Harga Tiket: -, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Dukuh, Sumberrahayu, Kec. Moyudan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Apakah anda ingin datang untuk berwisata ke daerah Sleman, Yogyakarta? Jika iya, maka kini saatnya untuk masuk dalam wishlist wisata yang wajib dikunjungi. Salah satunya adalah Desa Wisata Gamplong. Jika anda datang ke lokasi ini bakal disuguhkan berbagai macam keindahan alam dan juga pesonanya yang menarik. Mulai dari keadaan alam, sejarah, kuliner, dan juga budayanya.

Kawasan wisata yang satu ini bisa dikatakan masih tergolong baru dan sangat cocok untuk dijadikan liburan yang seru baik untuk keluarga dan juga teman. Bagi anda yang suka dengan dunia fotografi saat di rekomendasikan untuk berkunjung ke sini. Bagi anda yang ingin tahu lebih lengkap akan destinasi wisata ini bisa simak kutipan lengkap di bawah.

Daya Tarik yang Dimiliki Desa Wisata Gamplong

Daya Tarik Desa Wisata Gamplong
Image Credit: Google Maps Rina Rahmawati

1. Terdapat Mini Hollywood

Jika anda datang ke lokasi wisata yang indah ini, maka bakal menjumpai banyak sekali daya tarik. Salah satu daya tarik yang banyak disasar oleh para pengunjung yang datang ke lokasi Desa Wisata Gamplong ini adalah mini hollywood. Dikatakan mini hollywood kareena kawasan wisata yang satu ini pernah digunakan oleh sutradara kondang Hanung Bramantyo untuk syuting film Sultan Agung.

Setelah di bangun untuk syuting film tersebut, kawasan yang stau ini tidak lantas di robohkan oleh pememrintah setepat. Sehingga oleh warna lingkungan di gunakan sebagai destinasi wistaa dengan konsep vintage. Bahkan lokasi wista yang stau ini oleh para pengunjung sering menyebutnya dengan julukan studio mini.

Lalu sebenarnya apa saja bangunan yang ada dalam tempat wisata yang satu ini? jadi berbagai bangunan ikonik yang ada di kawasan wisata ini antara lain Keraton Mataram, rumah Jawa Kuno menggunakan anyaman bambu, replika Sungai Ciliwung, Kampung masyarakat Mataram, hingga pedesaan kolonial Belanda.

2. Menjadi Sentral Kerajinan Tenun

Selain menyajikan keindahan berbagai replika bangunan, Desa Gamplong ini juga dikenal juga dengan pusat kerajinan tenunnya. Terkenal dengan daerah produksi tenun tanpa menggunakan alat mesin, maka destinasi keren satu ini menghasilkan kain yang berkualitas buatan tangan manusia.

Seiring berjalannya waktu dengan banyaknya masyarakat yang beralih profesi, maka modifikasi pembuatan tenun semakin gencar dilakukan. Meskipun begitu, untuk destinasi wisata yang satu ini masih tetap banyak diminati para pengunjung yang datang ke lokasi untuk membeli kainnya.

Daya Tarik di Desa Wisata Gamplong
Image Credit: Google Maps Je Ye

3. Memiliki Sumber Air Melimpah

Walaupun berada di lokasi dengan ketinggian sekitar 90 meter di atas permukaan laut, nyatanya kawasan wisata ini memiliki banyak sumber air. Melimpahnya sumber air ini dilatar belakangi karena curah hujan yang tinggi yang memberikan dampak besar terhadap tampungan yang ada di Desa Wisata Gamplong ini.

Tidak hanya itu, lokasi geografis yang ada di kawasan wisata ini juga turut andil dalam meningkatkan kualitas air yang ada di lokasi wisata. Dimana untuk posisi geografis wisata ini di dominasi dengan berbagai material vulkanik Gunung merapi, yang mana lahirnya mampu membawa air tanah keluar.

4. Menikmati Suasana yang Asri

Jangan salah, selain kaya akan sejarahnya yang kental dan air melimpah ruah, lokasi ini juga menjadi juaranya atas keindahan alamnya. Suasana yang ada di lokasi ini juga sangat asri, sehingga bagi anda yang banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan bakal merasa fresh di Desa Gamplong.

Karena keindahan alam dan juga lingkungan di kawasan Desa Wisata, tidak jarang banyak pengunjung yang rela menghabiskan waktu bersama orang tersayang dari pagi hingga petang. Bahkan beberapa diantaranya lebih tertarik untuk menginap di hotel yang tidak jauh dari lokasi agar keesok harinya bisa menjelajah desa ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Desa Wisata Gamplong
Image Credit: Google Maps Rina Rahmawati

Hal yang tidak boleh ditinggalkan pada saat ingin mengunjungi kawasan wisata adalah dengan mencari tahu detail akan alamat lokasinya. Salah satunya jika ingin mengunjungi Desa Wisata Gamplong. Dimana alamat lengkap dari destinasi ini adalah di Gamplong dukuh Sumber Rahayu, daerah Moyudan, kabupaten Sleman, daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk bisa mengunjungi kawasan yang satu ini anda bisa menggunakan titik kumpul daerah Malioboro. Jika sudah berada di titik 0 km, maka anda bisa langsung menuju lokasi desa dengan mengikuti rute yang sudah tertera di pinggiran jalan. Akan tetapi jika anda masih merasa bingung dengan lokasi tepatnya, maka langsung menggunakan bantuan google maps ponsel.

