Curug Cipeuteuy salah satu objek wisata alam yang indah dan tersembunyi di Kaki Gunung Ciremai, Majalengka, Jawa Barat. Air terjun ini menyuguhkan panorama alam yang menajubkan dengan taman yang dikelilingi hutan pinus dan asri nan menyejukkan.

Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Jl. Dukuh Pasir, Bantaragung, Kec. Sindangwangi, Kab. Majalengka, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Surga wisata di Indonesia memang tidak ada habisnya, terus saja ada hal menarik yang bisa dijelajahi untuk wisata. Berada di Jawa Barat, Anda bisa menjadikan Majalengka sebagai tujuan wisata. Kawasan ini terkenal dengan wisata alam air terjunnya yang memikat hati. Salah satu yang bisa Anda jadikan alternatif adalah Curug Cipeuteuy yang bisa Anda intip pesonanya dalam ulasan berikut.

Sekilas Tentang Curug Cipeuteuy

Tentang Curug Cipeuteuy
Image Credit: Twitter.com @cool4myeyes

Curug Cipeuteuy merupakan air terjun di Majalengka yang memiliki pesona luar biasa. Destinasi wisata ini berada di kaki Gunung Ciremai. Gunung ini sendiri merupakan gunung paling tinggi di Jawa Barat yang juga memiliki panorama indah. Keindahan dari Gunung Ciremai ini ternyata tidak hanya berada di puncaknya saja.

Di kaki gunungnya juga banyak wisata menarik, karena gunung ini memiliki Cipeuteuy yang menyajikan pesona air terjun di tengah hutan. Dalam bahasa sunda peuteuy memiliki arti sebagai pete dalam bahasa Indonesia. tentu saja nama ini bukanlah tanpa alasan diberikan untuk air terjun ini. Konon katanya dahulu di lokasi air terjun terdapat banyak pohon pete.

Hal inilah yang membuat nama curug indah ini dengan Cipeuteuy. Banyak juga yang menyebutkan nama tersebut lantaran terdapat pohon pete yang ukurannya sangat besar di lokasi. Apapun nama yang diberikan untuk wisata ini, tetap tidak akan menutup pesona yang dimiliki curug ini. Dan tentunya sangat cocok untuk dijadikan tempat menghabiskan liburan.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Cipeuteuy

Daya Tarik Curug Cipeuteuy
Image Credit: Twitter.com @alfarik_noer

Selain memiliki air terjun yang jernih dan indah, destinasi satu wisata ini masih sangat asri. Anda tentu tahu jika kawasan yang masih disinggahi burung elang, maka kemungkinan besar kawasannya tersebut kealamiannya masih terjaga. Begitu juga dengan kawasan curug ini. Mengingat selain menjadi wisata air terjun, juga menjadi konservasi elang jawa.

Daya tarik yang dimiliki destinasi Curug Cipeuteuy ini memang tak akan membuat Anda kecewa telah mengunjunginya. Begitu Anda tiba di lokasi, Anda akan disuguhkan jajaran pohon pinus sepanjang perjalanan menuju air terjun. Udaranya yang sejuk dengan suara burung yang bersahutan memberikan suasana yang berbeda. Pemandangan yang disajikan memang luar biasa indah.

Lokasi curug ini memang tak terlalu jauh dari parkiran, sehingga Anda hanya perlu berjalan sekitar 300 meter saja. trek hikingnya juga tak terlalu berat bahkan sangat ramah untuk Anda yang masih amatir. Begitu tiba di lokasi utama Anda akan dibuat terpesona dengan taman yang begitu cantik. Taman ini berada di tengah hutan dan di depannya terdapat air terjun yang bersih juga jernih.

Taman ini sendiri memang sudah ditata sedemikian rupa sehingga tampilannya begitu memanjakan penglihatan Anda. Pengunjung bisa menyeberangi jembatan untuk menuju area yang lainnya. Jalan setapak di area wisata ini ditata dengan baik. Dan pengunjung bisa menemukan persimpangan yang akan memisahkan antara curugnya dan bumi perkemahannya.

Daya Tarik Cipeuteuy
Image Credit: Google Maps (Dhimas Angga)

Sepanjang jalan Anda akan dibuat terpesona dengan suasana alamnya. Destinasi wisata Majalengka ini memang sangat cocok untuk menghabiskan akhir pekan atau liburan bersama keluarga. Ada banyak wahana yang hadir untuk membuat kegiatan liburan semakin menyenangkan. Seperti hadirnya kolam renang yang selalu menjadi tujuan pengunjung.

