15 Curug (Air Terjun) di Majalengka yang Lagi Hits Dikunjungi

Curug Majalengka

Butuh Liburan yang Seru? Berikut Rekomendasi Wisata Air Terjun Curug Terindah di Majalengka, Jawa Barat. Destinasi Wisata Alam Terindah & Eksotis yang Cocok untuk Anda Kunjungi Ketika Ingin Berpetualang.

Salah satu kabupaten di Jawa Barat ternyata menyimpan banyak sekali destinasi wisata air terjun yang bisa untuk anda kunjungi. Air terjun yang dalam bahasa Sunda disebut curug ini, ternyata di daerah Majalengka menyimpan banyak sekali air terjun yang tersebar dan memiliki pemandangan alam yang menakjubkan.

Untuk itu, bagi anda yang ingin merasakan kesegaran berwisata di air terjun, anda pun bisa mengunjungi 15 rekomendasi curug di Majalengka yang paling hits dikunjungi wisatawan.

1. Air Terjun Baligo

Air Terjun Baligo

Image Credit: Ksmtour.com

Untuk air terjun pertama yang bisa anda kunjungi di Majalengka adalah Air Terjun Baligo. Bagi anda yang ingin mencari air terjun yang sepi namun memiliki keindahan yang eksotis, maka tempat satu ini merupakan lokasi yang tepat. Tempat satu ini pun juga telah didukung dengan akses jalan yang bagus. Sehingga ketika anda berkunjung ke tempat satu ini, maka anda pun tak perlu melalui jalan yang terjal.

Ketika anda kesini, maka pengunjung pun nantinya diharuskan untuk berjalan kaki. Untuk itu, bagi anda yang membawa kendaraan pribadi maka anda pun bisa memarkirkannya di rumah warga. Disini nantinya anda akan melihat air terjun yang cukup tinggi dan memiliki dua tingkat. Ketika sampai, anda pun bisa bermain air di kolam alami yang memiliki air yang dingin dan segar.

Lokasi: Bantaragung, Kec. Sindangwangi, Kab. Majalengka.

2. Curug Sawer

Curug Sawer

Image Credit: Trepelin.com

Untuk anda yang ingin mengunjungi curug satu ini, maka anda pun membutuhkan usaha yang luar biasa. Pasalnya, ketika anda ingin kesini nantinya anda pun harus menempuh track yang berliku dan juga panjang. Dimana nantinya anda akan melewati tanjakan yang curam dan juga jalan yang bebatuan. Akan tetapi perjalanan tersebut akan terbayar ketika anda melihat indahnya pemandangan alami dari air terjun satu ini.

Lokasi: Argamukti, Kec. Argapura, Kab. Majalengka.

3. Curug Cilutung

Curug Cilutung

Image Credit: Trepelin.com

Memiliki keindahan alam yang luar biasa, maka anda pun perlu untuk memasukkan Curug Cilutung ke dalam daftar air terjun yang bisa anda kunjungi di Majalengka. Disini anda juga akan bisa melihat suasana pedesaan yang memiliki udara menyegarkan. Sehingga ketika anda mengunjungi curug tersebut, maka anda pun nantinya akan betah untuk berlama lama menghabiskan waktu di tempat satu ini.

Selain itu, di sekitar kawasan dari Curug Cilutung ini anda pun bisa menikmati sejuknya udara di pegunungan sembari mendengarkan gemuruh air terjun yang menakjubkan. Ketika berada disini pun anda juga akan melihat tebing dari air terjun yang berupa batu besar dengan tinggi 20 meter. Sehingga tempat di sekitar bebatuan ini pun sering kali dijadikan lokasi berfoto oleh pengunjung.

Lokasi: Talagakulon, Kec. Talaga, Kab. Majalengka.

BACA JUGA:  Wisata Situ Mustika, Destinasi Wisata Sejuk & Asri di Kota Banjar

4. Curug Sempong

Curug Sempong

Image Credit: Reresepan.com

Untuk mengunjungi Curug Sempong, maka anda pun bisa mengaksesnya dengan mudah. Akan tetapi, anda pun perlu untuk berhati hati ketika sedang musim hujan. Pasalnya akan terdapat bebatuan yang licin untuk anda lewati hingga sampai ke air terjun satu ini. namun, anda pun nantinya akan mendapatkan pemandangan yang memanjakan mata ketika sampai di tempat satu ini.

Dengan adanya air terjun yang jatuh tepat di cekungan tebing, maka hal tersebut akan menjadi pesona tersendiri bagi air terjun satu ini. Memiliki air yang dingin dan segar, maka hal ini pun dapat menjadi hal yang menenangkan tubuh anda. Di lokasi ini pun terdapat wahana permainan yang bisa anda nikmati dan anda jadikan untuk foto selfie. Sehingga Curug Sempong menjadi salah satu tempat yang cocok bagi anda untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Lokasi: Cisempong, Sidamukti, Kec. Majalengka, Kab. Majalengka.

