Harga Tiket: Rp 55.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pulesari, Wono Kerto, Kec. Turi, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Setiap daerah di Indonesia memang selalu saja ada tempat yang menarik untuk anda kunjungi. Seperti halnya Jogja yang tidak pernah absen untuk menawarkan tempat tempat wisata yang baru. Perkembangan wisata di Jogja memang tidak main main. Desa Wisata Pulesari misalnya, keindahan dan juga aktivitas yang ditawarkan bisa menjadi alternatif liburan anda di Sleman.

Sebenarnya desa wisata hits ini bukanlah destinasi yang baru, karena sudah dibentuk dari tahun 2012. Masyarakat sekitar yang memiliki ide kreatif ini, awalnya Desa Pulesari menjadi lokasi budidaya salak. Lambat laun berkembang dengan tambahan banyak aktivitas seru, salah satunya outbound yang kondang. Jika penasaran dengan pesonanya, anda simak ulasan berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Desa Wisata Pulesari

Daya Tarik Desa Wisata Pulesari
Image Credit: Google Maps Muhammad Fajri

1. Suasana Desa yang Asri

Desa Pulesari, menjadi objek wisata yang akan mengajak pengunjung untuk merasakan suasana pedesaan yang nyaman. Jauh dari ramai perkotaan, bisa dijadikan sebagai lokasi untuk menenangkan diri. Udaranya yang sejuk dengan alam yang masih terjaga akan membuat anda betah. Apalagi jika sehari hari anda memang tinggal di area perkotaan.

Dari bagian utara Desa, anda bisa menikmati megahnya Gunung Merapi. Sementara di bagian selatan, pemandangan Bukit Barisan akan menyambut anda. Pesonanya akan semakin berlipat ketika malam hari. Desa wisata Pulesari di bagian selatan ini akan sangat cantik, anda bisa menikmati cahaya lampu dari kejauhan yang memberikan suasana romantis.

2. Wisata Budaya

Tidak hanya memiliki alam yang indah, budayanya sampai saat ini juga masih dijaga dengan baik oleh masyarakat sekitar. Seperti halnya dengan desa wisata lainnya, kearifan lokalnya memang tidak dihilangkan sama sekali. Kesenian tradisionalnya sampai saat ini masih berkembang. Seperti halnya Tari Kubro Siswo, Kesenian Gobyok Sari, Tari Salak sampai dengan Kesenian Klenting Sari.

Dengan kehadiran kesenian tersebut semakin membuat Desa Wisata Pulesari berbeda dengan lainnya. Pengunjung bisa menyaksikan tarian tarian tersebut di waktu waktu tertentu. Selain tarian, wisatawan juga bisa mengintip kerajinan tangannya. Lewat sajian kulinernya, juga ada jejak budaya yang perlu untuk anda ketahui.

3. Agrowisata Salak

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, awal ide desa wisata ini memang dari budidaya salaknya. Hasil salak dari Desa Pulesari bahkan sudah masuk ekspor ke luar negeri. Hasil panen salaknya juga diolah menjadi banyak produk, dari makanan tradisional sampai dengan makanan yang modern. Dimana para ibu rumah tangga lah yang banyak mengolahnya.

Bahkan di Desa Wisata Pulesari anda bisa menemukan Museum Salak yang sudah ada sejak tahun 2013. Museum ini menjadi media informasi bagi masyarakat ataupun wisatawan. Wisatawan yang ingin lebih tahu tentang budaya daya salak, masyarakat akan dengan senang hati membantu. Dari cara mengelola sampai bercocok tanam sekalipun.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Desa Wisata Pulesari
Image Credit: Google Maps Pitono Sary

Untuk anda yang berniat untuk mengunjungi desa wisata di Sleman ini, anda harus mengetahui alamatnya. Desa wisata salak ini berada di Dusun Pulesari, Desa Wonokerto, Kec. Turi, Sleman, DI Yogyakarta. Jika dari pusat kota anda membutuhkan jarak tempuh sekitar 23 km. Apabila lalu lintas sedang normal, butuh waktu sekitar 45 menit ke lokasi.

