Curug Luhur, wisata air favorit di Bogor yang terkenal dengan keindahan alamnya dan kesegaran air terjun pegunungan. Dekat air terjun terdapat water park yang juga menarik untuk Anda kunjungi.

Lokasi: Jl. Hegarmanah, Pamijahan, Tapos I, Kec. Tenjolaya, Kab. Bogor.
Map: Cek Lokasi

Liburan akhir pekan sangat pas apabila Anda berkunjung ke air terjun, terlebih Indonesia dikenal memiliki banyak wisata alam yang indah. Dengan memiliki wilayah dataran tinggi dan pegunungan, maka tak mengherankan bila Bogor memiliki banyak sekali wisata curug. Salah satu yang bisa untuk Anda singgahi adaah Curug Luhur. Dikelilingi tebing yang ditumbuhi oleh tumbuhan yang menghijau, pastinya Anda akan terbius pesonanya. Seperti apa keindahan air terjun satu ini?

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Luhur Bogor

Daya Tarik Curug Luhur Bogor
Image Credit: Instagram.com @indoflashlight

Berkunjung ke tempat yang hijau dan masih alami dapat menjadi salah satu cara untuk menghilangkan stres dan penat. Ketika Anda sedang berada di Bogor, maka hal tersebut tentu saja akan bisa dengan mudah untuk Anda temukan, diantaranya dengan mengunjungi Curug Luhur.

Untuk warga Bogor dan sekitarnya, wisata satu ini memang cukup populer. Bagaimana tidak saat berada disini Anda akan disuguhkan dengan air terjun kembar dan juga suasana alam yang sangat indah. Bahkan pemandangan yang Anda dapatkan selama perjalanan juga akan membuat Anda terhanyut.

Pasalnya, Anda akan melewati sawah hijau yang luas membentang. Tak hanya itu bukit bukit yang ada di sepanjang perjalanan akan membuat hati menjadi tenang. Sesampainya disini, Anda juga akan dibuat lebih terpukau dengan sejuknya air yang ada di pegunungan. Disini, Anda juga bisa untuk menemukan kolam air yang tepat berada di bawah air terjun.

Daya Tarik Curug Luhur
Image Credit: Facebook.com @hamim.jazuli.940

Untuk bisa melaluinya, maka Anda perlu untuk melakukan perjalanan dengan trekking yang agak menurun dan melingkar. Akan tetapi, jalur yang cukup susah akan bisa Anda lalui dengan mudah karena nantinya Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat indah dan tidak akan membuat Anda kecewa.

Dengan memiliki ketinggian sekitar 50 meter, Anda akan melihat indahnya air terjun saat berada disini. Sedangkan untuk kolamnya sendiri yakni memiliki kedalaman yakni sekitar 7 meter setelah dimasukkan material sebagai salah satu upaya untuk melindungi pengunjung agar lebih aman.

Tepat di sebelah kolam, nantinya Anda akan bisa untuk menemukan air terjun yang berukuran lebih kecil. Namun, air terjun tersebut bukanlah merupakan air terjun alami melainkan buatan. Dengan adanya air terjun tersebut akan menambah keindahan panorama yang ada di tempat wisata ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Curug Luhur

Alamat Curug Luhur
Image Credit: Google Maps (Abdul Azis)

Berada di Bogor membuat Anda bisa mengunjungi Curug Luhur dari jalur manapun. Pertama, apabila Anda berasal dari Jakarta maka Anda bisa mengambil jalan menuju ke kebun raya empang. Dimana jalan ini akan memiliki tujuan yang nantinya tembus ke Cikaret. Selanjutnya, perjalanan akan mengarah ke Ciapus.

Dan Anda nantinya akan melewati daerah berupa perkampungan, barulah Anda bisa sampai ke daerah tujuan. Bila Anda berangkat dari Jakarta, maka jarak yang akan Anda tempuh adalah kurang lebih sekitar 76 kilometer dengan waktu yakni sekitar 2 jam. Meskipun perjalanan terbilang melelahkan, namun hal tersebut akan terbayar saat berkunjung kesini.

