Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 07.00-15.00 WIB, Alamat: Jl. Gunungwangun, Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Apabila Anda berencana untuk menghabiskan waktu liburan dengan mengunjungi destinasi wisata di Kota Bogor dan sekitarnya, maka Curug Hordeng bisa menjadi pilihan yang tepat. Wisata alam ini merupakan sebuah air terjun yang berada dalam kawasan wisata Curug Kembar Cibereum, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kawasan wisata alam yang menarik ini cukup unik dan menawarkan pengalaman berwisata yang cukup lengkap, karena setiap wisatawan dapat menikmati keindahan empat air terjun yang berbeda secara sekaligus. Oleh sebab itu, Kawasan Wisata Curug Kembar ini sangat digemari oleh para pecinta petualangan alam.

Selain memiliki pemandangan alam yang menakjubkan, kawasan wisata spektakuler ini juga menyediakan ragam aktivitas yang pastinya menarik untuk dicoba. Penasaran mengenai tempat wisata hits yang satu ini? Berikut telah kami sajikan ulasan lengkapnya di bawah ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Hordeng

Daya Tarik Curug Hordeng Bogor
Image Credit: Twitter Backpankers

1. Curug Hordeng Sendiri

Air terjun alami yang berada di ketinggian sekitar 740 meter di atas permukaan laut. Dinamakan sebagai ‘Curug Hordeng’ karena penamaannya berasal dari Bahasa Sunda ‘hordeng’ yang memiliki arti gorden atau tirai. Sekilas, air terjun yang satu ini memang memiliki bentuk yang cukup unik, yakni melebar serta tidak terlalu tinggi, mirip seperti sebuah tirai. Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung dapat menempuh jalur trekking terlebih dahulu dari pintu masuk selama sekitar 30 menit.

Ada banyak sekali kegiatan menarik yang dapat dilakukan di lokasi Air Terjun Hordeng ini. Pertama, karena kedalaman airnya yang tergolong rendah, pengunjung dapat dengan leluasa berenang ataupun bermain-main di dasar air terjun. Selain itu, karena pemandangannya yang sangat mengagumkan, banyak di antara pengunjung yang memanfaatkan lokasi air terjun ini untuk berfoto ataupun merekam video.

Selain itu, arus air di Air Terjun Hordeng ini memang tidak terlalu deras dan tergolong aman. Oleh karena itu, di curug ini ada sebuah wahana ekstrim yang cukup menarik untuk dicoba, yakni tempat tidur gantung tepat di atas aliran air terjun. Pengunjung dapat merasakan sensasi menegangkan berbaring di tempat tidur gantung tepat di atas aliran air terjun. Tak hanya itu saja, pengunjung juga dapat melakukan olahraga air sederhana seperti kayak di area curug ini, namun dengan peralatan yang dipersiapkan sendiri dari rumah.

2. Curug Ciburial

Curug Ciburial merupakan air terjun lain yang masih berada dalam Kawasan Wisata Curug Kembar Cibereum. Keindahan alam yang ditawarkan di Curug Ciburial tidak kalah dengan air terjun lainnya, lengkap dengan bebatuan besar yang alami serta ragam tanaman yang sangat asri. Oleh sebab itu, tak lengkap rasanya apabila wisatawan yang mengunjungi Curug Hordeng dan tidak mampir dahulu ke Curug Ciburial, karena jarak kedua curug ini cukup dekat dan dapat ditempuh hanya dengan berjalan kaki saja.

Sifat aliran air dari Curug Ciburial ini memang sedikit berbeda dari Curug Hordeng, karena aliran airnya yang memang tergolong lebih deras. Tak hanya itu, kedalaman air di air terjun ini memang cukup dalam, yakni sekitar 4 meter sehingga kurang cocok untuk dijadikan lokasi berenang. Karena sifat airnya ini, lokasi Curug Ciburial ini juga pada dasarnya tidak diperuntukkan untuk melakukan ragam olahraga air.

Meski demikian, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, air terjun yang satu ini memang menawarkan keindahan alam yang spektakuler. Untuk itu, banyak sekali wisatawan yang secara khusus mengunjungi Curug Ciburial ini untuk berfoto dengan latar belakang pemandangan alam yang masih asri dan alami.

3. Curug Kembar

Air terjun lainnya yang masih berada di Kawasan Wisata Curug Kembar Cibereum adalah Curug Kembar. Sesuai dengan namanya, Curug Kembar ini memang memiliki 2 air terjun yang mengalir secara bersamaan, jika dilihat secara sekilas, memang curug yang satu ini seakan-akan menyerupai air terjun kembar. Curug yang satu ini memang tergolong unik serta memiliki pemandangan yang sangat menarik, terutama karena keunikan dari air terjun kembar ini.

