Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 06.00-17.00 WIB, Alamat: Sukadana, Kec. Argapura, Kab. Majalengka, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Letaknya yang tidak jauh dari Kota Bandung, ternyata Majalengka memiliki tempat wisata alam yang tidak kalah apik dengan tempat wisata alam yang ada di Bandung. Jika anda ingin merasakan sensasi bertamasya seperti di Green Canyon, maka anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri. Karena ternyata anda bisa mengunjungi Curug Ibun Pelangi yang ada di Majalengka. Tempat wisata yang masih asri ini rupanya tidak kalah indah dari Grand Canyon.

Pesona yang dimiliki oleh curug ini cukup jarang ditemukan di destinasi alam lainnya. Terdapat sungai yang diapit oleh dua tebing besar, serta air terjunnya yang mengalir deras, airnya yang bersih, membuat banyak wisatawan yang datang, baik wisatawan lokal, maupun turis kerap berkunjung. Anda tentu bisa mengajak keluarga atau teman anda untuk berakhir pekan di sini, menikmati sejuknya udara dan segarnya air yang mengalir dari air terjun yang tinggi. Karena ada banyak sekali daya tarik dari tempat wisata alam yang masih asri ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Ibun Pelangi

Daya Tarik Curug Ibun Pelangi
Image Credit: Google Maps iseng iseng fotografi

Jika anda ingin berwisata ke alam bebas, maka Curug Ibun Pelangi merupakan pilihan yang tepat untuk dikunjungi. Anda akan disajikan oleh pemandangan yang indah, segarnya air yang mengalir di setiap bebatuan, sejuknya udara yang tidak tercemar, dan megahnya tebing yang mengapit yang menjadi daya tarik utama. Namun, masih banyak daya tarik selain yang tadi disebutkan. Karena itulah yang membuat tempat wisata yang “katanya” persis dengan Grand Canyon ini ramai diperbincangkan.

1. Cahaya Pelangi Diantara Dua Tebing

Dua tebing lava yang mengapit sungai yang dialiri oleh derasnya air yang berasal dari air terjun menjadi ciri khas dari Grand Canyon Majalengka. Namun, tahukah anda bahwa embun dari air sungai saat terjatuh akan terkena sinar matahari. Kemudian, cahaya pelangi pun muncul di sekitar tebing. Maka dari itu lah curug ini dinamai Curug Ibun Pelangi.

Maka sebelum anda berkunjung, ada baiknya untuk mempersiapkan peralatan memotret untuk mengabadikan pemandangan yang sangat menakjubkan di sini. Karena fenomena ini sangat indah dan eksotis dan layak untuk diabadikan. Nyatanya, banyak fotografer yang berbondong-bondong untuk memotret pelangi yang muncul di celah tebing. Anda juga bisa ber-selfie dengan latar belakang cahaya pelangi yang sangat indah. Karena momen ini akan menjadi momen yang berkesan untuk anda.

Adapun cahaya matahari yang muncul di sekitar tebing semakin indah pesonanya saat di pagi dan sore hari. Apalagi saat kemiringan matahari 60 derajat, pemandangan di sekitar curug tersebut akan semakin menakjubkan. Cahaya mataharinya akan semakin jelas dilihat saat pukul 8.00 hingga pukul 10.00, atau dari pukul 12.00 hingga pukul 17.00. Nyatanya, banyak fotografer mancanegara yang berlomba-lomba untuk memotret momen eksotis ini.

2. Air Terjun yang Menyegarkan

Di sekitar Curug Ibun Pelangi, terdapat air terjun yang tingginya mencapai 87 meter dan airnya mengalir dari Muara Jaya hingga Santapura. Air terjun tersebut mengeluarkan uap sehingga menimbulkan embun. Kemudian embun tersebut terkena sinar cahaya matahari, sehingga jadilah pelangi. Maka, semakin deras arus air terjun, maka semakin jelas juga pelangi yang terlihat.

Sebelum anda mengunjungi air terjun ini, pastikan cuaca hari itu cerah, tidak mendung dan berawan. Karena jika mendung, anda tidak akan melihat cahaya yang menyisip di sela-sela tebing atau bahkan pelangi. Maka, ada baiknya jika anda mengunjungi tempat wisata yang eksotis ini saat musim kemarau. Abadikan momen berlatar belakang air terjun saat anda berada di sini, karena airnya mengalir cukup deras dan itu lah yang membuatnya semakin berkesan.

Anda juga bisa berenang atau bermain air di area air terjun ini. Karena airnya yang tidak tercemar, membuat pengalaman anda akan semakin menyenangkan. Namun, ada baiknya jika anda berkunjung saat musim kemarau dan tidak sedang hujan, agar terhindar dari air bah yang bisa terjadi saat hujan. Selain itu, anda bisa menikmati keindahan dan kesegaran dari air terjun tersebut.

3. Grand Canyon Majalengka

Grand Canyon Majalengka menjadi sebutan bagi Curug Ibun Pelangi. Pasalnya, dari rupanya yang mirip dengan Grand Canyon yang berada di Amerika, yaitu tebing batu yang megah, sungai yang mengalir, dan pemandangan yang tidak kalah indah. Tempat eksotis ini memiliki air terjun yang airnya mengalir deras dan bebatuan yang membuat pemandangan di sini terasa asri. Anda harus mengabadikan momen di bebatuan ini.

