Desa Wisata Pujon Kidul, Objek Wisata Pedesaan Lagi Hits di Malang

Desa Wisata Pujon Kidul

Desa Wisata Pujon Kidul merupakan objek wisata favorit di Malang yang menawarkan banyak hiburan, seperti spot foto keren, wisata kuliner, wahana permainan dan suasana pedesaan yang sejuk.

Harga Tiket: Rp 12.500, Jam Operasional: Pukul 08.00-18.00 WIB, Alamat: Krajan, Pujon Kidul, Kec. Pujon, Kab. Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Desa Wisata Pujon Kidul merupakan tempat rekreasi yang selalu didatangi banyak sekali pengunjung. Setiap hari, ada begitu banyak wisatawan yang datang dari berbagai daerah hanya untuk menyaksikan sendiri keindahan desa ini. Ada begitu banyak keunikan yang wajib Anda jajal di lokasi ini. Hawa sejuk yang berhembus ditambah dengan pesona pemandangan yang masih asri menjadi perpaduan yang sayang dilewatkan. Untuk mengetahui info lebih dalam, yuk simak ulasan berikut.

Daya Tarik Desa Wisata Pujon Kidul

Daya Tarik Desa Pujon Kidul

Image Credit: Twitter.com @kemenkeuri

Malang adalah daerah yang paling sering dijadikan sebagai tujuan wisata para pelancong. pasalnya, di kota tersebut tersapat ribuan wisata yang wajib untuk dinikmati. Salah satu wisata yang sayang jika dilewatkan adalah Desa Pujon Kidul. Wisata bertema alam edukasi yang ramah keluarga.

Penduduk di sekitar desa terkenal dengan keramahannya. Mereka dapat membantu segala kendala yang Anda rasakan selama berekreasi di Desa Wisata ini. Ada begitu banyak dya tarik yang dimiliki wisata ini. Wisata ini tak hanya unggul akan pemandangannya saja, sektor pertanian dan peternakan juga menjadi daya tarik utama bagi kawasan wsiata ini.

Lokasinya cukup strategis dan berdekatan dengan objek wisata lainnya. Di sekitar lokasi wisata juga tersedia beberapa penginapan yang bisa Anda gunakan sebagai akomodasi jika Anda datang dari jauh. Harganya pun cukup bervariatif, tergantung dari jenis kamar dan fasilitas yang ada di dalamnya.

Pujon Kidul merupakan daerah di Kota Malang yang menyimpan sejuta pesona dan wajib untuk dieksplorasi. Saat menuju musim liburan, tempat rekreasi ini selalu dipadati pengunjung yang antusias dengan keindahan Desa Pujon Kidul ini. Ada begitu banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di wisata ini.

Beberapa kegiatan di wisata Pujon Kidul ini bisa dilakukan saat pengunjung sudah membuat janji bersama pihak pengelola. Selain bisa melakukan banyak kegiatan seru, di Desa Wisata Pujon Kidul ini Anda akan mendapatkan beragam fasilitas yang sangat lengkap. Begitu masuk ke dalam lokasi, Anda akan melihat hamparan persawahan dengan spot foto keren yang seakan menyambut.

Hamparan perkebunan dan persawahan akan membuat Anda tidak tahan untuk mengeluarkan kamera dan membidik setiap titik di lokasi tersebut. Desa Pujon Kidul juga sangat cocok digunakan sebagai tempat family time. Pasalnya di sana terdapat Cafe Sawah yang menghadirkan sajian kuliner lezat dan hiburan seru untuk si kecil.

Daya Tarik Desa Wisata Pujon

Image Credit: Twitter.com @dahliamerah90

Anak anak bisa memberi makan ikan, mencari belalang, dan berfoto di sekitaran lokasi. Di Desa Wisata Pujon Kidul ini Anda juga akan menemukan Texas The Eound 78 yang merupakan satu lokasi dengan Cafe Sawah. Texas The Eound 78 merupakan tempat yang didominasi bangunan kayu rustic ala western.

BACA JUGA:  15 Wisata Pantai di Trenggalek yang Hits & Populer

Konsep apik yang diusung dapat dijadikan sebagai latar belakang foto yang dijamin akan menarik. Ada berbagai kegiatan seru yang bsia Anda lakukan di Texas The Eound 78 ini. Beberapa diantaranya yakni off road, hourse riding, dan berbagai kegiatan lain yang mengelilingi luas Pujon Kidul.

Bagi Anda yang ingin berpetualang, Pujon Kidul mempunyai wisata air terjun Coban Pitu dan Coban Manan yang tak boleh dilewatkan. Kedua wisata air ini dapaat memberikan Anda sensasi tersendiri saat mengunjunginya. Baik di Coban Sumber Pitu atau Coban Manan, Anda dapat melakukan kegiatan hiking yang menantang adrenaline.

