Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Dusun Krajan, Kemiren, Kec. Glagah, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Menghabiskan waktu di Banyuwangi, anda pun akan dibuat terpukau akan keindahan alam dan wisatanya. Namun, tak hanya itu saja jika anda bosan menikmati sajian alam yang ada di tanah Banyuwangi ini, maka terdapat salah satu wisata budaya yang bisa anda kunjungi. Desa Wisata Osing dapat menjadi alternatif bagi anda yang ingin berkunjung ke daerah satu ini.

Meskipun di jaman sekarang banyak orang yang mulai melupakan budaya bangsanya sendiri, namun hal tersebut masih terjaga dengan baik di desa wisata ini. untuk itu, jika anda ingin mengenal lebih jauh mengenai Desa Adat Osing Kemiren yang ada di Banyuwangi, tak ada salahnya untuk menyempatkan hadir mengunjungi wisata satu ini.

Daya Tarik yang Ditawarkan Desa Adat Osing

Daya Tarik Desa Adat Osing
Image Credit: Google Maps kapten blue

1. Sekilas Tentang Desa Wisata Osing

Di masa saat ini, adat dan budaya memang menjadi salah satu hal yang sudah mulai dikesampingkan. Bisa dikatakan adat dan budaya Indonesia mulai banyak yang tergerus dengan banyaknya budaya asing yang datang ke negara ini. namun, di beberapa daerah di Indonesia sendiri, masih terdapat masyarakat yang mempertahankan adat dan tradisi dari budaya setempat.

Salah satunya adalah yang berda di Banyuwangi yakni Desa Adat Osing Kemiren. Sebenarnya tempat wisata budaya ini bukanlah hal yang baru dan sudah lama menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin lebih mengenal budaya osing di Banyuwangi ini. tidak mengherankan jika wisata ini telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai cagar budaya.

Hal ini bertujuan untuk menjaga kelestarian budaya yang makin lama semakin memudar. Selain itu, sebelumnya pihak pemetintar juga telah mengembangkan konsep wisata yang berbasis ekoturisme yang mana mengutamakan pemberdayaan sosial budaya dan juga ekonomi masyarakat lokal dan juga konservasi alam.

2. Asal Usul Nama Osing

Setelah membahas secara singkat mengenai desa wisata satu ini, anda juga perlu tahu asalusul dan keunikan dari penamaan dewisat wisata satu ini. penamaan tersebut dikarenakan warga desa setempat memang menjaga tradisi dan adat istiadat yang telah berlaku lama di daerah tersebut.

Diberikan nama Desa Wisata Osing lantaran warga yang menempati kawasan tersebut adalah suku osing. Dimana suku ini sendiri merupakan warga terakhir yang merupakan keturunan dari Kerajaan Hindu Blambangan yang tersisa. Keunikan dari masyarakat ini adalah memiliki bahasa yang berbeda dengan bahasa jawa yang lain.

Dengan begitu, ketika anda mampir ke desa satu ini, maka anda pun bisa sekaligus untuk mempelajari berbagai macam bahasa masyarakat Osing. Jika anda memang menyukai wisata dengan tema adat dan istiadat budaya ini, maka desa ini adalah salah satu tempat yang pas untuk anda kunjungi.

3. Memiliki Tradisi yang Berjalan Secara Turun Temurun

Salah satu daya tarik yang bisa anda dapatkan ketika berwisata ke desa satu ini adalah tradisi adatnya yang berjalan secara turun temurun. Hal ini tentu saja dikarenakan saat anda berkunjung kesini, anda akan disuguhkan dengan banyak sekali budaya serta kesenian yang memang sangat jarang anda temui di tempat lain.

Diantara yang bisa anda jumpai disini andalah gedhongan, tari gandrung, atraksi barong osing dan juga berbagai macam kesenian lain khas Banyuwangi, terutama khas masyarakat osing yang bisa anda jumpai di lokasi satu ini. dengan adanya konsistensi yang dimiliki masyarakat setempat untuk mempertahankan budaya dan tradisi inilah membuat kesenian tersebut dapat diturunkan dari generasi ke generasi.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Osing Kemiren
Image Credit: Google Maps utomo agit

Desa Wisata Osing ini berada di Kabupaten Banyuwangi. Tepatnya yakni berada di Desa Osing atau Desa Kemiren yang berada di Kecamatan Glagah, Banyuwangi, Provisi Jawa Timur. Jika anda berada di daerah satu ini, maka anda pun memiliki kesempatan untuk mengunjungi dan melihat kesenian yang ada di lokasi satu ini secara langsung.

Untuk jarak tempuh wisata ini dari pusat kota Banyuwangi adalah kurang lebih sejauh 8 hingga 10 kilometer. Dimana, anda pun bisa menempuhnya dalam waktu yakni sekitar 15 menit saja. sedangkan untuk jarak tempuh dari Desa Osing menuju ke Stasiun Karangasem kurang lebih adanya 10 menit saja.

Apabila anda memang memiliki tujuan mengunjungi desa wisata satu ini, maka rute yang bisa anda tempuh adalah melalui Simpang Kota Banyuwangi menuju ke Jalan Jaksa Agung Suprapto. Kemudian, anda pun bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Jalan HOS Cokroaminoto.