Untuk dapat menuju ke Curug Kembar, wisatawan dapat mengakses rute trekking dengan berjalan kaki dari Curug Ciburial selama kurang lebih 20 menit. Selama perjalanan, wisatawan akan disuguhkan oleh keindahan dari pepohonan kopi yang rimbun. Selain itu, jika berjalan dari arah Curug Ciburial, wisatawan harus berjalan di atas jembatan bambu terlebih dahulu sebelum sampai di lokasi Curug Kembar. Jembatan bambu ini memang memiliki arsitektur yang cukup menarik, sehingga seringkali dijadikan lokasi berfoto.

Apabila sudah sampai di lokasi Curug Kembar, pengunjung sudah dapat menikmati indahnya pemandangan air terjun serta hutan yang mengelilinginya. Kedalaman air di Curug Kembar ini memang tidak terlalu dalam (sekitar 1 meter saja) dan aliran airnya pun tidak terlalu deras, sehingga pengunjung dapat berenang di dasar air terjun. Meski demikian, pengunjung diharapkan tetap berhati-hati dan tetap mengikuti aturan yang berlaku.

4. Curug Cileungsi

Curug Cileungsi merupakan air terjun selanjutnya yang berada di Kawasan Wisata Curug Kembar Cibereum. Seperti air terjun lainnya yang masih berada di kawasan yang sama, lokasi dari Curug Cileungsi ini juga dapat diakses dengan berjalan kaki dari curug lainnya. Soal pemandangan, Curug Cileungsi ini menghadirkan keindahan air terjun yang sangat indah, dengan bebatuan alami serta ragam vegetasi yang menghiasinya.

Sifat aliran air di lokasi curug ini memang cukup deras. Selain itu, air terjun yang satu ini juga dipenuhi oleh bebatuan alam yang cukup besar. Oleh sebab itu, pengunjung perlu lebih berhati-hati lagi apabila hendak melakukan ragam aktivitas di area dasar air terjun Curug Cileungsi seperti berenang dan bermain, karena kondisi alam yang dipenuhi bebatuan sehingga cukup licin dalam keadaan basah.

Daya Tarik Dimiliki Curug Hordeng Bogor
Image Credit: Twitter @rryanmn

5. Spot Berfoto

Di Kawasan Wisata Curug Kembar Cibereum ini, ada banyak sekali spot foto menarik yang pastinya sayang untuk dilewatkan. Pengunjung dapat memilih untuk berfoto di lokasi dengan pemandangan alam yang indah, ataupun di ragam spot foto buatan yang menarik. Apabila pengunjung memilih untuk mengabadikan momen dengan latar belakang pemandangan alam, maka dapat berfoto di berbagai air terjun ataupun hutan di kawasan ini.

Namun, apabila pengunjung lebih memilih untuk berfoto di spot foto buatan, ada banyak sekali tempat berfoto yang telah disediakan di kawasan wisata yang indah ini. Salah satu spot foto buatan yang cukup popular di kalangan masyarakat adalah jembatan bambu, di mana wisatawan dapat berfoto di atas jembatan bambu ditemani latar belakang pegunungan serta hamparan hutan yang mempesona.

6. Trekking

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk mengunjungi lokasi salah satu air terjun di kawasan wisata ngehits ini, pengunjung perlu menyusuri jalur trekking terlebih dahulu. Pada umumnya, jalur ini sudah dibuat sedemikian rupa sehingga dapat ditempuh dengan berjalan kaki secara mudah dalam waktu yang singkat. Namun karena kondisi alamnya yang masih asli, memang terdapat beberapa bagian di jalur trekking ini yang tergolong sulit untuk dilalui, sehingga pengunjung disarankan untuk melakukan trekking bersama pemandu ataupun dalam tim sehingga dapat mengawasi satu sama lain.

7. Camping Ground

Apabila pengunjung ingin menikmati keindahan alam di Kawasan Wisata Curug Kembar Cibereum dalam waktu yang lebih lama, maka dapat memilih opsi berkemah atau camping. Di kawasan wisata yang lagi ngehits ini, telah tersedia camping ground, atau arena kemah yang dapat dimanfaatkan untuk membangun tenda. Untuk dapat melakukan kemah di lokasi ini, pengunjung dapat menyewa tempat dan membayar sejumlah biaya tambahan yang dikenakan per malamnya.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Alamat Curug Hordeng
Image Credit: Google Maps Lucky Dasa Putra

Curug Hordeng beralamat di dalam Kawasan Wisata Curug Kembar Cibereum, tepatnya di Jl. Gunungwangun RT 05/04, Cibadak, Kec. Jonggol, Bogor, Jawa Barat. Terdapat 3 opsi rute perjalanan yang dapat diakses menuju lokasi curug ini. Opsi pertama yakni melalui Kecamatan Jonggol, opsi kedua yakni melalui Sentul, dan opsi selanjutnya dapat ditempuh melalui Citeureup.

