Harga Tiket: Rp 6.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kertawangi, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Rasanya, membicarakan Jawa Barat ini takkan ada habisnya. Ada saja yang menarik di setiap sudut kota ataupun kabupatennya. Termasuk Bandung nih, yang mana sering dikunjungi para wisatawan. Selain karena kekayaan kuliner yang khas, Bandung juga memiliki keindahan alam yang tersebar dengan kesejukan udara yang mampu membuat Anda dapat menyegarkan diri dari aktivitas yang mungkin dapat melelahkan Anda.

Salah satu wisata alam yang dapat dikunjungi adalah Curug Layung. Salah satu curug yang ada di aliran sungai Cimahi, yang mungkin tentu saja Anda mengenal sungai tersebut. Konon, tidak diketahui asal usul curug khas Cimahi ini secara mendalam, tetapi yang diketahui hanyalah suara airnya yang terkadang tak terdengar walau keadaan air terjun bisa dibilang deras alias debit air lagi tinggi-tingginya. Selain itu, tempat wisata kece ini pernah ditutup karena dijadikan tempat latihan Kopassus di kaki Gunung Burangrang, hingga pada akhirnya, di tahun 2012 alias 9 tahun silam, curug ini dibuka kembali sebagai tempat wisata.

Nah, jika Anda berdomisili di Jawa Barat atau akan pergi berwisata ke Jawa Barat, khususnya di sekitar Bandung Barat, Anda harus mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Berikut ini informasi selengkapnya mengenai Curug Layung.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Layung

Daya Tarik di Curug Layung
Image Credit: Instagram Dadi Setiadi

1. Tempat Wisata yang Murah Meriah

Tahukah Anda? Hanya dengan merogoh kocek 6 ribu untuk setiap orang, Anda sudah bisa menikmati suasana dan keindahan yang ada di dalam kawasan wisata Curug Layung. Dengan ini, tempat wisata kece yang satu ini dapat dijadikan rekomendasi bagi Anda yang sedang bokek alias dompet kering.

2. Suhu Udara yang Sangat Dingin

Mengapa suhu di sekitar curug sangat dingin dan terasa sejuk? Karena tempat wisata kece yang satu ini berada di kawasan kaki Gunung Tangkuban Perahu, serta berada di ketinggian 1.400 di atas permukaan laut. Semakin tinggi tempatnya, maka semakin dinginlah udara yang Anda rasakan. Namun Anda harus berhati-hati, karena penyakit seperti flu atau pilek mudah menyerang Anda dalam suhu atau emperature yang demikian.

3. Air Terjun dan Kolam Bertingkat

Air terjun berundak-undak tiga tingkat di curug ini hanya memiliki tinggi 4 (empat) meter serta aliran air yang tidak terlalu deras sehingga mungkin suara alirannya tak. Setiap tingkat air terjun memiliki sungai atau kolam (leuwi) dengan ukuran yang berbeda-beda, namun kedalamannya tidak seberapa sehingga aman bagi Anda yang ingin bermain air atau bahkan berenang.

Tingkat pertama merupakan curug paling utama dengan telaga berukuran sedang. Sedangkan di tingkat kedua, Anda akan menemukan air terjun kecil dengan telaga memanjang yang tak kalah jernih, yang mana antara tingkat pertama dan tingkat kedua terpisahkan oleh jembatan dari amboo dan juga batu. Sementara tingkat ketiga termasuk yang paling tinggi dan lebar dengan aliran air yang sangat deras.

Air terjun tingkat ketiga ini dikenal sebagai “Niagara Kecil” karena tampak seperti air terjun asal Amerika Serikat tersebut. Di bawahnya, mengalir sungai dangkal dengan sedikit bebatuan, dan juga kolam yang bisa Anda gunakan untuk bermain air dan berenang.

Oh ya, kolam yang tersedia di curug tersebut terlihat airnya sangat jernih dan bersih, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika ingin digunakan untuk bermain air dan berenang.

Daya Tarik Dimiliki Curug Layung
Image Credit: Google Maps Ahmad Faisal

4. Hutan Pinus

Curug Layung berada dalam kawasan area seluas 10 hektare, di mana curug yang satu ini berada di tengah-tengah kawasan hutan pinus, satu di antara jalur tracking yang harus Anda lewati sebelum menikmati keindahan air terjun.

Dari area tersebut, Anda juga dapat menyaksikan secara langsung terkait pemandangan Gunung Tangkuban Perahu. Pepohonan pinus yang cukup rapat bisa dijadikan tempat untuk bersantai.

