Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Cibuntu, Seda, Kec. Mandirancan, Kab. Kuningan, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Desa Wisata Cibuntu ini merupakan salah satu tempat wisata ternama di Kuningan yang wajib dikunjungi oleh wisatawan. Di mana di Desa Wisata ini wisatawan dapat menikmati beraneka ragam destinasi wisata yang disuguhkan. Sehingga wisatawan yang datang akan dibuat puas dan nyaman dengan panorama keindahan pada beberapa destinasi yang disediakan.

Destinasi alam yang disuguhkan yakni meliputi adanya Gunung Ciremai yang menjulang tinggi dengan keindahannya. Selain keindahan gunung di Desa wisata ini juga terdapat destinasi wisata alam yang berupa Air Terjun Gongseng, selain itu juga masih banyak destinasi wisata yang dapat dinikmati oleh wisatawan untuk melepas kepenatan dalam dunia kerja.

Desa Cibuntu ini memiliki beberapa penghargaan baik tingkat nasional maupun tingkat ASEAN. Pada tahun 2016, desa wisata ini memperoleh peringkat kelima sebagai desa wisata terbaik di tingkat ASEAN. Dan pada tahun 2017, desa wisata ini juga memperoleh peringkat kedua sebagai desa wisata terbaik di Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata Indonesia.

Daya Tarik yang Dimiliki Desa Wisata Cibuntu

Daya Tarik Desa Wisata Cibuntu
Image Credit: Google Maps Banu Aji

1. Keindahan Alam & Suasana yang Asri

Salah satu destinasi wisata alam yang dapat pengunjung nikmati di Desa Wisata Cibuntu ini yaitu kesegaran udara dan keindahan panorama Gunung Ciremai. dikarenakan Des Wisata ini berada tepat di Kaki Gunung Ciremai, udara khas pedesaan sangat terasa jika berkunjung di wisata alam ini.

Udara segar yang ada di Desa Wisata ini sangat memacu daya tarik bagi wisatawan untuk merasakan sambil bersepeda ataupun dengan jogging. Suasana yang segar juga dapat memberi ketenangan bagi siapapun yang berkunjung, serta dapat merilekskan pikiran dan melepas kejenuhan dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari.

Keindahan alam yang disuguhkan sangat menakjubkan, dan membuat bagi siapapun yang berkunjung merasa jatuh cinta serta enggan untuk meninggalkan wisata ini. Panorama keindahan alam yang disuguhkan yakni berupa pepohonan yang hijau nan rindang, area persawahan yang sangat luas, serta adanya bukit di sekitar Gunung Ciremai.

2. Air Terjun Gongseng

Selain menikmati keindahan lanskap Gunung Ciremai, wisatawan yang berkunjung di Desa Wisata Cibuntu juga akan dimanjakan dengan panorama keindahan Air Terjun Gongseng. Berada di Kaki Gunung Ciremai membuat destinasi wisata air terjun ini sangat indah dan memiliki air yang sangat jernih dan tentunya sangat segar.

Keindahan air terjun ini sangat eksotis selain berada di Kaki Gunung Ciremai, air terjun ini juga tergolong air terjun yang cukup tinggi yakni mencapai 20-25 meter. Selain itu, di bawah air terjun ini juga terdapat kolam yang dapat dijadikan sebagai tempat bermain air, berendam atau bahkan berenang. Sangat menarik bukan, untuk merasakan destinasi keindahan air terjun ini.

3. Situs Cagar Budaya

Selain menikmati keindahan dan kesegaran udara yang masih sangat asri, wisatawan juga dapat mengulik serta mengambil pelajaran dengan melihat situs cagar budaya yang ada sejak dari zaman purbakala. Destinasi ini sangat menarik minat wisatawan terutama bagi pecinta barang-barang yang bersejarah.

Di situs cagar budaya ini salah satunya terdapat Situs Bujal Dayeuh. yang mana situs ini berupa peti kubur batu yang berisi kapak genggam, situs ini ditemukan pada tahun 1967. Selain itu juga terdapat Situs Saurip Kidul memiliki warna yang hampir mirip dengan ati ayam. Situs ini berupa seperti kapak genggam dan klenting, situs ini ditemukan pada tahun 1972.

Daya Tarik di Desa Wisata Cibuntu
Image Credit: Google Maps Lucky Nugraha

4. Tempat Offroad

Selain menikmati destinasi keindahan alam dan situs yang bersejarah, wisatawan yang menyukai hal-hal yang menantang dapat menikmati keseruan offroad di Desa Wisata ini. Dikarenakan di Desa Wisata Cibuntu ini dilengkapi dengan adanya tempat offroad, tempat offroad ini dinamakan WOC (Wisata Offroad Cibuntu).

Destinasi yang disuguhkan berupa adanya tempat offroad ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Wisatawan yang memilih destinasi offroad ini akan ditantang nyalinya serta ketangkasannya dengan keseruan trek yang ada di perkebunan karet dengan luas kurang lebih 4 hektare.

