Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Neglasari, Kec. Cisompet, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Pesona keindahan Curug Jagapati di Garut, Jawa Barat sudah terkenal di kalangan traveller. Pengunjungnya cukup banyak dan tidak hanya dari Kabupaten Garut saja tetapi juga wisatawan dari luar daerah. Bisa menjadi destinasi pilihan untuk Anda pecinta wisata air terjun yang senang menikmati suasana alam yang asri.

Menyuguhkan panorama air terjun bertingkat dengan aliran airnya yang cukup unik seperti pola zig-zag. Sebelum di air terjunnya bahkan wisatawan sudah dimanjakan dengan pemandangan elok sepanjang perjalanan. Perbukitan, perkebunan, dan tentunya hutan yang rindang akan menemani perjalanan wisatawan untuk sampai di lokasi air terjun.

Pemandangannya memang indah tetapi untuk jalur menuju Curug Jagapati cukup menegangkan. Di beberapa titik akan ditemui jalan menanjak, licin, dan medan menantang lainnya. Hal ini juga yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan khususnya penggemar aktivitas trekking dan petualangan.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Jagapati

Daya Tarik Curug Jagapati
Image Credit: Google Maps Fatriya Fahru Ramzi

1. Jalur trekking menegangkan

Curug ini lokasinya berada di ketinggian dan tersembunyi di dalam hutan. Jadi untuk mengaksesnya juga butuh sedikit perjuangan. Jalur trekking untuk menuju lokasi air terjun memiliki medan yang cukup menantang dengan jalan yang berupa batu dan tanah. Setelah turun hujan, jalanan menuju Curug Jagapati pun menjadi lebih licin sehingga perlu berhati-hati.

Pengunjung yang sudah sampai di tempat parkir, perlu berjalan kaki sekitar 20 menit. Di awal perjalanannya memang bagus dan berupa jalan biasa. Kanan kiri jalannya bisa dilihat pemandangan hijau dari persawahan dan perkebunan milik warga sekitar. Perjalanan akan mulai menantang saat Anda memasuki hutan.

Wisatawan harus mendaki terlebih dahulu dengan jalan yang tidak terlalu lebar. Terdapat sebuah tanjakan yang cukup curam sehingga wisatawan perlu tenaga ekstra untuk melewatinya. Sampai di atas, pemandangan air terjun sudah bisa terlihat dengan jelas. Jika ingin lebih dekat, maka Anda perlu turun dengan jalan yang masih berupa undakan batu.

2. Pemandangan air terjun yang elok

Mengalir dari ketinggian melewati tebing, Curug Jagapati tampak gagah di tengah-tengah hutan yang hijau. Air dari curug ini menjadi sumber kehidupan bagi banyak tumbuhan dan hewan yang ada di sekitarnya. Oleh sebab itu, curug ini disebut sebagai Jagapati yang diambil dari dua kata yaitu Jaga berarti penjaga dan Pati yang berarti kematian.

Selain sebagai sumber kehidupan, air terjun ini terkenal sebagai tempat wisata alam yang elok dengan pemandangan air terjun zig-zag. Aliran air terjunnya memang tidak lurus tetapi sedikit condong ke kanan, kemudian ke kiri, dan pada tingkat paling bawah mengalir dengan posisi sedikit miring ke kanan.

Air terjun ini tidak pernah surut saat musim kemarau dan tentunya sangat bersih. Di bawah air terjun terbentuk kolam alami, menyuguhkan pemandangan indah yang menyegarkan mata. Airnya juga mengalir membentuk aliran sungai yang tidak terlalu dalam. Di beberapa titik alirannya cukup deras melewati bebatuan sungai yang tidak berlumut sama sekali.

3. Hutan yang masih alami

Hutan di sekitar Curug Jagapati masih sangat alami dengan banyak pepohonan besar. Pengunjung akan menyusuri hutan melewati berbagai jenis medan jalan yang cukup menguras tenaga. Namun suasananya sangat tenang dan jauh dari kebisingan kota. Wisatawan dapat lebih menikmati setiap perjalanannya untuk sampai ke lokasi air terjun.

Udara yang segar dan bersih ditambah semilir angin yang memberikan kedamaian untuk para wisatawan. Pemandangan-pemandangan hijau menjadi suguhan untuk wisatawan di sepanjang perjalanan hingga sampai di air terjun.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Curug Jagapati
Image Credit: Google Maps izall ngok

Walaupun sudah cukup terkenal di kalangan traveller, namun Curug Jagapati tidak terlalu ramai wisatawan. Hal tersebut mungkin karena akses menuju curug yang membutuhkan perjuangan dengan lokasinya yang memang berada di dalam hutan. Namun untuk traveller yang tidak suka keramaian, curug ini adalah pilihan yang menarik.

Lokasinya berada di Kecamatan Cisompet, Garut, Jawa Barat. yang sudah bisa diakses dengan kendaraan. Anda bisa menuju Desa Neglasari di mana curug ini berada melalui Pameungpeuk. Wisatawan yang datang dari arah Kota Garut bisa memilih rute melewati bundaran di pusat kota dan kemudian menuju daerah Cisompet.

Jalanan menuju daerah ini sudah beraspal namun naik turun dan berliku. Jadi siapkan kendaraan yang prima untuk berwisata ke curug ini. Anda bisa mengikuti arah yang menuju SMP Negeri 3 Cisompet yang berada di tengah-tengah perkebunan teh. Sambil menikmati pemandangan indah, ikuti jalan lurus sekitar 20 menit hingga sampai ke pintu gerbang curug.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Harga Tiket Masuk Curug Jagapati
Image Credit: Google Maps Nova R

Liburan ke alam bebas seperti wisata curug bisa menjadi pilihan untuk melepas penat. Wisata alam juga biasanya cukup murah dan bahkan ada yang gratis. Salah satu wisata alam yang bisa diakses gratis adalah Curug Jagapati ini.

