Harga Tiket: Rp 7.500, Jam Operasional: 07.30-16.30 WIB, Alamat: Ciririp, Kec. Sukasari, Kab. Purwakarta, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Siapa yang tidak suka dengan curug? atau mungkin masih banyak belum kenal dengan curug? Tempat tersebut adalah salah satu tempat rekreasi terbaik untuk menyegarkan pikiran dan membantu tubuh untuk lebih santai setelah melakukan pekerjaan yang berat. Tempat tersebut adalah tempat yang sangat cocok untuk didatangi bersama keluarga, pasangan, apalagi bersama kawan kawan.

Curug adalah air terjun dalam bahasa Sunda. Tapi pada umumnya curug merujuk pada nama berbagai tempat wisata air terjun di Indonesia khususnya Pulau Jawa. Salah satu curug yang cukup populer dan terkenal dengan keindahannya adalah yang terletak di Kampung Gunung Buleud, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat yang bernama Curug Tilu.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Tilu

Daya Tarik Curug Tilu
Image Credit: Google Maps Yoga Official Channel

Wisata hits air terjun memiliki daya tarik tersendiri bagi penggemarnya. Suasana alam yang sangat kuat, segarnya air yang langsung jatuh dari pegunungan dan pemandangan yang memanjakan mata adalah daya tarik tersendiri dari wisata air terjun. Tetapi, apa saja daya tarik yang membuat Curug Tilu layak dikunjungi?

1. Grand Canyon Purwakarta

Curug Tilu di Purwakarta ini dijuluki “Grand Canyon” Purwakarta. Nama tersebut tidak terlepas dari karakteristik alam yang dimiliki air terjun ini. Formasi batuan yang mirip seperti ngarai membuatnya tepat dijuluki dengan nama itu. Formasi batuan ini merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang hadir kesana, sebab pesona alamnya yang sangat indah dan memanjakan mata.

2. Terdiri dari Tiga Bagian

Sesuai dengan namanya, curug ini bisa terbilang unik karena terdiri dari tiga atau tilu undakan yang mungkin tidak seperti curug pada umumnya yang hanya terdiri dari satu undakan saja. Curug ini terbagi atas bagian bawah, bagian tengah, dan bagian atas dengan kedalaman yang masing masing berbeda. Kedalaman curug bagian atas adalah kurang lebih 2 meter, sedangkan kedalaman curug bagian tengah adalah kurang lebih 3 meter, lalu yang terakhir adalah curug bagian bawah dengan kedalaman kurang lebih 2 meter.

Daya Tarik Dimiliki Curug Tilu
Image Credit: Instagram aasgallery

3. Cerita Dibalik Curug Tilu

Menurut cerita atau mitos yang beredar di sana, air terjun ini telah terisolir selama kurang lebih 50 tahun. Curug tersebut terisolir akibat beroperasinya Waduk Jatiluhur sekitar tahun 1967. Saat itu pemerintah mulai membangun infrastruktur jalan menuju kawasan air terjun karena pernah terhalang oleh bentangan dari Waduk Jatiluhur

4. Daya Tarik Umum

Berbicara tentang daya tarik umum keindahan alam curug ini tidak akan pernah ada habisnya. Lokasi Kecamatan Sukasari yang sekelilingnya dikelilingi oleh hutan yang lebat menambah suasana alam yang hikmat dalam perjalanan menuju lokasi. Selain itu, dalam perjalanan menuju Curug Tilu kita akan disuguhi oleh pemandangan pegunungan dan juga sungai yang indah. Begitu juga dengan kualitas airnya yang jernih dan segar serta warga desa yang ramah menambah kenikmatan berwisata kesini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Curug Tilu
Image Credit: Google Maps Muhamad Yunus

Curug Tilu terletak di Kampung Gunung Buleud, Desa Ciririp, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat. Untuk menuju curug cantik ini, ada beberapa rute yang bisa dilalui yaitu dari Purwakarta kota menuju ke Jalan Ruas Sukasari melalui Jalan Cikao Bandung Jatiluhur. Jalur ini kira kira memakan waktu sekitar 40 menit dalam keadaan normalnya. Jalur ini merupakan jalur terpopuler yang biasa dilalui oleh para wisatawan.

Sebelum berangkat ke lokasi curug, sebaiknya isi bahan bakar kendaraan Anda sampai penuh. Hal ini harus dilakukan karena di daerah sekitar lokasi air terjun hanya ada sedikit pom mini dan sulit untuk menemukan pom bensin yang besar. Selain itu, tetaplah berhati hati dijalan karena disana ada tikungan tajam yang cukup berbahaya. Hindarilah perjalanan yang melibatkan waktu malam hari atau sore hari karena sarana penerangan di sekitar lokasi Curug Tilu masih kurang mendukung sehingga sebaiknya melakukan pemberangkatan pagi atau menginap di penginapan sekitar lokasi wisata jika dirasa hari sudah mulai gelap.

Setelah sampai ke lokasi, pengunjung harus memarkirkan kendaraannya di area parkir yang terletak di sekitar pintu gerbang menuju ke curug. Setelah memarkirkan kendaraan, pengunjung atau wisatawan harus membayar tiket masuk sebelum memasuki kawasan wisata intinya. Setelah membayar tiket masuk dan melewati gerbang masuk, pengunjung harus berjalan kaki selama kurang lebih 15 menit untuk mencapai kawasannya, ini adalah salah satu alasan pengunjung disarankan untuk mengambil waktu keberangkatan pagi dan pulang sebelum sore hari karena jalan masuk dan keluar memiliki pencahayaan yang kurang baik.

