Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 15.00–21.00 WIB, Alamat: Jl. Raya Patuk Ngoro-Ngoro KM.1.4, Sumber Tetes, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

De Mangol adalah salah satu tempat wisata unik yang dapat dikunjungi di Gunung Kidul, Jogja buat Anda yang suka berwisata ke lokasi-lokasi yang indah, menarik, dan cantik. Di tempat ini Anda dapat menikmati keindahan alam dan bisa mendokumentasikannya karena tersedia spot foto menarik yang ditawarkan.

Selain menjadi tempat wisata alam, wisata cantik satu ini juga merupakan destinasi wisata kuliner yang cukup terkenal di antara para wisatawan. Hal ini terjadi karena banyaknya kuliner serta tempat sajian kuliner yang dijajakan sangat apik dan indah yang membuat Anda pasti tidak akan menyesal mengunjungi objek wisata ternama ini.

Bukan tanpa alasan wisata De Mangol ini digemari oleh masyarakat walaupun baru berdiri sejak 2019. Umur yang cukup muda bagi sebuah objek wisata yang sudah sangat besar ini. Wisata nan molek ini menjadi salah satu wisata terkenal dan digandrungi karena sangat indah dan juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung aktivitas wisata.

Daya Tarik yang Dimiliki De Mangol

Daya Tarik De Mangol
Image Credit: Google Maps made yuda

Sebuah objek wisata akan digandrungi oleh pengunjung jika menawarkan daya tarik yang dapat memikat hati khalayak umum agar mau mengunjunginya. Begitu pula halnya dengan De Mangol yang menawarkan banyak pesona tarik kepada para pengunjung yang diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pemandangan yang Indah dan Lengkap

Lokasi De Mangol menguntungkan secara pemandangan dimana di objek wisata lengkap ini kita dapat memandang keindahan Gunung Merapi dan dapat menikmati pemandangan matahari terbenam. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati keindahan Kota Jogja karena tempat ini terletak di dataran yang cukup tinggi yang memungkinkan kita untuk memandang Kota Jogja secara langsung sembari menikmati makanan maupun minuman yang dijajakan di objek wisata elok ini.

2. Terdapat Dua Jenis Ruangan

Untuk Anda yang lebih memilih suasana wisata indoor, De Mangol merupakan jawaban terbaik. Objek wisata menarik satu ini akan memanjakan mata Anda dengan pemandangan indoor yang dihias sedemikian rupa yang seakan-akan memaksa pengunjung untuk tinggal karena kecantikannya. Tapi jangan khawatir, buat Anda yang menyukai suasana luar ruangan atau outdoor juga bisa menikmati kecantikan dan kemolekan alam yang ditawarkan wisata ala mini.

3. Spot Foto Menarik

Kegiatan wisata tidak akan lengkap tanpa adanya kegiatan swafoto. De Mangol menghadirkan kebutuhan ini dengan sangat apik dimana wisata alam ini sudah menyediakan spot foto yang menarik dan tidak pasaran sehingga akan ada perasaan sukacita dan bangga jika Anda mengunggahnya ke media sosial.

Daya Tarik Dimiliki De Mangol
Image Credit: Google Maps Herny Rajagukguk

4. Tersedia Banyak Jenis Makanan

Pecinta alam umumnya akan mencintai kegiatan mencicipi rasa dari makanan dari suatu daerah atau lokasi. Oleh karena itu, De Mangol berdiri menjadi salah satu objek wisata kuliner yang sudah memiliki banyak penggemar karena menyediakan banyak jenis makanan kepada para pengunjung yang disajikan dengan harga yang cukup terjangkau dan tempat makan yang unik.

