Curug Pangeran salah satu destinasi wisata alam yang menawan di Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. Air terjun setinggi 6 meter menghadirkan nuansa alam yang asri dan menyegarkan karena berada bagian di hulu mata air Gunung Salak.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Pasir Reungit, Gunung Sari, Kec. Pamijahan, Kota Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Terkenal sebagai kota hujan, Bogor memiliki udara yang sejuk dan menyegarkan. Tidak heran jika Bogor menjadi tempat yang nyaman untuk mengisi liburan. Belum lagi di sana ada banyak tempat wisata yang menarik, salah satunya adalah Curug Pangeran. Berikut adalah deretan informasi menarik tentang air terjun eksotis berjuluk Pangeran di Bogor yang perlu Anda ketahui!

Mitos Dibalik Keindahan Curug Pangeran

Mitos Curaug Pangeran
Image Credit: Instagram.com @abdurrohman_official

Kebanyakan tempat wisata di Indonesia, termasuk air terjun tidak lepas dari mitos. Bakhan Curug Pangeran di Bogor menjadi salah satunya. Berdasarkan cerita yang berkembang di tengah masyarakat, curug ini dulunya digunakan oleh pangeran dari kerajaan di Jawa Barat untuk berendam. Curug ini dipilih karena aliran airnya berasal dari sumber mata air suci.

Dengan dasar inilah curug tersebut dikenal dengan nama Pangeran. Hingga sekarang masih banyak masyarakat yang percaya dengan kisah ini. Alhasil, destinasi wisata ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Bahkan ada juga orang yang rela jauh jauh datang ke sana hanya untuk berendam di dalam airnya. Kabarnya, orang yang berendam di sana akan mendapat khasiat khusus.

Selain cerita itu, curug ini juga dikenal atas mitosnya yang berbau horror. Masyarakat yang tinggal di sekitar curug kerap kali mendengar suara gamelan saat malam hari, padahal tidak ada orang yang menggelar acara di sekitaran curug. Bukan hanya alat musik jawa, terkadang suara sinden yang menyanyi dengan suara melengking juga kerap mengiringinya.

Cerita tersebut membuat masyarakat sekain penasaran untuk datang ke sana. Para masyarakat percaya bahwa curug ini dihuni oleh para peri yang berasal dari dunia lain. Akan tetapi, saat ini mitos tersebut sudah dianggap biasa dan sekarang lokasi ini terus berkembang menjadi destinasi wisata yang mengasyikkan.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Pangeran

Daya Tarik Curug Pangeran
Image Credit: Google Maps (Ka Koy)

Tidak lengkap rasanya jika membahas destinasi wisata di Bogor namun tidak menyertakan ulasan tentang Curug Pangeran. Destinasi ini cukup populer terlebih dikalangan pecinta alam. Istilah curug sendiri berasal dari bahasa Sunda yang artinya air terjun. Sesuai dengan namanya, memang objek rekreasi ini terkenal atas keindahan air terjunnya.

Jika berkunjung ke sana, Anda akan langsung disambut dengan pemandangan yang sangat cantik dan mempesona. Letak air terjunnya yang ada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak tertutup oleh gerombolan pepohonan yang rimbun. Kondisi ini menyebabkan udara di sekitaran curug sangatlah sejuk untuk dihirup.

Curug ini masih sangat terjaga dengan baik, bahkan kualitas airnya sangat jernih. Aliran air yang ada di sana berasal dari mata air yang ada di Gunung Salak. Artinya, masih minim bahan pencemar karena tidak ada pemukiman yang berdiri di sekitarnya. Akan sangat disayangkan jika saat Anda datang ke Bogor tidak menyempatkan waktu untuk singgah ke sana.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Curug Pangeran

Alamat Curug Pangeran
Image Credit: Twitter.com @wisata_tanahair

Informasi selanjutnya yang tidak kalah penting untuk Anda ketahui adalah dimana lokasi Curug Pangeran serta bagaimana rutenya. Curug ini berada di Gunung Sari Kecamatan Pamijahan Kota Bogor. Anda bisa mencarinya dengan mudah karena sudah terdapat beberapa papan petunjuk jalan di sekitar lokasi.

Jika tidak, Anda juga bisa menggunakan google maps. Destinasi wisata ini sangatlah populer sehingga Anda dapat menemukannya di sana. Banyak juga warga sekitar yang bisa Anda tanyai karena mereka yang sudah lama tinggal di Gunung Sari pasti mengenal air terjun ini. Mereka juga sangat ramah dan bersedia memberi petunjuk dengan jelas.

