Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 07.30-17.00 WIB, Alamat: Kertawangi, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Kota Bandung sudah dikenal sebagai salah satu destinasi wisata andalan masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu, saat ini ada banyak sekali ragam destinasi wisata yang dapat ditemukan di Kota Bandung dan sekitarnya, terutama wisata alam. Keindahan alam di kota kembang memang tiada habisnya, oleh karena itu berwisata alam di kota ini dapat dikatakan merupakan sebuah pilihan yang sangat tepat.

Kali ini, kami akan menyajikan salah satu rekomendasi destinasi wisata popular bagi Anda yang tertarik untuk melakukan perjalanan wisata ke Bandung serta menikmati keindahan alamnya. Kali ini, rekomendasi kami adalah Curug Cimahi. Sesuai dengan namanya, air terjun ini memiliki daya tarik utama berupa air terjun atau curug yang sangat indah. Yuk kita simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Cimahi

Daya Tarik Curug Cimahi
Image Credit: Instagram Ruli Sinyo

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu daya tarik utama dari tempat wisata terbaik ini adalah keindahan air terjunnya. Namun, masih banyak daya tarik lainnya yang tidak boleh terlewatkan, terutama bagi Anda yang berencana untuk berlibur ke lokasi wisata hits ini bersama keluarga. Curug Cimahi merupakan sebuah destinasi wisata air terjun yang terletak di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Destinasi wisata air terjun ini ditetapkan sebagai salah satu curug tertinggi di wilayah Jawa Barat, dengan ketinggian aliran air mencapai sekitar 87 meter.

Destinasi alam ini lokasinya cukup strategis, sekitar 10 kilometer dari Kota Cimahi ke arah Lembang atau sekitar 20 kilometer dari Kota Bandung. Banyak sekali wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi tempat wisata hits ini karena keindahan alam air terjunnya yang masih asri dan menawan. Selain itu, udara sekitar lokasi juga sangat sejuk sehingga semakin menambah kenyamanan pengunjung dalam berwisata.Berikut adalah beberapa daya tarik utama yang ditawarkan:

1. Air Terjun

Pasti banyak di antara masyarakat yang sudah tidak mempertanyakan lagi, daya tarik utama di okasi wisata hits ini. Ya, apa lagi kalau bukan air terjunnya. Air terjun di Curug Cimahi sangatlah tinggi dan mengagumkan, ketinggiannya sendiri mencapai 87 meter. Tak hanya itu, arus air terjun ini juga cukup deras, sehingga memberikan kesan segarnya air sungai alami serta hembusan udara khas yang sejuk.

Untuk dapat menikmati keindahan air terjun secara dekat, pengunjung dapat menyusuri jalur menurun hingga sampai di pos dan jembatan Di tempat inilah pengunjung dapat menikmati suasana Curug Cimahi secara langsung, karena pengunjung tidak diperkenankan untuk mandi ataupun berenang di sekitar air terjun. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan pengunjung, karena kedalaman air di area ini memang tergolong cukup dalam, yakni mencapai 2 meter.

2. Gardu Pandang

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, apabila pengunjung ingin berada lebih dekat dengan lokasi air terjun, maka dapat menuruni jalur hingga sampai di pos dan jembatan. Namun, apabila pengunjung lebih memilih untuk melihat air terjun dari kejauhan, maka gardu pandang adalah lokasi yang tepat. Pihak pengelola telah menyediakan salah satu fasilitas yang cukup popular di kalangan wisatawan, yakni beberapa balkon yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk melihat keindahan air terjun secara penuh dari atas.

