Harga Tiket: Rp 13.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Citamiang, Kec. Mega Mendung, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Jalan-jalan ke kota Bogor memang terasa menyenangkan. Tempat wisata yang ada pun semakin bertambah karena banyak orang atau wisatawan yang sering mengunjungi kota Bogor untuk refreshing dan sekedar jalan-jalan. Wisata kota Bogor dapat anda kunjungi bersama teman-teman serta keluarga anda. Terutama untuk anda yang memiliki domisili di sekitar kota Bogor.

Suasana kota Bogor yang asri dan sejuk selalu menjadi daya tarik para wisatawan yang datang kesana. Salah satu wisata yang paling banyak di kota Bogor adalah curug atau air terjun. Ada banyak wisata curug yang dapat anda kunjungi di kota Bogor. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang tempat wisata air Curug Panjang yang ada di Bogor. Saat berkunjung ke air terjun ini, anda dapat melakukan beberapa aktivitas air dan aktivitas yang lainnya seperti camping dan foto-foto.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Panjang

Daya Tarik Curug Panjang
Image Credit: Instagram Puncak Camp

Keindahan air terjun tentunya tidak dapat diragukan lagi. Begitu juga dengan Curug Panjang. Air dari curug ini mengalir memanjang dan turun ke bebatuan-bebatuan membentuk kolam. Air yang berada di bagian tengah berwarna hijau yang cantik dan air yan berada di tepian bening dan jernih dapat memanjakan mata sekaligus pikiran anda, tempat wisata paling populer di Bogor ini masih merupakan pilihan yang terbaik untuk anda yang sekedar hanya ingin menenangkan hati dan menikmati pemandangan alam yang indah nan unik.

Berbeda dengan air terjun yang lainnya, curug yang populer ini memiliki bentuk dan suasana yang unik, dikarenakan oleh curug yang unik ini memiliki bentuk lerengan tidak vertical seperti kebanyakan curug-curug lain. Lerengan tersebut memiliki panjang lebih dari 20 meter. Dengan adanya lerengan tersebut dan debit air yang sangat deras menjadikan curug yang banyak dibicarakan orang ini menjadi salah satu tempat wisata yang paling banyak diminati oleh banyak orang baik didalam kota maupun dari luar kota.

Oleh karena lerengannya yang memanjang hinggal lebih dari 20 meter panjangnya, sehingga tidak heran mengapa tempat wisata paling ngehits ini dinamai sebagai curug panjang. Disamping tempatnya yang stategis dan pemandangannya yang indah, curug paling indah di Bogor ini memliki ciri khas dan kesan tersendiri bagi siapapun yang dating kesana.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Alamat Curug Panjang
Image Credit: Instagram inai_nuamoorea

Air terjun ini terletak di Jl. Curug Panjang, Desa Citamiang, Kecamatan Megamendung, Bogor Provinsi Jabar 16770. Bila anda berangkat dari lokasi di sekitar kota Bogor, anda dapat mengambil jalur ke arah Kabupaten Bogor. Waktu yang harus anda tempuh untuk menuju ke lokasi curug adalah sekitar 1,5 jam.

Kemudian ambil rute tujuan Mega Mendung, lalu anda akan menemukan jalan yang sempit dan berbatu. Setelah itu anda akan sampai di gapura selamat datang di tempat wisata Curug Panjang. Bila anda mengalami kesulitan dalam menuju ke lokasi curug, anda dapat bertanya pada orang-orang di sekitar dan menggunakan aplikasi google maps untuk membantu anda.

Untuk tiket masuk, bisa dibilang murah yaitu Rp 13.000,- untuk wisatawan lokal, dan Rp 50.000, – untuk wisatawan dari mancanegara. Tempat wisata Curug Panjang ini buka setiap hari selama 24 jam, sehingga anda bisa mengajak teman-teman atau keluarga anda kapan saja anda mau.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Panjang

Kegiatan Menarik Curug Panjang
Image Credit: Instagram iqbal ibenk

Tentunya ada beberapa aktivitas seru dan menyenangkan yang bisa anda lakukan jika mengunjungi wisata alam Curug Panjang ini. Apa sajakah kegiatan menarik tersebut?

