Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Bogor merupakan sebuah wilayah yang dianugerahkan sangat banyak objek wisata khususnya objek wisata alam. Salah satu objek wisata alam yang sedang hits dan disukai oleh kalangan muda adalah Curug Leuwi Lieuk. Curug indah ini sering disandingkan dengan Green Canyon yang terletak di Pangandaran karena keindahannya yang mirip dan eksotis. Curug hits ini merupakan sebuah surga tersembunyi yang untuk mencapainya harus mendaki bukit dan menuruni lembah.

Curug eksotis ini menawarkan keindahan alam berupa hutan, jernih dan hijaunya air, sejuknya udara, dan menyenangkannya aktivitas yang dapat dilakukan disana yang didukung dengan kelengkapan fasilitas yang disediakan. Banyak wisatawan yang mengunjungi tempat ini pada hari libur guna mengurangi kepenatan dan sejenak beristirahat dari hiruk pikuk dunia perkotaan. Untuk anda yang penasaran dengan keindahan tersembunyi dari curug Leuwi Lieuk yang hits ini, yuk simak artikel ini hingga akhir.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Leuwi Lieuk

Daya Tarik Curug Leuwi Lieuk
Image Credit: Twitter Keliling Bogor

Keindahan dari curug merupakan daya tarik utama dari curug unik ini. Keindahan yang ditawarkan pun tidak hanya air terjun yang terdapat di wisata elok ini, namun ada beberapa objek lain yang menjadi daya tariknya. Daya tarik berfungsi sebagai salah satu syarat untuk sebuah lokasi wisata untuk digemari oleh pengunjung dan dapat bertahan lama sebagai suatu objek wisata. Berikut merupakan beberapa daya tarik yang dapat menarik hati anda untuk mengunjungi curug cantik ini

1. Kegiatan Trekking

Kegiatan trekking dilakukan untuk mencapai wisata surga tersembunyi ini dimana trekking merupakan sebuah daya tarik bagi wisatawan khususnya kalangan pecinta jelajah alam yang umumnya merupakan anak muda. Perjalanan sekitar 500 meter ini, memiliki jalur yang lumayan menanjak dan licin pada musim hujan dimana dalam perjalanan anda akan disuguhkan berbagi keindahan alam seperti perkebunan dan pegunungan. Kegiatan ini akan meningkatkan adrenalin pengunjung dan mendapat kepuasan yang luar biasa saat telah mencapai lokasi curug Leuwi Lieuk. Untuk melakukan kegiatan trekking diperlukan ketahanan fisik yang tinggi sehingga anda diharapkan mempersiapkan kesehatan fisik anda sebelum melakukan trekking.

2. Air Terjun

Air terjun unik ini memiliki arus aliran yang tidak deras dan tidak tinggi sehingga terkesan sebagai curug tersembunyi. Untuk anda yang belum pernah mengunjungi air terjun elok ini anda pasti akan sedikit kebingungan dimana letak curugnya, karena curugnya sendiri tersembunyi dan tidak terlalu terdengar arus airnya. Namun, setelah anda menemukannya pasti anda akan terpesona akan indahnya pemandangan dari curug cantik ini.

3. Air yang Hijau Jernih

Air sungai umumnya berwarna bening atau biru. Berbeda dengan curug Leuwi Lieuk yang unik ini dimana air yang terdapat di sana merupakan air jernih yang berwarna kehijauan. Hijau bukan berasal dari lumut yang biasanya mencemari ekosistem air, ya. Keindahan ini dapat anda nikmati dengan berenang dan berendam di air sejuk tersebut. Keindahannya akan lebih lengkap jika anda mengabadikannya dalam sebuah foto atau video.

Daya Tarik Dimiliki Curug Leuwi Lieuk
Image Credit: Google Maps Listiana Oktavia

4. Bukit yang Mengapit Curug

Terdapat bukit batu besar yang mengapit curug dari sisi kiri dan kanan sehingga air curug mengalir dengan tenang dan tidak deras. Selain menambah kenyamanan dan keamanan saat berenang, keberadaan batu besar ini juga menjadi salah satu penambah kecantikan dan keindahan curug karena membuat seolah-olah terdapat dimensi yang baru di dalam kawasan curug.