Tebing besar yang mengapit sungai di bawahnya, seperti layaknya Grand Canyon. Jika anda menelusuri gambar dari Curug Ibun Pelangi ini, maka anda akan melihat bebatuan yang sangat besar, megah, dan indah. Bahkan, banyak masyarakat yang berfoto dengan latar belakang tebing yang tinggi dan menguploadnya ke media sosial. Bahkan lokasi ini menjadi cukup hits di kalangan masyarakat yang gemar berwisata.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Lokasi Curug Ibun Pelangi
Image Credit: Google Maps Zamaludin Aziz

Lokasi dari curug ini beralamat di Desa Sukasari Kaler, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Untuk dapat menyambangi lokasi ini, anda perlu menempuh jarak sekitar 16 kilometer dari pusat kota Majalengka, atau sekitar 30 menit lamanya. Namun, lokasinya tidak sulit untuk dikunjungi, karena anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil bisa melewati akses menuju curug ini. Di perjalanan, anda juga akan melihat indahnya pemandangan yang tersaji di depan mata anda.

Kemudian, untuk sampai ke tempat yang indah ini, anda bisa berpatokan pada terminal Maja. kemudian anda bisa ambil jalan lurus dan menanjak. Lalu berhentilah di titik yang banyak terdapat spanduk bertuliskan Curug Ibun Pelangi. Setelah itu, anda akan memarkirkan kendaraan yang anda bawa di suatu area parkir yang tersedia, lalu anda harus berjalan kaki menuju curug tersebut sekitar 200 meter, atau sekitar 10 menit lamanya.

Harga Tiket Masuk Air Terjun

Harga Tiket Masuk Air Curug Ibun Pelangi
Image Credit: Google Maps Guru Geografi

Untuk dapat menikmati pesona pelangi yang alami, serta segarnya udara, anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 10.000 per orang. Adapun biaya parkir yang akan dikenakan untuk kendaraan beroda dua yaitu sebesar Rp 3.000, sedangkan kendaraan beroda empat akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000. Cukup murah bukan? Maka, tunggu apalagi, segera ajak keluarga dan teman-teman anda untuk menikmati indahnya pemandangan di hari libur atau akhir pekan.

Adapun waktu operasional Curug Ibun Pelangi yaitu buka setiap hari mulai dari pukul 06.00 hingga 17.00 waktu Indonesia barat. Seperti yang telah dijabarkan sebelumnya, anda juga bisa menyesuaikan waktu dengan munculnya pelangi. Dengan begitu, dijamin perjalanan anda akan semakin menyenangkan dan berkesan. Apalagi jika anda berkunjung pada saat musim kemarau, pasti pelanginya akan semakin kasat mata.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Ibun Pelangi

Kegiatan Menarik Curug Ibun Pelangi
Image Credit: Google Maps Ricky Ilyas

Ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan di Curug Ibun Pelangi. Mengingat bahwa pemandangannya yang sangat indah dan airnya yang sangat menyegarkan. Tentunya anda tidak akan merasa bosan saat berada di sini. Karena anda akan sangat menikmati kegiatan yang dilakukan di sini.

1. Mengabadikan Momen Timbulnya Pelangi

Tentunya anda pasti sangat menantikan momen timbulnya pelangi yang muncul dari sela-sela tebing raksasa tersebut. Anda bisa mengikuti saran yang telah dijabarkan sebelumnya terkait waktu atau jam saat cahaya matahari bersinar terang sehingga dapat memantulkan sinarnya menjadi pelangi. Jangan lupa untuk menyiapkan kamera untuk berfoto. Karena pemandangannya akan sangat menakjubkan.

2. Bermain di Bawah Air Terjun

Anda juga bisa bermain air di sungai atau air terjun yang berada di sini. Namun, pastikan anda membawa pakaian ganti saat selesai bermain air. Airnya yang sangat menyegarkan dan udara yang sangat sejuk membuat anda akan merasa segar sekaligus dingin. Namun, anda juga akan merasa rileks dan bahagia.

3. Mengabadikan Momen di Antara Tebing Tinggi

Nyatanya, beberapa kali tempat yang eksotis ini menjadi tempat pemotretan pre-wedding. Karena pesona yang dipancarkan oleh tebing-tebing tersebut sangat eksotis. Jangan mau ketinggalan, anda juga harus berfoto dengan latar belakang tebing yang megah tersebut. Bahkan anda juga bisa mendapatkan bonus pelangi jika waktunya tepat.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Curug

Fasilitas Curug Ibun Pelangi
Image Credit: Google Maps Andrean Nurrizki

Walaupun Curug Ibun Pelangi termasuk wisata alam yang baru dikenal banyak masyarakat, namun fasilitas yang tersedia di sini ternyata cukup lengkap. Selain fasilitas utama berupa spot foto yang menarik, terdapat juga fasilitas penunjang lain yang bisa ditemukan.

Fasilitas berupa toilet umum, area parkir kendaraan khusus wisatawan, hingga warung. Di warung tersebut, dijajakan berbagai jajanan lezat yang mampu memanjakan lidah Anda. Tentunya Anda juga bisa bersantai di warung tersebut setelah anda puas menjelajah kawasan air terjun.

Itulah beberapa hal menarik seputar Curug Ibun Pelangi yang hits di Majalengka. Agar lebih seru, anda harus mengajak keluarga atau teman-teman untuk menikmati panorama alam yang tersaji. Jika butuh liburan yang menyegarkan, segera kunjungi curug ini di hari libur ataupun saat akhir pekan. Selamat berlibur!