Harga Tiket: Rp 8.000, Jam Operasional: 07.30-17.00 WIB, Alamat: Dusun parentas, Cidugaleun, Kec. Cigalontang, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Apakah Anda merasa stress atau bosan, dan ingin refreshing tetapi tidak tahu ke mana? Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata yang tersedia, misalnya di Jawa Barat. Provinsi ini memang terkenal dengan kondisi yang sejuk seperti di Bandung, atau banyak sekali tempat wisata air terjun seperti halnya di Tasikmalaya.

Jika Anda tinggal di sekitar Tasikmalaya, Anda dapat mengunjungi Curug Ciparay, satu di antara sekian air terjun atau curug dengan daya tarik tersendiri, dan juga satu di antara curug serupa namun tidak sama yang berada di Bogor. Seperti apakah tempat wisata tersebut? Nah, jika Anda penasaran, berikut ini informasi selengkapnya mengenai air terjun Ciparay khususnya yang berlokasi di Tasikmalaya.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Ciparay

Daya Tarik Curug Ciparay
Image Credit: Google Maps Iqbal Jalalludin

Sebagai salah satu tempat wisata yang berlokasi di sekitar Tasikmalaya khususnya di sekitar pegunungan, Curug Ciparay menyediakan berbagai daya tarik tersendiri yang dijamin dapat menarik perhatian Anda untuk mengunjungi kawasan wisata tersebut. Adapun daya tarik dari air terjun ini adalah sebagai berikut.

1. Asal-Usul dan Mitos

Sebelum membahas daya tarik, lebih baik akan dibahas mengenai asal usul dan mitos yang berkembang terlebih dahulu. Curug ini memiliki nama lain yaitu Curug Kembar, dikarenakan memiliki dua aliran air terjun namun debit air dan ketinggiannya berbeda. Luar biasa bukan?

Selain itu, terdapat mitos yang tersebar di masyarakat sekitar, di mana jika Anda memutuskan untuk mengunjungi curug di Tasikmalaya ini, Anda tidak disarankan untuk menggunakan pakaian serba merah. Jika Anda melanggar larangan ini maka Anda akan merasa sangat betah dan enggan untuk pulang, bahkan dipaksa sekalipun. Selain itu, jika berfoto dengan menggunakan pakaian merah, maka kakinya terlihat tidak menyentuh tanah alias melayang. Seram, sih, tapi hormati saja ya soal mitos yang ada.

2. Curug Kembar

Tahukah Anda, bahwa Curug Ciparay sering disebut sebagai curug kembar karena terdapat dua air terjun yang berdekatan di sekitar air terjun tersebut. Namun, meskipun demikian, ketinggian di antara keduanya jelas berbeda. Yang satu memiliki ketinggian 55 meter, dan satunya lagi 75 meter. Nah, meskipun istilah curug sudah lazim digunakan di Jawa Barat, namun sepertinya akan lebih tepat jika disebut sebagai air terjun. Mungkin, Anda sudah bersiap-siap untuk segera mengabadikan keindahan alam ini bukan?

3. Semburan-Deburan Air

Dengan ketinggian 55 dan 75 meter ini, sudah dapat dibayangkan mengenai semburan air dari kedua air terjun kembar ini bukan? Debit aliran airnya pun berbeda di antara keduanya, di mana aliran air yang lebih pendek memiliki debit air yang lebih besar sehingga, Anda akan menyaksikan air yang berbuih-buih putih dan Anda mungkin akan terkena cipratan airnya. Namun, dijamin air ini dapat menyejukkan hati Anda dalam sejenak serta menghilangkan rasa was-was dan penat dalam jiwa serta lelah dalam diri Anda.

Jadi, dari informasi di atas, dapat disimpulkan bahwa tidak mungkin jika Anda mengatakan bahwa tempat wisata Curug Ciparay ini terbilang musiman alias bisa kering sewaktu-waktu, karena akan terus mengalir sepanjang waktu. Aliran air yang keluar dari pohon dan tebing batu penyangganya ini terbilang sangat deras. Jadi, yuk luangkan waktu Anda untuk bersyukur atas mahakarya Allah yang satu ini.