Di gardu pandang ini, pengunjung dapat berfoto ria ditemani pemandangan yang cukup spektakuler. Selain itu, pengunjung dapat memilih untuk sekadar bersantai, karena tersedia beberapa kursi dan meja yang cukup untuk mengakomodasi beberapa pengunjung untuk beristirahat. Oleh karena itu, fasilitas gardu pandang ini sangat cocok terutama bagi para pengunjung yang tidak ingin jauh-jauh menyusuri jalur menurun ke dasar air terjun.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Curug Cimahi
Image Credit: Instagram puncakbintangbandung

Curug Cimahi ini terletak di Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Lokasi dari tempat wisata hits ini sangatlah mudah dijangkau, karena jaraknya hanya sekitar 20 kilometer dari pusat kota Bandung. Perjalanan ke lokasi curug dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, rute dapat ditempuh melalui jalur Cimahi yang mengarah ke Lembang, melintasi Jl Kolonel Masturi dan Universitas Advent Indonesia, dan terus menuju ke terminal Parongpong.

Selain itu, rute lain yang dapat ditempuh menuju lokasi ini yaitu melalui jalur Cihideung menuju ke arah Cisarua. Apabila pengunjung memilih untuk menaiki kendaraan umum, pengunjung bisa naik angkutan umum jurusan Sukasari dari terminal Ledeng. Jika sudah tiba di terminal Sukasari (depan Villa Istana Bunga), pengunjung sudah dapat turun dan berjalan kaki selama kurang lebih 25 menit, atau bisa juga melanjutkan perjalanan dengan naik angkot jurusan Cisarua – Lembang kemudian berhenti di depan pintu masuk Curug Cimahi.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Curug Cimahi
Image Credit: Google Maps Irwan Medriana

Untuk dapat masuk ke area wisata hits ini, pengunjung dapat membeli tiket masuk dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk hari biasa, harga tiket yang dikenakan yakni sebesar Rp 15.000. Untuk hari libur dan akhir pekan, harga tiketnya Rp 20.000. Bagi anak-anak di bawah usia 2 tahun, tidak dikenakan biaya masuk.

Biaya tiket di atas belum termasuk tarif parkir yang dikenakan, yakni Rp 5.000 untuk mobil, serta Rp 3.000 untuk motor.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Cimahi

Kegiatan Menarik Curug Cimahi
Image Credit: Instagram one sensei

Ragam aktivitas menarik yang dapat dilakukan di air terjun Cimahi antara lain adalah trekking, piknik, bersantai sambil menikmati keindahan air terjun, berolahraga sederhana, berfoto, melihat monyet ekor panjang, melihat dasar air terjun, dan masih banyak lagi.

1. Trekking

Bagi Anda yang menyukai kegiatan trekking, maka curug cantik ini bisa menjadi tujuan wisata yang tepat bagi Anda. Bagaimana tidak, di lokasi ini pengunjung dapat melakukan trekking singkat dan sederhana sambil ditemani suara deru air terjun yang sangat menenangkan. Selain itu, udaranya yang sejuk semakin membuat aktivitas trekking tak terasa melelahkan. Mungkin banyak orang yang bertanya-tanya, trekking seperti apakah yang dapat dilakukan di lokasi ini?

Pada dasarnya, trekking di tempat wisata hits ini dapat dilakukan untuk turun dari arah pintu masuk menuju ke lokasi dasar air terjun, dan sebaliknya dari dasar air terjun naik ke pintu masuk ataupun gardu pandang. Anda sudah tidak perlu khawatir lagi, lantaran jalur trekking yang disediakan sudah sangat aman, karena tersedia penyangga yang cukup kokoh. Selain itu, jalur yang tersedia juga sudah direnovasi dan berbentuk anak tangga sehingga lebih aman dan tidak licin.

2. Piknik

Apabila Anda tertarik untuk menyantap hidangan ringan sambal ditemani suasana air terjun yang asri, maka piknik merupakan pilihan yang tepat. Di tempat wisata terbaik ini, pengunjung dapat melakukan piknik sederhana bersama teman atau keluarga di lokasi gardu pandang. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, di Curug Cimahi ini terdapat beberapa gardu pandang yang cukup luas, sehingga pengunjung dapat berpiknik di salah satu gardu pandang yang masih kosong.

Untuk dapat melakukan piknik sederhana ini, pengunjung dapat membeli makanan dan minuman ringan di lapak pedagang sekitar gerbang utama, sebelum masuk ke area curug. Apabila sudah menyiapkan makanan dan minuman ini, maka selanjutnya pengunjung dapat menikmati hidangan tersebut dengan memanfaatkan fasilitas meja dan kursi di gardu pandang. Namun, perlu diingat untuk selalu menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.

