8 Curug (Air Terjun) di Purwakarta yang Lagi Hits Dikunjungi

Curug Purwakarta

Inilah Rekomendasi Wisata Air Terjun Curug Terbaik di Purwakarta, Jawa Barat. Objek Wisata Alam yang Indah, Eksotis & Paling Hits yang Patut Anda Kunjungi Saat Liburan.

Purwakarta dulunya mendapat julukan kota Pensiun. Hal ini dikarenakan di kota ini begitu tenang dan jauh dari kemacetan kota. Namun wajah tenang ini saat ini perlahan mulai berubah karena Purwakarta kini menjadi kota pariwisata. Kota ini memang memiliki pesona tersembunyi di balik pegunungan serta sungainya.

Untuk Anda yang ingin menjelajah kota ini, Anda bisa mengunjungi air terjun atau curug di Purwakarta yang sangat cocok untuk tempat liburan berikut.

1. Curug Putri

Curug Putri

Image Credit: Duniatravel.co.id

Curug satu ini lokasinya berdekatan dengan Curug Cijalu bahkan masih berada di kawasan yang sama. Keindahan curug putri yang paling dikenal adalah adanya batu hitam yang berbentuk seperti pondasi bagi air yang mengalir. Susunan batuan hitam ini memang begitu menarik perhatian karena keindahan yang dimilikinya. Suasana yang ada di curug ini juga begitu asri, sehingga akan membuat Anda betah berlama lama di curug ini.

Dahulunya di lokasi curug ini ada satu air terjun lagi yang dikenal masyarakat sebagai curug kembar. Namun salah satu curug mengalami penurunan debit air, sehingga hanya tinggal satu curug ini saja. Ketinggian curug putri mencapai 35 m dengan tebing batu di setiap sisinya. Bebatuan yang terbentuk pada tebing ini juga terbentuk secara alami. Ditambah udaranya yang sejuk dengan air yang jernih membuat curug ini wajib untuk Anda kunjungi.

Lokasi: Dukuh Padanama, Mendala, Kec. Sirampog, Kab. Brebes.

2. Curug Ponggang

Curug Ponggang

Image Credit: Beepdo.com

Mengunjungi curug satu ini akan membuat Anda terpesona dengan keindahnnya. Berbagai pepohonan yang berjejer seakan akan membentuk benteng alam. Tebing tebing kokoh semakin menambah daftar dari Curug Ponggang satu ini. Mungkin Anda yang pernah mendengar taman Eden, maka gambaran itulah yang akan Anda lihat di curug ini. Alirannya yang terkadang deras ini didapatkan dari Sungai Cimalaya yang memang sebagai hulunya.

BACA JUGA:  Mengintip Keindahan Pantai Glayem di Indramayu yang Memukau

Bukan hanya keindahannya, air terjun ini juga dikenal memiliki air yang sedingin es. Curug satu ini namanya juga semakin terkenal dengan hadirnya foto fotonya di media sosial. Untuk itu ketika Anda menginjakkan kaki di curug Ponggang, Anda tidak akan pernah kecewa. Udaranya yang sejuk juga akan membuat Anda enggan untuk pulang. Begitu juga dengan alam sekitarnya yang masih terjaga keasriannya, yang sangat cocok untuk melepas penat.

Lokasi: Sukajaya, Kec. Kiarapedes, Kab. Purwakarta.

3. Curug Cijalu

Curug Cijalu

Image Credit: Aroengbinang.com

Curug Cijalu merupakan curug yang masih satu kawasan dengan Curug Putri. Air terjun ini dikenal sebagai air terjun dengan tebing tebing yang mengelilinginya. Membuat Anda akan terpesona bahkan kehilangan kata kata ketika mengunjunginya. Dari namanya Cijalu berarti adalah laki laki perjaka atau bisa disebut sebagai air terjun jantan. Memang sangat cocok untuk mendampingi air terjun putri yang lokasinya berdekatan.

Air terjun satu ini memiliki alam yang masih terjaga keasriannya. Pepohonannya yang rimbun akan mengingatkan Anda dengan film film Dinasaurus. Tidak hanya menawarkan pemandangan air terjun yang menawan, Anda juga bisa melakukan banyak kegiatan. Seperti bermain air di bawah air terjun, rock climbing hingga berkemah. Mengingat berada di ketinggian 1030 mdpl maka Anda bisa melihat pemandangan cantik lengkap dengan udara yang sejuk.

Lokasi: Pusakamulya, Kec. Kiarapedes, Kab. Purwakarta.

4. Curug Cipurut

Curug Cipurut

Image Credit: Detik.com

Banyak yang mengatakan jika curug satu ini masih menjadi curug tercantik dan yang paling indah. Tak heran jika pengunjung curug ini tidak pernah sepi dan datang dari berbagai daerah untuk melihat kemolekannya. Mengunjungi curug satu ini tidak akan membuat Anda menyesal, bahkan akan kembali lagi jika sedang di Purwakarta. Curug Cipurut memiliki ketinggian sekitar 25 meter dengan air jernih yang terlihat begitu menyegarkan.