Daya Tarik di Curug Ciparay
Image Credit: Google Maps Ramadhan Dwi Sanjaya

4. Kondisi Alam

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, curug cantik ini berlokasi di suatu lembah dikelilingi pepohonan hijau yang masih sangat lebat nan asri. Kondisi di sekitarnya masih sangat hijau dengan adanya tanaman dan pepohonan, dan juga terdapat bunga di situ. Selain itu, terdapat pula tebing bebatuan yang dijadikan tempat penyangga air terjun, di mana aliran air keluar dari sana. Nah, meskipun demikian, hal ini menjadi kewajiban dan tanggung jawab bagi semua pihak termasuk Anda untuk selalu menjaga kebersihan dan keasrian lokasi tempat wisata secara semestinya.

5. Udara yang Sejuk

Apakah Anda mengenali Gunung Galunggung? Jika iya, Anda harus mengetahui bahwa Curug Ciparay berlokasi di kaki Gunung Galunggung, sehingga karena lokasinya yang berada di sekitar pegunungan, hawa sejuk pun dapat dirasakan oleh Anda, pun juga air yang mengalir di curug tersebut. Sehingga rasanya komplit sekali jika Anda memutuskan untuk berkunjung di kawasan wisata cantik yang satu ini, terlebih lagi tempatnya cukup jauh dari keramaian kota.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Curug Ciparay
Image Credit: Google Maps Selamet Riadi

Curug Ciparay, salah satu wisata air terjun alamiah di kawasan Gunung Dinding Ari dan Gunung Karacak, berlokasi di Dusun Parentas, Desa Cidugaleun, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, terutama masih berada di sekitar kaki Gunung Galunggung, Gunung Karacak dan Gunung Dinding Ari.

Karena akses jalan menuju perbukitan didominasi jalan yang berkelok-kelok serta berlubang alias belum diaspal, serta tanjakan dan turunan, Anda hanya dapat pergi ke kawasan wisata tersebut dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Namun alangkah baiknya jika menggunakan kendaraan roda dua karena dikhawatirkan akan merepotkan kendaraan mobil lain yang berpapasan dengan Anda jika menggunakan kendaraan roda empat, terlebih lagi jalur tersebut hanya cukup dilalui oleh satu kendaraan mobil saja, dan di sisi kanan Anda akan menemukan jurang yang lumayan dalam.

Jika Anda berangkat dari pusat kota Tasikmalaya dengan jarak tempuh sekitar 30 km dan memakan waktu sekitar 1 jam 2 menit perjalanan, Anda dapat mengarahkan kendaraan Anda melalui rute berikut: Jalan Perintis Kemerdekaan – Jalan Siliwangi – Jalan SL Tobing-Pembangunan – Bundaran Bypas Mangkubumi – (lurus) Jalan AH Nasution – Jalan Raya Cibanjaran – Jalan Raya Singaparna/Jalan Garut-Tasikmalaya/Jalan Tim/Jalan Barat – Jalan Kp. Limabelas – Jalan Linggasina – Jalan Cipondok – Jalan Cidugaleun – Jalan Cingaloma – Jalan Pasirpari.

Jika Anda ingin memahami rute perjalanan secara maksimal, silakan manfaatkan aplikasi maps di gadget Anda. Setelah sampai di gerbang masuk dan memarkir kendaraan di area parkir, lanjutkanlah perjalanan dengan cara berjalan kaki menyusuri jalan setapak dengan dilengkapi papan penunjuk arah ke atas atau ke bawah.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Curug Ciparay
Image Credit: Google Maps Faris Harisona

Saat berkunjung ke destinasi alam yang menawan ini, Anda butuh membayar tiket untuk memasuki kawasannya. Anda cukup merogoh kocek setipis mungkin saja, yaitu sekitar Rp 8.000 saja per pengunjung.

Jika Anda datang dengan kendaraan pribadi, maka butuh biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan motor. Selain itu, kawasan hutan tersebut buka dari jam 07.30 – 17.00 WIB setiap hari Senin-Jumat, serta 07.30 – 17.00 WIB untuk hari Sabtu-Minggu dan hari libur.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Ciparay

Kegiatan Menarik Curug Ciparay
Image Credit: Google Maps Rumah Natura

1. Melakukan Trekking

Perjalanan menuju Curug Ciparay terbilang cukup menantang. Untuk sampai di gerbang masuk saja Anda harus melalui jalan yang berliku-liku dan berlubang-lubang, ditambah lagi kondisi jalannya belum diaspal dan tidak terlalu besar, namun Anda tetap akan disuguhi keindahan alam yang sangat menyejukkan di sepanjang perjalanannya karena terdapat pegunungan dan pepohonan hijau.

