yang segar dan jernih mengundang siapapun untuk merasakan kesegarannya. Namun Anda tetap harus berhati hati, mengingat ada beberapa curug yang memiliki kolam alami cukup dalam. Dan memang hampir semua curug memiliki kolam alami untuk bermain air.

3. Mengunjungi Taman Kupu-Kupu

Di curug ini Anda juga bisa singgah di penangkaran kupu kupu, tepatnya di curug 7. Setidaknya ada sekitar 12 jenis kupu kupu yang bisa dijumpai. Selain jenis kupu kupunya, bangunan taman ini mirip dengan kubang jaring raksasa dan memiliki konsep green house. Di dalamnya juga dilengkapi dengan berbagai tanaman yang mempercantik butterfly park ini.

4. Menjajal Wahananya

Wahana yang ditawarkan cukup membuat pengunjung tak akan bosan. Salah satu wahana favorit adalah sepeda gantung dan flying fox. Di sekitar air terjun juga terdapat kolam terapi ikan juga taman kelinci. Pengunjung juga bisa singgah di rumah hobbit untuk mengambil foto foto instagramable. Anda juga bisa melakukan kegiatan outbond di area wisata air terjun Bogor ini.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Cilember Bogor

Fasilitas Curug Cilember
Image Credit: Google Maps (Aris Fadillah)

Pengunjung tak hanya bisa menikmati berbagai fasilitas yang disediakan. Tetapi juga akan dimanjakan dengan fasilitas yang ada di Curug Cilember Bogor ini. Karena berada di bawah BUMN yakni Menteri Kehutanan dan Dinas Pariwisata Bogor, maka Anda tak perlu khawatir perihal fasilitas. Anda bisa menemukan area parkir yang terbilang luas untuk kendaraan Anda.

Selain itu Anda juga bisa menemukan toilet yang bersih dan memadai. Bahkan toiletnya bisa ditemukan dari yang paling bawah hingga air terjun paling atas. bangku bangku taman dan juga tempat sampah sengaja diletakkan di beberapa sudut untuk memudahkan pengunjung. Fasilitas lainnya berupa mushola yang bisa dimanfaatkan untuk beribadah.

Anda juga bisa menemukan kios makanan juga minuman di sekitar curug. Sehingga Anda tak perlu khawatir jika tak sempat menyiapkan bekal. Fasilitas keamanan juga terjamin, terdapat ruang informasi, pos security dan juga gardu pandang. Anda yang masih belum menikmati air terjun ini, Anda bisa menginap dengan camping ataupun menyewa penginapan.

Penginapan di sekitar lokasi kebanyakan berbentuk villa, dan ada di beberapa titik yang tak jauh dari lokasi curug. Villa villa yang ada di Curug Cilember telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Harga yang ditawarkan juga beragam, mulai dari Rp 800 ribu hingga Rp 1 juta. Untuk hotel yang ada disekitar lebih murah, sekitar Rp 500 ribu per malamnya.

Menghabiskan wisata di Curug Cilember akan membuat liburan Anda semakin berkesan. Selain Anda bisa menikmati keindahan alam, Anda juga bisa mencoba berbagai wahana yang ditawarkan. Apalagi saat ini curug ini telah dilengkapi dengan beberapa spot instagramable. Pastikan Anda dalam kondisi yang fits saat akan mengunjungi wisata curug andalan Bogor ini.