Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Bekerja, kuliah, sekolah, dan kegiatan lainnya kerap kali membuat kita penat akan rutinitas yang setiap harinya kita lakukan. Kondisi ini dapat menjadi pemicu utama dari stres yang kemudian berbuntut panjang terhadap memburuknya kesehatan fisik. Hal ini tentu bisa dicegah dengan berbagai cara, salah satunya dengan berekreasi di luar rumah.

Provinsi Jawa Barat sering menjadi sasaran utama bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berekreasi. Kontur wilayah dan kondisi masyarakatnya yang beraneka ragam membuat jumlah destinasi wisata yang ditawarkan pun seakan tidak ada habisnya. Wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner, dan lain sebagainya menjadi daya tarik yang kuat bagi kepariwisataan Jawa Barat.

Berbicara tentang pariwisata Jawa Barat, mayoritas orang akan langsung tertuju pada Kota Bandung, ibukota dari Jawa Barat. Padahal pada kenyataannya, potensi pariwisata provinsi ini tersebar di berbagai wilayahnya, tidak terkecuali Bogor. Wilayah yang memiliki julukan “Kota Hujan” ini memiliki segudang pesona yang sayang untuk dilewatkan, salah satunya Curug Putri Kencana. Untuk mengetahui lebih luas mengenai destinasi wisata yang popular ini, mari simak ulasan berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Putri Kencana

Daya Tarik Curug Putri Kencana
Image Credit: Instagram Anita Priscilla Ray White

Wisata alam yang populer ini dinamai “Curug Putri Kencana” bukan tanpa alasan. Kata “Curug” berasal dari Bahasa Sunda yang berarti air terjun. Penamaan “Putri Kencana” sendiri dipilih sebab banyak masyarakat yang menganggap bahwa di tempat tersebut terdapat seorang perempuan yang berbusana layaknya seorang putri bangsawan. Namun hal tersebut bukanlah menjadi suatu penghalang bagi anda yang tertarik dengan wisata air disini.

1. Udaranya yang Segar

Rimbunnya pepohonan di kawasan air terjun ini menghasilkan udara yang segar nan menenangkan, Lokasinya yang jauh dari hiruk-pikuk perkotaan pun menjadi faktor pendukung dari kesegaran udara ini.

2. Rangkaian Air Terjun dan Lubuk Sungai

Kawasan Curug Putri Kencana mempunyai ragam Curug dan Leuwi (sebutan untuk lubuk sungai dalam Bahasa Sunda) yang menarik untuk dijelajahi. Berikut merupakan daftar Curug dan Leuwi yang ada di kawasan tempat wisata yang menarik ini, yaitu:

  • Curug Putri Kencana

Menjadi air terjun utama yang menarik untuk dijelajahi. Curug tersebut mempunyai ketinggian sekitar 7 meter ini dan terletak diantara tebing batu yang berukuran cukup tinggi. Air yang dialirkan pun sangat jernih dan bersih yang kemudian membentuk sebuah kolam berwarna hijau toska berkedalaman 4 sampai 6 meter. Aliran air tersebut juga mengarah ke sungai yang berada di sekitarnya dengan kedalamannya hanya sebatas kaki saja.

  • Curug Love

Curug ini dinamai Curug Love karena penampakannya yang menyerupai bentuk hati. Hal ini disebabkan oleh airnya yang terpecah oleh sebuah batu yang berada di bagian tengah aliran air tersebut. Air terjun ini bersih dan sangat jernih sehingga banyak orang yang tertarik untuk bermain di dalamnya.

  • Leuwi Pariuk

Leuwi atau lubuk ini berupa sungai kecil yang tidak terlalu dalam. Disini terdapat air terjun yang tidak terlalu tinggi sehingga arus air yang dihasilkan pun tidak deras. Hal tersebut membuat tempat ini cocok untuk dikunjungi anak-anak dan untuk anda yang ingin sekadar bermain air atau berendam di airnya yang segar.

  • Leuwi Baliung

Leuwi ini berada di lokasi yang lebih jauh dibanding curug dan leuwi lainnya. Maka dari itu, banyak orang yang belum menjamah lokasi ini sehingga kondisinya lebih jernih dibanding tempat lain yang ada di kawasan Curug Putri Kencana. Kendati terdapat air terjun yang tidak terlalu tinggi, leuwi ini mempunyai aliran air yang cukup deras juga menyegarkan.