Setelah memarkirkan kendaraan, Anda harus tetap melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki untuk sampai di curug. Namun perjalanannya tidak terlalu jauh, hanya sekitar beberapa ratus meter saja dan didominasi oleh jalan turunan, kemudian Anda akan menyeberangi suatu jembatan bambu. Kondisi jalan setapaknya masih sangat alami yakni berupa batuan dan tanah di tengah rimbunnya pepohonan hijau dan semak belukar. Bahkan, Anda dapat melihat keindahan curug semenjak masih di perjalanan jadi bisa didokumentasikan, nih, apalagi suara deburannya dapat menyemangati Anda.

2. Menikmati Keindahan Alam

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, Curug Ciparay memberikan daya tarik pesona tersendiri, mulai dari air terjun kembarnya hingga suara airnya. Dijamin suara deburan air yang sangat keras, dipadukan dengan terpaan angin bercampur air yang menyejukkan, dapat menghilangkan rasa penat dalam jiwa dan meredakan hati yang sedang resah dan juga lelah. Bahkan, mungkin Anda akan betah berlama-lama di sana dalam waktu yang lama karena udara yang sejuk dan hijaunya alam di sekitarnya.

Kegiatan Menarik di Curug Ciparay
Image Credit: Google Maps Mr. Gumilang

3. Bermain Air

Di sekitar Curug Ciparay, terdapat suatu kolam yang alirannya tidak begitu besar yang bisa digunakan untuk bermain air, di mana kondisi airnya sangat jernih, bersih, menyejukkan dan menyegarkan meskipun agak dingin. Anda tidak disarankan untuk pergi ke kolam tempat mengalirnya curahan air yang lebih besar, atau bahkan berenang di kawasan curug.

4. Hunting Foto

Anda juga dapat mengabadikan momen liburan Anda dengan berfoto atau bervideo ria sesuka hati Anda. Terdapat beberapa spot foto yang bisa digunakan, misalnya di area parkir yang langsung mengarah ke air terjun, bebatuan di depan curug, atau bahkan bersama deburan air yang dialirkan dari air terjun di dekat Anda.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Air Terjun

Fasilitas Curug Ciparay
Image Credit: Google Maps Dedi Koswara

Sedikit disclaimer, Curug Ciparay Tasikmalaya merupakan suatu tempat wisata yang terbilang baru dan belum cukup populer, sehingga fasilitas pendukung yang disediakan masih terbilang sangat minim, namun keindahan yang ditawarkan dijamin dapat memberikan kesan bagi liburan Anda. Berikut ini fasilitas yang disediakan di kawasan wisata tersebut:

1. Warung Makan

Di sekitar gerbang masuk, Anda masih akan menemukan sekitar 5 warung yang menjual makanan-minuman. Harganya pun terjangkau sehingga Anda dapat menyantap makanan sepuas-puasnya. Biasanya, makanan dan minuman yang dijajakan di warung antara lain mie rebus, bala-bala hangat, bahkan kopi khas Ciparay Galunggung yang sering dibanderol harga 30 ribu rupiah.

2. Toilet

Anda juga dapat memanfaatkan toilet ataupun kamar mandi baik hanya sekedar ingin menuntaskan hajat buang air, atau bahkan membilas diri dan mengganti pakaian. Seperti yang dikatakan sebelumnya, keistimewaan dari air terjun ini adalah alirannya yang deras di salah satunya yang dapat menciprati tubuh Anda yang berada di sekelilingnya, sehingga Anda perlu membawa baju ganti untuk masuk ke kewasan ini. Toilet ini juga disediakan di sekitar gerbang masuk.

3. Area Parkir

Jika Anda mendatangi kawasan wisata dengan menggunakan kendaraan pribadi, Anda perlu memarkirkannya sebelum dapat menikmati segala keindahan dan keunikan yang ada di sana. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena kawasan wisata air terjun indah nan keren ini juga menyediakan lahan parkir yang cukup luas sehingga dapat menampung puluhan kendaraan bermotor/beroda dua.

Demikianlah beberapa hal menarik terkait Curug Ciparay yang menawan di Tasikmalaya. Suatu air terjun dengan ketinggian cukup tinggi dan terbentuk secara alamiah dengan cipratan air yang membahana ini memberikan kesan tersendiri untuk liburan Anda kelak. Jadi, apakah anda tertarik untuk menghabiskan liburan di tempat wisata keren nan eksotis ini?

REKOMENDASI DESTINASI