5 Curug (Air Terjun) di Karawang yang Lagi Hits Dikunjungi

Curug Karawang

Tertarik Liburan ke Karawang? Jangan Lupa Kunjungi Wisata Air Terjun Curug Terbaik di Karawang, Jawa Barat. Objek Wisata Alam Nan Eksotis dan Paling Hits Menjadikan Liburan Anda lebih Berkesan.

Karawang merupakan daerah di Jawa Barat yang terkenal dengan penghasil padinya yang melimpah. Membuatnya bisa memenuhi kebutuhan akan beras hampir di sebagian besar kabupaten Jawa Barat. Karena memang Karawang di anugrahi dengan tanah subur denagn airnya yang juga kaya.

Ternyata Karawang juga memiliki potensi sebagai destinasi wisata, terbukti dengan adanya beberapa curug atau air terjun yang mengagumkan dan masih asri. Berikut 5 curug yang menawan di Karawang yang wajib Anda kunjungi.

1. Curug Bandung Loji

Curug Bandung Loji

Image Credit: Jejakpiknik.com

Curug Bandung merupakan satu dari sekian banyak curug yang favorit dijadikan sebagai destinasi wisata. Yang membuatnya menarik adalah adanya tujuh air terjun yang mengalir dalam satu aliran. Destinasi wisata satu ini sangat cocok untuk kamu yang gemar berpetualang. Kamu bisa menyatu dengan alam karena pengunjung juga bisa melihat hamparan hijau kebun teh lengkap dengan suasana yang menyenangkan dan juga asri.

Untuk bisa melihat megahnya air terjun ini, kamu harus melakukan perjalanan yang cukup panjang. Dengan berjalan kaki kamu harus menempuh jarak sekitar 3 km untuk bisa melihat keindahannya. Setiap langkah kakimu tidak akan merasa bosan, mengingat jalannya yang penuh dengan pepohonan yang membuatnya sejuk. Kamu juga bisa sekalian sesekali mengambil swafoto dengan pemandangan selama perjalanan yang sangat cantik.

Umumnya jarak tersebut bisa ditempuh dengan jarak 1 jam dan semuanya akan terbayar lunas ketika kamu sudah tiba di Curugnya. Kemegahan dari curug ini memang begitu mempesona dan membuat kamu betah. Sembari beristirahat setelah perjalananan kamu bisa bermain airnya yang segar untuk membuat lelahmu hilang. Fasilitas yang terdapat di Curug Bandung ini juga sudah memadai dengan harga tiket mulai Rp. 10 ribu saja dan bisa berubah sewaktu waktu.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Kuningan Paling Enak & Murah

Lokasi: Mekarbuana, Kec. Tegalwaru, Kab. Karawang.

2. Curug Lalay

Curug Lalay

Image Credit: Udaindra.blogspot.com

Curug Lalay ditujukan untuk mereka yang menyukai tantangan dan juga berpetualang. Memang curug satu ini termasuk dalam curug yang belum terlalu populer. Namun keindahan yang tersimpan akan membuat kamu ingin segera berangkat sekarang juga. Terutama untuk kamu yang berada di Bogor maupun Karawang karena lokasinya yang berada di perbatasan. Untuk yang di luar kota juga tidak ada salahnya untuk mengunjunginya.

Belum banyak terekspose kamu akan mendapatkan pemandangan memukau sekaligus alam yang masih terjaga keasriannya. Dan memang untuk menjangkau air terjun satu ini, kamu harus menempuh perjalanan yang cukup panjang dengan medan yang menantang. Kamu akan dibawa untuk melewati persawahan sekaligus sungai berbatu dengan air yang jernih. Menariknya jika kamu menyebrangi sungai kamu sudah masuk di wilayah Bogor.

Perjalanan panjang kamu juga akan terbayar dengan air terjunnya yang mempesona. Air terjun Cilalay memiliki ketinggian sekitar 7 sampai 9 meter dengan undakan yang jumlahnya 2. Masing masing undakanini memiliki kolam yang kedalamanya mencapai 2 hingga 3 meter. Untuk tingkatan yang rendah banyak dijadikan sebagai tempat bermain air. Rimbunnya pepohonan dan tebing tebing yang kokoh semakin membuat curug ini eksotis dan menawan.

Lokasi: Medalsari, Kec. Pangkalan, Kab. Karawang.

3. Green Canyon Mini Ciomas

Green Canyon Mini Ciomas

Image Credit: Udaindra.blogspot.com

Green Canyon Mini Ciomas ini juga bisa dijadikan destinasi dalam liburan kamu. Jika soal keindahan kamu tidak perlu ragu karena kamu pasti akan terpesona. Air terjun ini diapit dengan tebing dari batu yang tinggi. Hingga membuat aliran airnya menjadi berkelok kelok mirip dengan Green Canyon. Memang lokasinya tidak cukup luas, namun pemandangan yang ditawarkan akan membuat kamu akan mendapatkan lokasi yang luar biasa.

