Bogor memang menjadi destinasi dengan berbagai curug yang menawan, salah satunya Curug Rahong. Curug satu ini sangat cocok bagi para petualang yang ingin mengunjungi sungai tersembunyi di Kota Hujan.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Rengasjajar, Kec. Cigudeg, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Menjelajah Kota Hutan memang seakan tidak akan ada habisnya. Hampir setiap sudut dari kota ini mampu menawarkan atraksi yang berbeda dan unik. Bagi Anda yang menyukai liburan di wisata alam, Curug Rahong di Bogor bisa menjadi pilihan. Bogor memang kondang dengan curugnya, dan curug satu ini akan menawarkan pesona yang tak akan membuat Anda menyesal.

Air terjun ini menjadi surga tersembunyi yang sangat cocok untuk Anda kunjungi saat liburan di kota Hujan ini. Apabila biasanya curug berada di dataran tinggi dengan pemandangan sekitar yang indah, berbeda dengan Curug Rahong. Karena untuk sampai ke curug ini, Anda akan melewati jalanan yang penuh debu dan pertambangan.

Namun Anda tak perlu khawatir, karena Anda pasti akan terpesona dengan keindahan curug ini. Walaupun saat akan menuju curug ini, Anda harus melewati pertambangan batu juga pasir. Medan ini justru tidak mengurangi keindahan yang disembunyikan curug ini. Bahkan membuat banyak pengunjung justru penasaran dengan keindahannya.

Curug ini sendiri berada di Hutan Cigudeg yang menawarkan pesona luar biasa. Pemandangan air terjun ini juga sangat unik dan Anda yang ingin mengunjunginya harus menyiapkan stamina yang fits. Karena untuk menuju lokasi Anda harus melakukan trekking terlebih dahulu. Destinasi wisata satu ini sangat cocok bagi Anda yang suka petualangan.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Rahong

Daya Tarik Curug Rahong
Image Credit: Twitter.com @dolphhin

Objek wisata alam curug yang berada di Cigudeg ini merupakan destinasi yang masih alami. Berada di tengah hutan liar, pemandangan yang disuguhkan oleh destinasi ini memang luar biasa. Aliran airnya berasal dari Sungai Cibodas dengan tebing tebing kokoh mengelilinginya. Memiliki bentuk aliran yang unik, air dari curug ini juga sangat jernih juga bersih.

Memiliki ketinggian sekitar 15 meter, Curug Rahong menawarkan pesona alam yang begitu istimewa. Dan untuk mengintip pesonanya, Anda harus melakukan perjalanan yang terbilang tidak mudah. Curug yang masih dikelola swadaya oleh warga sekitar, menjadikan akses menuju curug ini masih seadanya. Untuk itu ketika Anda sudah memarkirkan kendaraan maka petualang akan dimulai.

Sebenarnya jika Anda ingin menggunakan sepeda motor juga bisa sampai depan curug, namun sepeda yang digunakan seperti trail yang tentunya tidak mudah. Anda akan diajak untuk melalui jalan setapak di perkampungan warga terlebih dahulu. Setelah itu menyebrang jembatan yang memang rute ini masih belum ada apa apanya.

Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhkan pemandangan sawah hijau dan sungai yang menawan. Barulah nanti Anda akan memasuki kawasan hutan yang cukup lebat. Medannya sudah mulai tidak rata dengan beberapa bebatuan di jalan ini. Anda juga akan menemukan jalanan menanjak yang masih berupa jalan dengan kanan kiri berupa tumbuhan hijau.

Tapi perlu Anda tahu bahwa di sisi jalan ada jurang yang cukup dalam. Maka dari itu ketika trekking pastikan Anda selalu memperhatikan setiap langkah Anda. Setelah melalui jalan setapak, maka Anda akan dihadirkan dengan sebuah sungai yang harus Anda lewati. Menyusuri sungai ini juga harus selalu hati hati mengingat bebatuan yang ada bertebaran.

Daya Tarik dari Curug Rahong
Image Credit: Facebook.com @afraid.park

Apabila Anda menggunakan sepeda, tentu saja jalur ini akan menjadi bagian yang paling menantang. Ketika Anda menginjakkan kaki pada bebatuan, pastikan untuk berhati hati karena cukup licin. Pepohonan rindang juga akan menemani perjalanan Anda, mengingat berada di dalam hutan. Udaranya juga sangat sejuk dengan serangga yang bersahutan.