3. Melihat Hewan Liar

Bagi pengunjung yang membawa serta anak-anak serta ingin melihat hewan secara langsung di habitat alaminya, maka destinasi wisata hits ini sangatlah tepat. Kawasan Curug Cimahi ini merupakan habitat asli dari ratusan ekor monyet ekor panjang. Jumlah hewan ini cukup banyak mencapai sekitar 200 ekor. Pengunjung dapat menyaksikan tingkah kawanan monyet yang lucu, namun tetap perlu waspada karena monyet-monyet ini merupakan hewan liar, sehingga dapat mengambil barang bawaan pengunjung seperti tas, topi, kamera, serta makanan apabila lengah.

Meski demikian, perlu diperhatikan bahwa pihak pengelola telah menetapkan peraturan yang cukup ketat guna menjaga kelestarian hewan ini beserta habitatnya. Untuk itu, pengunjung tidak diperkenankan untuk memberi makanan apapun kepada kawanan monyet ekor panjang, karena mereka telah memiliki sumber makanan alami di habitat asli mereka. Apabila diberi makan secara sembarangan, maka hal ini dapat merusak rantai makanan alami di kawasan ini.

Kegiatan Menarik di Curug Cimahi
Image Credit: Instagram DeviYanti AlwaysHappy

4. Air Terjun Pelangi di Malam Hari

Tempat wisata hits yang satu ini memiliki salah satu daya tarik yang cukup unik serta jarang ditemukan di tempat lain, yakni air terjun pelangi. Pihak pengelola telah menyediakan lampu sorot warna warni yang dipasang di balik air terjun, sehingga menampilkan aliran air terjun dengan warna yang cukup unik layaknya air terjun pelangi.

Untuk dapat menikmati keunikan air terjun pelangi ini, wisatawan dapat mengunjungi Curug Cimahi pada saat malam hari, atau ketika cahaya matahari mulai redup. Dengan demikian, warna warni lampu sorot akan terlihat secara lebih jelas, sehingga menampilkan efek air terjun pelangi yang sangat cantik dan menawan.

5. Berfoto Ria

Curug ini memang sudah sangat dikenal karena keindahan alamnya yang sangat menawan. Oleh sebab itu, tidak lengkap apabila Anda mengunjungi tempat wisata hits ini tanpa mengabadikan momen liburan Anda. Di tempat ini, pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang air terjun yang megah serta pepohonan yang sangat asri dan rimbun.

Untuk bisa mendapatkan hasil foto terbaik, pengunjung dapat berfoto di gardu pandang yang menampilkan latar belakang air terjun. Spot foto menarik lainnya adalah jembatan di dasar air terjun, yang turut menampilkan aliran air terjun yang cukup deras serta bebatuan yang masih alami.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Curug

Fasilitas Curug Cimahi
Image Credit: Google Maps Irma Mustafa

Soal fasilitas, pengunjung sudah tidak perlu khawatir lagi. Pasalnya, fasilitas yang tersedia di Curug Cimahi sudah sangat lengkap, mulai dari

  • Gardu pandang,
  • Toilet,
  • Musholla,
  • Pos penjagaan,
  • Warung makan,
  • Tempat bersantai,
  • dan lain-lain

Yang tentunya menjadikan pengalaman berwisata lebih nyaman dan menarik untuk dikunjungi karena fasilitasnya memadai dan tidak akan mengecewakan siapa saja yang berkunjung ke tempat paling indah dan banyak diminati oleh masyarakat Bandung ini.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai salah satu destinasi alam terbaik di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, yaitu Curug Cimahi. Destinasi wisata hits yang satu ini memang sangat terkenal karena keindahan alamnya yang sangat indah, asri, dan alami. Oleh karena itu, diperlukan andil dari setiap pengunjung untuk turut menjaga kelestarian alam di air terjun ini.