Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sriharjo, Kec. Imogiri, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Desa Wisata Sriharjo termasuk wisata bernuansa alami yang masih memanfaatkan keasrian daerah pedesaan. Polusi yang jauh dari tempat ini membuat udara yang semilir bagus untuk dihirup karena sangat bersih. Apalagi pada kawasan Desa tampak lahan terasering untuk menambah penghijauan.

Disana terasa sejuk dan indah dengan pemandangan yang menjadi pusat perhatian. Pada area sekitar pun telah tersedia jalur untuk bersepeda sekaligus melihat danau. Desa Sriharjo tidak pernah membuat para tamu menyesal saat ke Bantul.

Jika Anda ingin mengamati Desa secara detail maka perlu melipir ke semua spot. Jangan lupa abadikan momen bersama keluarga supaya menambah kesan liburan. Selain itu jangan merusak Desa dengan sampah selama datang.

Daya Tarik yang Dimiliki Desa Wisata Sriharjo

Daya Tarik Desa Wisata Sriharjo
Image Credit: Google Maps Ridwan Nur Prasetyo

1. Jembatan Gantung

Desa Wisata Sriharjo mempunyai jembatan gantung yang estetik dan sering kali dipakai sebagai background. Tetapi ketika melewati jembatan, pelancong tidak boleh bergurau dan tetap hati-hati. Anda yang berjalan menyusuri jembatan dapat melihat keindahan Desa secara luas. Hal itulah yang membuat sebagian orang selalu tertarik menuju ke jembatan.

2. Spot Bermain dan Olahraga

Menikmati kawasan desa wisata dengan olahraga dan bermain menjadi pilihan yang wajib dicoba. Pengunjung bisa melipir ke sungai untuk berenang atau bermain sepeda air. Tak hanya itu, Anda juga boleh membawa sepeda jika ingin gowes di kawasan ini. Tempat yang luas tentu dapat menampung banyak pelancong yang ingin bermain sambil olahraga.

3. Keindahan Tempat

Desa Wisata Sriharjo menyuguhkan keindahan tempat yang tidak ada tandingnya. Maklum saja karena wisata tersebut masih jauh dari kota dan kepadatan bangunan. Aliran danau, pohon, gunung, serta rumah warga yang masih tradisional membuat tempat semakin cantik. Apalagi saat akhir pekan banyak sekali tamu yang berburu spot cantik.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Lokasi Desa Sriharjo
Image Credit: Google Maps nafsii geografi

Desa Wisata Sriharjo berada di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lokasi yang ditempuh dari Malioboro membutuhkan estimasi 20 menit. Tetapi masih belum tampak kendaraan umum yang lewat karena destinasi ada di tengah Desa. Pengunjung disarankan menempuh perjalanan dengan mobil atau sepeda motor pribadi untuk melewati jalan di Desa tersebut.

Jika melalui Malioboro, Anda dapat menuju Jalan Kolonel Sugiyono. Lalu rute berikutnya lewati Jalan Sisingamangaraja dan lurus sampai Jalan Imogiri Barat. Lanjutkan ke area Jalan Imogiri Siluk dan nikmati panorama Desa yang tampak asri. Kemudian lurus sampai Jalan Jembatan Gantung untuk bisa sampai ke Desa Sriharjo serta lihat kanan kiri papan petunjuk.

Berkendara menuju kawasan desa sangat menyenangkan karena tampak suasana yang alami. Anda akan melihat sawah serta gunung yang masih jelas karena di Desa tidak banyak bangunan. Jika perlu pakai petunjuk arah seperti google maps agar bisa sampai dengan cepat. Siapkan kendaraan yang sesuai untuk melakukan liburan ke destinasi cantik ini.

Harga Tiket Masuk Desa Wisata Sriharjo

Harga Tiket Masuk Desa Wisata Sriharjo
Image Credit: Google Maps Isna Chanel

Masuk kawasan Desa Sriharjo tidak dipungut biaya tiket masuk, destinasi ini masih termasuk gratis. Wisatawan yang ingin sekedar menghirup kesejukan udara disana tidak perlu membawa budget banyak. Hal ini membuat desa wisata ini semakin diminati masyarakat karena tidak ada tiket khusus yang dijual. Bahkan Anda dapat melipir ke Desa hits itu sampai sore hari.