1. Keseruan Bermain Air

Tak lengkap rasanya jika tidak bermain air bila mengunjungi wisata air terjun atau curug. Anda dapat bermain air di bagian pinggiran atau tepi air terjun, maupun di bagian tengah atau bagian yang memiliki air lebih dalam. Jangan lupa untuk memperhatikan petunjuk atau larangan yang ada sehingga anda tetap dapat bermain air dengan aman. Karena untuk bagian air yang lebih dalam dapat mencapai 7 meter.

Agar lebih aman, anda dapat menyewa jaket pelampung yang sudah disediakan oleh pihak tempat wisata ini. Lalu jika anda mengunjungi Curug Panjang ini secara mendadak atau tanpa rencana, anda tentunya tidak membawa baju atau celana ganti. Tenang saja, anda dapat meminjam pakaian yang juga sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Anda juga bisa berenang, atau sekedar merendam kaki di air terjun yang jernih ini. Bermain air yang dingin dan ditemani hawa sejuk daerah pegunungan dapat menghilangkan rasa penat yang anda alami setelah bekerja selama seminggu.

2. Berkemah

Bagi anda yang ingin mencoba kegiatan berkemah atau camping, bisa dilakukan di sekitar air terjun ini. Ada area di hutan pinus yang disediakan untuk kegiatan camping. Menghabiskan malam di area yang sejuk dan asri dengan berkemah dapat memberikan pengalaman berbeda untuk anda.

Kegiatan Menarik di Curug Panjang
Image Credit: Instagram J M

3. Berburu Foto Keren

Kapan lagi anda bisa berpose untuk foto di air terjun yang menawan? Jangan lewatkan kesempatan untuk menjepret foto di spot-spot indah yang ada di sekitar Curug Panjang. Pastikan anda memiliki kenang-kenangan yang bagus saat berada di tempat ini.

4. Berenang

Berenang di kolam air terjun merupakan pilihan yang sangat baik, dikarenakan oleh bentuk dan suasananya yang indah, berenang disini pun menjadi lebih sejuk dan menyegarkan, disamping airnya yang deras mengalir dari atas sampai kebawah anginnya pun sangat dingin sehingga menyejukkan siapapun yang berenang.

5. Bersantai

Memanjakan diri dengan cara bersantai sejenak di tempat wisata yang paling digemari ini merupakan salah satu dari ribuan manfaat yang seolah-olah alam sediakan untuk kita nikmati, tanpa rasa ragu lagi bersantai sejenak dengan melupakan segala kepenatan dari rutinitas harian yang sangat padat merupakan cara terbaik demi mendapatkan kembali semangat dan niat diesok hari saat ingin kembali beraktifitas.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Air Terjun

Fasilitas Curug Panjang
Image Credit: Instagram si Bek

Sebagai tempat wisata, merupakan hal yang penting untuk memiliki fasilitas-fasilitas dasar yang mendukung kebutuhan pengunjung agar lebih nyaman. Berikut fasilitas yang tersedia di sekitar Curug Panjang.

  • Tempat parkir
  • Toilet dan kamar mandi umum
  • Warung yang menjual makanan dan minuman
  • Camping ground / area berkemah
  • Penyewaan pakaian renang dan pelampung
  • Rumah makan yang menyediakan berbagai makanan khas

Berwisata ke kota Bogor yang ada di tempat wisata yang paling indah ini tentunya belum lengkap jika tidak mencicipi makanan khas dari kota hujan ini. Lalu apa saja makanan yang wajib dicoba?

  1. Soto Mie Bogor – Hidangan soto khas Bogor ini memang nikmat dan sulit untuk dilewatkan. Soto Mie Bogor ini dihidangkan dengan irisan daging sapi, risol, jeroan dan diberi mie kuning atau bihun lalu disiram dengan kuah bening.
  2. Asinan Bogor – Makanan yang satu ini juga sayang untuk dilewatkan. Asinan yang berisikan buah atau sayur maupun campuran keduanya memang segar dan enak untuk dinikmati.
  3. Pepes Sagu – Pepes yang ini bukan terbuat dari ikan maupun tahu. Melainkan terbuat dari sagu. Variasi rasa yang ditawarkan pun banyak, mulai dari pepes sagu coklat, pepes sagu pisang, pepes sagu coklat pisang sampai pepes sagu nangka. Selain pepes sagu manis, anda juga bisa mencoba pepes usus, pepes jamur dan lain-lain.
  4. Doclang – Makanan ini disajikan dengan lontong, irisan tahu goreng, telur rebus dan kentang lalu disiram dengan bumbu kental kacang. Ditambahkan kerupuk dan bawang goreng menu makanan satu ini cocok untuk anda cicipi. Doclang merupakan singkatan dari kental atau ledok dan kacang.