Untuk dapat melakukan trekking dan masuk ke area air terjun, pengunjung dapat membeli tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiket yang dikenakan cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp 20.000 per orangnya. Harga tiket ini dapat berubah sewaktu-waktu, terutama pada hari libur besar.

Untuk tarif parkir, biaya yang dikenakan yakni sekitar Rp 20.000 untuk kendaraan roda empat, dan Rp 5.000 untuk motor. Seperti halnya tiket masuk, tarif parkir ini juga dapat berubah sewaktu-waktu.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Hordeng

Kegiatan Curug Hordeng Bogor
Image Credit: Twitter K I M

1. Berenang di Dasar Air Terjun

Pada umumnya, salah satu aktivitas yang paling banyak dilakukan oleh para wisatawan di kawasan Curug Hordeng ini adalah berenang di dasar air terjun. Masing-masing air terjun di tempat ini memiliki suhu air yang cukup sejuk, sehingga sangat cocok untuk berenang. Namun, perlu diperhatikan aturan keamanan yang berlaku di sekitar lokasi, seperti dilarang berenang di Curug Ciburial karena kedalaman air yang cukup dalam.

2. Melakukan Olahraga Air Sederhana

Selain berenang, aktivitas lainnya yang tak kalah menarik adalah melakukan olahraga air sederhana. Di tempat ini, pengunjung dapat melakukan beragam jenis olahraga air sederhana, seperti kayak ataupun snorkeling. Namun, pihak pengelola wisata tidak menyediakan peralatan olahraga, sehingga pengunjung harus membawa peralatannya sendiri dari rumah.

3. Berburu Foto Keren

Apabila sudah mengunjungi tempat wisata alam yang indah ini, tidak lengkap rasanya apabila pengunjung tidak berfoto. Di Curug Hordeng ada banyak sekali spot foto menarik, seperti air terjun yang menakjubkan, jembatan bambu, ataupun perkebunan yang hijau.

Kegiatan Menarik Curug Hordeng Bogor
Image Credit: Google Maps hasan sadiq syahab

4. Trekking ke Curug

Untuk dapat menuju ke lokasi air terjun, wisatawan harus melakukan trekking dari area parkir terlebih dahulu. Jalur trekking yang dapat dilalui sangatlah menarik, karena memiliki pemandangan yang indah, serta beberapa spot yang cukup memacu adrenalin.

5. Berkemah

Bagi para wisatawan yang berkunjung secara rombongan bersama teman atau keluarga, maka berkemah dapat menjadi pilihan yang tepat. Di Curug Hordeng yang indah ini, pengunjung dapat berkemah di area camping ground yang telah disediakan oleh pihak pengelola, dengan membayar biaya sewa per malamnya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Curug Hordeng Bogor
Image Credit: Facebook Dwi Astuti

1. Pos Penjagaan

Pos penjagaan ini terletak di dekat gerbang utama menuju ke lokasi Curug Hordeng, serta berdekatan dengan area parkir. Di pos ini, terdapat sejumlah petugas keamanan yang melakukan pengawasan serta pendataan bagi para pengunjung. Selain itu, di pos inilah pengunjung dapat membeli tiket masuk, ataupun menyewa camping ground

2. Toilet dan Kamar Ganti

Terdapat sejumlah toilet dan kamar ganti yang terdapat di kawasan wisata Curug Kembar Cibereum. Letak dari toilet serta kamar ganti ini tersebar dan berdekatan dengan lokasi air terjun, sehingga pengunjung sudah tidak perlu jauh-jauh melakukan perjalanan kembali ke gerbang utama.

3. Saung Makanan

Di sekitar gerbang utama, terdapat sejumlah saung atau warung makanan yang siap untuk melayani para pengunjung yang hadir. Oleh karena itu, pengunjung dapat menyantap hidangan yang disediakan di saung makan ini, ataupun sekadar beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

4. Camping Ground

Letak dari camping ground atau area berkemah ini tidaklah jauh dari air terjun, serta memiliki lahan yang datar sehingga cocok sebagai lokasi mendirikan tenda. Tak hanya itu, camping ground ini juga memiliki pemandangan alam yang sangat menarik, dengan latar belakang pegunungan yang indah.

Itulah penjelasan lengkap mengenai salah satu destinasi wisata alam yang sangat menarik di Kabupaten Bogor, yakni Curug Hordeng. Karena kondisi alamnya yang masih terjaga, memang terdapat beberapa area di kawasan ini yang memerlukan kehati-hatian ekstra. Oleh sebab itu, pengunjung dianjurkan untuk mengunjungi kawasan wisata paling ngehits yang satu ini dalam kelompok, baik bersama teman ataupun keluarga.