Di pinggir hutan, tepatnya di bagian yang bersisian dengan tebing dan jurang, terdapat berbagai macam dek panorama, yang terbuat dari kayu dan ranting pohon. Bentuknya pun bermacam-macam, mulai dari balkon sederhana hingga kursi dan perahu melayang. Panorama di sekitarnya pun tampak menakjubkan, jadi jangan pernah terlewat untuk mengabadikan segala halnya dengan kamera.

5. Camping Ground

Bagi Anda yang ingin berlama-lama di area Curug Layung, Anda juga dapat bermalam di area tersebut. Lokasinya lumayan cocok dan luas, dengan udara yang sejuk dan pemandangan sekitar yang memanjakan mata siapapun yang memandangnya. Di kawasan tersebut terdapat 23 (dua puluh tiga) lapak camping yang mana semuanya bertempat di bawah pohon-pohon pinus yang tinggi nan rindang.

6. Spot Foto yang Ramah Lingkungan

Curug ini juga memiliki satu spot foto unik tersendiri yang bisa dijadikan tempat untuk berfoto, yang mana itu terbuat dari sampah botol yang dulunya berserakan di area wisata. Dengan kejelian dan kreatifitas pengelola, dibuatlah spot foto berwarna-warni yang cantik dan menarik, jadi sayang sekali jika Anda tidak mengabadikan foto di tempat tersebut. Selain itu, keberadaan spot ini menjadi pengingat buat Anda dan pengunjung lainnya agar bersama-sama menjaga kebersihan tempat dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Curug Layung
Image Credit: Google Maps Hanif Abdurrohim

Jika Anda mencari tempat ini di Google Maps, sesuai lokasi yang ada di peta, Curug Layung bertempat di kaki Gunung Tangkuban Perahu, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisaura, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Kawasan wisata kece yang satu ini terbilang tidak terlalu jauh dari keramaian Lembang. Anda hanya bisa pergi ke sana menggunakan kendaraan pribadi roda dua atau roda empat, dan tidak dapat dijangkau menggunakan angkutan umum.

Agar dapat sampai di kawasan curug, Anda dapat melalui jalan Komando maupun jalur kawasan wisata CIC. Jika Anda berangkat dari pusat ibukota, ikuti rute jalan Kolonel Masturi sampai melewati objek wisata Curug Cimahi, lalu menyusuri jalan Komando. Jika Anda berangkat dari Cimahi, Anda dapat mengikuti rute berikut, yaitu Jalan Kolonel Masturi – Jalan Komando, sebelum melewati objek Wisata Curug Cimahi. Lalu, Anda akan menyusuri jalur tanjakan hingga mencapai gerbang wisata Curug Layung, dan nantinya Anda dapat melakukan hiking menyusuri jalur hutan pinus di kaki Gunung Burangrang menuju lokasi curug.

Anda juga dapat melewati objek wisata CIC (Ciwangun Indah Camp) untuk sampai ke curug. Objek wisata CIC ini masih berada di sekitar objek wisata Curug Cimahi. Belilah tiket seharga Rp 7.000, lalu masuki dan ikuti jalur CIC tersebut. Dari areal wisata CIC ini, Anda dapat pergi ke lokasinya melewati jalur sungai atau jalur kebun teh.

Bagi Anda yang memiliki hobi hiking, jalur CIC ini terlihat lebih menarik karena Anda dapat menyusuri jalur Sungai Cimahi melewati jembatan bambu yang melintang di atas aliran sungai, sekaligus bisa menikmati Curug Tilu yang mengalir setelah Curug Layung. Sepanjang perjalanan, Anda juga akan menemukan Perkebunan Teh Sukawana sebelum sampai di kawasan curug. Dari CIC, Anda membutuhkan waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam perjalanan, cukup dengan berjalan kaki menyusuri Sungai Cimahi. Setelah sampai di curug, rasa lelah yang Anda rasakan akan terbayar dengan indahnya pemandangan sekitar dan segarnya air terjun alami yang mengalir di curug.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Curug Layung
Image Credit: Google Maps ojid rosid

Berapa sih tiket masuk yang ditawarkan? Untuk pergi ke sana hanya sekedar menikmati keindahan alam, Anda tidak perlu merogoh kocek lebih banyak, karena cukup membayar tiket sebesar enam ribu rupiah untuk setiap orangnya, ditambah uang parkir motor sebesar tiga ribu rupiah atau uang parkir mobil sebesar lima ribu rupiah. Namun, jika Anda sekalian ingin melakukan camping di kawasan tersebut, Anda harus merogoh kocek lebih banyak lagi sekitar 10 ribu per orang, ditambah dengan peralatan kemah sebesar 40 ribu rupiah jika juga ingin disewa.