5. Kampung Domba

Pada destinasi wisata ini wisatawan dapat memberikan nilai edukasi tersendiri bagi sang buah hati mengenai dunia domba dan kambing. Serta wisatawan yang berkunjung di kampung domba ini juga dapat memberi makan domba dan dapat berinteraksi langsung dengan domba-domba yang lucu, serta dapat bertanya langsung kepada pemilik mengenai dunia domba.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Desa Wisata Cibuntu
Image Credit: Google Maps sanest channel

Desa Cibuntu yang indah dan menakjubkan ini berada di kaki Gunung Ciremai, lebih tepatnya berada di Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, karena akses untuk menuju tempat wisata ini sudah sangat memadai.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung di desa wisata ini dapat menggunakan rute sebagai berikut, pertama harus melewati RS Paru Sidaraja, kemudian menuju Mandirancan, setelah itu belok kanan lurus hingga bertemu tugu macan, kemudian belok ke kiri menuju ke arah Paniis. Tidak jauh dari lapangan Paniis belok kiri hingga sampai di lokasi dewa wisata ini.

Harga Tiket Masuk Desa Wisata

Harga Tiket Masuk Desa Wisata Cibuntu
Image Credit: Google Maps Hani Hanifah

Harga tiket masuk untuk menikmati pesona Desa Wisata Cibuntu di Kuningan tergolong relatif sangat murah, yakni wisatawan cukup membayar Rp 5.000 setiap orang. Dengan tarif tersebut wisatawan dapat menikmati keseluruhan keindahan alam yang disuguhkan.

Namun, jika wisatawan yang ingin menikmati destinasi wisata tertentu juga akan dikenakan tarif tersendiri yang sudah ditetapkan oleh pemerintah desa.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Desa Cibuntu

Kegiatan Menarik Desa Cibuntu
Image Credit: Google Maps husnan ganteng

1. Berkemah di Alam Bebas

Bagi wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburan dengan menikmati keindahan alam, maka berkemah di alam bebas merupakan solusi terbaik. Bumi perkemahan yang disediakan di wisata ini memiliki panorama alam yang sangat indah dan mempesona, sehingga sangat wajib dan tentunya seru untuk dinikmati bersama keluarga maupun teman dekat.

Wisatawan yang memilih berkemah di Desa Wisata Cibuntu ini merupakan salah satu langkah yang tepat. Dikarenakan wisatawan dapat menikmati panorama keindahan yang disuguhkan secara maksimal baik di siang hari dengan keindahan gunung serta suasana yang sejuk, maupun di malam hari dengan cahaya bintang yang sangat indah bertaburan di langit.

Wisatawan yang berkemah di wisata ini juga dapat menikmati beraneka ragam fasilitas yang disediakan. Yakni seperti adanya panahan, kolam renang, dan adanya tempat buat piknik instagenic yang sangat menarik untuk dinikmati.

2. Bermain Offroad dan ATV

Selain berkemah, kegiatan menarik lainnya juga dapat dilakukan di wisata alam ini yakni dengan bermain offroad dan ATV. Trek yang disediakan bagi pengelola wisata juga sangat seru dan menantang serta tergolong yang cukup luas yakni sekitar 4 hektar. Trek ini berada di perkebunan karet Desa Wisata Cibuntu, sehingga menambah keseruan dalam dunia offroad, dan ATV.

Kegiatan ini sangat diminati oleh wisatawan yang menyukai hal-hal yang seru dan menantang. Hal ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi offroad dan bermain ATV di kawasan perkebunan yang cukup indah dan eksotis ini.

3. Belanja Oleh-Oleh Khas dari Pusat Ekraf Cibuntu

Belanja oleh-oleh merupakan suatu hal yang wajib bagi wisatawan yang sedang berkunjung di suatu tempat wisata. Di Desa Cibuntu ini juga menyediakan tempat oleh-oleh yang khas, serta di wisata ini juga terdapat pusat Ekraft Cibuntu. Yang mana tempat ini menyediakan banyak produk yang sangat unik dari ekonomi kreatif.

Barang-barang khas dan unik yang dapat ditemui di pusat ekraf Cibuntu ini yakni antara lain seperti angklung, suling. Selain itu juga terdapat beraneka ragam hasil produk gerabah, yakni seperti teko, gentong, dan peralatan masak. Di Pusat ekraf Cibuntu ini wisatawan juga dapat membeli miniatur kendaraan yang terbuat dari kayu, yakni seperti pesawat, mobil, dan truk.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Desa Wisata

Fasilitas Desa Wisata Cibuntu
Image Credit: Google Maps Gina Fatwa Asyifa

Desa Wisata Cibuntu yang menakjubkan dan keren ini juga dilengkapi dengan beraneka ragam fasilitas, yang tergolong sangat lengkap. Yakni seperti adanya area parkir, kamar mandi umum, mushola, balai pertemuan, tempat makan. Adanya beberapa fasilitas ini sangat memberikan nilai keamanan, kenyamanan tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung.

Selain itu, desa wisata ini juga dilengkapi dengan adanya fasilitas seperti adanya jungle tracking, outbond, tempat offroad dan ATV. Fasilitas ini sangat menunjang bagi wisatawan yang ingin melakukan kegiatan outdoor. Serta memberi nilai kepuasan tersendiri bagi wisatawan yang menyukai hal-hal yang menantang.

Tidak berhenti disitu, desa wisata yang cantik ini juga dilengkapi dengan adanya fasilitas, seperti cafetaria, kios souvenir, wifi area, kuliner, spot foto, serta adanya ATMs. Fasilitas-fasilitas ini juga dapat meningkatkan kepuasan bagi wisatawan yang berkunjung.

Demikian gambaran umum mengenai Desa Wisata Cibuntu yang sangat indah, eksotis, dan mempesona ini. Keindahan alam dan beberapa destinasi wisata yang ada di dalamnya tentu membuat siapapun yang berkunjung merasa puas, nyaman, dan enggan untuk meninggalkan wisata ini.