5. Spot Cliff Jumping

Untuk anda yang sudah handal dalam berenang, dianjurkan untuk melakukan kegiatan cliff jumping. Spot cliff jumping di curug eksotis ini sangat alami dan menarik sehingga akan sangat menyenangkan untuk melakukan cliff jumping di curug unik ini. Namun, untuk anda yang belum mahir, jangan dicoba ya karena kedalaman curug Leuwi Lieuk ini bervariasi dan berbahaya untuk anda yang belum mahir dalam berenang.

6. Lokasi yang Bersih

Kondisi dimana curug indah ini tersembunyi di bukit, membuat curug elok ini masih belum banyak terjamah dan jauh dari polusi. Hal ini menyebabkan lingkungan sekitar curug masih sangat asri dan alami. Baik sampah berupa hasil buangan rumah tangga maupun sampah berupa hasil dari pabrik maupun kawasan industri masih sangat sedikit terdapat di curug eksotis ini. Keadaan demikian membuat alam yang bersih ini sangat menarik perhatian wisatawan untuk menikmati keindahan serta kebersihan curug hits ini.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Alamat Curug Leuwi Lieuk
Image Credit: Google Maps Nurul Fadlilah

Curug Leuwi Lieuk terletak di Desa Pabuaran, Kec, Sukamakmur, Kab. Bogor. Curug unik ini terletak di tengah perbukitan kawasan Sentul. Untuk mencapai lokasi curug, anda harus melakukan trekking dari lokasi parkir yaitu sekitar 30 menit perjalanan dimana rutenya cenderung agak sulit dilalui. Oleh karena itu, pengunjung diharapkan mempersiapkan kesehatan fisik yang prima sebelum memutuskan untuk mengunjungi surga tersembunyi ini.

Untuk anda yang ingin mengunjungi lokasi wisata unik ini diwajibkan membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Curug ini akan buka setiap hari mulai Hari Senin hingga Hari Minggu pukul 07.00 hingga pukul 17.00 WIB. Untuk weekend dan weekdays tidak dibedakan untuk harga tiket sehingga anda dapat melakukan perencanaan biaya dengan baik tanpa memperhatikan waktu untuk berkunjung.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Leuwi Lieuk

Kegiatan Menarik Curug Leuwi Lieuk
Image Credit: Twitter wonderfulindonesiafrance

Dalam melakukan kegiatan wisata tentunya kita akan melakukan aktivitas yang berbeda pada lokasi wisata yang berbeda. Curug merupakan sebuah kawasan wisata alam yang menawarkan keindahan perairan sebagai daya tarik utama. Karena daya tarik utama adalah perairan, tentunya aktivitas yang dilakukan pun berbeda dengan objek alam lainnya. Berikut merupakan beberapa aktivitas yang menarik untuk anda lakukan saat berlibur ke lokasi curug indah ini

1. Berenang atau Bermain Air

Pengunjung yang memutuskan untuk mengunjungi Curug Leuwi Lieuk ini tentunya sudah mengetahui kegiatan utama yang dilakukan adalah menikmati panorama air. Kegiatan berenang umumnya dilakukan untuk menenangkan pikiran karena airnya yang sejuk serta udara segar akan membantu anda untuk berpikir jernih kembali. Untuk anda yang belum terlalu mahir berenang, anda dapat bermain air di dekat tepian karena kedalaman di tepian merupakan tempat dengan kedalaman paling dangkal

2. Berswafoto

Berswafoto tentunya tak bisa lepas dari aktivitas para wisatawan. Pemandangan indah dari batuan gagah, jernihnya air, serta sejuknya pepohonan sekitar tentunya akan sangat cocok dijadikan latar foto. APalagi saat ini foto dengan latar alam sangat ngehits apalagi di antara para kalangan muda. Selain untuk kenangan anda pribadi, foto dan video yang anda peroleh dapat anda bagikan ke sosial media sehingga teman-teman anda juga menikmati keindahan curug cantik ini walaupun hanya secara virtual.

Kegiatan Menarik di Curug Leuwi Lieuk
Image Credit: Google Maps Alifa Ramadhina Faiha

3. Cliff Jumping

Untuk anda yang menyukai kegiatan anti mainstream, cliff jumping tentunya sangat cocok untuk anda. Kegiatan ini akan memicu hormon adrenalin anda sehingga akan membuat anda lebih riang dan bersemangat dalam melakukan kegiatan anda. Selain itu, kegiatan ini dapat anda lakukan sebagai salah satu langkah untuk mengurangi rasa stres dan beban pikiran anda karena dengan melompat bebas, anda akan dapat mengeluarkan segala beban anda sembari melayangkan diri anda di udara hingga sampai ke permukaan air.