  • Leuwi Demang

Leuwi Demang memiliki air terjun kecil yang membentuk sungai yang luas, Ukuran kedalamannya dimulai dari setinggi betis orang dewasa. Tempat ini menjadi spot yang cocok bagi anda yang ingin berenang atau sekadar bermain di pinggiran sungai.

3. Tempat yang Cocok Menenangkan Diri

Hembusan angin yang segar dan aliran air yang tenang membuat tempat ini cocok untuk anda yang ingin menenangkan diri. Pikiran yang tenang dapat menjadi pondasi dalam membangun stamina baru bagi anda yang memiliki kepenatan akibat rutinitas yang berjalan setiap hari.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Lokasi Curug Putri Kencana
Image Credit: Google Maps ABDUL MUKLIS

Curug Putri Kencana berada di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai rute yang harus anda tempuh ke lokasi wisata alam ini, anda dapat mencarinya lewat fitur peta daring seperti google maps yang ada di dalam gadget anda. Namun, untuk mengetahui rute yang akan diambil secara garis besar, di bawah ini merupakan gambaran yang bisa anda dapatkan untuk mengunjungi lokasi air terjun.

Dari Jakarta, arahkan kendaraan anda ke Kota Bogor melalui Tol Jagorawi. Setelah keluar di gerbang Tol Sentul City, beloklah ke kiri untuk memasuki jalan utama menuju The Jungle Land. Sebelum sampai di pintu gerbang tempat wisata tersebut, silakan belok kanan melalui jalan perkampungan. Jika tiba di pertigaan, belok kiri dan ikuti jalan hingga bertemu papan petunjuk Curug Putri Kencana.

Dari Bojong Gede, arahkan kendaraan anda menuju Kantor Pemda Cibinong dan belok kanan setibanya di pertigaan lampu merah depan Cibinong City Mall. Ikuti jalan yang mengarah ke sirkuit Sentul dan beloklah ke arah kanan menuju Babakan Madang. Ketika sudah memasuki area Sentul City, belok kiri ke arah polsek dan ikuti jalan hingga bertemu pertigaan menuju Gunung Pancar. Kemudian anda dapat belok ke arah kanan sampai pertigaan, lalu arahkan kendaraan sampai terdapat papan bertuliskan nama lokasi.

Untuk menjangkau air terjun dan lubuk yang ada di kawasan wisata alam terbaik ini, terdapat rute yang harus anda jalani tanpa menggunakan kendaraan. Perjalanan ini memakan waktu tempuh kurang lebih 30 sampai 60 menit dari area parkir. Namun, anda tidak perlu merasa khawatir karena selama perjalanan anda akan disajikan dengan pemandangan yang menarik dan menyenangkan.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk Curug Putri Kecana
Image Credit: Google Maps arif budiman

Untuk memasuki tempat wisata yang masih terjaga keasriannya ini, anda perlu menyediakan sejumlah uang yang terhitung masih cukup terjangkau. Biaya masuk yang diperlukan adalah sebesar 15 ribu Rupiah per orangnya. Selain biaya masuk, anda perlu menyediakan uang untuk retribusi parkir sebesar 5 ribu Rupiah untuk kendaraan roda dua dan 10 ribu Rupiah untuk kendaraan roda empat.

Air terjun Putri Kencana beroperasi setiap hari sehingga anda bebas untuk memilih waktu yang tepat untuk berkunjung kesini. Untuk jam operasionalnya sendiri, kawasan air terjun ini mulai dibuka pada pukul 7 pagi dan ditutup pada pukul 6 sore. Namun, perlu digaris bawahi bahwa informasi mengenai biaya dan waktu operasional dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada kebijakan pengelola.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Putri Kencana

Kegiatan Menarik Curug Putri Kencana
Image Credit: Instagram Pesona Alam Sentul Hiking

1. Berenang

Berenang seakan menjadi santapan wajib bagi kita yang mengunjungi kawasan wisata air. Airnya yang jernih dan menyegarkan membuat pengalaman berenang anda menjadi lebih menyenangkan. Selain itu, ada banyak tempat yang bisa anda jadikan sebagai spot berenang.