Curug Cipeuteuy sendiri berbeda dengan air terjun pada umumnya, karena berada di dataran rendah. Jika Anda baru pertama kali mengunjungi wisata ini jangan terkecoh dengan hadirnya rangkaian kolam berundak. Kolam ini bukanlah air terjun yang sebenarnya. Lokasi air terjunnya memang tak jauh dari kolam ini, dimana alirannya memang tak terlalu deras.

Curug ini juga tidak terlalu tinggi, sehingga bisa disebut dengan aliran air. Pengunjung bisa dengan bebas menikmati air terjun ini. Karena dibawahnya terdapat kolam yang bisa dijadikan area untuk bermain air. Kesegaran airnya akan membuat pengunjung tak sabar untuk segera merasakan kesegaran air yang begitu jernih tersebut.

Yang membuat wisata ini menarik perhatian, kawasan hutannya menjadi konservasi elang Jawa. Spesies elang yang merupakan binatang endemik ini memang tengah diancam kepunahan. Pengunjung bisa melihat secara langsung Elang jawa ini saat berada di kawasan air terjun ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Curug Cipeuteuy

Alamat Curug Cipeuteuy
Image Credit: Instagram.com @ariswisnu26

Alamat curug eksotis ini berada di Jl. Dukuh pasir, Desa Bantaragung, Sindangwangi, Kab. Majalengka, Jawa Barat. Jika Anda memulai perjalanan dari pusat kota Majalengka, jarak yang harus ditempuh sekitar 24 km. Sementara jika berangkat dari Cirebon jaraknya sekitar 27 km. Akses jalan menuju lokasi sudah terbilang baik, tetapi sempit.

Untuk Anda yang ingin menuju curug satu ini, alangkah baiknya jika menggunakan kendaraan pribadi. Kendaraan pribadi yang bisa digunakan seperti motor ataupun mobil. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mobilisasi dibandingkan dengan kendaraan umum. Petunjuk jalan sampai ke lokasi sudah bisa ditemukan sehingga akan memudahkan perjalanan Anda.

Rute yang bisa Anda ambil untuk menuju wisata ini bisa dari Terminal Maja, Kab. Majalengka. Silahkan arahkan kendaraan Anda menuju Jl. Raya Majalengka ke arah Cikijing. Nantinya sekitar 750 meter kemudian Anda silahkan mengambil arah belok kanan untuk menuju Jl. Raya Sukahaji. Ikuti jalan ini sampai Anda sampai di Jalan Widara.

Melaju mengikuti jalan, sekitar 350 meter kemudian Anda bisa mengambil belok kanan ke Jalan Majalengka menuju Rajagaluh. Belok kanan kembali menuju Jalan Sindangwangi, dan dilanjutkan belok kanan. Ada banyak petunjuk jalan yang bisa mengantar Anda menuju lokasi. Terutama ketika Anda sudah memasuki Jl. Dukuh Pasir selepas melalui Jl. Bantaragung.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Cipeuteuy

Harga Tiket Air Terjun Cipeuteuy
Image Credit: Google Maps (Tambang Raras)

Memiliki keindahan yang memukau, Anda tak perlu merogoh kantong dalam untuk memasuki area wisata ini. Harga tiket masuk ke Curug Cipeuteuy sekitar Rp 15 ribu setiap orangnya. Harga tersebut berbeda antara orang dewasa dan anak anak, anak anak hanya dikenakan biaya masuk sekitar Rp 10 ribu saja.

Harga tiket tentu saja masih belum termasuk dengan tarif parkir maupun wahana tambahan. Retribusi untuk parkir berkisar Rp 8 ribu untuk kendaraan roda dua. Sementara untuk mobil harga tiket parkir kisaran Rp 10 ribu. Harga tiket masuk maupun harga retribusi parkir tentu bisa naik kapanpun sesuai dengan keputusan dari pengelola.

Untuk itu, ada baiknya jika Anda membawa uang lebih. Bagi Anda yang ingin bermalam dengan camping, Anda akan dikenakan biaya tambahan sekitar Rp 25 ribu. Untuk jam buka curug ini, yakni mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB. Anda bisa berkunjung kapan saja, mengingat area wisata ini buka dari Senin hingga Minggu.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Cipeuteuy

Kegiatan di Curug Cipeuteuy
Image Credit: Twitter.com @nuriman_mohamad

1. Menikmati Keindahan Curug

Hal yang tidak akan dilewatkan ketika mengunjungi Curug Cipeuteuy adalah menikmati keindahan. Curug ini memang berada di tengah hutan pinus yang memiliki pemandangan luar biasa. Udaranya yang sejuk lengkap dengan pemandangan hijau mampu untuk mengusir segala penat. Apalagi area wisata satu ini juga sangat terjaga kebersihannya.