Untuk bisa tiba di lokasi wisata, maka bisa langsung menggunakan kendaraan baik roda dua maupun empat. Untuk akses menuju lokasi juga sangat aman, sehingga membuat perjalanan anda menjadi menyenangkan. Namun anda juga harus berhati-hati karena ramai.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk Desa Wisata Gamplong
Image Credit: Google Maps Rizki Prayudi

Setelah paham dengan alamat dan rute menuju lokasi, kini saatnya mencari tahu akan harga tiket yang ditawarkan. Hal ini masuk dalam part yang sangat penting agar anda bisa melakukan manajemen keuangan dengan baik pada saat menuju Desa Wisata Gamplong. Dimana untuk harga tiket yang ditawarkan seikhlasnya.

Lalu bagaimana dengan jam operasional? Jangan salah, untuk destinasi wisata yang satu ini juga memiliki jam operasional yang tergolong panjang. Dimana kawasan bersejarah nan indah ini mulai beroperasi sekitar jam 08.00 WIB pagi hingga pukul 17.00 WIB sore. Sehingga anda bakal lebih leluasa untuk melakukan aktivitas menyenangkan disini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Desa Gamplong

Kegiatan Menarik Desa Gamplong
Image Credit: Google Maps Robert Setiawan

1. Menjelajahi Museum Bumi Manusia

Setelah mengetahui harga tiket dan juga jam operasionalnya, maka kini saatnya anda paham dengan berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan. Pada dasarnya aktivitas yang bisa dilakukan antara lain adalah menjelajahi museum bumi manusia. Rumah yang memiliki desain unik ini adalah kediaman dari Nyai Ontosoroh dan juga Annelies Mellema.

Rumah unik di Desa Wisata Gamplong ini bisa anda jelajahi sambil belajar sejarah di dalamnya. Dimana hunian tersebut menyimpan banyak cerita dan juga kenangan dari para penggemar novel Pramoedya Ananta Toer guna berkumpul. Sehingga selian menyaksikan keindahan interiornya, pengunjung juga bisa belajar banyak hal.

Perlu di garis bawahi bagi para wisatawan yang hadir, bahwasannya untuk bisa menjelajahi kawasan wisata unik ini harus antri terlebih dahulu. Pengunjung yang masuk di lokasi dijatah per 10 orang dalam waktu 30 menit. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan kondisi bangunan agar tetap awet dan bersih.

2. Menelusuri Polaman River Tubing

Pada dasarnya destinasi wisata ini saling berdekatan antara satu dengan lainnya. Sehingga para pengunjung yang datang ke Desa Wisata Gamplong ini juga bisa menyaksikan keindahan wisata lainnya. Salah satu destinasi wisata yang bisa di kunjungi adalah Polaman River Tubing yang hanya berjarak sekitar 3 meter dari Gamplong.

Di area Polaman River Tubing ini, wisatawan yang hadir bakal disuguhkan keindahan lingkungan dengan nuansa pedesaan. Sebagai sarana untuk relaksasi, maka area tubing ini juga menawarkan susur sungai hingga terjun langsung di lokasi. Jangan khawatir, untuk kegiatan susur sungai ini bakal akan dilengkapi dengan berbagai peralatan safety dan juga orang yang sudah kompeten di bidangnya.

Kegiatan Menarik di Desa Gamplong
Image Credit: Google Maps niki akmalia

3. Mengoleksi Banyak Foto Menarik

Sudah menjadi rahasia umum jika wisata ini menyajikan banyak sekali keindahan alam dan juga lingkungannya. Sehingga bagi para pengunjung yang hadir di lokasi Desa Wisata yang cantik ini bisa langsung mengabadikan momen. Tak khayal juga bahwasannya lokasi yang keren ini juga sering digunakan untuk foto prewedding.

Selain memiliki keindahan alam, area wisata ini juga menyuguhkan berbagai macam spot foto menarik. Berbagai spot foto yang banyak digunakan oleh para wisatawan yang hadir adalah berbagai macam replika bangunan keraton Mataram, bangunan rumah jawa asli yang terbuat dari anyaman bambu, replikasi Sungai Ciliwung dan masih banyak yang lainnya.

4. Belajar Sejarah Kehidupan Masyarakat

Anda yang datang ke lokasi ini juga bakal menikmati sajian informasi bersejarah. Informasi yang dimaksud antara lain adalah kehidupan masyarakat di zaman dahulu atau sekitar tahun 1600 di Desa Wisata Gamplong. Anda juga bisa mendalami berbagi banguna replika yang ada di sekitarnya. Hal ini karena ia di dalamnya menyimpan banyak cerita bersejarah terutama akan Sultan Agung.

Fasilitas yang Tersedia di Desa Wisata

Fasilitas Desa Wisata Gamplong
Image Credit: Google Maps Budi Sutrisno

Lalu sebenarnya apa saja fasilitas yang disediakan? Jadi jika mengunjungi destinasi wisata keren ini, anda bakal dikejutkan dengan berbagai fasilitas lengkap. Mulai dari berbagai spot foto yang menarik dengan sebutan mini hollywood. Dimana dalam mini hollywood tersebut menyajikan berbagai replika lokasi yang cocok untuk di pakai mengabadikan momen berharga.

Anda juga bisa menikmati kuliner khas daerah jika berkunjung ke Desa Wisata Gamplong, mulai dari jenang legi, bubur ndeso, dan jajanan pasar lainnya. Bahkan untuk desa ini juga dekat dengan pusat oleh-oleh yang lengkap untuk keluarga di rumah. Bahkan jika anda jauh dari luar kota juga bisa menginap di hotel yang disediakan.

Dari paparan di atas bisa di ambil kesimpulan, bahwasannya ada banyak sekali daya tarik yang disuguhkan dari Desa Wisata Gamplong. Berbagai daya tarik yang dimaksud antara lain adalah terdapat mini hollywood, menjadi sentral kerajinan tenun, memiliki sumber air melimpah, dan menikmati suasana yang asri.

REKOMENDASI DESTINASI