BACA JUGA:  9 Wisata Museum di Bogor yang Patut Anda Kunjungi

Ditambah dengan hijaunya pepohonan membuat curug ini semakin cantik. Di Curug Cipurut Anda akan menemukan hutan pinus yang juga bisa dijadikan sebagai spot untuk foto. Anda juga tidak boleh melewatkan mengambil gambar dengan curug sebagai latar belakangnya. Anda juga bisa menjajal perosotan alam yang terbuat dari bebatuan andesit. Kolam air terjun ini memang sering dijadikan waterbom alami yang tetap harus berhati hati ketika berenang.

Lokasi: Babakan, Kec. Wanayasa, Kab. Purwakarta.

5. Curug Cilamaya

Curug Cilamaya

Image Credit: Jejakpiknik.com

Jika Anda ingin menikmati curug indah lengkap dengan hutan pinusnya, maka Curug Cimalaya bisa menjadi pilihan. Terletak di kaki Gunung Burangrang membuat keindahan yang dimilikinya benar benar tidak bisa diragukan. Anda juga akan merasakan udara yang segar dengan infastruktur yang sudah memadai. Mengunjungi air terjun ini juga akan sangat mudah karena tersedia petunjuk dengan jalanan mulus yang bisa dilalui.

Lokasi: Pusakamulya, Kec. Kiarapedes, Kab. Purwakarta.

6. Curug Ciseoh

Curug Ciseoh

Image Credit: Ramabergawa.blogspot.com

Curug Ciseoh sangat cocok untuk Anda yang memiliki hobi menjelajah. Curug satu ini masih terbilang baru dan berada di kawasan Gunung Buranrang. Namun sudah bisa dipastikan jika keindahannya tidak akan membuat Anda menyesal. Karena belum banyak yang mengetahuinya, Anda juga akan mendapatkan alam yang masih terjaga dan asri. Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhkan dengan pepohonan rindang yang membuat udaranya segar.

Memang untuk mencapai curug ini, Anda harus menempuh 1 km dengan berjalan kaki. Jalanan untuk menuju air terjun juga terbilang menantang, Anda harus tetap fokus ketika melangkahkan kaki karena medannya yang licin. Curug Ciseoh yang masih berada di dalam hutan lebat ini tentunya masih minum fasilitasnya. Sehingga alangkah baiknya Anda membawa bekal, akan sulit menemukan penjual makanan di air terjun cantik ini.

BACA JUGA:  Curug Citambur, Wisata Air Dengan Pemandangan Eksotis di Cianjur

Lokasi: Cihanjawar, Kec. Bojong, Kab. Purwakarta.

7. Curug Tilu

Curug Tilu

Image Credit: Nativeindonesia.com

Curug satu ini juga tidak terkenal dengan yang lainnya. Air terjun yang berbentuk undakan dengan tiga tingkatkan ini akan menawarkan keindahan yang tidak bisa dilewatkan. Anda akan disuguhkan air terjun dibalik tebing kokoh dengan alam yang begitu megah. Selain bisa menikmati air terjun dengan hutan bambu, Anda juga bisa menikmati pengelolaan ikan dan perkebunan. Jika pergi ke Purwakarta rasanya sayang untuk melewatkan curug satu ini.

Lokasi: Ciririp, Kec. Sukasari, Kab. Purwakarta.

8. Curug Suhada

Curug Suhada

Image Credit: Lalaysf.com

Curug satu ini bisa dikatakan sebagai curug paling besar di Kota Purwakarta. Anda akan menemukan kawasan yang masih terjaga keasriannya. Ketinggian yang dimiliki curug ini sekitar 7 meter. Di sekitarnya terdapat curugan yang melewati bebatuan yang menawan. Pemandangan yang menawan ini pastinya akan membuat semua penat Anda menguap begitu saja. Ditambah udaranya yang sejuk akan membuat Anda enggan untuk pulang.

Ketika musim penghujan, debit air curug ini akan sangat deras dan akan menurun ketika musim kemarau. Selain bisa menikmati pemandangan air terjunnya yang mengagumkan, Anda juga bisa berkemah di kawasan ini. Bahkan tak jarak banyak wisatawan yang tertarik untuk melakukan kegiatan adventure di aliran Curug Suhada. Mengunjungi curug paling besar ini dijamin tidak akan membuat Anda menyesal.

Lokasi: Sindanglaya, Kec. Sukatani, Kab. Purwakarta.

Keindahan alam yang ada di Purwakarta rasanya semakin lengkap dengan hadirnya beberapa curug tersebut. Memang sebagian lokasi curug membutuhkan perjuangan untuk bisa menikmati keindahannya. Namun semua lelah tersebut pasti akan terbayar lunas dengan keindahan yang dimilikinya. Untuk menjaga kekayaan alam ini, wajib bagi Anda untuk ikut menjaganya dengan tidak membuang sampah sembarangan.