Normalnya, Curug Layung dibuka mulai pukul 8 pagi (08.00 WIB) hingga pukul 4 sore (16.00 WIB). Sedangkan untuk camping ground-nya dapat diakses setiap hari selama 24 jam, sehingga Anda bisa datang kapan saja. Tetapi, sebelum Anda memutuskan untuk pergi kesana, pastikan Anda berada dalam kondisi yang fit serta pastikan kondisi cuaca di sana mendukung perjalanan Anda.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Layung

Kegiatan Menarik Curug Layung
Image Credit: Google Maps gilang kian santang

Lalu, apa saja aktivitas yang menarik dilakukan bagi para wisatawan ketika berada di curug cantik di Bandung Barat ini?

1. Bermain Air atau Berenang

Rasanya, bermain air atau bahkan berenang merupakan hal yang wajib Anda lakukan ketika mengunjungi sebuah air terjun. Perlu Anda ketahui, Curug Layung memiliki tiga air terjun yang mengalir di tanah berundak dengan ketinggian dan debit air yang berbeda-beda, dan tersedia kolam di bawah setiap air terjun yang dapat Anda nikmati.

Air terjun tingkat pertama tidak terlalu tinggi dan deras. Anda bisa berenang di area ini karena kolam yang dimiliki lebih lebar dari yang lainnya. Namun, Anda harus berhati-hati karena kedalaman kolam tersebut berbeda-beda, bahkan ada yang mencapai dua meter. Anda juga dapat melompat dari batu yang ada di kolam pertama hingga menuju kolam kedua, dan rasakanlah dinginnya air yang turun langsung dari pegunungan.

Kolam yang berada di air terjun kedua terlihat lebih asyik untuk dipakai bermain air bersama teman-teman atau keluarga Anda dibanding kolam sebelumnya. Mengapa? Karena kedalamannya hanya setinggi pinggang orang dewasa, serta memiliki aliran air terjun yang paling kecil di antara ketiga air terjun yang tersedia.

Kemudian, kolam terakhir yang berposisi paling bawah terlihat memanjang serta memiliki aliran dan debit air yang paling besar, sehingga Anda bisa merasakan deburan air terjunnya dengan berdiri tepat di bawah air terjun tersebut.

2. Camping

Anda beserta keluarga ataupun teman-teman Anda juga dapat melakukan camping di area Curug Layung, di mana area ini memiliki luas sekitar 10 hektar. Cara terbaik untuk menikmati keindahan alamnya yaitu dengan bermalam di tengah hamparan hutan pinus yang sangat asri dan rindang dengan ditemani suara alam yang sangat menenangkan hati.

3. Berfoto

Bagi Anda yang senang mengabadikan momen, rasanya tidak afdal jika Anda tidak mengabadikan momen-momen indah di sekitar kawasan curug. Di sini juga terdapat banyak spot foto indah berlatar keindahan alam yang sejuk, hijau, dan asri yang bisa dijadikan lokasi mengambil foto/gambar, meski aliran air terbilang tidak terlalu tinggi. Anda bisa berfoto di bawah curug yang mengalir deras, yang mana aliran airnya bersih dan jernih.

Selain itu, Anda juga tak mungkin melewatkan untuk berfoto di sekitar kawasan hutan pinus, karena curug kece ini juga dikeilingi pohon pinus. Oh ya, ada juga spot foto terbaik yang sudah disediakan oleh pengelola curug yang sayang sekali jika Anda tidak mengabadikannya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Curug Layung
Image Credit: Google Maps ojid rosid

Nah, apa saja fasilitas yang tersedia di Curug Layung? Tak jauh berbeda dengan curug lainnya, Anda juga dapat menikmati beberapa fasilitas yang disediakan, seperti warung-warung yang menawarkan beberapa makanan seperti seblak khas Bandung dan mie rebus, area parkir di sekitar gerbang masuk yang luas, kamar mandi, gazebo (tempat peristirahatan), toilet umum, perkemahan unik, dan mushola sebagai tempat Anda beribadah.

Fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh pengelola tempat wisata bisa Anda nikmati ketika Anda sedang melakukan rekreasi untuk sampai ke curug itu tersendiri!

Bagi Anda yang suka berpetualang atau sekedar berwisata, silahkan mengunjungi Curug Layung. Kunjungi tempat wisata alam yang menawan ini, dan nikmati sensasi keindahannya yang akan memukau mata siapapun yang memandangnya. Bisa jadi pengalaman liburan Anda di sana takkan pernah terlupakan.