5. Curug Tonjong

Curug Tonjong

Image Credit: Wisatareligidunia.blogspot.com

Dengan memiliki harga tiket yang terjangkau, maka Curug Tonjong bisa menjadi salah satu tempat yang anda kunjungi ketika berada di Majalengka. Disini anda pun akan disuguhkan pemandangan yang bagusa dan lokasi yang pas untuk bermain air. Ada banyak kegiatan yang bisa anda lakukan disini, mulai dari bermain air di sungai yang jernih, terapi ikan, tempat bermain anak dan juga sebagainya.

Lokasi: Teja, Kec. Rajagaluh, Kab. Majalengka.

6. Air Terjun Ibun Pelangi

Air Terjun Ibun Pelangi

Image Credit: Jejakpiknik.com

Air terjun eksotis yang ada di Majalengka satu ini sangat wajib untuk anda kunjungi. Pasalnya, ketika terdapat sinar matahari yang tepat menyinari curug maka anda pun akan langsung bisa untuk melihat pelangi abadi di lokasi satu ini. sehingga wisata ini pun diberinama Ibun Pelangi yang memiliki arti yakni Embun Pelangi. Pantulan cahaya yang memasuki curug ini pun akan membentuk sebuah pelangi yang luar biasa indah.

Akan tetapi, ketika anda ingin mengunjungi tempat satu ini, maka anda pun perlu untuk stamina yang ekstra. Pasalnya, anda nantinya harus menuruni puluhan anak tangga hingga bisa sampai ke curugnya. Namun hal tersebut akan sebanding dengan pemandangan yang akan anda dapatkan nantinya. Untuk menyusuri curug ini pun tak terlalu sulit karena telah ditata bebatuan yang akan memudahkan anda untuk menapakkan kaki.

Lokasi: Sukadana, Kec. Argapura, Kab. Majalengka.

7. Curug Cipeuteuy

Curug Cipeuteuy

Image Credit: Wisatangehits.com

Wisata satu ini adalah salah satu air terjun favorit di Majalengka. Hal ini dikarenakan suasananya yang sejuk dan pemandangannya yang cantik, tentu saja akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Sehingga ketika penat melanda, maka anda pun bisa memanfaatkan lokasi satu ini sebagai tempat untuk melepas stres yang anda alami. Mulai dari kolam pemandian hingga outbond pun lengkap tersedia di tempat satu ini.

Lokasi: Jl. Dukuh Pasir, Bantaragung, Kec. Sindangwangi, Kab. Majalengka.

8. Curug Muara Jaya

Curug Muara Jaya

Image Credit: Masbei.com

Curug satu ini pun dapat dikatakan sebagai ikon wisata di Majalengka. Dengan memiliki ketinggian sekitar 73 meter, maka curug ini pun dapat dikatakan sebagai air terjun yang paling tinggi di Majalengka. Meskipun telah dibuka untuk umum sejak lama, keberadaan curug satu ini pun tetap memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat di tengah banyaknya curug curug baru yang bermunculan di Majalengka.

BACA JUGA:  Villa Khayangan, Destinasi Wisata & Penginapan di Bogor yang Lagi Hits

Lokasi: Kampung Apuy, Argamukti, Kec. Argapura, Kab. Majalengka.

9. Curug Awul

Image Credit: Pesonawisataindonesia.com

Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 5 meter ini merupakan salah satu curug yang keberadaannya masih jarang diketahui oleh wisatawan. Hal tersebut dikarenakan tempatnya yang terletak di pelosok dan juga dibawah rerimbunan. Akan tetapi, jika anda ingin mengunjungi curug satu ini, anda pun akan bisa menjangkaunya dengan mudah. Pasalnya, jalanan ini pun telah terbiasa untuk dilewati oleh masyarakat setempat.

Sepanjang perjalanan ketika anda mengunjungi curug ini pun, maka anda akan disuguhkan oleh pesona alam yang menakjubkan. Mulai dari anda harus melewati kebun dan juga peternakan domba dan sapi tentu saja hal ini akan menjadi pengalaman yang seru. Selain itu, anda pun perlu untuk menyusuri sungai dan juga menuruni bukit. Namun, perjalanan yang melelahkan tersebut akan terbayar dengan pemandangan yang disuguhkan oleh curug satu ini.

Lokasi: Cibodas, Kec. Majalengka, Kab. Majalengka.

10. Curug Campaga

Curug Campaga

Image Credit: Photobyaziz.com

Curug selanjutnya yang akan membuat anda terpesona adalah Curug Campaga. Memiliki bebatuan yang hitam kecoklatan dan juga air terjun yang terbelah menjadi dua serta menuju satu arah ini, pastinya akan memiliki daya pikat tersendiri. Dengan tinggi air terjun yang mencapai 8 meter maka anda pun akan bisa menikmati keindahan dari air terjun satu ini.

Bagi anda yang ingin untuk mencapai lokasi tersebut tentu saja tidaklah sulit. Hal itu dikarenakan  masyarakat desa setempat pun telah mengetahui dan pemerintah pun juga telah menata curug satu ini sebagai salah satu aset wisata yang bisa dijadikan sebuah destinasi wisata yang menjanjikan. Untuk itu, warga sekitar pun turut menjaga kelestarian dari curug satu ini.

Lokasi: Talagakulon, Kec. Talaga, Kab. Majalengka.

