15 Curug (Air Terjun) di Garut yang Lagi Hits Dikunjungi

Curug Garut

Berkunjung ke kota Garut, tidak lengkap tanpa berkunjung ke tempat wisata alamnya yang dikenal mempesona. Ketika cuaca sedang terik, nampaknya curug atau air terjun bisa menjadi pilihan destinasi yang tepat. Dijamin anda bisa memanjakan diri, selagi menikmati kesegaran air dan mendengarkan gemericik airnya yang begitu menyegarkan.

Ketika berkesempatan berkunjung ke Swissnya Jawa, berikut ada 15 rekomendasi curug terbaik di Garut untuk menghiasi hari libur anda.

1. Curug Jaga Pati

Curug Jaga Pati

Image Credit: Facebook.com @Jalanjalanah1

Dari sekian banyak curug yang ada di Garut, Curug Jaga Pati tampaknya tak boleh kelewatan untuk dikunjungi. Setidaknya terdiri dari tiga air terjun yang cukup tinggi, terlihat begitu mempesona meski diambil dari sudut pandang yang berbeda. Ditambah dengan jernihnya air yang mengalir karena masih relatif bersih, seakan menambah kesyahduan ketika duduk santai di pinggiran curug.

Sangking jernihnya air yang mengalir, bahkan kolam kolam airnya yang berada di bawah curug terlihat begitu menyegarkan. Debit airnya yang bisa dikatakan tidak terlalu deras namun juga tidak terlalu kecil ini, memang memiliki komposisi pas untuk dimanfaatkan bermain main di sekitarnya. Sejak pertama kali mengunjunginya, dijamin siapapun akan merasa betah dan ingin mengunjunginya kembali suatu saat nanti.

Lokasi: Neglasari, Kec. Cisompet, Kab. Garut.

2. Curug Nyogong

Curug Nyogong

Image Credit: Jelajahgarut.com

Bagi pecinta tantangan dan ingin merasakan kesegaran air yang meluncur dari ketinggian, nampaknya Curug Nyogong bisa menjadi pilihan tepat. Sebab debit air yang dikeluarkannya cukup deras jika dibandingkan dengan curug lainnya, membuatnya begitu gagah nan berbeda. Ditambah dengan lingkungannya yang masih terjaga, anda tidak akan pernah menyesal karena pernah mengijakan kaki di tempat indah satu ini.

Sebelum sampai di tujuan, pengunjung diharuskan menembus hutan lebat serta mendaki di perbukitan terjal. Usai melakukan perjuangan tersebut, rasa lelah dan pegal selama perjalanan tiba tiba menghilang karena melihat keindahan alamnya. Rasanya usaha di sepanjang perjalanan, dianggap sepadan dengan apa yang bisa dirasakan. Karena medannya cukup berbahaya, pastikan untuk mengenakan sepatu untuk menjaga keselamatan.

Lokasi: Kp. Sawahpasir, Mekarwangi, Kec. Cihurip, Kab. Garut.

3. Curug Cibadak

Curug Cibadak

Image Credit: Jelajahgarut.com

Akses menuju lokasi wisata cukup mudah dilalui dengan kendaraan pribadi, membuat Curug Cibadak begitu banyak dilirik untuk dikunjungi. Meski medan yang dilalui cukup mudah, sayangnya tidak banyak yang menyadari akan keberadaannya. Hal inilah yang membuatnya cocok sebagai destinasi wisata untuk menenangkan diri sejenak, dari padatnya jadwal pekerjaan anda. Seusai berlibur ke tempat ini, dipastikan tubuh dan pikiran siap melakukan aktifitas kembali.

Tidak terlalu banyak dipadati penduduk, pengunjung pun bisa lebih leluasa untuk menikmati ciptaan Tuhan yang luar biasa ini. Masih jarang dijamah oleh tangan tangan manusia, kondisi alamnya pun masih terbilang asri. Silahkan langsung ke lokasi wisata yang berada di Kecamatan Cihurip, Garut Selatan apabila memang tertarik untuk merasakan sensasi kesegaran alam yang berbeda dengan yang lainnya.

