Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Gunung Picung, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Pernah berwisata ke satu tempat yang ada banyak destinasi wisatanya sekaligus? Kalau belum coba ke Taman Nasional Gunung Halimun Salak yuk. Di kawasan taman nasional ini selain bisa melihat tumbuhan dan hewan yang ada didalamnya pengunjung juga bisa melihat keindahan Air terjun setinggi 45 meter, tidak hanya 1 tetapi dua air terjun sekaligus.

Air terjun atau dalam Bahasa Sunda dikenal dengan sebutan curug merupakan salah satu destinasi wisata yang masih tersembunyi keindahannya dari Kota Bogor. Nama curug disini ada dua yaitu Curug Ngumpet dan juga Curug Kondang atau yang dikenal juga dengan sebutan Ngumpet 2.

Untuk bisa mencapai lokasi curug cantik ini wisatawan harus menempuh perjalanan kurang lebih 1.5 jam dari pusat Kota Bogor. Sejumlah fasilitas telah disediakan oleh pihak pengelola dari Taman Nasional Gunung Halimun ini untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pengunjung.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Ngumpet

Daya Tarik Curug Ngumpet
Image Credit: Google Maps abdul aziz

1. Jalur Trekking yang Mudah dan Aman

Berbeda dengan kondisi jalur tracking dari air terjun kebanyakan yang masih berupa tanah, di curug cantik ini wisatawan bisa dengan mudah melalui jalur tracking yang ada karena jalurnya sudah tersusun rapi dari bebatuan alam. Selain kondisi jalurnya di sepanjang jalur pendakian juga sudah diberikan pengaman berupa pembatas yang terbuat dari besi.

2. Keamanan Pengunjung adalah Prioritas

Karena pernah mengalami insiden yang kurang mengenakan dialami pengunjung, pihak pengelola Curug Ngumpet terus memberikan proteksi keamanan bagi wisatawan. Ada batas-batas keamanan yang tidak boleh dilanggar baik di area kolam curug maupun di area jalur tracking.

Selain itu daya tarik lainnya dari segi keamanan adalah setiap pengunjung yang datang terdaftar pada asuransi Jasa Raharja ketika memasuki kawasan sampai pulang.

3. Pesona Keindahan Curug

Penasaran kenapa curug cantik ini diberi nama Ngumpet? Jadi nama Curug Ngumpet ini diambil dari letak air terjun yang posisinya berada di antara bebatuan tebing yang menjulang tinggi sehingga posisinya tersembunyi atau “Ngumpet”.

air terjun cantik ini memiliki aliran air yang sangat jernih berwarna hijau kebiruan. Warna air ini didapatkan dari pantulan alami pepohonan dan lumut yang ada di sekelilingnya. Air yang mengalir sangat jernih dan juga segar karena berasal langsung dari air Gunung Salak.

4. Air Terjun Setinggi 45 Meter

Air terjun eksotis dengan ketinggian 45 meter ini punya debit air yang cukup deras sehingga sangat menarik untuk dilihat. Namun karena derasnya aliran air yang turun membuat pengunjung dilarang untuk mandi langsung di bawah aliran air yang jatuh. Ada batas-batas keamanan yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola.

5. Perbedaan Curug 1 dan 2

Lokasinya masih berdekatan dan bisa ditempuh secara langsung oleh pengujung. Yang membedakan kedua air terjun cantik ini adalah di kedalaman kolam penampungan air yang ada dibawahnya. Curug dua atau Curug Kondang punya kedalaman sekitar 4 sampai 6 meter. Sedangkan Curug 1 dalamnya 5 meter.

Daya Tarik Dimiliki Curug Ngumpet
Image Credit: Google Maps riyan syah

6. Area Camping Ground

Mengunjungi lokasi air terjun Ngumpet yang berada langsung di sekitaran alam tidak lengkap rasanya bila tidak sekalian camping. Kemah atau camping adalah kegiatan rekreasi di outdoor yang dilakukan untuk menenangkan diri dari ramainya hidup di perkotaan guna menikmati keindahan alam yang ada.