5. Banyaknya Lampu-lampu Menarik

Keindahan cahaya yang menarik wisatawan bukan hanya berasal dari cahaya matahari, namun cahaya lampu-lampu yang disusun dan di desain oleh pengelola membuat lokasi wisata hits ini semakin menarik dan indah. Selain dipandang oleh mata wisatawan, lampu-lampu ini juga dapat dinikmati oleh penikmat foto dari pengunjung. Lampu-lampu ini juga bukan hanya berasal dari lokasi wisata megah ini, namun juga lampu-lampu warga sekitar yang menjadikannya paduan yang lengkap yang membuat mata kita kembali segar.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat De Mangol
Image Credit: Facebook Angela Merapi Park Yogyakarta

De Mangol merupakan sebuah objek wisata alam dan kuliner yang berlokasi tepat di Jalan Raya Patuk Ngoro-ngoro KM 1,4, Sumber Tetes, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Semakin berkembangnya teknologi, semakin membawa dampak besar juga terhadap objek wisata dimana akses akan semakin mudah karena dapat menggunakan Google Maps dalam menelusuri lokasinya. Untuk Anda yang ingin mengunjungi tempat elok ini, informasi mengenai lokasi sudah tersedia di aplikasi Google Maps, jadi tinggal ikuti petunjuk jalan dari aplikasi tersebut saja.

Namun jika Anda kesulitan dalam menemukannya menggunakan aplikasi, Anda hanya perlu menyusuri jalan menuju Bukit Bintang dan tetap ikuti jalan hingga terdapat POS PJR Patuk menuju Jalan Nasional III. Setelah itu ikuti jalan menuju Jalan Ngoro-Ngoro Ombo hingga sampai di lokasi tujuan.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Harga Tiket De Mangol
Image Credit: Google Maps Avin Maria

Objek wisata kekinian ini dibuka mulai dari pukul 15.00 hingga 21.00 WIB pada hari Senin hingga Sabtu dan pukul 10.00 hingga 21.00 WIB pada hari Minggu. Waktu pembukaan yang terbilang cukup larut ini diakibatkan oleh keindahan objek wisata hits ini akan lebih menarik dan cantik pada sore dan malam hari. Oleh karena itu, objek wisata unik ini dibuka mulai sore hari hingga ke malam hari.

Walaupun dikenal dengan objek wisata kuliner dan wisata alam yang menarik, bukan serta merta De Mangol menetapkan tarif tinggi bagi pengunjung. Pengunjung hanya diwajibkan membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 untuk masa weekdays dan Rp 20.000 untuk masa weekend. Namun pengunjung yang membawa kendaraan pribadi dikenakan retribusi parkir sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di De Mangol

Kegiatan di De Mangol
Image Credit: Google Maps arief indra

Aktivitas yang dapat Anda lakukan di tempat kece satu ini sangat banyak dan beragam dan akan dijelaskan sebagai berikut

1. Menikmati Sunset

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa sunset adalah pemandangan yang sangat dinantikan banyak orang karena pemandangan ini terbilang sangat indah dan menarik. Nah, De Mangol akan memanjakan Anda dengan menyuguhkan lokasi yang tepat untuk memandang Sunset yang dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti kursi dan lainnya.

2. Menikmati Santapan Kuliner

Wisata kuliner ini menawarkan banyak variasi makanan mulai dari makanan tradisional hingga makanan internasional tentunya dengan harga yang ramah untuk kantong kita. Selain makanan, wisata kuliner satu ini juga menawarkan banyak menu minuman dan juga camilan yang dapat dinikmati sembari menikmati keindahan alam yang disuguhkan secara gratis.

3. Berswafoto

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa berfoto adalah salah satu alasan terbesar bagi kita untuk melakukan kegiatan wisata. Alasan ini akan terpenuhi dengan baik jika Anda mengunjungi tempat ini karena terdapat sangat banyak spot-spot foto yang disediakan bagi pengunjung.

Banyak spot foto yang sudah sering digunakan pengunjung sebagai latar foto agar terlihat lebih menarik yaitu seperti Triangle Spot, Teras Kaca, Bean Bag Area, Spot Sepeda, Mural, dan masih banyak lainnya.

Kegiatan Menarik di De Mangol
Image Credit: Google Maps Pancha Batubara

4. Nongkrong

Masa muda adalah masa yang paling sering kita habiskan untuk kegiatan nongkrong. Nongkrong biasanya dilakukan di lokasi dengan suasana yang tenang dan juga dapat menampung orang banyak. Salah satu wisata yang dapat memenuhi syarat tersebut adalah De Mangol Jogja. Wisata alam dan kuliner ini akan memanjakan Anda dan teman-temanmu sehingga kualitas nongkrong Anda akan lebih baik dan efisien.