Selain menyusuri setiap lini keindahannya, desa wisata ini unggul dalam bidang pertanian dan peternakannya. Oleh sebab itu, saat berkunjung ke lokasi ini Anda bisa membawa pulang beragam hasil pertanian dan peternakan khas daerah tersebut sebagai oleh oleh. Mulai dari ragam sayur dan buah hingga berbagai produk susu.

Desa Wisata Pujon Kidul bisa dikatakan sebagai wisata edukasi yang masih menjunjung tinggi nilai budaya daerah setempat. Di sana, Anda bisa menanyakan beragam kegiatan adat yang masih tetap lestari sampai saat ini. Bila beruntung, Anda dapat menyaksikan acara adat yang berlangsung di desa hits ini.

Menariknya, tak butuh banyak dana untuk bisa liburan ke Desa Wisata Pujon Kidul ini. Anda hanya perlu menyiapkan biaya Rp 10 ribuan untuk bisa menikmati berbagai titik keindahan di lokasi tersebut. Jangan lupa membawa sanak keluarga untuk bersama sama menikmati serunya berlibur di wisata unik dan menarik ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Desa Pujon Kidul

Alamat Desa Pujon Kidul

Image Credit: Google Maps (Venn)

Setelah mengetahui berbagai daya tarik yang dimiliki Desa Wisata Pujon Kidul, tentu Anda akan tertarik untuk mengunjunginya. Wisata rekreasi ini terletak di Jalan Beringin, Pujon Kidul, Kabupaten Malang. Lokasi tempat rekreasi ini hanya berjarak sekitar 30,1 km dari pusat Kota Malang.

Anda dapat menempuh perjalanan menuju lokasi dengan menggunakan berbagai jenis kendaraan. Baik itu kendaraan pribadi, maupun angkutan umum yang tersedia di sekitaran area wisata Pujon Kidul. Adapun waktu tempuh perjalanan jika dari arah pusat Kota Malang sekitar 1 jam an.

Saat memasuki kawasan Pujon Kidul, Anda tinggal akan menemukan tikungan dan sebuah gang yang bernama Jl. Beringin. Di gang yang bertuliskan “Pangkalan Ojek Pujon Kidul” ini Anda bisa meneruskan perjalanan hingga mencapai tujuan wisata Anda. Jarak dari gang menuju lokasi sekitar 4 km. Anda diharuskan melanjutkan perjalanan sampai menemukan pertigaan.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Pamekasan Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Sesampainya di pertigaan, pilih arah lurus untuk bisa sampai ke Pujon Kidul. Jika Anda kebingungan, bisa menanyakan arah atau lokasi Desa Pujon Kidul kepada penduduk setempat yang terkenal dengan keramahannya. Selama perjalanan, Anda bisa berhenti sejenak untuk melepas penat dan mengisi perut ke berbagai kedai di sekitar lokasi wisata.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Desa Pujon Kidul

Kegiatan di Desa Pujon Kidul

Image Credit: Google Maps (Wahyu Yudi)

1. Mengendarai Motor Trail dan ATV

Desa Wisata Pujon Kidul pada dasarnya memiliki kontur tanah tidak merata yang cukup menantang. Anda yang ingin memacu adrenaline dapat mengendarai motor trail atau ATV untuk mengelilingi lokasi wisata ini. Adapun ATV atau sepeda trail di lokasi tersebut merupakan fasilitas yang disediakan khusus untuk menunjang kenyamanan pengunjung.

Untuk fasilitas ATV, pengunjung bisa menaikinya sebanyak 10 kali putaran. Sementara motor trail, pengunjung diberi kesempatan untuk mengelilingi lokasi selama 7 kali putaran. Kontur tanah yang bergeronjal sangat cocok untuk Anda para pencinta olahraga ekstrim. Tak akan cukup sekali mencoba kegiatan yang sangat menyenangkan ini.

2. Berkeliling Sambil Menunggangi Kuda

Ada kegiatan lain yang tak kalah menyenangkan yang wajib Anda coba, yakni berkeliling menunggangi kuda. Menikmati pemandangan alam sekitar sambil berkuda akan memberi sensasi tersendiri bagi Anda. Tak perlu takut jika Anda belum berpengalaman menunggangi kuda. Pasalnya, pihak pengelola akan mendampingi Anda selama menaikinya.