Apabila Anda berasal dari ibu kota, Anda perlu mengarahkan kendaraan menuju Ciampea. Kemudian berbelok ke kiri menuju jalan Bojong Rangkas. Ikuti saja jalannya karena rute ini hanya akan membawa Anda ke lokasi curug. Sesampainya di Taman Nasional Gunung Halimun, Anda harus menyewa kendaraan untuk bisa melanjutkan perjalanan sampai curug.

Harga Tiket dan Jam Operasional Curug Pangeran

Harga Tiket Curug Pangeran
Image Credit: Google Maps (Ainul Ma)

Kebanyakan lokasi wisata alam yang ada di Indonesia memiliki harga tiket yang terjangkau. Kondisi semacam itu juga bisa Anda temukan di Curug Pangeran Bogor. Kabarnya, harga tiket masuk ke sana hanya sekitar 10 ribu rupiah per orangnya. Harga tersebut tergolong murah mengingat Bogor merupakan kawasan yang tidak jauh dari Ibu Kota.

Selain tiket masuk, Anda harus membayar biaya retribusi parkir. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir karena biayanya juga tidak kalah terjangkau. Pengguna sepeda motor hanya perlu membayar 2 ribu sedangkan mobil 10 ribu. Parkirannya juga luas sehingga Anda yang datang bersama dengan rombongan tidak perlu khawatir.

Lantas bagaimana dengan jam buka Curug Pangeran di Bogor? Hingga saat ini air terjun ini buka selama 24 jam. Artinya, Anda yang berasal dari luar kota tidak perlu khawatir dan dapat menyesuaikan waktu dengan lebih leluasa. Anda bisa datang kapan saja meskipun di malam hari. Namun waktu terbaik untuk berkunjung ke sana adalah di pagi hari.

Pastikan juga bahwa Anda sudah melihat ramalan cuaca di hari itu sebelum berangkat. Hal ini penting karena saat hujan Anda tidak bisa berenang dan tidak dapat menikmati keindahan curug dengan lebih leluasa. Belum lagi deretan pepohonan di sekitar curug rawan tumbang, sehingga pastikan Anda memilih waktu yang tepat.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Curug Pangeran

Aktivitas di Curug Pangeran
Image Credit: Google Maps (Curug Pangeran)

1. Camping di Sekitar Curug

Salah satu kegiatan yang banyak dilakukan di Curug Pangeran adalah camping. Banyak sekali muda mudi yang setiap akhir pekan menghabiskan waktunya di sana bersama dengan teman teman. Mereka mendirikan tenda di sekitar wilayah itu dan berkemah di bawah rindangnya pepohonan. Pemandangan bukit di sekitar curug juga membuat suasananya semakin memukau.

Pengalaman semacam ini juga tidak dapat ditemukan di sembarang tempat karena tidak di semua kawasan air terjun boleh dijadikan tempat untuk bermalam. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena pihak pengelola curug sudah menyediakan area camping ground yang aman sehingga Anda dapat menginap dengan nyaman.

Camping ground ini berjarak kurang lebih satu kilometer dari pusat air terjun. Dari sana suara aliran airnya juga masih terdengar. Pengunjung yang hendak berkemah di situ hanya perlu berjalan selama 5 menit saja. Anda juga tidak perlu membawa peralatan kemahnya sendiri karena di sana sudah ada tempat persewaan.

Meskipun begitu, jika Anda memiliki peralatannya, lebih baik bawa saja langsung dari rumah. Hal ini dilakukan karena harga sewa di sana lumayan mahal. Kabarnya alat alat tersebut disewakan dengan harga mulai dari 1,2 juta rupiah. Biaya tersebut tidak termasuk makanan dan minuman yang diperlukan untuk bermalam.

2. Berenang Menikmati Kesegaran Curug

Kegiatan kedua yang juga dapat dilakukan di Curug Pangeran adalah berenang. Anda dapat menikmati air curug dengan leluasa. Kesegaran airnya akan membuat tubuh terasa bugar. Rasa lelah dan penat juga akan hilang seperti terbawa aliran airnya menuju sungai. Kedalaman curug ini juga beragam, namun yang persis di bawah air jatuh mencapai 4 meter.

