Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Raya Duyung Trawas Hill, Buntal, Duyung, Kec. Trawas, Kab.Mojokerto, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Dalam hal memilih destinasi liburan yang menyenangkan, mungkin masih banyak orang yang merasa kebingungan karena saat ini ada banyak sekali tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi di berbagai daerah di Indonesia. Namun tenang saja, kami telah menyajikan rekomendasi salah satu tempat wisata lengkap dan menarik yang dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda, yakni Duyung Trawas Hill (DTH).

Duyung Trawas Hill merupakan sebuah destinasi wisata hits bagi keluarga bertemakan alam yang terletak di Mojokerto, Jawa Timur. Pada hari libur atau akhir pekan, tempat ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang hendak melepas penat sambil menikmati suasana alam.

Daya Tarik yang Dimiliki Duyung Trawas Hill

Daya Tarik Duyung Trawas Hill
Image Credit: Google Maps totok saja

Objek wisata menarik yang satu ini sudah cukup lama beroperasi, yakni sejak tahun 2013 silam. Berbagai macam jenis arena wisata yang tersedia dalam kawasan ini antara lain adalah waterpark, penginapan, kebun binatang mini, arena outbound, playground, spot foto, air terjun, dan masih banyak lagi.

Daya tarik lainnya yang ditawarkan oleh DTH ini adalah suasana alamnya yang sangat nyaman. Wisatawan yang mengunjungi kawasan ini dapat dipastikan akan betah berlama-lama, karena udara khas pegunungannya yang cukup sejuk. Tak hanya itu, pemandangan alam di sekitar kawasan ini juga cukup indah, sehingga pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan wisata sambil menikmati indahnya pegunungan serta pepohonan yang asri dan rindang. Adapun beberapa daya tarik yang dimiliki oleh Duyung Trawas Hill adalah sebagai berikut :

1. Waterpark

Selain outbound, arena lainnya di yang paling banyak menarik minat pengunjung adalah waterpark, atau arena kolam renang. Waterpark yang tersedia dalam kawasan wisata yang sangat ngehits ini sangatlah menarik, karena terdapat beberapa sarana permainan air yang seru, serta pemandangan pegunungan yang sangat indah. Oleh sebab itu, banyak sekali pengunjung dari berbagai usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa yang tertarik untuk menghabiskan waktu dan bersenang-senang di area kolam renang ini.

Sarana permainan air yang tersedia di area ini di antaranya yaitu perosotan dari beberapa ketinggian, buket air otomatis, air mancur jamur, dan masih banyak lagi. Selain itu, tersedia 2 buah kolam renang dengan kedalaman air yang disesuaikan, yakni kolam renang anak serta kolam renang dewasa. Untuk dapat menikmati fasilitas ini, pengunjung dapat membeli tiket tambahan yang tersedia pada loket di dekat pintu masuk waterpark.

2. Playground

Bagi pengunjung yang membawa serta anak-anak, arena playground ini menjadi salah satu arena yang wajib untuk dikunjungi. Pasalnya, ada banyak sekali permainan yang pastinya seru dan menyenangkan untuk anak-anak. Oleh sebab itu, apabila Anda mengunjungi Duyung Trawas Hills bersama anak-anak, tak lengkap rasanya apabila tidak mengajak anak Anda bermain di arena playground ini.

Ada banyak sekali jenis permainan anak yang tersedia dalam arena bermain ini, seperti ayunan, perosotan, jungkat jungkit, sampai dengan permainan pasir. Beragam sarana permainan anak yang lengkap ini tentu ampuh membuat anak-anak nyaman dan betah menghabiskan waktu untuk bermain dan semakin mengenal lingkungan sekitar.

Daya Tarik Dimiliki Duyung Trawas Hill
Image Credit: Google Maps Rosiana Sidhayatra

3. Air Terjun

Daya tarik lain di kawasan wisata hits ini yang paling banyak digemari pengunjung adalah air terjunnya. Air terjun yang berada di dekat kawasan ini memiliki nama Air Terjun atau Curug Duyung Trawas Hill. Untuk dapat mengunjungi lokasi ini, pengunjung dapat melakukan perjalanan lanjutan dengan trekking melalui jalur yang sudah tersedia. Namun tenang saja, jalur trekking ini tidaklah sulit, sehingga tidak memakan waktu yang lama untuk dapat sampai ke air terjun.

Sesampainya di curug, pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang sangat asri dan menawan. Banyak sekali pengunjung yang menghabiskan waktu dengan berenang ataupun bermain-main di sekitar area air terjun ini, karena airnya yang sangat sejuk sehingga membawa kesegaran tersendiri setelah lelah melakukan trekking. Untuk itu, pengunjung disarankan membawa pakaian ganti apabila hendak berenang di area ini.