Nantinya anda pun akan bisa menemukan persimpangan rel kereta lalu melanjutkan perjalanan menuju pertigaan yang mana terdapat patung Barong. Setelah anda melewati pertigaan tersebut, maka anda pun akan langsung menemukan Gapura Desa Kemiren. Gapura tersebut sebagai penanda bahwa anda telah sampai.

Berikutnya, anda hanya perlu mengikuti jalan saja untuk bisa sampai ke Taman Desa Osing Kemiren. Apabila anda masih bingung dengan rute menuju desa satu ini, maka anda pun bisa langsung menggunakan aplikasi peta digital yakni Google Maps. Selain itu, anda juga bisa bertanya secara langsung kepada penduduk setempat apabila kebingungan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Desa Osing Kemiren
Image Credit: Google Maps mutiara

Berwisata ke Desa Wisata Osing, anda tak perlu takut untuk mengeluarkan kocek yang berlebih. Sebab, wisata ini menawarkan budaya yang murah meriah dan ramah di kantong. Tujuannya adalah agar semua orang menjadi tahu budaya dan adat istiadat yang ada di desa satu ini.

Untuk anda yang berencana mengunjungi wisata ini, maka saat anda memasuki kawasan wisata, anda akan dikenakan biaya tiket masuk yang cukup terjangkau, yakni sekitar 5 ribu rupiah saja per orang. Sedangkan bagi anda yang ingin bermalam dan menyewa pengingapan, anda akan dikenakan biaya sekitar 165 ribu rupiah per kamar.

Biasanya harga tersebut untuk kasur yang memiliki kapasitas dua orang. Apabila anda ingin menambah kasur, tentunya sangat bisa. Sebab, untuk bed tambahan setiap kamar, anda hanya akan dikenakan biaya sekitar 40 ribu rupiah saja. liburan murah meriah sekaligus menyatu dengan budaya masyarakat Osing tentunya dapat menjadi pilihan yang pas.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Desa Osing Kemiren

Kegiatan Menarik di Desa Osing Kemiren
Image Credit: Google Maps Yusup Sanjaya

1. Melihat Berbagai Festival Budaya

Bagi anda yang mencari wisata budaya di daerah Banyuwangi, destinasi berlibur Desa Wisata Osing dapat menjadi salah satu tempat yang bisa anda kunjungi. Hal ini dikarenakan wisata satu ini kerap kali menggelar berbagai macam festival budaya. Bagi anda yang penasaran, bisa saja untuk langsung datang menuju ke desa satu ini.

2. Merasakan Sensasi Menginap di Rumah Adat Suku Osing

Kegiatan seru lain yang bisa anda coba saat berlibur di desa ini adalah menginap di rumah adat Suku Osing. Jika anda kebetulan ingin merasakan sensasi yang dekat dengan alam dan merasakan langsung serunya menginap di sebuah rumah adat, maka desa ini adalah pilihan yang tepat.

Sebab destinasi wisata satu ini menyuguhkan penginapan dengan bentuk rumah adat khas suku Osing. Selain itu, di sekitar penginapan anda pun akan bisa menemukan banyak pepohonan hijau yang mengelilingi. Hal ini tentu saja akan membuat pikiran menjadi lebih rileks ketika anda menghabiskan waktu di tempat satu ini.

3. Hunting Foto

Apabila anda memang memiliki hobi fotografi human interest, maka mengunjungi Desa Wisata Osing dapat menjadi alternatif yang anda sukai. Memotret ragam budaya dan kegiatan yang dilakukan masyarakat suku Osing tentunya menjadi keseruan tersendiri. Dengan mengunggahnya ke media sosial, anda pun turut menyebarkan salah satu budaya Indonesia yang masih terjaga ini.

Fasilitas yang Tersedia di Desa Wisata

Fasilitas di Desa Adat Osing
Image Credit: Google Maps Mutiara Firdaus

Jika berbicara mengenai fasilitas yang terdapat di desa satu ini, maka anda pun akan dibuat terpukau. Sebab, fasilitas yang menunjang kegiatan seni terbilang cukup lengkap di lokasi wisata satu ini. disini, anda akpun akan bisa menemukan anjungan dan juga sanggar tari. Selain itu, apabila anda ingin menginap, maka anda pun akan menemukan tempat untuk bermalam di desa ini.

Tentunya ada yang berbeda dengan penginapan di Desa Wisata Osing dengan penginapan yang lain. Diantaranya adalah karena penginapan disini memiliki bentuk yang mirip dengan rumah suku adat osing. Sehingga, anda pun akan bisa merasakan sensasi menginap di rumah adat suku yang ada di Banyuwangi ini.

Selain itu, anda juga akan menemukan kolam renang dan taman bermain untuk anda. Apabila anda membawa si kecil, tentu saja akan membuat anda bisa datang kesini dengan nyaman tanpa khawatir anak akan menjadi bosan. Bagi anda yang ingin nongkrong, desa satu ini pun juga memiliki warung kopi untuk anda yang ingin menyeruput kopi di pagi atau malam hari.

Itulah beberapa hal yang perlu anda tahu tentang Desa Wisata Osing. Destinasi wisata satu ini memang sangat pas bagi anda yang ingin berlibur mengunjungi tempat yang kaya akan budaya. Sebab, disini anda akan bisa melihat berbagai macam kesenian khas masyarakat Osing secara langsung dari asalnya.