7. Area Outbound

Ada camping ground ada juga area outbound, kedua tempat ini akan sangat seru didatangi bersama keluarga. Area outbond bisa dimainkan sebagai sarana edukasi bagi anak-anak serta melatih otot motorik anak.

8. Punya Banyak Spot Foto Menarik

Salah satu daya tarik Curug Ngumpet yang tidak boleh terlewat adalah adanya spot foto yang menarik. Berbagai spot foto yang sering digunakan oleh pengujung mengabadikan momen adalah depan air terjun, area pinggiran kolam, berendam di tengah kolam dan masih banyak lagi.

9. Penjual Gerobakan

Daya tarik lainnya adalah adanya penjual makanan gerobakan yang bisa sampai ke area dekat air terjun. Penjual gerobakan ini umumnya membawa dagangan mereka yang berupa gerobak pikul. Ada berbagai jajanan yang tersedia seperti bakso kuah, sate ayam dan lainnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Curug Ngumpet
Image Credit: Google Maps Tambang Raras

Alamat dari Curug Ngumpet ada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak yang ada di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Secara administrasi lokasinya ada di Desa Gunungsari, masuk dalam Kecamatan Pamijahan.

Sejumlah rute yang bisa dilakukan oleh wisatawan ketika ingin mendatangi curug eksotis ini, seperti:

  1. Rute Jalan Pertama menuju Cibungbulan lalu ke Kecamatan Pamijahan dilanjut sampai Salak Endah
  2. Rute wisatawan yang dari Cikampak bisa cari jalan menuju Salak Endah
  3. Rute Ketiga dari Cibatok selanjutnya bisa menuju Salah Endah
  4. Rute ke empat bila wisatawan dari Taman Sari bisa melakukan perjalan ke Gunung Bunder kemudian lanjut ke Salak Endah.

Rute diatas bisa dilalui jika wisatawan menaiki kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. Jika wisatawan menggunakan kendaraan umum bisa dari Terminal Baranangsiang kemudian mencari transportasi menuju Curug Ngumpet yang jaraknya sekitar 54 KM atau ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam lamanya.

Luas area Taman Nasional Gunung Halimun Salak Bogor ini sekitar 113.357 hektar dengan lokasi yang berada di ketinggian 900 meter diatas permukaan air laut. Kondisi hutannya yang rimbun dan lembab membuat suhu lingkungan disana sejuk dan sangat nyaman.

Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun

Harga Tiket Masuk Curug Ngumpet
Image Credit: Google Maps Tambang Raras

Harga tiket masuk ke Curug Ngumpet mengalami sedikit kenaikan, bila dahulu harga tiket masuknya hanya Rp.7.500,- sekarang harga tiket masuknya sebesar Rp.10.000,- saja. Kenaikan ini bukan tanpa alasan karena setiap tiket yang dibeli juga memberikan perlindungan kepada pengunjung berupa asuransi jiwa.

Harga tiket masuk Rp 10.000,- ini berlaku untuk mengunjungi satu curug saja, jika wisatawan ini mengunjungi kedua curug maka harus membeli tiket masuk lagi. Sedangkan untuk kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak sendiri di pintu gerbangnya sendiri dikenakan biaya masuk sebesar Rp 15.000,-

Biaya lain yang perlu dipersiapkan wisatawan adalah biaya untuk parkir kendaraan, biaya membeli makanan atau minuman selama berada di lokasi dan juga biaya penginapan jika wisatawan ingin menginap di area sekitar air terjun.

Jam buka curug hits ini dari pagi sampai sore hari yaitu jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Buka setiap hari Senin sampai Minggu, hari libur pun tetap buka. Pada hari libur biasanya akan ramai pengunjung yang berdatangan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Ngumpet

Kegiatan Menarik Curug Ngumpet
Image Credit: Google Maps Iyan

1. Berendam di Segarnya Air Terjun

Mengunjungi air terjun sudah pasti kegiatan menarik yang bisa dilakukan adalah bermain air. Wisatawan bebas bermain air selama yang disuka asalkan tidak melanggar batas keamanan yang telah ditetapkan. Kegiatan berendam, berenang dan menyelam bisa membuat tubuh menjadi segar.