Dalam perjalanan dari gerbang masuk menuju lokasi Curug Tilu, kita disajikan pemandangan pohon bambu yang berbaris di sebelah kanan dan kiri jalan. Setelah melalui pohon bambu, kita akan disajikan dengan pemandangan sungai yang membuat hati begitu tenang dan terasa damai dengan suara aliran airnya.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Curug Tilu
Image Credit: Google Maps ardilah

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, sebelum memasuki gerbang, kita harus membayar tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiket masuk menuju kawasan air terjun terbilang cukup murah untuk per orang. Harga tiket setiap orang dikenai biaya sebesar Rp 7.500,- sedangkan harga untuk fasilitas lain seperti menyewa ban untuk berenang sebesar Rp 5000,-.

Jika Anda penikmat curug, Anda bisa berkunjung sesuai jadwal operasional umum objek wisata, utamanya air terjun.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Tilu

Kegiatan Menarik Curug Tilu
Image Credit: Google Maps andika aditia

Sangat banyak aktivitas yang bisa dilakukan ketika kita telah sampai di Curug Tilu. Beragam aktivitas tersebut dapat kita lakukan bersama keluarga, teman teman, maupun jika kita hanya pergi seorang diri. Berikut adalah aktivitas yang bisa kita lakukan jika kita sudah sampai di lokasi air terjun?

1. Berenang

Salah satu aktivitas yang menjadi favorit dan tujuan sebagian besar wisatawan selain untuk hanya menikmati pemandangan alam adalah menikmati kesegaran air dari Curug Tilu ini. Setelah melakukan perjalanan jauh yang sangat melelahkan, tentunya akan sangat nikmat jika perjalanan tersebut dibayar dengan kesegaran air pegunungan yang ada di curug ini. Pengunjung bisa mencoba untuk berenang di setiap bagian atau setiap undakannya. Karena tiap bagian undakan memiliki kedalaman yang berbeda, tentunya pengalaman berenang yang dirasakan juga akan berbeda.

2. Lompat dari Bebatuan

Selain berenang yang menjadi aktivitas favorit wisatawan, lompat dari bebatuan untuk atraksi air juga sangat digemari oleh pengunjung. Banyak pengunjung yang tidak hanya berenang tetapi juga bermain bersama teman teman mereka dengan melompat ke dalam curug yang dalam dari bebatuan yang ada disekelilingnya. Kedalaman undakan di curug ini yang cukup dalam terbilang aman untuk melakukan aksi yang satu ini.

3. Bersantai

Bagi pengunjung yang tidak ingin berenang, pengunjung bisa bersantai dengan duduk di bebatuan yang besar yang membentuk curug tersebut. Pengunjung bisa merasakan secara dekat hempasan dan percikan air terjun serta segarnya suasana dan udara yang ada disana. Pengunjung juga bisa bersantai sambil minum kopi dari warung yang disediakan disana.

Kegiatan Menarik di Curug Tilu
Image Credit: Instagram Risman Hanipan

4. Melukis

Sebenarnya aktivitas ini sangat jarang dilakukan, tetapi boleh dicoba untuk kalian yang berada dalam suasana alam yang sangat memanjakan diri seperti ini. Mungkin belum pernah ada yang melakukannya sebelumnya, tetapi kalian bisa mencobanya dengan membawa alat lukis mini dan mencoba melukis keadaan alam sekitar sambil bersantai menikmati suara air terjun yang indah. Tetapi ingat, selalu jaga kebersihan setelah melakukan aktivitas ini.

5. Memotret

Salah satu hal lain yang paling digemari oleh para pengunjung adalah memotret keadaan alam sekitar. Tentu kurang rasanya jika kita ke Curug Tilu tetapi tidak mengabadikan keadaan alam sekitar. Sekedar tips pribadi dalam berfoto tempat wisata alam adalah foto keadaan alam sekitar saja agar terlihat lebih menarik dan bisa menjadi referensi tempat liburan untuk orang lain yang belum mengetahui tentang tempat ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata
Image Credit: Google Maps Muhamad Yunus

Tempat wisata alam yang tergolong sangat indah seperti ini tentunya memiliki berbagai aktivitas yang dibuat untuk memanjakan para pengunjungnya. Berbagai fasilitas yang ada di disana kebanyakan dikelola oleh masyarakat desa yang tinggal di sekitar Curug Tilu untuk membangun perekonomian desa setempat. Berikut adalah fasilitas yang bisa ditemukan untuk mendukung kebutuhan pengunjung.

1. Penginapan

Khusus untuk pengunjung yang berencana untuk menginap atau pengunjung yang tidak sengaja bermain main sampai sore dan ingin menginap karena jalan pulang yang gelap, disana sudah disediakan fasilitas untuk menginap yang berada di pinggir Curug Tilu.

2. Warung

Untuk pengunjung yang lapar setelah lelah bermain main dan menikmati keindahan alam, pengunjung atau wisatawan bisa mencari makan yang ada di warung terdekat untuk memanjakan perut. Selain itu, pengunjung yang tidak ingin berenang juga bisa menuju ke warung ini untuk bersantai setelah lelah dari perjalanan jauh.

3. Musholla

Pengunjung juga sudah disediakan fasilitas untuk beribadah kepada Allah. Setelah kita menikmati keindahan alam yang diciptakan oleh sang pencipta, kita juga tidak boleh lupa untuk beribadah dimanapun kita berada.

4. Area Parkir

Disana juga telah disediakan tempat parkir untuk kendaraan wisatawan. Sebaiknya jika kalian ingin datang kesana jangan lupa untuk mengisi bahan bakar secara full karena fasilitas pom bensin sulit ditemukan.

Itulah beberapa hal menarik dan pesona Curug Tilu yang menawan di Purwakarta. Nikmati kesegaran airnya dan lingkungan sekitar nan hijau yang mampu membantu pengunjung menghilangkan penat.

REKOMENDASI DESTINASI