3. Melihat Aktivitas Peternak Sapi

Potensi lain yang wajib Anda nikmati di Desa Pujon Kidul ini adalah aktivitas peternak sapi yang begitu menakjubkan. Para pengunjung dipersilahkan untuk melihat aktivitas peternak yang sedang memerah susu sapi. Tak hanya itu, ada kegiatan lain yang bisa Anda nikmati, mulai dari memerah, distribusi, hingga membelinya ke pedagang secara langsung.

Proses pemerahan susu sapi biasanya dilakukan 2 kali sehari yaknbi di pagi atau sore hari. Kemudian, susu yang sudah diperah akan langsung dibawa ke koperasi untuk diproses. Setelah melewati proses, susu segar akan dikumpulkan dan didistribusikan lebih lanjut ke beberapa KUD yang berada tak jauh dari lokasi.

Kegiatan di Desa Pujon

Image Credit: Twitter.com @puspitafm

4. Menikmati Keelokan Matahari Bukit Amping

Masih di kawasan Desa Wisata Pujon Kidul, ada sebuah bukit bernama Amping yang menjadi lokasi tepat untuk melihat matahari tenggelam maupun terbit. Sinar matahari yang terjebak dalam celah bukit memberi panorama langit yang wajib untuk diabadikan. Jangan lupa bawa kamera untuk membidik momen yang menakjubkan ini.

BACA JUGA:  12 Oleh-Oleh Khas Jember yang Wajib Anda Bawa Pulang

5. Berburu Foto yang Unik dan Menarik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Desa Pujon Kidul ini banyak spot foto menarik yang bisa dijadikan sebagai lahan berburu foto menarik. Bukan tanpa alasan, lokasi ini memang menawarkan pesona estetik yang sulit di temukan di tempat lain. Apalagi saat Anda mengunjungi wisata ini pada sore hari saat langit sedang canti cantiknya.

Sebagai tambahan informasi untuk Anda, Desa Wisata Pujon Kidul ini telah mendapatkan perhatian baik oleh pemerintah daerah. Terbukti dengan adanya pengembangan berupa penataan lokasi yang apik. Tak hanya itu, di beberapa titik juga disediakan spot foto menarik yang semakin menunjang pesona wisata pedesaan ini.

Fasilitas yang tersedia di Desa Wisata Pujon Kidul Malang

Fasilitas di Desa Wisata Pujon

Image Credit: Google Maps (Gerald Pohan)

Pemerintah daerah dan pihak pengelola wisata ini benar benar totalitas dalam mengelola Desa Pujon Kidul. Terbukti dengan berbagai fasilitas yang cukup lengkap di wsiata tersebut. Dengan harga yang tidak terlalu mahal, Anda sudah mendapatkan berbagai wahana dan fasilitas lengkap di wisata ini.

Adapun faslitas yang akan Anda dapatkan mulai dari gazebo, toilet, mushola, warung, ATV, trail, cafe kontemporer, area parkir yang luas, spot foto menarik, dan masih banyak lagi. Sembari menikmati pemandangan sekitar, Anda dapat mengisi perut yang lapar dengan mencicipi beragam kuliner yang dijual di tempat tersebut.

Tips Berkunjung ke Desa Wisata Pujon Kidul

Tips ke Desa Pujon Kidul

Image Credit: Goodnewsfromindonesia.id

Hal utama yang harus Anda perhatikan sebelum berkunjung ke Desa Wisata Pujon Kidul adalah menyiapkan fisik. Seperti yang telah Anda ketahui, jarak menuju lokasi memiliki medan perjalanan yang tidak merata. Di satu sisi, jalanan akan berubah menjadi sangat licin menjelang musim hujan. Hal ini dikarenakan sebagian besar bentuk jalanannya masih berupa tanah liat.

Setelah menyiapkan fisik yang sehat. Tips selanjutnya adalah menggunakan pakaian yang cocok digunakan di luar ruangan. Karena perjalanannya akan melintasi hutan, maka sebaiknya kenakan busana yang nyaman dan longgar. Meski cuaca disana cukup sejuk, ada baiknya untuk menggunakan baju panjang yang tipis agar terhindar dari gigitan serangga.

Jangan lupa untuk membawa payung atau penutup kepala untuk melindungi diri dari panasnya cuaca atau saat musim hujan. Bawa pula tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Gunakan pakaian yang nyaman agar saat menggunakan berbagai fasilitas seperti trail, atau ATV tidak ada kendala karena pakaian yang salah.

Desa Wisata Pujon Kidul wajib dijadikan sebagai tujuan berwisata untuk mengisi waktu liburan. Di daerah tersebut, ada ribuan pesona yang wajib untuk Anda eksplor. Anda yang datang dari jauh tak perlu khawatir soal akomodasi. Pasalnya, di sekitaran lokasi Anda akan menemukan banyak hotel dan penginapan dengan harga yang tak menguras kantong.