Curug Nangka, Destinasi Air Terjun Hits di Bogor

Curug Nangka Bogor

Bogor memiliki banyak wisata alam yang eksotis untuk dijelajahi, salah satunya Curug Nangka. Air terjun hits di lereng Gunung Salak dengan pemandangan alam memukau, utamanya pohon Nangka di sekitar Curug.

Lokasi: Sukajadi, Kec. Tamansari, Kab. Bogor.
Map: Cek Lokasi

Bogor dengan kondisi alamnya yang mayoritas pegunungan, membuat kota ini begitu eksotis. Ada banyak tempat wisata alam menarik yang bisa dijelajahi wisatawan ketika singgah di kota Hujan. Salah satunya adalah Curug Nangka yang menawarkan panorama menawan. Untuk melihat pesona curug hits ini, Anda bisa menyimak ulasannya berikut.

Pesona Alam yang Disuguhkan Curug Nangka

Pesona Curug Nangka

Image Credit: Instagram.com @bellacalistha

Air terjun hingga kini masih menjadi wisata alam yang begitu banyak penggemarnya. Terutama untuk mereka yang gemar berada di tengah tengah alam dan berani berpetualang. Bogor termasuk kota yang memiliki banyak curug curug yang begitu menawan. Begitu juga dengan Curug Nangka yang sangat cocok untuk memuaskan jiwa petualang Anda.

Nama air terjun sendiri diambil dari banyaknya pohon nangka yang ada di sekitar curug. Bahkan katanya, di dekat air terjun terdapat buah nangka yang tak pernah habis. Tidak ada yang mengetahui dari mana nangka tersebut ada. Namun, seiring berjalannya waktu pohon nangka ini kemudian hilang. Kendati demikian masyarakat tetap menyebutnya sebagai Curug Nangka.

Berada di ketinggian sekitar 750 mdpl, sudah bisa dipastikan jika curug satu ini memiliki udara yang sejuk dan juga alam yang masih asri. Suasananya yang tenang, memberikan ketenangan dan sangat cocok dijadikan sebagai tempat melepas penat. Awalnya memang Curug ini dianggap keramat karena sering dijadikan sebagai tempat meditasi.

Hingga akhirnya di era 80an, pengunjung dari curug ini semakin lama semakin meningkat. Apalagi setelah banyak wisatawan yang menjadikan kawasan curug ini sebagai area camping ground. Barulah kemudian curug yang cantik ini dibuka sebagai destinasi umum. Sebenarnya, di area ini terdapat 3 curug yang berbeda dan memiliki ketinggian yang berbeda.

Berada di naungan RPH Gunung Bunder, 3 curug tersebut terdiri dari Curug Kawung, curug Nangka dan Curug Daun. Dan sebelum akhirnya curug ini dibuka sebagai wisata umum, Curug Kawunglah yang dibuka terlebih dahulu. Masing masing curug ini hanya berjarak sekitar 1 km secara berurutan. Curug Nangka merupakan curug yang paling awal atau terletak di bagian bawah.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Nangka

Daya Tarik Curug Nangka

Image Credit: Google Maps (Air Terjun Curug Nangka)

Curug satu ini menawarkan keindahan yang tidak akan bisa ditolak oleh siapapun. Perpaduan antara indahnya alam Bogor, ditambahkan dengan objek curug yang masih alami memang menakjubkan. Apalagi perjalanan untuk menuju curug satu ini membutuhkan perjuangan yang tidak mudah. Medan yang harus ditaklukkan memang menantang.

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai Terhits Dekat Bandung yang Wajib Anda Kunjungi

Inilah mengapa curug satu ini sangat cocok untuk Anda yang gemar berpetualang. Seakan akan memperingatkan pada pengunjung, jika harus ada harga mahal yang dibayar untuk keindahannya. Dan hal ini memang terbukti, begitu tiba di curugnya Anda akan langsung disuguhkan dengan pemandangan yang membuat siapapun takjub.

Panorama alam yang mengelilingi ciurug ini memang begitu menawan. Curug dengan air yang jernih, dikelilingi oleh pohon pinus yang begitu rindang. Pepohonan ini tertata dengan begitu rapi seakan akan memang ditata demikian. Padahal pepohonan ini tumbuh alami, dan rimbunnya pohon pinus ini ternyata mampu menambah keindahan curug ini.