2. Berenang atau Bermain Air

Kendati air terjun ini tak terlalu tinggi, tetapi di bawahnya ditambahkan dengan kolam kolam hasil dari bendungan air terjun. Airnya begitu bersih dengan warna biru kehijauan. Arusnya yang tenang membuat pengunjung bisa berendam maupun berenang. Bagi Anda yang tidak terlalu pandai berenang juga bisa menyewa ban di area wisata ini.

Tenang saja, kolam ini dibedakan antara kolam untuk orang dewasa juga anak anak. Sehingga soal keamanannya Anda tak perlu khawatir. Kolam ini dibentuk bertingkat dengan dikelilingi taman indah, Anda seakan akan sedang berada di film. Selain menikmati segarnya airnya, pengunjung juga bisa mengambil beberapa foto di area kolam ini.

3. Mengunjungi Ciboer Pass

Sebelum menuju Curug Cipeuteuy sebenarnya Anda akan melewati sebuah tempat yang menarik. Tempat ini dikenal dengan Ciboer Pass, merupakan hamparan sawah luas yang membentuk terasering. Selain pemandangan memukau, Anda juga bisa mencicipi berbagai kuliner yang menggoyang lidah. Salah satu menu andalannya adalah kopi asli Ciremai.

Kegiatan Curug Cipeuteuy
Image Credit: Google Maps (Twins Adventure Channel)

4. Menjajal Flying Fox

Curug andalan Majalengka ini juga memiliki wahana seru yakni flying fox. Anda bisa menantang adrenalin sekaligus menikmati pemandangan dari ketinggian. Bagi Anda yang ingin menjajalnya tentu harus mengeluarkan budget tambahan. Dengan mencoba wahana ini dijamin liburan Anda akan semakin berkesan.

5. Berburu Foto Instagramable

Perlu Anda tahu, jika destinasi wisata ini juga memiliki banyak spot foto yang bisa dimanfaatkan. Salah satu spot yang selalu diburu oleh pengunjung adalah jembatan cantik yang berada di sekitar kolam. Beberapa juga mengambil foto dengan latar belakang air terjun. Pastikan Anda membawa kamera kesayangan Anda dan menyiapkan memori yang cukup.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Cipeuteuy Majalengka

Fasilitas Curug Cipeuteuy
Image Credit: Google Maps (Ikwan Maulana)

Tidak hanya bisa melakukan berbagai kegiatan yang menarik, pengunjung juga bisa menemukan fasilitas pendukung di wisata curug ini. Fasilitas yang ada juga terbilang sudah memadai dan lenglkap. Mengingat wisata Curug Cipeuteuy sudah mendapatkan pengelolaan yang baik. Anda bisa menemukan fasilitas parkir yang cukup luas untuk menampung semua kendaraan.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menemukan toilet di beberapa titik dalam kondisi yang bersih dan memadai. Mushola juga dihadirkan untuk Anda yang akan beribadah di area wisata ini. Bagi Anda yang tidak sempat membawa bekal, Anda bisa mengandalkan warung yang ada di sini. Warung warung ini menyediakan berbagai makanan juga minuman yang bisa jadi pilihan.

Bukan hanya itu, bagi Anda yang ingin berburu oleh oleh juga ada toko souvenir. Papan petunjuk jalan juga bisa ditemukan di dalam wisata, sehingga wisatawan tidak perlu takut tersesat. Setelah Anda berjalan jalan, Anda bisa beristirahat di gazebo yang disediakan. Fasilitas yang ada di Curug Cipeuteuy memang sudah lengkap dan juga memadai.

Menikmati pesona alam curug ini memang tak lengkap jika hanya sebentar. Untuk itu, bagi Anda yang ingin berlama lama bisa mendirikan tenda di area campingnya. Tetapi juga bisa memilih penginapan di sekitar tempat wisata. Penginapan memang tak ada di dalam, melainkan harus keluar terlebih dahulu. Harga yang ditawarkan sangat beragam tergantung fasilitasnya.

Menghabiskan waktu liburan di alam memang tak pernah gagal untuk melepaskan segala penat. Terutama jika tempatnya masih terjaga keasriannya. Curug Cipeuteuy yang berada di Majalengka ini adalah alternatif yang sangat pas bagi Anda yang ingin liburan di alam. Pastikan untuk menjaga wisatawan yang bijak dengan tidak meninggalkan sampah sembarangan.