Danau Lemona, Tempat Wisata Kuliner Kekinian di Tasikmalaya

Danau Lemona Tasikmalaya

Lokasi: Kawitan, Kec. Salopa, Kab. Tasikmalaya.
MapCek Lokasi

Bagi masyarakat Tasikmalaya, keberadaan Danau bernama Lemona ini menjadi angin segar yang menyejukkan mata. Meski dapat dikatakan sebagai danau buatan, namun pesona yang ditawarkan tak kalah indah dengan wisata yang ditawarkan oleh alam. Pengunjung bisa melakukan beberapa aktifitas seru selagi berada di lokasi wisata, yang mana salah satunya menikmati pemandangan sembari menikmati kuliner lezat. Berikut ulasannya.

Berbagai Fasilitas Tersedia di Danau Lemona

Berbagai Fasilitas Tersedia di Danau Lemona

Image Credit: Mamangahong.blogspot.com

Memiliki nama yang serupa, dimana Lemona ternyata sebuah nama dari toko roti lokal hits di Tasikmalaya. Toko cabangnya bahkan dibuka disejumlah titik, dimana penampilannya menyerupai breadtalk namun dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Lalu kemudian, nama Lemona kembali melebarkan sayapnya dengan membuka sebuah restoran yang berlokasi dekat dengan danau. Sesuai dengan dugaan anda, danau buatan tersebut diberi nama Lemona.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa danau yang terletak di Salopa ini memanglah buatan tangan manusia. Penataan laskap sedemikian rupa, dijamin tidak aada rasa menyesal sudah pernah mengunjungi tempat wisata ini. Setidaknya ada beberapa wahana yang bisa dicoba seperti Jembatan Terapung, Sepeda Air, beberapa Saung, dan Jembatan Gantung. Semua wahana ini menjadi daya tarik sendiri, dimana pengunjung dapat melihat keindahan danau dari dekat.

Jika dikupas lebih lanjut, ternyata danau ini sebenarnya merupakan kolam buatan yang sangat luas. Bahkan karena luasnya, akhirnya menarik perhatian dan dijadikan sebagai lokasi wisata. Apabila ingin menikmati pemandangan sekitarnya lebih dekat, pengunjung bisa menyewa saung ataupun makan di lesehan yang terletak tepat di atas danau yang dipenuhi ikan ikan.

Ternyata keberadaan danau cantik ini tak hanya menyedot perhatian warga sekitarnya saja, namun beberapa wisatawan bahkan rela datang dari jauh untuk bisa menikmati keindahannya secara langsung. Hal tersebut terlihat dari plat kendaraan pribadi yang mereka gunakan, dimana memperlihatkan bahwa mereka bukanlah penduduk sekitar kota Tasikmalaya. Dengan kehadiran tamu dari kota sebelah, menandakan bila Lemona cukup populer diperbicarakan.

Fasilitas Tersedia di Danau Lemona

Image Credit: Facebook.com @Danau Lemona

Jika dilihat sekilas, memang tempat ini sangat cocok didatangi beramai ramai bersama dengan keluarga maupun kerabat terdekat. Dijamin perpaduan pemandangan dan kuliner lezatnya, akan menyentuh hati setiap pengunjungnya. Tentu saja tempat ini juga cocok sebagai tempat pertemuan tertentu, saat merasa bosan bertemu di cafe ataupun di berbagai tempat serupa.

BACA JUGA:  Pantai Tirtamaya, Wisata Pantai Favorit di Indramayu

Kehadiran bus wisata satu ini, menjadi salah satu fasilitas unik yang tidak dimilik oleh tempat wisata lainnya. Bus tersebut akan membawa anak anak untuk menyelusuri pedesaan sekitar yang diketahui masih asri, serta ke perkebunan hijau yang ada di Salopa Tasikmalaya. Cukup dengan membayarkan sekitar 5 ribuan saja, buah hati anda dapat merasakan pengalaman menarik selama berada di perjalanan.

Namun ada fasilitas lainnya yang tak kalah menarik seperti perahu dayung, yang bisa membawa anda mengitari sekitar danau buatan ini. Hanya dengan mengeluarkan dana sekitar 10 ribuan saja, perahu dayung ini sudah bisa disewa. Beberapa fasilitas pendukung selama liburan pun tersedia seperti area parkir luas, toilet, hingga mushola. Tentu kebersihannya dijaga, sehingga pengunjung dapat menggunakan berbagai fasilitas dengan nyaman.

Aneka Kuliner nan Instagramable di Danau Lemona

Image Credit: Sangpelancong.com

Sebagai destinasi wisata air buatan, keindahannya tak kalah menarik untuk dikunjungi. Agar lebih puas menikmati pemandangan sekitarnya, pihak pengelola pun menyediakan penginapan yang berjarak tak jauh dari lokasi wisata. Dengan kehadiran penginapan, diharapkan tamu dari jauh ini bisa melepaskan rasa lelahnya dan dapat beristirahat di tempat yang nyaman. Tentu saja penginapan menjadi nilai plus dan banyak membantu.