BACA JUGA:  15 Wisata Pantai di Cianjur yang Paling Hits Dikunjungi

Tebing tebing kokoh berpadu dengan akar pepohonan dengan air sedikit kebiruan akan menjadi landscape yang mengagumkan. Meskipun untuk menjangkau tempat ini kamu juga membutuhkan usaha dan keberanian. Green Canyon Mini Ciomas ini belum terlalu populer sehingga kamu bisa mengandalkan informasi dan bertanya kepada warga. Sangat cocok untuk melepas penat dan menghilang sebentar dari kebisingan kota dan rutinitas.

Untuk sampai di lokasi kamu hanya butuh mengendarai kendaraan sekitar 45 menit dari pusat kota. Kamu juga tidak perlu khawatir, karena meski lokasinya cukup jauh namun fasilitas sudah tersedia. Puas berendam dan bermain air, kamu bisa menikmati kudapan sederhana di warung warung sekitar. Soal rasa kamu tidak perlu khawatir, karena dijamin nyaman di lidah dan yang paling penting harganya juga ramah kantong.

Lokasi: Cikutamahi, Kec. Cariu, Kab. Bogor.

4. Curug Cipanundaan

Image Credit: Pepelingkarawang.org

Masih belum puas dengan curug yang lainnya, kamu masih bisa melanjutkan wisata curugmu ke Curug Cipanundaan. Berada di kaki gunung Sanggabuana membuat suasana yang ditawarkan begitu sejuk dan juga asri. Terdapat 3 buah curug yang akan mengalir seperti tangga. Setiap curugnya akan ada kolam yang kemudian turun ke bawah hingga ke tingkat ketiga. Membuat air terjun ini begitu mempesona dan semakin cantik.

Lagi lagi untuk melihat keindahan memang dibutuhkan perjuangan. Kamu harus menaklukkan medan yang terbilang cukup menantang untuk bisa melihat keindahan curug Cipanundaan. Jalan setapak yang berliku dan terjal menjadi medan awal yang akan kamu lalui. Nantinya juga akan bertemu dengan sungai lengkap dengan batu batuan tuanya. Tebing dan jurang sebagai penghias yang membuat perjalanan kamu semakin berkesan.

Selain menjelajah keindahan Curug Cipanundaan, kamu juga bisa sekalian untuk berolahraga ringan. Namun akan tidak terasa lelah jika udaranya sangat sejuk dan masih asri. Apalagi jika kamu melakukan perjalanan ini bersama dengan teman teman. Air dari Curug Cipanundaan sendiri sangat jernih dan terbilang deras. Ada beberapa spot foto yang nantinya bisa kamu temui untuk tempat berpose kamu. Dijamin mengunjungi curug ini kamu tidak akan menyesal karena keindahannya.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Purwakarta Paling Enak & Murah

Lokasi: Mekarbuana, Kec. Tegalwaru, Kab. Karawang.

5. Curug Cigentis

Curug Cigentis

Image Credit: Wikipedia.org

Curug Cigentis juga merupakan curug yang lokasinya di Kaki Gunung Sanggabuana. Bisa dikatakan jika curug satu ini masuk jajaran curug yang banyak dikenal oleh wisatawan. Untuk menuju curug Cigentis juga sudah ada akses yang mudah dan bagus denagn tanjakan serta tikungan tajam. Untuk itu kamu harus berhati hati mengendarai kendaraanmu untuk sampai di Curug Cigentis ini. Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari pusat kota Karawang.

Curug Cigentis memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan juga lebar sekitar 3 m. Debit airnya yang deras semakin membuatnya terlihat megah dan eksotis. Pengunjung bisa menikmati keindahannya dengan berenang di kolam kecil yang ada. Kamu yang ingin menikmati Curug Cigentis lebih lama juga bisa melakukan kegiatan camp. Untuk menikmati keindahan lengkap dengan fasilitasnya, ada harga tiket yang harus kamu bayarkan sekitar Rp. 15 ribu belum termasuk parkir.

Lokasi: Mekarbuana, Kec. Tegalwaru, Kab. Karawang.

Mengunjungi air terjun bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan liburan terutama untuk kamu yang suka dengan pemandangan alam. Curug yang ada di Karawang memiliki keindahan tersendiri meskipun sebagian harus membutuhkan perjuangan yang panjang. Sangat cocok untuk kamu yang memang suka berada di tengah alam terbuka dan petualangan. Apalagi harga tiketnya juga terbilang ramah kantong untuk keindahan yang ditawarkannya.