Pengunjung tidak akan dikenai tiket masuk karena memang tempat ini memang masih sangat alami dan belum dikelola secara maksimal. Jadi untuk mengunjungi curug bisa kapan saja, buka setiap hari selama 24 jam.

Namun, waktu terbaik untuk melihat air terjun adalah pagi dan siang hari saat cuaca cerah. Apabila cuaca mendung atau habis hujan, sebaiknya Anda pertimbangkan lagi untuk mengunjungi curug ini karena di sepanjang jalan yang menjadi lebih licin.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Jagapati

Kegiatan Menarik Curug Jagapati
Image Credit: Google Maps Supriatna Dinata

1. Trekking gunung

Walaupun tidak terlalu tinggi, namun aktivitas trekking di wisata curug ini cukup menarik. Anda akan melewati hutan yang masih cukup rimbun dengan pepohonan besar dan akar-akar tumbuhan yang melintang di permukaan tanah. Tidak ada jalan setapak, jadi yang akan Anda lewati adalah jalanan tanah yang ditumbuhi rumput dan juga bebatuan.

Jalur trekking untuk sampai ke air terjun juga bukan jalan lurus saja, tetapi Anda akan menemui tanjakan dan turunan yang cukup curam. Pastikan Anda menggunakan sepatu atau alas kaki yang kuat dan nyaman.

2. Menikmati pemandangan

Menuju Curug Jagapati memang membutuhkan perjuangan, namun semua rasa lelah Anda akan hilang saat melihat keindahan air terjun yang mengalir deras melewati permukaan tebing batu. Kanan dan kiri air terjun berupa tebing yang ditumbuhi tanaman-tanaman hijau. Pemandangan indah yang menyegarkan mata siapa saja yang melihatnya.

Anda bisa mendekat ke air terjun untuk merasakan cipratan airnya yang sangat sejuk. Pengunjung bisa melihat lebih jelas pemandangan air terjun dengan aliran airnya yang cukup unik ini.

3. Berfoto di Curug Jagapati

Keindahan dari air terjun dan pemandangan hutan di sekitarnya memang selalu berhasil memukau siapa saja yang melihatnya. Pengunjung pun tidak akan lupa untuk berfoto-foto dengan latar pemandangan yang indah tersebut.

Pilih spot yang bagus dan aman untuk Anda mengambil foto selfie. Spot favorit yang sering dimanfaatkan wisatawan untuk berfoto-foto adalah di bawah air terjun. Cipratan air dan angin yang berhembus membuat hasil foto menjadi lebih bagus dan estetis. Anda bisa berpose cantik di sekitar air terjun eksotis ini, namun tetap harus hati-hati.

Kegiatan Menarik di Curug Jagapati
Image Credit: Google Maps Steven Steven

4. Bermain air

Terdapat kolam kecil di bawah aliran curug yang bisa digunakan wisatawan untuk berenang. Airnya bersih dan sejuk untuk menyegarkan tubuh yang lelah. Namun jangan terlalu dekat dengan aliran air terjun dan disarankan untuk berenang di area yang aman.

Apabila tidak ingin basah-basahan karena tidak membawa baju ganti, Anda bisa bermain air di aliran sungainya. Merendam kaki yang pegal setelah berjalan kaki dari tempat parkir. Airnya yang dingin dapat merileksasi otot-otot kaki agar kembali segar dan nyaman.

5. Makan-makan

Jika Anda masih memiliki banyak waktu di Curug Jagapati, mungkin bisa mengambil snack atau camilan yang Anda bawa untuk dinikmati. Setelah bermain dan berfoto-foto, lanjut dengan makan-makan di sekitar air terjun. Pilih tempat yang kering dan lapang untuk Anda yang ingin menikmati bekal yang sudah dibawa.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Curug

Fasilitas Curug Jagapati
Image Credit: Google Maps Rifky Fadillah

Wisata air terjun ini memang masih sangat alami, termasuk untuk fasilitasnya pun masih sangat minim. Namun untuk tempat parkir, wisatawan bisa memanfaatkan pekarangan rumah warga sekitar. Tidak ada retribusi parkir, namun wisatawan bisa membayar seikhlasnya di tempat yang sudah disediakan.

Sedangkan untuk fasilitas warung makan di sekitar Curug Jagapati sudah tersedia. Warung di dekat pintu masuk ini menjual berbagai makanan dan minuman. Sebelum masuk ke hutan, Anda bisa membeli bekal di warung tersebut untuk dinikmati saat sudah sampai di air terjun.

Sayangnya untuk fasilitas toilet belum tersedia di tempat ini. Pastikan Anda membawa perlengkapan yang cukup dan persiapkan diri untuk memulai perjalanan menuju curug.

Itulah beberapa informasi yang perlu Anda ketahui sebelum mengunjungi Curug Jagapati di Garut, Jawa Barat. Perlu persiapan yang matang, baik fisik maupun mental karena tempat ini masih sangat alami dan perjalanan melewati hutan yang cukup menantang. Namun untuk Anda pecinta alam sejati, tempat ini bisa masuk ke daftar wisata Anda selanjutnya.

REKOMENDASI DESTINASI