Jika ingin mencoba permainan seperti sepeda air, para tamu dapat membayar sesuai tarif yang ditentukan. Anda juga boleh gowes di sekitar Desa Sriharjo tanpa mengeluarkan biaya apapun. Pusat oleh-oleh pun cukup banyak, harga yang murah tentu menarik hati traveller. Selain itu pusat kuliner yang berjejer pada pinggir wisata memberi tarif aman di kantong.

Liburan ke destinasi menawan ini memang diharapkan membawa kendaraan pribadi. Pelancong boleh parkir di area Desa sambil menyisihkan uang untuk karcis. Tarif yang telah ditentukan Rp 2.000 khusus sepeda dan Rp 5.000 per mobil. Berlibur dengan hemat disini menjadi favorit pengunjung, bahkan setiap hari ada saja yang pergi kesana.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Desa Wisata Sriharjo

Kegiatan Menarik Desa Wisata Sriharjo
Image Credit: Google Maps Dian Prihastomo

1. Gowes

Desa Sriharjo yang memberikan kesejukan cocok untuk wisatawan yang hobi gowes. Anda dapat melewati rute manapun untuk sekedar bersepeda. Tetapi biasanya pengunjung juga sering lewat jembatan gantung ketika menikmati gowes. Bawa sepeda ontel sendiri karena di Desa masih jarang sekali tempat sewa gowes serta jangan lupa siapkan air minum.

2. Membeli Kerajinan Tangan

Destinasi yang indah ini dikenal sebagai pusat kerajinan tangan yang dibuat langsung oleh penduduk. Biasanya penjual menawarkan keris hingga barang khas Jawa yang masih tradisional. Kerajinan ini sangat unik dengan corak warna cokelat serta bentuk yang bagus. Pelancong sudah tidak jarang untuk berburu kerajinan tangan saat liburan ke Desa Sriharjo.

3. Mengabadikan Momen

Desa Wisata Sriharjo menjadi salah satu kawasan di Jogja yang masih kental dengan suasana alami. Bukit, sungai, hingga gunung kerap digunakan mengabadikan momen sambil berjelajah ke spot lain. Disana ada pula lahan terasering yang terlihat hijau dan sering difoto. Merekam momen seru sebagai kenangan ketika berkunjung akan membuat hati senang.

4. Bermain Sepeda Air

Aliran sungai yang ada di sekitar desa wisata memang banyak dimanfaatkan oleh penduduk untuk irigasi. Namun disana ada sepeda air yang disewakan untuk menyambut para tamu. Ketika bermain sepeda itu Anda akan diajak berkeliling ke sungai yang begitu jernih. Bahkan Anda juga boleh bermain air untuk merasakan aliran yang sangat dingin.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Desa Sriharjo
Image Credit: Google Maps Dian Prihastomo

Desa Wisata Sriharjo tampak menyediakan fasilitas umum yang menarik perhatian wisatawan. Jalur gowes sengaja disediakan untuk traveller yang suka membawa sepeda ontel. Pusat kuliner dengan keunggulan cita rasa yang lezat sudah ada disana dan berada tidak jauh dari rumah warga. Tempat ibadah tidak susah ditemukan di dalam Desa hits itu.

Spot parkir kendaraan yang memadai serta sangat luas tentu bisa menampung segala jenis mobil atau sepeda motor. Permainan seru yang bisa disewa pun telah tersedia mulai dari sepeda air dan masih banyak. Bahkan saat bermain Anda akan menikmati spot indah di Desa. Toilet yang boleh dipakai umum tersebar di sudut destinasi serta selalu bersih.

Desa Wisata ini tidak lupa pula dalam menyediakan kursi duduk pada area dalam wisata. Bahkan tidak jauh dari Desa ada gazebo untuk tempat berteduh sekaligus istirahat. Kemudian tempat membeli souvenir seperti kerajinan tangan dapat dijumpai dengan mudah. Sehingga traveller bisa membeli beragam oleh-oleh khas ketika berlibur.

Demikian sedikit informasi Desa Wisata Sriharjo untuk tempat referensi kunjungan bersama kerabat dekat. Suasana natural yang mudah diperoleh dari kawasan wisata tersebut dijamin cocok bagi yang mencari spot bersantai. Apalagi destinasi ini menawarkan tempat foto, bermain, dan olahraga yang seru.