Lokasi: Cisangkal, Kec. Cihurip, Kab. Garut.

4. Curug Cisarua

Curug Cisarua

Image Credit: Reservasi.com

Sejak pertama kali melihat Curug Cisarua, anda mungkin menyadari ada yang berbeda nan unik dimilikinya. Keunikannya berasal dari tebing untuk tempat air terjun mengalir, yang memiliki bentuk layaknya bebatuan yang sengaja disusun rapi. Agar lebih jelas, silahkan berkunjung di musim kemarau. Ada saat ini debit air tidak akan terlalu besar, sehingga dengan mudah melihat keunikannya tersebut.

Lokasi: Sukamurni, Kec. Cilawu, Kab. Garut.

5. Curug Sanghyang Taraje

Curug Sanghyang Taraje

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Curug Sanghyang Taraje, merupakan salah satu curug populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan ketika berlibur ke Garut. Ada suatu kepercayaan masyarakat sekitar yang mengatakan, curug satu ini menjadi sebuah tangga yang digunakan oleh Sangkuriang ketika mengambil bintang di langit khusus untuk sang kekasih

Lokasi: Kp. Kombongan, Pakenjeng, Kec. Pamulihan, Kab. Garut.

6. Curug Rahong

Curug Rahong

Image Credit: Maringetrip.com

Salah satu faktor alasan kenapa pengunjung mudah menemukan lokasi si Curug Rahong, dikarenakan faktor kepopulerannya cukup tinggi. Hanya dengan bertanya ke masyarakat sekitar, mereka dapat menjadi pemandu anda untuk bisa sampai di tujuan dengan selamat. Apabila anda sudah berada di jembatan Rahong, hal ini menjadi pertanda bila anda sudah hampir sampai di tujuan.

Meski namanya cukup tenar, sayangnya destinasi populer ini belum dikelola dengan baik. Bahkan pengunjung tidak akan dikenakan biaya tiket masuk sedikitpun, meski letaknya yang cukup mudah untuk dilalui. Walaupun begitu, pengunjung diharapkan terus waspada, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Lokasi: Jl. Cisewu – Sukarame, Sukajaya, Kec. Cisewu, Kab. Garut.

7. Curug Orok

Curug Orok

Image Credit: Detik.com

Pemberian nama orok sendiri, diambil dari bahasa sunda yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia menjadi bayi. Tahukah anda kenapa air terjun ini dinamakan orok ? Berdasarkan ceria warga sekitar, dahulu ada seorang ibu yang tega membuang bayinya dari puncak curug ini. Hal ini dilakukannya, karena dirinya merasa malu telah dikaruniai seorang anak dari hasil hubungan gelapnya.

Dikelola dengan baik oleh PT. Perkebunan Nusantara dan masyarakat sekitar, membuat keindahan si Curug Orok ini terjaga dengan baik. Berkat adanya mengelolaan tepat, pengunjung pun merasa nyaman selagi berlibur ke tempat wisata satu ini. Untuk bisa masuk ke lokasi tersebut, akan dikenakan biaya sekitar Rp. 10 ribuan per orangnya. Khusus untuk weekend, setiap orangnya akan dikenakan biaya sekitar Rp. 15 ribuan saja.

Lokasi: Cikandang, Kec. Cikajang, Kab. Garut.

8. Curug Dengdeng

Curug Dengdeng

Image Credit: Idntimes.com

Apa yang membuat curug satu ini wajib untuk dikunjungi ? Berbeda dengan curug lainnya yang cenderung memiliki ketinggian tertentu, justru si Curug Dengdeng memiliki lebar yang hampir dua kali lipat dari tingginya yang hanya berkirar 20 hingga 30 meter saja. Terlihat cantik nan unik, siapapun yang melihatnya secara langsung akan dibuat takjub tiada henti. Ketika berkunjung kesana, pastikan untuk menggunakan tour guide, mengingat letaknya yang terpencil.