Selama trekking ini, Anda hanya perlu untuk mengikuti aliran sungai yang sangat jernih ini. Letak Curug Rahong memang berada di ujung dari sungai ini. Menyeberangi sungai ini akan dilakukan beberapa kali, dan dilanjutkan dengan melewati jalanan setapak. Jalur trekking ini memang terbilang menantang dan tidak untuk anak anak atau lansia.

Apalagi ketika hujan, jalur ini akan sangat rawan dan licin. Maka dari itu, Anda bisa datang ketika musim kemarau agar tidak semakin sulit melaluinya. Begitu Anda menghabiskan waktu trekking sekitar 30 menit, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan luar biasa. Air terjun ini jatuh begitu deras dengan tebing tebing cadas yang membuat alirannya tak lurus ke bawah.

Aliran air terjun ini memang mengikuti tebingnya dan terlihat cembung. Kontur tebingnya terlihat menonjol yang membuat alirannya ini begitu unik. Tebingnya yang tak sama membuat ketinggian air yang jatuh berbeda beda. Bentuknya mirip seperti air yang sedang tumpah dan hal ini akan membuat siapapun terpesona.

Tempias air yang dihasilkan cukup luas, membuat Anda akan basah begitu mendekat. Di Bawah air terjun terbentuk kolam alami yang bisa digunakan untuk berenang. Pemandangan sekitarnya yang penuh pepohonan rindang turut serta menambah pesonanya. Menghabiskan waktu untuk sekedar menghempas penat di sini tak akan membuat Anda menyesal.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Curug Rahong

Alamat Curug Rahong
Image Credit: Google Maps (Isnendi Yakub)

Objek wisata Curug Rahong berada di Kampung Kedaung. Tepatnya berada di Desa Rengasjajar, Kec. Cigudeg, Kab. Bogor. Lokasinya cukup mudah untuk dijangkau, bagi warga Bogor maupun yang berasal dari luar kota seperti Jakarta. Untuk mencapai curug ini, Anda yang berasal dari Jakarta membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Rute yang bisa Anda lalui yakni menggunakan ke Bogor terlebih dahulu menggunakan jalur Ciampea. Dari Ciampea akan melewati Leuwiliang, dilanjutkan ke Cigudeg dan menuju Goa Gudawang. Dari gua ini Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Lebak Wangi, Sidomanik dan sampailah di Kampung Kedaung.

Bagi wisatawan yang datang dari Tangerang, rutenya melalui Legok, dilanjutkan ke parung Panjang, Lebak Wangi dan sampai di Sidamanik. Dari Sidomanik perjalanan dilanjutkan menuju Kampung Kedaung. Anda juga bisa menggunakan rute lainnya yakni melalui arah BSD menuju Serpong, Kelapa Nunggal, Cisauk dan Rumpin.

Begitu tiba di Rumpin Anda langsung saja menuju Maloko, Sidomanik dan sampai di Kampung Kedaung. Lokasi curug sendiri tidak terlalu jauh jika dari jalan raya. Akan lebih leluasa jika Anda menggunakan kendaraan pribadi menuju lokasi curug. Dan sebaiknya datang di musim kemarau agar jalannya tidak licin dan nyaman dilewati.

Harga Tiket dan Jam Operasional Curug Rahong

Harga Tiket Curug Rahong
Image Credit: Google Maps (Muhamad Najib)

Untuk menikmati keindahan curug ini, Anda tak perlu mengeluarkan budget yang besar. Harga tiket Curug Rahong dibanderol dengan harga yang sangat bersahabat. Anda hanya perlu membayar retribusi sekitar Rp 10 ribu. Harga tiket tersebut sudah termasuk dengan tiket parkir kendaraan Anda. Dan nantinya akan ada warga yang menjaga bagian tiket ini.

Harga tiket ini tentunya bisa berubah sewaktu waktu, tetapi tidak akan sampai berkali kali lipat. Sementara untuk jam operasionalnya, Anda bisa datang kapan saja karena buka setiap hari. Di hari libur Nasional, umumnya destinasi wisata Bogor ini justru akan semakin ramai. Buka selama 24 jam, akan lebih baik jika Anda datang ketika pagi hari.