Begitu mengintip ke arah air terjunnya, Anda akan semakin terpesona. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan debit airnya cukup deras. Air di curug ini tidak pernah kering sekalipun musim kemarau. Apalagi air yang mengalir memang begitu jernih dan mengundang siapapun untuk segera berenang atau bermain air di bawahnya.

Di bawah air terjun ini, membentuk sebuah kolam yang terlihat begitu menyegarkan. Kolam alami ini tidaklah dalam, kedalamannya hanyalah setinggi lutut orang dewasa. Ketika angin berhembus, akan membawa basah dari air terjunnya. Daya tarik inilah yang berhasil membuat siapapun penasaran untuk menikmati keindahannya.

Daya Tarik dari Curug Nangka

Image Credit: Twitter.com @hasna91913

Bukan hanya daya tarik dalam bentuk panorama, sebenarnya Curug Nangka juga memiliki banyak kisah mistis yang beredar. Menyimpan misteri, menjadikan banyak orang yang mengenal curug cantik ini sebagai tempat angker. Karena memang masih banyak yang percaya jika curug ini seringkali dijadikan sebagai tempat bersemedi seperti raden Surya Kencana misalnya.

Bukan hanya itu, di curug ini juga terdapat sebuah batu yang memiliki bentuk layaknya anjing. Banyak yang mempercayai jika batu tersebut merupakan jelmaan dari ayah Sangkuriang. Tentunya Anda juga tahu perihal legenda yang kondang di tanah Sunda ini. Selain memiliki beberapa cerita, mistis curug ini juga memiliki beberapa mitos.

Salah satu mitos yang banyak dipercaya, adalah jika seseorang naik ke lokasi curug tanpa jatuh di tengah jalan maka diartikan sebagai pertanda. Bahwa seseorang tersebut sudah diterima oleh penunggu curug dan masuk dalam jajaran pecinta alam sejati. Jika sebaliknya, maka bisa penunggu curug tidak menerima dan bisa jadi tanda kurang baik.

Terlepas dari mitos maupun cerita mistisnya, keindahan dari curug ini memang tidak boleh diabaikan. Justru adanya cerita atau mitos menarik para wisatawan untuk mengetahui pesonanya. Percaya atau tidak, dimanapun berada memang seharusnya bisa menjaga diri. Dengan begitu Anda bisa melakukan liburan dengan tenang dan tanpa rasa was was.

BACA JUGA:  Devoyage Bogor, Kampung Eropa yang Instagramable & Lagi Hits!

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Curug Nangka

Rute Curug Nangka

Image Credit: Google Maps (Nikita Kamka)

Wisata air ini berada di kaki Gunung Salak, tepatnya berada di Desa Sukajadi, Kec. Tamansari, Kab. Bogor, Jawa Barat. Jika dari pusat kota, jarak yang harus ditempuh dari pusat kota sekitar 15 km. Jarak tersebut membutuhkan waktu sekitar 30 hingga 45 menit jika tidak macet. Dan rute untuk menuju Curug Nangka sudah memiliki kondisi jalan yang baik.

Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi karena akan lebih leluasa. Anda bisa mengambil rute dari Ciapus kemudian melewati Tol Lingkar Luar Bogor. Nanti langsung mengambil arah kanan saat keluar Tol Jagorawi. Barulah mengambil rute menuju Ciomas dan berbelok kanan saat di Pasir Kuda untuk menuju jl. Raya Ciapus.

Selain rute ini juga bisa melalui Tol Lingkar Luar, begitu di pintu keluar bisa mengambil rute menuju Lotte Mart. Barulah nanti belok kiri menuju ke arah Yasmin dan meneruskan perjalanan ke Jalan Cimaburan dan bisa langsung lanjut menuju lokasi curug. Jika menggunakan kendaraan umum bisa mengandalkan KRL dan dilanjutkan dengan angkot.

Harga Tiket Masuk Wisata Curug Nangka

Harga Tiket Curug Nangka

Image Credit: Google Maps (Hachi Februarindu)

Untuk mengunjungi curug yang mempesona ini, Anda tidak perlu mengeluarkan dana yang banyak. Harga tiket yang dikenakan untuk masuk sekitar Rp. 22 ribu lebih. Karena Anda harus melalui dua gerbang dan masing masing gerbang dikenakan retribusi. Gerbang pertama dikenakan biaya sekitar Rp. 7500 dan yang kedua Rp. 15.000.