2. Cliff dan Waterfall Jumping

Aktivitas lain yang dapat anda lakukan adalah melompat dari ketinggian menuju permukaan air. Terdapat dua pilihan spot yang dapat anda pilih sebagai titik awal lompatan, yakni melompat dari atas bebatuan atau melompat dai atas jembatan yang membentang di area tersebut. Tinggi spot lompatan itu sendiri bisa mencapai ketinggian 10 meter. Jika anda suka kegiatan yang berbau ekstrim, anda dapat mencoba lompatan ini dengan catatan harus senantiasa berhati-hati dalam memilih batuan yang tepat.

3. Tracking dan Hiking

Aktivitas ini mengajak anda untuk mengeksplorasi kawasan Curug Putri Kencana dengan cara menyusuri area sungai dan hutan yang mampu membuat anda takjub. Kegiatan ini dilakukan secara berkelompok yang minimal terdiri dari 12 orang. Dalam penjelajahan ini, kelompok tersebut akan ditemani oleh pemandu wisata yang sudah paham benar dengan lokasi sehingga potensi tersesat pun sangatlah minim.

Kegiatan Menarik di Curug Putri Kencana
Image Credit: Twitter Rendika Iswandi

4. Body Rafting

Kegiatan ini akan membawa anda untuk menelusuri aliran sungai dengan cara yang tidak biasa, yakni menggunakan ban karet. Selama penyusuran, anda akan menikmati indahnya pemandangan sembari bergerak di atas permukaan air yang menyegarkan. Kegiatan ini sudah dilengkapi peralatan keamanan dengan standar internasional sehingga anda dapat terlindungi dengan baik.

5. Outbound dan Gathering

Tempat ini cocok bagi anda yang ingin melakukan outbound dan gathering entah itu dengan keluarga, teman, rekan perusahaan, dan sebagainya. Tempatnya yang sejuk membuat kegiatan ini berjalan dengan lebih nyaman. Rangkaian kegiatan ini akan dipandu oleh orang yang berpengalaman sehingga kegiatan pun dapat berjalan dengan lancar dan memberikan pengalaman baru juga mempererat hubungan antar pesertanya.

6. Camping

Dalam aktivitas ini, pemandu akan mengajak para peserta untuk menjelajahi area perkemahan yang indah. Anda akan dibawa untuk melintasi bukit, sawah, dan hutan pinus yang menenangkan mata. Anda hanya perlu mengeluarkan dana sebesar 25 ribu Rupiah untuk melakukan aktivitas ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Curug Putri Kencana
Image Credit: Google Maps Khuya Bhulle

Curug Putri Kencana memiliki berbagai fasilitas yang dapat menunjang kegiatan rekreasi anda di tempat ini, seperti area parkir yang luas, toilet yang bersih, Mushola yang nyaman, tempat penjualan makanan yang variatif, dan lainnya. Selain itu, terdapat saung atau gazebo yang dapat anda gunakan untuk beristirahat sembari menikmati santapan bekal anda. Anda juga mempunyai banyak opsi yang dapat dipilih jika anda ingin mencari penginapan atau hotel untuk bermalam.

Curug ini memiliki pesona yang dapat menarik hati dan menenangkan pikiran bagi para pengunjungnya. Oleh karena itu, tempat wisata paling indah ini harus terus diperhatikan kelestarian alamnya. Keharusan ini tidak hanya berlaku bagi pihak pengelola, tetapi juga terhadap setiap wisatawan yang melancong.

Di kawasan Curug Putri Kencana, masih terdapat berbagai mitos yang masih dipercayai oleh masyarakat. Maka dari itu, entah hal tersebut salah atau benar, anda harus berhati-hati dalam berbicara dan juga bertindak supaya anda dapat berekreasi dengan aman dan menyenangkan.

Jika anda membutuhkan informasi lebih lanjut atau terbaru dari tempat wisata unggulan ini, anda dapat menghubungi pihak pengelola melalui nomor 021-8794-4243 atau 0812-8468-3295.