Selain itu, bagi warga Bogor Anda juga bisa melakukan perjalanan yakni melaluui Leuwiliang. Jalur ini merupakan salah satu jalan alternatif yang bisa Anda lalui dari kota Bogor. Pertama, Anda bisa mengambil jalan ke arah Leuwiliang, kemudian lanjutkan perjalanan hingga ke Tenjoloya. Dengan mengikuti papan petunjuk, maka Anda akan diantarkan menuju ke Curug Luhur.

Tak hanya melalui Leuwiliang saja, bagi Anda yang menempuh perjalanan dari Bogor bisa melaluinya dengan jalur Bogor Trade Mall. Ketika berada disini, Anda bisa mengambil jalur Ciapus. Selanjutnya, Anda bisa menggunakan aplikai peta digital untuk bisa sampai kesini. Karena jalurnya lumayan gampang dilewati maka Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi.

Akan tetapi, bagi Anda yang ingin untuk menggunakan transportasi umum dari Bogor, maka hal tersebut juga bisa dilakukan. Pertama, Anda bisa menunggu angkutan di Bogor Trade Mall atau daerah Museum Zoologi. Saat berada disini, Anda bisa memilih angkutan jurusan Ciapus. Namun, dari Ciapus sampai tujuan masih belum ada angkutan lain. Sehingga Anda bisa meminta sopir mengantarkan dengan biaya tambahan.

Untuk lokasi tepat dari wisata satu ini adalah berada di kawasan wisata air terjun yang ada di kaki Gunung Salak. Dengan memiliki ketinggian topografi yakni kurang lebih sebanyak 624 meter yang berada di permukaan laut. Alamat lengkapnya sendiri yakni berada di Desa Ciapus, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor.

Harga Tiket dan Jam Buka Wisata Curug Luhur

Harga Tiket Curug Luhur
Image Credit: Google Maps (Rajata Khadafi)

Harga tiket dari wisata satu ini terbilang cukup mahal dibandingkan dengan wisata air terjun yang lain. Hal tersebut mungkin dikarenakan adanya waterboom langsung di dalamnya sehingga memiliki tarif yang lumayan menguras kocek. Apabila Anda memasukinya, maka harga yang dipatok adalah kurang lebih sebesar 40 ribu rupiah.

Dan untuk biaya parkir motor sendiri, Anda akan mengeluarkan kocek lagi sebesar 8 ribu rupiah. Sedangkan untuk mobil yakni sekitar 20 ribu rupiah. Meskipun memiliki harga tiket masuk yang terbilang lumayan mahal, akan tetapi hal tersebut senada dengan wahana dan juga konsep waterboom yang ada di dalamnya.

Selain itu, pemilik dari wisata ini berasal dari kalangan swasta dan bukan pemerintah. Sehingga, sangat wajar apabila memiliki harga yang cenderung lebih mahal. Akan tetapi, harga tersebut sangat sebanding dengan kualitas dan fasilitas yang akan Anda dapatkan ketika berlibur ke tempat satu ini.

Untuk jam buka dari wisata satu ini antara lain adalah telah buka dari sekitar jam 7 hingga 8 pagi. Sehingga, Anda pun akan bisa bermain air di wisata curug Luhur sejak pagi hari. Sedangkan jam tutupnya sendiri adalah sore hari. Waktu yang tepat dan sangat disarankan untuk mengunjungi curug ini adalah ketika pagi hari.

Hal tersebut dikarenakan curug ini masih sepi pengunjung sehingga Anda akan bisa menikmati wisata dengan lebih tenang. Pasalnya, ketika telah siang hari atau saat musim libur tiba, wisata satu ini kerap kali dipadati pengunjung. Bahkan banyak pula pelancong yang berasal dari luar kota.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Luhur

Image Credit: Google Maps (Rashaad Rossyana)

1. Menikmati Indahnya di Air Terjun Mini

Selain memiliki air terjun utama, di wisata ini Anda juga akan menemukan pemandangan curug lain yang berada di sisi samping. Umumnya, masyarakat sekitar menyebut curug ini sebagai air terjun kembar. Dan air terjun tersebut merupakan curug buatan yang akan memberikan panorama berbeda.

Sehingga tak mengherankan banyak sekali wisatawan yang menghabiskan waktu untuk berada disini dan mengabadikannya. Dengan adanya air terjun buatan tersebut ternyata sebagai salah satu cara untuk menciptakan adanya aliran yang khsusus dan mengaliri kolam renang. Untuk itu, ketika sedang berada di Curug Luhur sebaiknya Anda juga mampir ke tempat ini.