4. Menikmati Kuliner

Kegiatan wisata air tentunya sangat menguras energi dan tenaga. Oleh karena itu dibutuhkan makanan dan minuman untuk kembali mengisi energi dan stamina. Tersedia warung dan kios kecil yang menyediakan makanan, minuman, dan cemilan yang dapat anda nikmati sembari menikmati kesejukan udara dan kejernihan air di Curug Leuwi Lieuk. Selain itu, anda dapat menikmati kuliner yang anda bawa sendiri dari rumah sehingga anda dapat benar-benar menikmati kegiatan kuliner anda.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Curug

Fasilitas Curug Leuwi Lieuk
Image Credit: Twitter Okki Ardianto

Sebagai salah satu wisata alam yang masih asri dan tidak terlalu banyak campur tangan oleh manusia membuat curug indah ini masih sangat hijau dan alami. Oleh karena itu, fasilitas yang didirikan pun merupakan fasilitas sederhana yang sangat diperlukan oleh para pengunjung dan tidak merusak ekosistem sekitar curug. Berikut merupakan beberapa fasilitas yang disediakan di dalam kawasan Curug Leuwi Lieuk:

1. Area Parkir

Area parkir disediakan bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi dan dikenakan biaya parkir untuk setiap kendaraan. Area parkir terletak sejauh 30 menit perjalanan dari lokasi titik curug. Tenang saja, walaupun jauh dari jangkauan anda, keamanan kendaraan anda akan dijamin oleh tukang parkir. Anda hanya perlu membayar retribusi parkir dan menitipkan kendaraan anda dan keamanan kendaraan anda akan dijaga oleh pihak yang bertanggung jawab.

2. Toilet

Toilet juga disediakan bagi pengunjung yang membutuhkan. Toilet yang disediakan pun cukup bersih dan nyaman sehingga anda dengan leluasa dapat menggunakannya saat membutuhkannya. Saat menggunakan toilet, anda diwajibkan untuk menjaga kebersihan agar pengunjung lain dapat menggunakan toilet tersebut dengan nyaman juga.

3. Ruang Bilas

Terdapat ruang bilas yang dapat anda gunakan selepas anda melakukan kegiatan di air. Setelah bermain air, tentunya pakaian anda akan basah dan anda akan perlu untuk bilas dan berganti pakaian. Oleh karena kebutuhan akan hal tersebut, pengelola menyediakan ruang bilas agar anda dapat langsung mengganti pakaian anda secara leluasa dan nyaman. Tentunya di ruang bilas pun anda harus tetap menjaga kebersihan, ya.

4. Mushola

Karena umumnya pengunjung dapat menghabiskan waktunya di Curug Leuwi Lieuk, pengelola mendirikan sebuah Mushola di sekitar lokasi curug agar setiap umat Muslim dapat menjalankan kegiatan Ibadahnya dengan baik. Anda tidak perlu berjalan jauh dan mencari lokasi Mushola untuk melakukan kewajiban anda. Dengan ini, pengunjung diharapkan memperoleh pengalaman liburan yang menyenangkan.

5. Warung

Terdapat warung dan kios yang menyediakan berbagai makanan dan cemilan untuk pengunjung. Dengan ini anda tidak perlu membawa makanan dari rumah anda sehingga barang bawaan anda akan semakin ringan dan mempermudah langkah anda dalam melakukan trekking. Namun demikian, untuk pengunjung yang ingin membawa bekal dari rumah karena satu dan lain hal dapat membawanya. Namun diingatkan untuk pengunjung untuk membuang sampah ke lokasi yang sudah ditetapkan agar kebersihan curug tetap terjaga.

Itulah beberapa hal menarik mengenai Curug Leuwi Lieuk di Bogor. Curug dengan segunung keindahan mulai dari air, bukit yang menjulang tinggi, dan pohon di sekitar curug. Keindahan ini dapat anda nikmati sekaligus melakukan aktivitas menarik yang didukung dengan berbagai fasilitas yang tersedia. Semoga ulasan ini dapat menjadi referensi kepada para pembaca untuk mengunjungi lokasi wisata yang sangat asri ini.