2. Berkemah atau Camping

Kegiatan outdoor di alam adalah kegiatan yang sangat menarik untuk Anda yang sudah sangat lelah dengan kondisi kesemrawutan Kota. Buat pengunjung yang ingin melakukan camping di Curug Ngumpet persiapkan semua peralatan yang dibutuhkan ya supaya acara camping jadi lebih asik.

3. Tracking untuk Bisa Sampai ke Lokasi Curug

Jalur Tracking yang harus dilalui oleh wisatawan supaya sampai ke lokasi dimana air terjun berada kurang lebih sejauh 2 KM saja. Selama perjalanan wisatawan tidak akan dibuat bosan karena indahnya pemandangan yang ada. Kondisi jalurnya yang sudah tersusun rata pun mempermudah selama tracking.

4. Bersantai Menikmati Pemandangan yang Ada

Tempat favorit untuk wisatawan yang ingin bersantai berada di atas bebatuan yang mengelilingi Curug Ngumpet, meskipun kondisi tubuh bisa saja basah namun kegiatan ini jelas akan membuat tubuh yang lelah menjadi lebih segar.

Kegiatan Menarik di Curug Ngumpet
Image Credit: Google Maps Andini Maheswari

5. Menyelam di Dalam Air

Curug kedua terkenal karena kedalamannya 4 sampai 6 meter. Di Curug kedua ini wisatawan bisa menyelam ke dalam air atau Freediving di kedalaman 5 meter sampai batas tali yang telah ditetapkan, namun tetap harus menjaga keselamatannya ya jangan sampai menyelam terlalu dalam.

6. Outbound

Adanya area outbound di sekitar Curug Ngumpet, sehingga menjadi kegiatan menarik yang bisa dilakukan oleh pengunjung. Wisatawan yang membawa anak-anak bisa mengajak mereka bermain sekaligus belajar di area outbound yang ada. Kegiatan outdoor ini jelas akan melatih saraf motorik buah hati.

7. Berburu Foto Instagramable

Banyak spot foto menarik yang bisa ditemukan ketika berada di air terjun. Pengunjung bisa mengeksplore semua tempat yang ada dan menemukan spot-spot foto menarik yang belum banyak ditemukan. Berbagai pose yang bisa dilakukan seperti foto berdiri di area bebatuan yang membendung air terjun, duduk di bebatuan yang ada serta foto gaya bebas.

8. Menginap di Area Sekitar Air Terjun

Menginap di area pegunungan merupakan hal yang bisa dikerjakan disini. Penginapan yang tersedia pun sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang akan membuat pengunjung betah dan nyaman. Soal biaya pengujung tidak perlu khawatir karena harga yang dipatok merupakan harga standar dan masih ramah dikantong.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Curug

Fasilitas Curug Ngumpet
Image Credit: Google Maps Black Cnn

Pengelola telah melengkapi sejumlah fasilitas guna mendukung kenyaman pengunjung yang datang. Sejumlah fasilitas yang ada di Curug Ngumpet seperti lahan parkir yang luas muat banyak kendaraan, toilet untuk tempat bilas dan ganti pakaian, mushola untuk tempat ibadah pengujung muslim, dan gazebo untuk tempat beristirahat.

Fasilitas dari segi keamanan juga tidak perlu diragukan lagi jalanan menuju lokasi air terjun yang sudah disusun sedemikian rupa supaya menjadi datar, pegangan di kanan dan kiri jalur tracking, tali batas keamanan di area kolam air terjun.

Fasilitas di wahana outdoornya pun tidak kalah seru. Area camping luas yang lokasinya berada di samping aliran sungai dan juga area outbound yang dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seru untuk bermain. Paling seru datang ke curug menawan ini ketika cuacanya sedang bagus karena wisatawan jadi bisa melihat semua spot menarik yang ada.

Itulah pesona keindahan yang dimiliki Curug Ngumpet di Bogor, tertarik untuk mengunjunginya? Sebelum itu simak tips berkunjung ke curug ini dulu ya. Pertama bawa kacamata, topi, sandal atau alas kaki yang nyaman. Kedua sediakan baju ganti karena pasti nanti baju yang dikenakan akan basah kena air. Ketiga jaga kebersihan dengan cara membuang sampah pada tempatnya.

REKOMENDASI DESTINASI