4. Mini Zoo

Sesuai dengan namanya, mini zoo ini merupakan area kebun binatang mini yang menghadirkan berbagai macam hewan untuk dilihat, seperti beberapa jenis burung, ayam, ikan, kelinci, dan masih banyak lagi. Untuk itu, mini zoo ini sangat menarik untuk dikunjungi, terutama bagi para pengunjung yang membawa anak-anak.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Alamat Duyung Trawas Hill
Image Credit: Google Maps Isna zulvia

Duyung Trawas Hill terletak di lokasi yang cukup strategis, yakni di Jl. Raya Duyung Trawas Hill, Buntal, Desa Duyung, Kec. Trawas, Mojokerto, Jawa Timur (sekitar 40 kilometer dari pusat kota Mojokerto). Rute menuju lokasi ini dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi baik mobil ataupun motor dari arah Mojosari, Mojokerto menuju ke Desa Duyung atau Desa Tangguh. Sesampainya di Desa Duyung, pengunjung sudah dapat mengikuti petunjuk jalan yang telah dipasang di berbagai sudut menuju ke lokasi objek wisata.

Untuk dapat masuk ke objek wisata, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000/orang. Biaya ini belum termasuk biaya tiket tambahan, seperti tiket waterpark, tiket outbound, tiket ke air terjun, dan beberapa arena lain yang tersedia. Untuk tiket masuk waterpark, harga yang ditetapkan yakni sebesar Rp 25.000 saat hari biasa, dan Rp30.000 di hari libur. Sementara itu, harga tiket masuk ke lokasi air terjun yakni sebesar Rp 10.000, dan tiket outbound mini Rp 20.000 per orangnya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Duyung Trawas Hill

Kegiatan Menarik Duyung Trawas Hill
Image Credit: Instagram adeliyapurwanti.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada banyak sekali ragam aktivitas yang dapat dilakukan di Duyung Trawas Hill. Kawasan wisata menarik yang satu ini memang menyediakan berbagai macam ragam aktivitas yang seru dan berbeda, seperti mengeksplor air terjun, berfoto ria, menguji adrenalin dengan mengayuh sepeda gantung, berenang di waterpark, dan masih banyak lagi.

1. Berfoto Ria

Apabila sudah jauh-jauh mengunjungi lokasi wisata hits ini, sangat tidak lengkap rasanya apabila pengunjung tidak mengabadikan fotonya di tempat dengan pemandangan yang indah ini. Oleh sebab itu, banyak sekali pengunjung yang memanfaatkan berbagai spot foto yang disediakan untuk berfoto ria bersama teman dan keluarga, yang dipercantik oleh latar belakang pemandangan alam yang asri dan hijau.

Ada banyak sekali spot foto yang dapat dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk berfoto, di antaranya yaitu payung warna-warni, gardu pandang, bingkai love dengan bunga, ayunan, sepeda yang dihiasi bunga, sayap warna warni, papan nama bertuliskan “Duyung Trawas Hill”, dan masih banyak lagi. Berbagai macam spot foto ini yang disediakan ini dijamin dapat membuat hasil foto menjadi lebih ciamik.

2. Sepeda Gantung

Aktivitas menarik lainnya yang tidak boleh terlewatkan adalah arena sepeda gantung / sky bike. Arena permainan yang satu ini sangat patut dicoba, karena jarang tersedia di tempat wisata lainnya. Arena sepeda gantung ini menyediakan sebuah sepeda yang digantung di atas seutas tali atau kabel yang menjulur beberapa meter dari satu titik ke titik lainnya, sehingga pengunjung dapat merasakan sensasi layaknya bermain sepeda di atas tali.

Arena permainan yang satu ini memang cukup memacu adrenalin, namun pengunjung tidak perlu khawatir, karena arena sepeda gantung sudah dilengkapi dengan struktur pengamanan yang sangat kuat. Tak hanya itu, arena sepeda gantung ini juga memiliki latar belakang pemandangan alam yang sangat indah, sehingga pengunjung dapat menikmati serunya mengayuh sepeda di atas seutas tali ditemani dengan pemandangan alam yang spektakuler.

3. Outbound

Kegiatan menarik lainnya adalah outbound. Dalam arena outbound, pengunjung dapat menikmati berbagai macam permainan seperti jembatan gantung, flying fox, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, arena outbound ini sangat cocok bagi segala usia, baik untuk bermain bersama keluarga ataupun team building perusahaan dan sekolah.

Soal keamanan, pengunjung sudah tidak perlu khawatir. Pasalnya, perlengkapan yang disediakan sudah sesuai standar, serta staff keamanan pada setiap permainan outbound. Dengan demikian, setiap pengunjung dapat leluasa bermain di arena outbound dengan aman dan nyaman.

Dengan ragam aktivitas menarik ini, wisatawan dapat menikmati berbagai macam kegiatan selama satu hari penuh ditemani dengan suasana alam yang sejuk serta pemandangan yang indah hanya dalam satu lokasi saja.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Duyung Trwas Hill
Image Credit: Google Maps Nur Mahmula

Ragam fasilitas yang tersedia di lokasi wisata yang terkenal karena keindahannya ini di antaranya yaitu puja sera, musholla, toilet, pendopo, area outdoor, area parkir, dan masih banyak lagi. Selain itu, terdapat juga penginapan nyaman yang dapat disewa per malamnya, dengan harga yang variatif tergantung hari serta jenis kamar.

 

Itulah ulasan lengkap mengenai Duyung Trawas Hill. Objek wisata hits ini sangat cocok untuk dikunjungi, terutama untuk menghabiskan waktu libur bersama keluarga ataupun kerabat. Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi nomor telepon pengelola DTH di 0813-4782-4701.