Sayangnya saat hujan turun, aliran air akan menjadi keruh akibat membawa material tanah. Ditambah lagi dengan debit airnya yang semakin meningkat, dirasa cukup berbahaya jika ada pengunjung yang terjebak disana. Namun tak perlu khawatir, sebab kondisi tersebut hanyalah sementara hingga hujan reda. Ketika hujan tak lagi turun, aliran air akan kembali normal serta warna airnya pun kembali jernih.

Lokasi: Margamulya, Kec. Cisompet, Kab. Garut.

9. Curug Ngaleng

Curug Ngaleng

Image Credit: Odestory.com

Siapa sangka bila Curug Sanghyang Taraje ternyata memiliki kembaran yang diberi nama Curug Ngaleng. Lokasi curug satu ini berada di Kecamatan Cisompet, Garut Selatan. Meski dikatakan serupa, namun ukurannya lebih pendek dan kawasan sekitarnya pun tak seluas saudaranya. Pengunjung diharapkan untuk berhati hati menuju ke lokasi, sebab anda harus menyelusuri sungai yang berarti harus melawan arus yang cukup kuat.

Lokasi: Sindangsari, Kec. Cisompet, Kab. Garut.

10. Curug Salawe

Curug Salawe

Image Credit: Jelajahkhatulistiwa.com

Lokasinya yang dikelilingi oleh tebing dan berbagai bebatuan licin, nampakya tidak menyurutkan wisatawan untuk melihat betapa indahnya ciptaan Tuhan satu ini. Hanya saja pengunjung harus mengurungkan niatnya ketika ingin bermain air di sekitar lokasi curug, mengingat akses menuju ke lokasi tidaklah mulus seperti medan ke curug lainnya. Meski hanya bisa menikmati keindahan alam serta kesegaran udaranya, sudah mampu mengembalikan semangat.

Tak hanya pemandangan sekitar saja, namun deburan air yang turun ke dasar curug seakan mengalun indah nan sedap didengar. Namun perlu diingat bila medan menuju lokasi ini cukup berat, sehingga tidak sembarangan orang bisa dan mau melakukannya. Apakah anda tertantang untuk melihat keindahannya ? Silahkan menuju lokasinya yang berada di Desa Pangrumasan, Peudey, Garut.

Lokasi: Pangrumasan, Kec. Peundeuy, Kab. Garut.

11. Curug Luhur

Curug Luhur

Image Credit: Kompasiana.com

Dikatakan sebagai surga yang tersembunyi, lantaran menawarkan keindahan alam yang cantik nan mempesona. Meski tidak terlalu tinggi, debit air yang dihasilkannya cukup melimpah dan terlihat begitu segar. Ditambah dengan adanya kolam yang terbentuk secara alami, menggoda pengunjung untuk bermain air di sekitarnya. Belum lagi dengan warna airnya yang terlihat kehijauan, berhasil membuat pemandangan terlihat lebih segar.

Lokasi: Cisompet, Kec. Cisompet, Kab. Garut.

12. Curug Ciharus

Curug Ciharus

Image Credit: Wisatalengkap.com

Namanya yang masih asing terdengar bagi masyarakat umum, dikarenakan letaknya yang sangat tersembunyi dan tidak banyak dieksplor. Namun anda nampaknya beruntung jika pernah mengunjunginya, karena pemandangan sekitarnya begitu menakjubkan dan sayang untuk dilewatkan begitu saja. Bahkan mata airnya sendiri berasal dari Gunung Gede, yang mana menjadi salah satu gubung yang masih bertetangga dengan Gunung Guntur.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk pergi ke lokasi wisata. Salah satunya, yaitu memastikan kondisi fisik prima mengingat aksesnya yang terbilang tidak mudah dan masih berbentuk bebatuan. Namun perjuangan tersebut akan terbayarkan seketika, saat sudah melihat keindahan si Curug satu ini. Ditambah dengan ketinggian airnya yang mencapai 100 meter dan segarnya air gunung, berhasil menghilangkan rasa penat.