Karena Anda harus trekking terlebih dahulu untuk sampai di air terjun. Selain itu Anda juga memiliki waktu yang lebih panjang untuk menikmati keindahannya. Waktu paling tepat untuk berkunjung adalah saat musim kemarau. Selain aksesnya mudah, Anda juga bisa menikmati pemandangannya tanpa khawatir akan kehujanan saat di tengah jalan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Rahong

Kegiatan di Curug Rahong
Image Credit: Google Maps (Ji Liong)

1. Treking

Menembus hutan untuk menemukan surga tersembunyi memang selalu menarik untuk dilakukan. Terutama untuk Anda yang memiliki jiwa petualang tinggi. Dan ketika Anda ke Curug Rahong, mau tidak mau Anda akan melakukan aktivitas trekking ini. Tenang saja, sepanjang perjalanan pemandangan yang disuguhkan tak kalah cantik dan menghibur Anda.

2. Bermain Air

Begitu Anda tiba di Air terjun, bermain air menjadi aktivitas yang tak boleh dilewatkan. Airnya yang jernih memanggil siapapun untuk segera menjajal kesegarannya. Anda bisa duduk duduk di tepi bebatuan dengan mencelupkan kaki ke aliran air. Merasakan air segar yang menyentuh kaki sembari menikmati pemandangan sekitar adalah hal yang menenangkan.

3. Berenang

Seperti yang sempat disebut sebelumnya, air terjun Rahong memiliki kolam alami yang berada di bawah air terjun. Dan ternyata kolam ini memiliki kedalaman yang berbeda beda. Maka dari itu Anda harus tetap berhati hati ketika ingin berenang. Kedalamannya mulai dari 2 hingga 2 meter, pastikan Anda memang benar benar pantai berenang.

Ketika berenang, beberapa pengunjung menaiki bebatuan yang ada. Kemudian melompat ke bawah, dan kegiatan ini menjadi kegiatan favorit pengunjung untuk menantang adrenalin. Kegiatan ini akan semakin menyenangkan jika Anda melakukannya bersama dengan rombongan. Namun Anda harus tetap berhati hati ketika akan melompat.

4. Berburu foto Kekinian

Ketika Anda mengunjungi Curug Rahong di Bogor ini, tak lengkap rasanya jika tidak sekalian berburu foto foto keren. Anda bisa mengambil beberapa pose dengan background air terjun yang megah. Atau Anda juga bisa mengambil saat Anda sedang dalam perjalanan. Yang jelas, destinasi satu ini memiliki banyak spot foto menarik yang bisa Anda jadikan objek bidikan kamera Anda.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Rahong Bogor

Fasilitas di Curug Rahong
Image Credit: Google Maps (Senang Gowes)

Sebelum kondang, Curug Rahong tidaklah memiliki fasilitas pendukung yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung. Dan lambat laun karena pengunjung semakin banyak, maka warga perlahan menambahkan fasilitas tambahan. Tentu saja semua fasilitas ini masih terbilang sederhana, tetapi kehadirannya sangat membantu wisatawan.

Anda sudah bisa menemukan fasilitas berupa toilet di tempat ini. Ada juga kamar bilas yang bisa difungsikan setelah Anda bermain air. Beberapa bangku bangku dan saung juga sengaja diletakkan di beberapa area air terjun untuk tempat istirahat. Terdapat juga warung makan yang menjual beragam makanan maupun minuman.

Hanya saja, untuk kebutuhan parkir masih terbilang terbatas karena menggunakan lahan rumah warga. Jalan setapak yang Anda lalui untuk sampai ke Curug juga kondisinya belum terlalu memadai. Petunjuk di sepanjang jalan menuju curug juga masih minim. Apabila Anda ragu, tak ada salahnya untuk Anda menggunakan jasa warga sekitar untuk menemani hingga curug.

Menghabiskan waktu di alam bebas memang menjadi kegiatan yang manjur untuk melepas penat. Curug Rahong bisa Anda jadikan sebagai alternatif liburan saat Anda sedang berada di Bogor. Curug ini menawarkan pesona luar biasa yang akan membuat siapapun terpesona. Perlu Anda jika konon selama di Curug tidak boleh mengucapkan kebohongan agar tak terjadi hal yang tidak diinginkan.