5. Wisata Romantis

Selain untuk bertemu teman, wisata elok ini juga dapat Anda manfaatkan untuk melakukan wisata romantis. Pemandangan lampu, bunga, dan lainnya akan melayani Anda dan pasanganmu sehingga Anda akan mengalami kencan yang sangat menyenangkan. Objek wisata alam dan kuliner ini menawarkan paket couple romantic yang akan memanjakanmu dengan memberikan layanan seperti bunga, dekorasi yang manis, makanan, dan lainnya yang pastinya akan memberi kesan kencan yang sangat indah.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Kawasan De Mangol
Image Credit: Google Maps AHLI SUMUR BOR JOGJA

Banyaknya aktivitas yang dilakukan di De Mangol sehingga membutuhkan dukungan fasilitas yang sangat memadai agar dapat mendukung peningkatan serta efektivitas dari kegiatan yang berlangsung. Oleh karena itu, objek wisata ini menawarkan banyak fasilitas yang akan membantu pengunjung dalam menikmati waktu liburannya yang diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Spot Foto

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, spot foto yang ditawarkan sangat banyak dan bervariasi dan Anda bebas memilihnya sesuai dengan keinginan dan selera Anda tanpa perlu membayar lagi untuk menikmati setiap spot yang ada secara bebas.

2. Gazebo

Gazebo di wisata ala mini cukup besar dan cantik. Spot ini dapat dimanfaatkan untuk sekedar menghirup udara segar atau bahkan berkumpul dengan teman, keluarga, ataupun siapa pun. Karena lokasinya cukup luas, Anda akan sangat mudah membawa orang banyak untuk berkumpul di lokasi tersebut tanpa takut akan keterbatasan tempat.

3. Musholla

Indonesia merupakan sebuah negara yang didominasi oleh penduduk beragama Islam. Oleh karena itu, De Mangol menyediakan sebuah mushola untuk para umat Muslim untuk melakukan ibadah Sholat agar kegiatan liburan atau wisata tidak mengganggu atau menghambat kegiatan spiritual seperti Sholat.

4. Live Music

De Mangol tidak hanya memanjakan mata dari setiap pengunjung, namun juga memanjakan telinganya dengan menyuguhkan live acoustic yang akan mengiringi derap langkah Anda sangat menikmati keindahan alam yang menakjubkan tersebut

5. Tempat Parkir

Karena pengunjung yang datang bukan hanya pengunjung dari dalam kota melainkan dari luar kota bahkan dari luar negeri, wisata kekinian ini menyediakan lahan parkir yang cukup luas untuk para pengunjung agar para pengunjung tidak kesulitan dalam memarkirkan kendaraannya dan tidak perlu mengkhawatirkan akan keamanan dari kendaraan mereka karena sudah ada tukang parkir yang bertugas untuk memastikan keamanannya.

6. Toilet

Toilet sepertinya sudah menjadi fasilitas wajib yang harus disediakan oleh pihak pengelola. Hal ini diakibatkan oleh kebutuhan tidak menentu suatu individu dalam proses metabolisme. Oleh karena itu kebutuhan akan toilet adalah hal krusial dan penting dalam suatu objek wisata. Nah, di Kawasan wisata ini jika Anda ingin menggunakan fasilitas toilet, Anda tidak perlu membayar kontribusi dalam bentuk apapun.

Demikianlah ulasan mengenai hal menarik di De Mangol Gunung Kidul. Keindahan alam yang ditawarkan lengkap dengan kuliner, spot foto, dan segala fasilitas yang mendukungnya menjadikan objek cantik ini menjadi salah satu wisata hits yang terkenal diantara para wisatawan. Semoga dapat menjadi referensi bagi pembaca untuk melakukan destinasi wisata sehingga dapat mendapatkan kesan liburan yang menarik dan indah.