Selain itu, keunikan lain dari aliran air yang ada di air terjun ini tak pernah kering. Meskipun sedang mengalami musim kemarau. Dengan begitu, hal ini akan membuat Anda bisa mengunjungi air terjun kapan pun yang Anda mau. Lantaran, air yang ada di curug ini akan selalu ada meskipun sedang musim kering.

2. Berenang di Waterboom

Ketika mengunjungi Curug Luhur bersama dengan si kecil, maka Anda pun tak perlu khawatir ia akan menjadi bosan. Hal tersebut dikarenakan pada wisata satu ini juga terdapat wahana kolam renang. Untuk itu, Anda pun bisa menikmati keindahan dari air terjun sekaligus berenang di tempat yang nyaman saat berada di destinasi satu ini.

Apabila Anda belum pernah merasakan sensasi air terjun yang mempunyai konsep waterboom di dalamnya, maka wisata ini akan menjadi lokasi yang tepat. Disini, pengelola telah menyiapkan kolam renang yang sesuai dengan ketinggian anak anak dan orang dewasa. Selain itu, juga terdapat fasilitas lain yang akan membuat liburan semakin menyenangkan.

Sebut saja seperti perosotan yang akan membuat pengunjung ketagihan untuk mencobanya. Selain itu, keunikan lain yang terdapat pada waterboom ini adalah airnya yang langsung dari air terjun. Dengan begitu, Anda akan merasakan segarnya air yang berasal dari Gunung Salak ini. Sensasi dingin dan sejuknya tentu dapat melepas penat dan stres yang Anda hadapi.

3. Berfoto di Air Terjun

Berfoto menjadi salah satu kegiatan yang pastinya akan Anda lakukan ketika menginjakkan kaki di tempat satu ini. Tak hanya itu saja, wisata ini juga akan menyuguhkan pemandangan apik sebagai latar belakang dari foto Anda. Bagaimana tidak, air tejun setinggi 50 meter, bahkan 62 meter hingga menyentuh tanaha akan menjadi foto yang sangat instagramable.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Luhur Bogor

Fasilitas di Curug Luhur
Image Credit: Facebook.com @tughaccr.tugha

Selain memiliki wahana tambahan seperti air terjun kembar dan waterboom, saat berada disini Anda juga akan ditunjang dengan fasilitas yang lengkap. Hal tersebut dikarenakan Anda akan dengan mudah untuk menemukan toilet, mushola maupun kamar ganti dan kamar mandi ketika berwisata di tempat satu ini.

Selain itu, fasilitas lainnya yang juga akan Anda dapatkan adalah adanya beberapa spot area yang digunakan untuk bersantai dan duduk duduk ketika dilanda rasa lelah. Tak hanya itu saja, ketika Anda mulai lapar, maka tak perlu khawatir. Sebab, akan tersedia banyak sekali restaurant dan warung makan yang akan memanjakan lidah.

Lahan parkir yang ada di sekitar Curug Luhur pun dapat dikatakan cukup luas. Ditambah lagi jaraknya yang dekat dengan curug akan membuat Anda lebih mudah untuk mengunjunginya. Oleh karena itu, Anda bisa sampai ke curug dengan lebih mudah. Karena Anda tak membutuhkan perjalanan yang jauh dari parkir menuju ke tempat air terjun.

Jalan menuju ke air terjun juga telah dilengkapi dengan undak undakan yang akan memudahkan Anda di dalam mencapai air terjun. Ketika melintasi perjalanan menuju air terjun pun Anda juga akan bertemu dengan warung yang menjajakan banyak makanan. Sehingga, bagi Anda yang merasa letih, bisa berhenti sejenak untuk mencicipi makanan khas Bogor atau mengisi perut yang sedang lapar.

Berkunjung ke Curug Luhur dapat menjadi salah satu aktivitas menarik yang bisa Anda kunjungi. Untuk itu, apabila Anda sedang dilanda penat tak ada salahnya untuk datang ke temat satu ini. Ditambah lagi, Anda jga bisa berenang dan menikmati keindahan alam yang sangat sejuk dan menenangkan ketika disini. Dengan begitu, wisata air ini dapat menjadi salah satu alternatif untuk berlibur.