Rute menuju lokasi wisata Sleman ini sebenarnya tidaklah sulit. Hanya saja medannya menuntut para pengguna kendaraan untuk fokus karena jalannya menanjak juga berkelok. Bagi anda yang memulai perjalanan dari pusat Jogja, silahkan arahkan kendaraan ke barat lewat Jl. K. H Ahmad Dahlan. Selanjutnya anda bisa lurus hingga melewati perempatan.

Perjalanan menuju Desa Wisata Pulesari dilanjutkan dengan belok utara di perempatan, tepatnya menuju Jl. Letjen Suprapto. Anda tinggal lurus di jalan ini hingga menemukan pertigaan pertama, ambil belok kanan di Jl. Tentara Rakyat Mataram. Masih lurus, sampai anda melewati Jl. Tentara Pelajar juga Jl. Magelang.

Jika anda sampai pada pertigaan, ambil belok kanan untuk menuju ke Jalan Turi. Dari sini perjalanan anda lurus saja sampai bertemu belokan dan arahkan kendaraan ke kiri. Lurus kemudian di pertigaan berikutnya ambil kanan. Ada beberapa petunjuk arah yang akan membantu anda menuju Desa wisata hits ini, atau bisa mengandalkan gps anda.

Harga Tiket Masuk Desa Wisata

Harga Tiket Masuk Desa Wisata Pulesari Sleman
Image Credit: Google Maps Dewan Pemuda-Pemud

Anda bisa berkunjung setiap hari dari Senin sampai dengan hari Minggu. Tetapi untuk jam bukanya tergantung dari harinya, Senin sampai Jumat mulai jam 07.00 pagi sampai dengan 18.00 WIB. untuk weekend, akan buka selama 24 jam sehingga bisa datang jam berapapun. Desa Pulesari juga tidak dipungut biaya, hanya saja jika akan outbound ada beberapa paket pilihan.

Tersedia empat paket wisata yang bisa pengunjung pilih, dari paket 1 sampai paket 4. Harga dibanderol mulai dari Rp 55 ribu sampai dengan Rp 105 ribu. Di dalam paket paket tersebut, anda akan menikmati banyak wahana ataupun aktivitas. Paket ini tentu akan lebih terjangkau untuk anda yang datang dalam rombongan.

Biasanya dalam paket juga sudah termasuk makan serta penginapan. Pengunjung juga harus menyiapkan budget untuk membayar parkir kendaraan. Harga tarif parkir mulai dari Rp 2 ribu hingga Rp 5 ribu tergantung jenis kendaraan. Perlu anda ketahui jika harga tiket masuk Desa Wisata Pulesari paket outbound bisa naik sewaktu waktu.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Desa Wisata Pulesari

Kegiatan Menarik Desa Wisata Pulesari
Image Credit: Google Maps Ahmad Anwar

1. Outbound

Outbound yang berada di desa wisata terkenal ini memang yang paling terkenal. Pengunjung yang datang dengan rombongan, baik keluarga ataupun teman teman bisa mencobanya. Pengelola memang menyediakan outbond yang bertujuan untuk melatih para peserta, selain itu juga agar bisa menyesuaikan diri dengan baik.

Dalam prosesnya anda juga akan diajak untuk melakukan banyak permainan yang seru. Mulai dari tangga tebing yang bergoyang, melewati jaring rintangan air, merangkak di atas ban air sampai dengan kegiatan lompat ban di atas air. Kegiatan seru seperti menangkap ikan juga bisa dilakukan. Aktivitas alam terbuka ini tentu akan memberikan anda pengalaman seru.

2. Tracking di Hulu Sungai

Seperti yang disinggung sebelumnya, Desa Pulesari memiliki alam yang masih terjaga. Anda tidak hanya bisa menemukan pemandangan gunung, tetapi juga sungai. Aliran Sungai Krasak, Sungai Bedog juga aliran irigasi mengitari desa ini. Sehingga anda bisa melakukan kegiatan tracking di hulu sungai sekalian menikmati keindahan desanya.