Lokasi: Dano, Kec. Leles, Kab. Garut.

13. Curug Cikanay

Curug Cikanay

Image Credit: Klikhotel.com

Setibanya di lokasi wisata ini, pengunjung akan disuguhkan dengan suasana alam yang masih asri nan terjaga. Yang membuat curug satu ini digemari masyarakat, lantaran debit airnya yang tidak terlalu deras namun tidak mengurangi pesonanya sama sekali. Justru jumlah air yang tidak terlalu banyak, menghadirkan ciri khas yang unik untuk dikunjungi. Belum lagi aliran airnya seakan dikepung oleh tebing tebing tinggi, yang membuatnya semakin mempesona.

Tempat wisata satu ini, dirasa cocok sebagai tempat pelarian dikala ingin meluapkan emosi yang ada di dalam pikiran. Bagaimana bisa dikatakan demikian ? Lantaran Curug Cikanay bukanlah destinasi wisata komersil atau tidak bisa dimasuki oleh sembarang orang. Biasanya orang yang berkunjung ke tempat ini adalah mereka yang memiliki jiwa penjelajah, yang siap mengunjungi dan melihat langsung bagaimana pesonanya dari dekat.

Lokasi: Cikandang, Kec. Cikajang, Kab. Garut.

14. Curug Cihanyawar

Curug Cihanyawar

Image Credit: Twitter.com @Infogarut

Salah satu destinasi wisata dengan keindahan alamnya yang masih begitu terjaga kealamiannya yaitu Curug Cihanyawar. Lingkungannya masih tergolong asri, lantaran keberandaannya yang masih belum banyak diekspos dan jarang dikunjungi wisatawan. Meski begitu tempat ini bukanlah tak indah seperti Curug lainnya yang ada di Garut, hanya saja banyak orang yang masih belum mengetahui keberadaannya saja.

Tak hanya menawarkan pesona dari derasnya air yang berjatuhan, ternyata Curug satu ini menyimpan pesona lainnya. Jika memandang ke sebelah kanan dari air terjun, pengunjung akan menemukan sebuah gua yang ukurannya termasuk cukup besar. Hanya saja masih belum ada petualang yang menelusuri gua tersebut, apakah itu hanyalah bekas longsoran batu ataukah memang bisa menjadi tempat wisata baru.

Lokasi: Sukamurni, Kec. Cilawu, Kab. Garut.

15. Curug Cibitung

Curug Cibitung

Image Credit: Udaindra.blogspot.com

Pengunjung dijamin tidak akan bosan ketika berkunjung ke curug Cibitung. Sebab destinasi wisata ini menawarkan pemandangan yang berbeda, dimana di sekitar pendaratan air terjunnya terdapat sebuah formasi bebatuan cadas yang kemudian memecah aliran airnya. Pemandangan satu ini, menyadarkan kita akan kebesaran Tuhan yang Maha Esa.

Apabila ingin mendekat ke lokasi turunnya air terjun, pastikan untuk melangkah dengan penuh kehati hatian. Sebab bebatuan disana cukup licin jika digunakan sebagai pijakan, sehingga perlu ekstra hati hati ketika melakukan pergerakan. Dibagi dalam beberapa tingkat, tentu saja hal ini menambah keunikan dan pesonanya sebagai salah satu destinasi wisata di Garut.

Lokasi: Kertamukti, Kec. Cikelet, Kab. Garut.

Bingung mencari tempat untuk menyegarkan pikiran serta memanjakan diri dari hiruk pikuk kota? Nampaknya ini adalah saat yang tepat menikmati suasana alam, seperti pergi ke destinasi wisata air terjun atau Curug yang ada di Garut. Deretan daftar curug di atas sepertinya bisa menjadi rekomendasi terbaik, dimana setiap air terjunnya memiliki keunikan tersendiri yang pastinya menawarkan pesona yang akan dikenang selalu.