 

  1. Cungkring – Jika anda adalah penyuka kikil, anda pasti menyukai makanan yang satu ini. Cungkring merupakan singkatan dari cungur kaki dengan garingan yang biasa disebut goreng cungur. Hidangan cungkring ini berisikan kikil, urat kaki sapi, dan cungur yang sudah direbus. Lalu ditambahkan lontong dan peyek tempe dan disirami bumbu kacang.

Tips Berkunjung ke Curug Panjang

Tips Berkunjung ke Curug Panjang
Image Credit: Instagram Lensa Travelling Indonesia

Bagi anda yang sedang berencana untuk pergi liburan atau melakukan perjalanan wisata, ada tips-tips yang mungkin bisa membantu anda.

  • Tentukan terlebih dahulu tempat-tempat wisata mana saja yang ingin anda kunjungi.
  • Pastikan rute tempat-tempat tersebut tidak jauh sekali antara tempat yang satu dengan tempat yang lainnya.
  • Kelompokkan tempat-tempat wisata yang berdekatan untuk dikunjungi dalam 1 atau 2 hari agar lebih efektif.
  • Untuk tempat wisata yang jauh coba untuk mengunjunginya di hari pertama atau terakhir liburan.
  • Pastikan anda paham dengan rute tempat-tempat wisata tersebut.
  • Sesuaikan pakaian dengan kota atau tempat yang anda tuju, pilihlah pakaian yang nyaman dikenakan karena biasanya waktu perjalanan cukup lama.
  • Tidak ada salahnya untuk membawa pakaian lebih atau ekstra untuk berjaga-jaga. Siapa tahu anda mendadak memutuskan untuk menambah hari liburan anda.
  • Siapkan baju ganti jika anda ingin berenang.
  • Bawa sepatu atau sandal untuk dipakai bergantian sesuai dengan kebutuhan.
  • Bawa beberapa bekal seperti roti, kue, bolu atau snack. Juga beberapa botol minuman. Hal ini dapat mengatasi rasa lapar dan haus yang melanda anda saat perjalanan berlangsung.
  • Siapkan uang tunai dan non tunai. Karena tentu saja tidak semua tempat menerima pembayaran uang tunai. Dan juga penting untuk membawa kartu debit ands untuk berjaga-jaga jika uang tunai anda kurang.
  • Membawa P3K kecil yang berisi obat-obat dasar seperti obat sakit kepala, obat sakit perut, obat masuk angin, plester luka dan lain sebagainya. Tips yang ini cukup penting dilakukan, daripada anda tiba-tiba merasa kurang enak badan lalu harus repot mencari apotik.
  • Apabila anda ingin menginap, carilah tempat penginapan yang mempunyai rating bagus. Karena jika sudah memiliki rating bagus, pastinya tempat penginapan tersebut layak pakai dan recommended.
  • Bawa kaca mata hitam atau topi agar anda terlindung dari sengatan panas sinar matahari
  • Lalu cek kondisi kendaraan anda yang akan dipakai untuk melakukan perjalanan wisata. Anda tentunya tidak mau kendaraan anda mogok atau rusak di tengah perjalanan.
  • Pastikan bahan bakar anda terisi, karena belum tentu anda akan menemukan pom bensin dalam jarak dekat jika bahan bakar kendaraan anda habis.
  • Dan yang tidak kalah penting, jaga kesehatan tubuh anda agar dapat menikmati liburan dengan puas.

Itulah beberapa hal menarik seputar destinasi alam yang menawan di Bogor, yaitu Curug Panjang. Beragam aktivitas yang dapat dilakukan tentu akan menjadikan akhir pekan Anda semakin menyenangkan.