Rute tracking sengaja dibuat melewati aliran sungai dengan pesona pedesaan yang begitu hijau dan asri. Air sungainya yang bersih karena dari sumber alami langsung akan memberikan sensasi tersendiri. Pengunjung juga bisa menemukan beberapa wahana seru yang sengaja dihadirkan oleh pengelola Desa Wisata di Sleman ini.

3. Menikmati Pertunjukkan Seni

Tidak hanya tracking dan menikmati alamnya, pengunjung juga bisa menyaksikan pertunjukkan seni yang menarik. Salah satu pertunjukkan yang sering ditampilkan yakni Seni tari Kobro yang dimulai dari penari anak anak sampai usia dewasa. Masing masing babaknya akan membuat anda terpesona dengan para penampilan penari di Desa Wisata Pulesari ini.

Kegiatan Menarik di Desa Wisata Pulesari
Image Credit: Instagram Dewan Pemuda-Pemudi Tajem RT03

4. Agrowisata Kebun Salak

Agrowisata Kebun Salaknya juga menjadi aktivitas yang begitu menyenangkan. Anda bisa melakukan petik salak secara langsung di kebun yang ada. Namun pengunjung harus membayar semua salak yang dipetik maupun di makan. Anda juga bisa sekalian membeli buah tangan berupa olahan salak ataupun buahnya yang memang kualitas super.

5. Staycation di Desa Pulesari

Jika anda ingin merasakan keindahan alam dan suasana desanya lebih lama, maka jangan sampai melewatkan aktivitas Staycation. Homestay yang ada di desa wisata ini memang sudah memberikan fasilitas yang cukup memadai. Anda juga bisa sekalian menenangkan pikiran. Dengan udara sejuk dan juga pemandangan yang tidak akan membuat anda bosan.

6. Berburu Spot Instagramable

Sekalipun termasuk wisata alam kreatif, anda tetap bisa menemukan spot spot yang kekinian. Maka dari itu, anda juga bisa sekalian berburu foto yang instagramable. Apalagi jika berfoto di spot alamnya yang indah, dimana belum tentu anda bisa menemukan spot yang sama di lokasi lainnya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Desa Wisata

Fasilitas Desa Wisata Pulesari Sleman
Image Credit: Google Maps Adi Bowo Laksono

Desa Wisata Pulesari tidak hanya menawarkan banyak aktivitas liburan yang menyenangkan. Tetapi juga menyediakan fasilitas pendukung yang terbilang memadai. Apalagi kawasan wisata di Sleman ini juga terjaga kebersihannya. Fasilitas umum yang bisa digunakan mulai dari toilet umum, toilet ini tidak dipungut biaya apapun.

Selain itu bagi anda yang ingin beribadah, anda juga bisa menemukan masjid maupun mushola. Area parkir kendaraan terbilang luas, sehingga bisa menampung banyak kendaraan pengunjung. Gardu gedek dan gardu ronda juga tersebar untuk dijadikan sebagai tempat pengunjung sekedar beristirahat.

Bagi anda yang ingin mencoba kegiatan yang seru, anda juga bisa menyewa sepeda ontel untuk berkeliling. Tidak jarang banyak juga yang mengadakan acara tertentu di kawasan Desa Wisata ini. Kegiatan pertemuan, seminar ataupun sarasehan bisa menyewa proyektor. Bagi anda yang ingin menginap di Desa Pulesari, tersedia homestay yang disewakan.

Menikmati keindahan desa tentu tidak bisa dirasakan oleh semua orang. terutama mereka yang tinggal di area perkotaan, dengan kehadiran desa wisata pengunjung akan merasakan pengalaman berbeda. Bisa mencoba banyak hal menyenangkan dan juga menikmati suasananya. Desa Wisata Pulesari di Sleman menjadi tujuan yang menyenangkan untuk liburan.