Bagi pengunjung yang belum terbiasa, ada baiknya untuk berenang di tepian saja. Anda juga tidak perlu khawatir karena di sekitar air terjun sudah terpasang tanda bahaya di lokasi yang tidak boleh pengunjung datangi. Anda perlu memperhatikan hal tersebut agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Lebih baik tetap mematuhi aturan untuk menjaga keselamatan.

Aktivitas Curug Pangeran
Image Credit: Google Maps (An Nawaan)

3. Trekking Sembari Melihat Pemandangan

Area yang disediakan untuk kegiatan trekking berada sebelum lokasi curug. Pengunjung yang ingin mencoba kegiatan menantang ini bisa mencobanya di pagi atau sore hari. Anda akan merasakan udara yang sejuk jika berangkat di waktu waktu tersebut. Pepohonan yang berdiri kokoh di sekitar hutan akan membuat perjalan semakin menantang.

Sembari berjalan menyusuri jalan yang penuh semak, Anda juga bisa mendengar kicauan burung yang merdu. Kawasan ini masih sangat terjaga dengan baik sehingga menjadi habitat bagi berbagai spesies burung. Anda hanya perlu waktu 10 menit hingga akhirnya sampai di lokasi curug. Begitu sampai, akan terasa nikmat jika Anda merendam kaki di aliran airnya yang sejuk.

Akan tetapi, bagi Anda yang masih ingin menikmati pemandangan, bisa juga mengambil jalur melingkar dengan mengitari bukit. Untuk melakukannya, Anda memerlukan lebih banyak stamina karena perjalannya lebih sulit dibandingkan jalur yang satunya. Medannya cukup menguras tenaga sehingga pastikan terlebih dahulu bahwa kondisi fisik Anda kuat sebelum melaluinya.

4. Uji Nyali Terjun dari Tebing

Di sisi kiri dan kana air terjun Pangeran adalah tebing yang curam. Anda bisa menggunakan bentangan alam ini untuk memacu adrenalin, salah satunya dengan terjun dari atas sana. Air yang sejuk dan segar siap menyambut Anda di bawah. Pastikan bahwa spot yang Anda pilih aman dan tidak terdapat batuan terjal di sekitarnya. Jika sudah yakin barulah Anda bisa melompat.

Meskipun termasuk kegiatan yang sederhana, aktivitas ini cukup menyenangkan. Sensasinya yang mendebarkan akan membuat pikiran Anda yang suntuk menjadi teralihkan. Perlu diingat bahwa kegiatan ini hanya boleh dicoba oleh orang orang yang yakin. Apabila Anda ragu, lebih baik urungkan saja niat tersebut karena ditakutkan malah akan berbahaya.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Pangeran Bogor

Fasilitas di Curug Pangeran
Image Credit: Twitter.com @dira_diooo

Kawasan wisata Curug Pangeran sudah memiliki berbagai fasilitas yang menunjang kebutuhan pariwisata. Di sana, Anda bisa menemukan banyak toilet yang kondisinya bersih. Untuk masuk ke dalamnya, Anda perlu membayar uang sebesar 2 ribu rupiah. Kemudian bagi pengunjung yang sedang mencari makan, bisa memanfaatkan deretan warung yang ada di sana.

Harga yang ditawarkan oleh pedagang makanan dan minuman itu cukup terjangkau. Biasanya pengunjung lebih sering membeli camilan untuk menemani waktu santainya. Jenis makanan ringan yang dijual juga sangatlah banyak sehingga Anda dapat membeli berbagai merek dan rasa. Jangan lupa untuk bertanya terlebih dahulu berapa harganya sebelum membeli.

Selain toilet dan warung, di sekitaran Curug Pangeran juga ada banyak gazebo. Akan tetapi, kondisi bangunan kecil ini kurang terawat. Banyak lumut yang tumbuh di setiap sudutnya. Hal ini terjadi karena kawasan wisata alam ini yang lembab, terlebih saat pagi dan malam hari. Meskipun kondisi begitu, tempat ini masih bisa Anda jadikan tempat untuk beristirahat.

Demikianlah penjelasan tentang keindahan destinasi wisata hits di Bogor yang bernama Curug Pangeran. Sempatkan waktu Anda untuk datang ke sana, terlebih saat liburan panjang tiba. Siapkan juga perbekalan yang cukup serta kondisi fisik yang kuat agar selama perjalanan, Anda tidak merasa sakit dan kelelahan.