11. Curug Ciwanda

Curug Ciwanda

Image Credit: Ihategreenjello.com

Untuk anda yang ingin mengunjungi curug satu ini, maka anda pun perlu untuk melakukan perjalanan dari pusat kota sekitar 1 jam. Akan tetapi, meskipun menempuh perjalanan yang cukup jauh anda akan bisa mendapatkan suasana alam yang menyegarkan sesampainya di tempat satu ini. air terjun yang mengalir melewati tebing tersebut tentu saja akan menyajikan pemandangan tersendiri yang cantik untuk anda nikmati.

Lokasi: Lemahsugih, Kec. Lemahsugih, Kab. Majalengka.

12. Curug Cipeureus

Image Credit: Twitter.com @Infomjlk

Air terjun satu ini memiliki ketinggian yakni sekitar 12 meter dan mempunyai pesona alam yang indah dan akan memanjakan mata anda. Akan tetapi, karena akses dari air terjun ini belum dikelola sebagai aset wisata, maka akses untuk menuju tempat satu ini pun cukup sulit dijangkau. Sehingga ketika anda ingin untuk mengunjungi tempat ini, maka anda pun perlu untuk berjalan kaki dari balai desa setemapat.

BACA JUGA:  Rabbit Town Bandung, Wisata Unik & Keren untuk Keluarga

Kemudian, anda pun bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar kurang lebih 15 menit. Akan tetapi, anda hanya bisa mengunjungi curug satu ini pada saat musim kemarau saja. Hal tersebut dikarenakan curug tersebut berada diatas hamparan sungai. Untuk itu, ketika musim kemarau tiba maka anda pun akan bisa menikmati indahnya pemandangan air dari bawah sungai yang sangat menakjubkan.

Lokasi: Sukamenak, Kec. Bantarujeg, Kab. Majalengka.

13. Curug Puntang

Curug Puntang

Image Credit: Wisatalengkap.com

Untuk anda yang ingin mengunjungi curug satu ini, maka anda pun perlu untuk menempuh perjalanan yang cukup jauh. Hal tersebut dikarenakan letaknya yang tersembunyi. Serta curug ini pun juga berjarak sekitar 6 kilometer dari pusat kota Majalengka. Untuk itu, bagi anda yang ingin untuk berkunjung ke lokasi satu ini maka anda pun perlu untuk menempuh perjalanan sekitar 2 jam agar bisa sampai ke air terjun satu ini.

Akan tetapi hal tersebut akan sepadan dengan pemandangan yang akan anda dapatkan. Ketika sampai di tempat satu ini pun nantinya anda akan berdecak kagum. Meskipun memiliki lokasi di jurang yang terjal, namun dengan memiliki ketinggian setinggi 15 meter ini maka akan bisa bermain air dengan leluasa. Ditambah lagi dengan udara yang anda hirup sudah dipastikan akan terasa sangat sejuk.

Lokasi: Cengal, Kec. Maja, Kab. Majalengka.

14. Curug Situhiang

Curug Situhiang

Image Credit: Photobyaziz.com

Curug satu ini merupakan salah satu destinasi wisata yang masih belum tersentuh keadaannya. Oleh sebab itu, tak banyak pengunjung yang datang untuk berwisata ke air terjun satu ini. Pada umumnya, curug ini akan ramai didatangi oleh komunitas pecinta alam yang sering kalo mengunjungi Curug Situhiang. Akan tetapi, air terjun ini pun tetap memiliki pesonanya tersendiri.

Untuk anda yang ingin menikmati keindahannya, maka anda pun perlu untuk memiliki tenaga yang ekstra. Pasalnya, akses jalan menuju tempat satu ini terbilang cukup sulit. Sehingga bagi anda yang ingin kesini harus menggunakan kendaraan roda dua ataupun kendaraan roda empat yang offroad. Anda pun perlu berhati hati karena di sepanjang kiri dan kanan perjalanan yang anda lalui, maka anda pun akan menjumpai jurang.

Lokasi: Kulur, Kec. Majalengka, Kab. Majalengka.

15. Curug Tapak Kuda

Curug Tapak Kuda

Image Credit: Udaindra.blogspot.com

Salah satu destinasi wisata yang masih alami dan jarang diketahui oleh orang adalah curug tapak kuda. Air terjun satu ini memiliki ketinggian sepanjang 20 meter, dimana juga mempunyai undakan didalamnya. Selain itu, udara yang sejuk pun akan anda rasakan ketika sampai di tempat satu ini. Kelebihan yang lain adalah aliran air disini masih sangatlah bersih dan tidak tercemar oleh kotoran.

Lokasi: Sadawangi, Kec. Lemahsugih, Kab. Majalengka.

Untuk itu, anda pun bisa memilih curug favorit di Majalengka yang anda jadikan sebagai destinasi liburan anda. Namun, ketika anda memiliki waktu yang cukup banyak di daerah ini maka anda pun bisa untuk mengunjungi satu persatu jenis curug yang ada di daerah ini. Pasalnya, setiap curug akan menawarkan keindahannya masing masing dan tentu saja akan membuat anda terkagum.