Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 08.00-21.00 WIB, Alamat: Jl. Soekarno-Hatta No.49, Ngemple, Kec. Bawen, Kab. Semarang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Semarang dilalui oleh banyak sungai sebagaimana Kota Venesia. Oleh karena itu, Semarang dikenal dengan Venetie Van Java. Selain menampilkan suasana kota yang unik, Semarang juga memiliki beragam tempat menarik, salah satunya wahana wisata yang menggabungkan konsep alam, tradisonal dan modern yaitu Dusun Semilir Eco Park. Objek wisata ini yang wajib Anda kunjungi untuk mendapatkan suasana baru dan pengalaman berbeda di Kota Semarang.

Eco Park ini merupakan wisata buatan yang berada di tengah kota. Perpaduan antara konsep alam, budaya yang dikemas modern membuat obyak ini semakin edukatif. Banguan disini menggunakan arsitektur modern dengan latar belakang keindahan alam. Bagunan lainnya terbuat dari bambu dengan bentuk menyerupai stupa Candi Borobudur.

Obyek wisata Dusun Semilir Eco Park ini tergolong wisata baru di Kota Semarang. Tepatnya dibuka pada bulan Mei tahun 2019 silam. Memiliki luas 14 hektar membuat obyek wisata ini terlihat megah. Wisata ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menghabiskan banyak waktu dengan keluarga atau orang terkasih.

Daya Tarik yang Dimiliki Dusun Semilir Eco Park

Daya Tarik Dusun Semilir Eco Park
Image Credit: Twitter.com @getlostidn

1. Jembatan Senggol

Jembatan senggol merupaka bangunan seperti lorong memanjang di atas desa dengan jalan yang berliku-liku dan sedikit menurun. Atap dari jembatan ini terbuat dari anyaman bambu yang teratur dan indah. Tak lupa tergantung ornament cantik seperti pita-pita, pot-pot tanaman hias dan lampion. Senajang perjalanan Anda dapat berfoto ria.

2. Alas Tirta

Alas Tirta merupakan wahana yang wajib Anda kunjungi di Dusun Semilir Eco Park. Berbeda denggan wahana-wahana lainnya, wahana ini menunjukkan konsep alam. Di sana Anda akan bertemu dengan kolam, habitat berang-berang. Anda dapat menyaksikan aktifitas berang-berang seperti berenang dan bermain air. Anda dapat berswafoto dengannya atau bersama dengan keluarga Anda.

Setelah itu, Anda akan bertemu dengan kolam air. Di tengah-tengah kolam tersebut terdapat jembatan yang menghubungkan Anda menuju patung manusia dengan ornament tumbuhan. Spot ini merupakan spot paling menarik bagi pengunjung karena memberikan kesan natural dan eksotis.

3. Alun-Alun Eropa

Ingin menikmati liburan ala bangunan Eropa? Tidak usah jauh-juah. Karena di Dusun Semilir ini terdapat area Alun-Alun Eropa. Di Alun-alun Eropa ini mengunjung akan disuguhi bangunna -bangunan dengan arsitektur Eropa. Nuansa yang diberikan beragam warna seperti kota indah Venesia, Maroko, Mikenos dan Santorini.

Selain menikmati keindahannya, ada bisa berkeliling ke bangunan-bangunan itu dan berfoto-foto. Bangunan ini selain menarik perhatian juga memberikan edukasi kepada pengunjung mengenai perbedaan budaya antara Eropa dan Indonesia yang dilihat dari konsep arsitektur bangunanya.

Daya Tarik Semilir Eco Park
Image Credit: Google Maps (Ilham Imtichan)

4. Truwelu Park

Seperti namanya, area ini berisi hewan lucu yang truwelu. Truwelu merupakan hewan mirip kelinci. Lokasinya berada di sebelan jalan menuju stasiun kereta. Taman truwelu dapat Anda kunjungi untuk melihat dan berswa foto dengan binatang ini. Atau bagi Anda yang membawa anak-aank sangat cocok diajak kesini.

5. Stasiun Kereta

Bagi Anda yang ingin berkeliling Dusun Semilir Eko Park tetapi malas jalan kaki, maka Anda naik kereta. Langsung saja menuju stasiun kereta dengan membayar tiket seharga Rp 15.000 per orang. Dalam satu kereta dapat diisi sekitar 20 orang. Dengan naik kerta Anda akan diajak untuk berkeliling Desa Semilir dan melihat berbagai macam wahan lainnya.