Bahkan ada sekitar 30 saung, yang siap memanjakan pengunjung yang ingin duduk santai sembari menikmati pemandangan sekitar. Untuk sampai di saung tersebut, ada tantangan yang harus dilewati terlebih dahulu. Dimana tantangan tersebut berbentuk jembatan gantung yang terbuat dari bambu, dan membentang sekitar 100 meteran dari tepi danau. Si Jembatan gantung unik ini, ternyata bisa memanjakan pengunjung untuk melihat danau dari dekat.

Ketakutan untuk menyebrangi jembatan tersebut ? Tak perlu khawatir, karena tersedia pula perahu sebagai opsi lain yang bisa membawa anda menuju saung tersebut. Dengan menggunakan transportasi tersebut, anda bisa menikmati pemandangan sekitar menjadi lebih puas. Selain menikmati keindahan alam dan kulier lezat, disini pengunjung dapat mengabadikan momen berliur di beberapa spot instagramable.

BACA JUGA:  Wisata Situ Mustika, Destinasi Wisata Sejuk & Asri di Kota Banjar

Bentuk bangunannya yang terlihat kekinian, tak jarang digunakan sebagai spot foto terutama bagi anak muda. Namun tak jarang pula penggemar fotografi yang ingin mengabadikan momen tersebut, untuk mendapatkan koleksi foto terbaru. Bahkan dengan warna bangunannya, pengunjung seakan merasa seperti berada di rumah sendiri. Tidak mengherankan bila banyak wisatawan yang betah berlama lama disana.

Selama berada di lokasi makan tersebut, setidaknya ada dua menu yang menjadi andalan khas dari Lemona Salopa dimana banyak diburu pengunjung. Yang pertama adalah Ikan Gurame Asam Manis dan yang kedua adalah Ikan Bakar Bambu Rempah. Kedua menu tersebut dijamin siap menggoyang lidah dan membuat anda ketagihan. Agar rasanya semakin nikmat, bisa dipadukan dengan nasi panas, karedok, ataupun oseng kangkung.

Rasanya yang begitu nikmat, ternyata bisa dirasakan dengan harga yang ramah di kantong. Misalnya saja anda datang secara rombongan sekitar 5 sampai 8 orang, dana yang mungkin dihabiskan sekitar 300 hingga 400 ribuan. Dengan besaran harga tersebut, perut akan merasa puas dan siap melanjutkan aktifitas selanjutnya. Tidak heran bila banyak yang kemudian tertarik untuk mencoba mencicipinya, meski jaraknya cukup jauh dari lokasinya berada saat itu.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Danau Lemona

Image Credit: Rentalmobilpangandaranweddingcar.blogspot.com

Berlokasi cukup jauh dari kota Tasikmalaya, dimana pengunjung harus bisa memakan waktu sekitar 1.5 jam menuju lokasi tersebut karena jaraknya yang berkitar 32 kilometer. Atau lebih lengkapnya Danau ini berlokasi di Jalan Kawitan, Salopa, Tasikmalaya.  Setidaknya untuk bisa sampai di lokasi ini, ada beberapa rute yang bisa dilalui tergantung dari lokasi anda saat ini.

Untuk bisa sampai di lokasi wisata ini, pengunjung bisa memilih menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum seperti bus. Apabila merasa kesulitan menemukan lokasi wisata ini, anda bisa mengandalkan aplikasi pada smartphone ataupun bertanya langsung kepada warga sekitar. Tempatnya yang sudah populer, nampaknya tidak ada satu warga pun yang tidak mengenal ataupun pernah kesana.

BACA JUGA:  18 Tempat Makan di Garut Paling Enak & Murah

Perlu diperhatikan bila hanya ada satu jalan utama ketika masuk ke kawasan Danau satu ini, sehingga tamu dari luar kota tak perlu khawatir akan tersesat. Jalannya pun cenderung sepi, namun berkelok kelok dan naik turun khas daerah pegunungan. Rasa mual dan pusing akan menghilang, ketika melihat pemandangan di luar jendela yang terlihat begitu menakjubkan. Sehingga selama berada di perjalanan, pengunjung tak akan pernah bosan melihat pemandangan sekelilingnya.

Pesona alamnya yang menawan hati, tidak ada yang bia menolak ketika diajak berkunjung ke tempat satu ini. Nuansanya yang asri nan tenang, dirasa sangat cocok didatangi dikala pikiran sedang suntuk. Selagi mengembalikan tenaga yang terkuras selama di perjalanan dengan mencicipi aneka kuliner lezat, disini pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan danau yang tenang nan menyejukkan.