Harga tiket tersebut tentunya bisa naik sewaktu waktu tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu. Jika dibandingkan dengan keindahan curug yang ditawarkan, tentunya sudah terbilang murah. wisatawan internasional akan dikenakan biaya yang cukup mahal yaitu mulai Rp. 150 ribu. Sementara jam operasional dimulai dari pukul 06.30 pagi hingga pukul 19.00 setiap hari.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Curug Nangka

Aktivitas di Curug Nangka

Image Credit: Instagram.com @barkahbar

Bukan hanya menawarkan panorama yang indah, Anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan yang menarik. Berikut beberapa tempat yang bisa Anda lakukan ketika mengunjungi curug yang begitu terkenal di Bogor ini. Mulai dari trekking hingga memenuhi memori Anda dengan foto foto cantik.

1. Trekking

Hal pertama yang pasti Anda lakukan ketika berada di Curug ini adalah trekking. Anda memang harus melalui jalan setapak untuk tiba di curug. Tetapi tenang saja, medan yang harus Anda lalui sudah dibuat senyaman mungkin. Jajaran pohon pinus yang tersusun rapi akan menemani perjalanan Anda. jika beruntung Anda bisa bertemu dengan kera liar.

BACA JUGA:  10 Makanan Khas Purwakarta yang Wajib Anda Coba

2. Menikmati Keindahan Air Terjunnya

Setelah trekking, Anda akan disuguhkan dengan air terjun yang begitu menawan. Air yang mengalir di tengah tengah dua tebing ini akan menghapus semua lelah Anda. Udaranya yang sejuk juga turut memberikan sumbangsih dan membuat pengunjung betah. Anda bisa bersantai sembari menikmati keindahannya.

3. Bermain Air atau Berenang

Setelah semua lelah Anda hilang, rasanya ada yang kurang jika tidak bermain air. Di bawah air terjun Nangka ini memang akan membentuk kolam kolam alami yang bisa dimanfaatkan pengunjung. Selain hanya mencelupkan kaki, ada juga yang berenang di kolam ini. Apalagi airnya begitu jernih dan juga segar sehingga menarik siapapun untuk bermain.

Pastikan Anda membawa baju ganti jika ingin basah basahan. Tetapi jika memang tidak membawa tidak perlu khawatir, karena sudah ada tempat yang menjual baju ganti. Beberapa pengunjung ada yang sengaja membawa pelampung untuk bersantai di atas kolam alaminya. Yang jelas, aktivitas ini akan membuat liburan Anda makin seru.

4. Berburu Foto

Tidak boleh ketinggalan, Anda juga bisa mengabadikan setiap kegiatan Anda. tempat seindah ini tentunya sangat sangat jika tidak dimanfaatkan untuk berfoto. Berfoto dengan latar belakang air terjun menjadi favorit pada pengunjung. Selain di air terjunnya, ada banyak spot foto alami yang juga bisa Anda buru. Seperti pohon pinus ataupun saat Anda bermain air.

5. Camping

Kegiatan lainnya yang tak kalah menarik dilakukan adalah camping. Bermalam di tengah alam seperti ini akan memberikan pengalaman tersendiri. Camping ground di curug ini berada di dekat anak sungai, tepatnya di sisi kanannya. Tidak harus membawa tenda sendiri, Anda bisa menyewa di tempat. Tetapi untuk sleeping bag maupun lainnya Anda tetap harus membawa sendiri.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Nangka Bogor

Fasilitas Curug Nangka

Image Credit: Google Maps (Akbar Nugroho)

Agar pengunjung merasa nyaman, fasilitas dari tempat wisata tentunya tidak boleh diabaikan begitu saja. Curug Nangka sekalipun masih terbilang alami tetapi fasilitas yang dihadirkan sudah terbilang lengkap. Pengunjung bisa menitipkan kendaraannya tanpa rasa khawatir di area parkirnya. Sudah ada pos jaga maupun pos kerja untuk mengawasi.

Selain itu tempat ibadah maupun toilet juga bisa ditemukan di curug ini. Anda bisa menemukan tempat sampah, bangku malas hingga pusat informasi. Yang ingin bermalam, bisa memanfaatkan glamping camp ataupun penginapan terdekat. Terdapat juga warung warung makanan yang menyediakan menu menu dan kebutuhan darurat.

Mengunjungi curug Nangka merupakan sebuah pilihan yang tepat jika Anda ingin habiskan liburan di tengah alam asri. Pemandangannya yang indah, fasilitas lengkap dan berbagai aktivitas menarik juga bisa dilakukan. Mengajak keluarga maupun teman teman bukanlah ide yang buruk saat mengunjungi curug ini. Bagaimana tertarik untuk berkunjung?