Biasanya dalam weekend pengunjung sangat padat di wahan ini. Bila Anda tidak ingin antrian yang panjang sebaiknya Anda jangan berkunjung sewaktu weekend. Namun apabila Anda kebetulan pas weekend Anda dapat memilih wahana ini untuk pertama kali dicoba. Nikmati penadangan berkleiling desa dengan suasana asri nan estetik.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Dusun Semilir
Image Credit: Google Maps (Dewi Riyantiii)

Lokasi Dusun Semilir berada di Jalan Soekarno-Hatta No. 49, Ngemple, Bawen, Ngemplak, Semarang, Jawa Tengah. Apabila Anda bernagkat dari pusat Kota Semarag maka Anda harus menempuh perjalanan sejauh 37 kilometer dengan waktu kurang lebih 40 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Apabila Anda berasal dari arah Salatiga, membutuhkan waktu tempu sekitar 23 menit dengan kendaraan bermotor. Jarak antara Salatiga dan Eco Park ini sekitar 14,8 kilometer. Sementara bagi Anda yang dari ara Surakarta berjarak sekitar 77 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 15 menit.

Menuju Dusun Semilir melalui dua kota tersebut dapat menggunakan jalan tol. Kemudian, sekitar 1,5 kilometer lagi Anda akan sampai ke kawasan Eco Park dengan jarak 1,5 kilometer dari exit tol Bawen. Setelah keluar tol Bawen Anda berbelok ke kanan (utara) menuju jalan utama Semarang. Lalu tepat di sebelah kiri jalan destinasi berada.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Dusun Semilir
Image Credit: Google Maps (Dick Indra)

Untuk menikmati keindahan Dusun Semilir Eco Park Anda tidak perlu merogoh ksntong dalam-dalam. Tiket masuk lokasi wisata haya sebesar Rp 20.000, dengan harga ini Anda sudah bisa berfoto di tempat-tempat yang instagramable. Sementara untuk jam operasionalnya buka pukul 08.00 – 21.00 WIB.

Untuk harga normal, Anda dapat menikmati wahana perosotan warna-warni dengan membayar tiket Rp 15.000 dan tiket kereta sebesar Rp 20.000. Selain itu, bagai Anda yang tertarik untuk naik perahu Anda bisa menambah Rp 15.000 dan Rp 5.000 untuk fotografernya. Anda dapat memesan tiket secara lagsung ataupun online.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Dusun Semilir

Kegiatan Menarik di Dusun Semilir
Image Credit: Twitter.com @enjoyjateng

1. Melihat Serba-Serbi Warisan Indonesia

Setelah memasuki pintu masuk wisata Dusun Semilir Eco Park Anda akan disajikan dengan pameran budaya Indonesia. Segala pernak-pernik yan Indonesia banget ada di sana. Contonhya kain batik, anyaman, kerjainan tangan, gerabah dan lainnya. Yang lebih spesial lagi produk-produk itu bautana anak negeri sendiri.

Disini Anda juga akan melihat pohon-pohon besar yang dihiasi beragam aksesoris. Seperti lampu-lampu yang berkerlap kerlip, bunga-bunga buatan, dan tokoh wayang. Atapnya dihiasi dengan bambu dan stannya dikonsep gubuk beratap jerami yang menambah kesan tradisional. Anda dapat memanfaatkan spot ini untuk berfoto.

2. Berseluncur di Perosotans Warna-Warni

Sebelum menikmati sensasi berseluncur Anda harus membeli tiket terlebih dahulu. Anda juga harus memiliki tinggi minimal 120 centimeter. Jika kedua syarat lengkap Anda dapat antri menuju seluncuran warna-warni. Perosotan ini bernama Perosotan Kandangan. Karena menuju area perosotan berupa lingkaran yang mirip kendang burung.

Tidak hanya bangunanya saja yang menyerupai kendang burung, tetapi di bagain tengah tedapat sarang burung. Anda akan berjalan melingkari bagunan tersebut dengan menyaksikan pemadangan desa dari atas. Sesampainya di puncak Kndangan Burung Anda akan bertemu dengan Owl Café yang berfungsi untuk istirahat sekaligus menunggu antrian.

Anda akan berseluncur di perosotan dengan menggunakan bak mandi yang telah disiapkan oleh pengelola. Anda dapat memilih ingin berseluncur di perostotan warna apa. Ada hiaju, merah, kuning, ungu, biru, orang edan lainnya. Perosotan dengan tinggi 30 meter dan panjang 150 meter siap menguji nyali Anda.

3. Bersefie Ria, di Berbagai Spot Yang Instagramable

Konsep estetik dari Dusun Semilir Eco Park sangat pas untuk Anda yang menyukai fotografi. Setiap sudut wahaya selalu dikonsep dengan ornamen-ornamen yang cantik. Sepanjanga Anda meneglilingi lokasi ini Anda akan disuguhkan pemandangan alam sekaligus nuansa rustic dari setiap bangunannya.

Image Credit: Instagram.com @leniayui

4. Naik Perahu di Dermaga Venesia

Ketika Anda berada di Alun-alun Eropa Anda akan diajiakan bangunan kota-kota indah di Eropa dengan aliran sungai kecil di sekelilingnya. Ketika sampai di Venesia, Anda dapat menuju Dermaga Venesia untuk naik perahu. Biaya tiket naik perahu ini sangat murah yaitu sekitar Rp 25.000.

Berkeliling menggunakan perahu akan meberikan sensasi tersediri. Akan akan diajak menyusuri sunagi di tengah kota ala Eropa. Air yang bersih mmebuat sungai ini sangat indah sebagai latar belakang foto Anda. Bagi Anda yang ingin mengabadikan momen disini Anda dapat menambah Rp 5.000 dan di fotokan oleh fotografer profesional.

5. Bersantai di Area Plataran

setelah Anda melewati jalan kenangan Anda akan meju ke sebuah rest atea yang disebut dengan area plataran. Lokaisnya sangat luas dengan kursi-kursi santai yang telah disediakan. Bagi Anda yang berkunjung dengan keluarga, anak-anakdaoat bermain di area ini. Terdapat wahana trampolin, permianan sepeda dan spot foto yang unik.

Bagi Anda yang menginginkan suasana cerah Anda dapat berfoto di area ini pada siang hari. Namun bagi Anda yang meninginkan suasana romantis Anda dapat kesini pada malam hari. Karena terdapat bohlam lampu yang unik dan hiasan lampu warna-warni lainnya yang semakin mempercantik hasil fotomu.

6. Menikmati Lezatnya Kuliner Lokal dan Dunia

Tak terlepas dari konsepnya yang mengusung gaya klasik dan modern, di Dusun Semilir terdapat food court dengan berbagai acam kuliner khas nusantara maupun mancanegara. Selain membuat perut Anda nyaman Anda akan disuguhkan pemandangan dari berbagai macam sisi. Karena di area ini terdapat kurang lebih 2 tempat kuliner.

Khusus di area food court Anda harus mengisi top up saldo karena pembayarannya dilakukan secara digital. Di hari-hari tertentu Anda cukup menukarkan voucher dari tiket Anda untuk mendapatkan paket makanan dan minuman. Hal itu dikarenakan adanya diskon yang diberikan oleh pengelola.

Fasilitas yang Tersedia di Dusun Semilir Eco Park

Fasilitas Dusun Semilir Eco Park
Image Credit: Google Maps (Nabilah)

Obyek wisata Dusun Semilir menyediakan fasilitas yang lengkap bagi para pengunjung. Area parkiran yang luas, dapat menampung wisatan yang menggunakan kendaraan bus, mobil dan sepeda motor. Parkiranpun aman karena sudah ada petugas sendiri yang menjaganya.

Fasilitas lainnya adalah tempat ibadah dan toilet yang letaknya di stan kuliner sepoi-sepoi. Anda tidak perlu khawatir, toilet umumnya luas dengan pembagian ruangan antara laik-laki dan perempuan. Yang paling utama tolirnya terawat dan bersih. Karena pengelola sudah menyediakan petugas kebersihan tersendiri.

Tersedia juga stan-stan kuliner yang menyajikan berbagai menu nusantara maupun mancanegara. Pastikan Anda tidak membawa makan dari luar area Dusun Semilir. Karena akan menggaggu ketertiban di area wisata. Selain itu juga tersedia tempat oleh-oleh bagi Anda yang ingin membawa buah tangan bagi keluarga di rumah.

Tidak ketingggalan juga, wisata Eco Park ini sangat cocok untuk siapun yang ingin berkunjung. Bahkan bagi penyandang disabilitas diberikan fasilitas khusus. Pengelola telah menyediakan jalur tertentu untuk mereka. Sehingga semua wisatawan merasa nyaman dan tidak akan terganggu antara yang satu dengan yang lainnya.

Itulah informasi lengkap mengenai objek wisata hits Dusun Semilir Eco Park di Semarang. Setelah berkunjung ke sana, Anda akan mendapatkan pengalaman yang menarik dan berbagai macam edukasi mengenai lingkungan, alam, budaya, dan modernitas. Pastikan diri Anda untuk membawa peralatan secukupnya dan selalu menjaga ketertiban.