Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Jika anda cukup update mengenai tempat wisata di seputaran Yogyakarta maka nama Embung Nglanggeran pasti sudah tidak asing lagi. Tempat wisata Gunung Kidul ini memiliki sebuah telaga air raksasa yang berada di atas bukit dengan ketinggian sekitar 500 meter dari permukaan laut.

Dari lokasi wisata alam cantik tersebut anda bisa menyaksikan indahnya Gunung Api Purba Nglanggeran, Kebun Buah Nglanggeran, pemandangan alam sekitar yang sangat menakjubkan, serta menyaksikan indahnya momen sunrise di pagi hari dan sunset di sore hari.

Tempat wisata menakjubkan ini secara resmi dibuka oleh Sultan Hamengku Buwono X pada tanggal 19 Februari 2013 dengan masuk kedalam kawasan Kebun Buah Nglanggeran. Namun lama kelamaan semakin banyak wisatawan yang penasaran dan ingin mengunjungi telaga raksasa di atas bukit tersebut, dari sinilah kepopulerannya mulai terekspos.

Daya Tarik yang Dimiliki Embung Nglanggeran

Daya Tarik Embung Nglanggeran Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps Natsir Asrafi

1. Telaga Raksasa

Berbicara soal daya tarik dari Embung Nglanggeran maka telaga raksasa akan menjadi yang paling utama. Hal ini dikarenakan tidak banyak wisata alam yang memiliki sebuah telaga di atas bukit, maka dari itu dengan adanya telaga tersebut akan membuat banyak wisatawan penasaran bagaimana bentuk dari genangan air yang berada di atas dataran tinggi tersebut.

Perlu diketahui bahwa sebenarnya telaga raksasa tersebut dibuat untuk mengairi Kebun Buah Nglanggeran dan masih masuk kedalam kawasan kebun buah tersebut. Namun, karena keunikan tempat pengairan tersebut membuat banyak wisatawan yang berkunjung bukan untuk berkeliling kebun buah namun hanya untuk melihat telaga di atas bukit ini.

Alhasil berkat kepopulerannya tersebut membuat tempat perairan Kebun Buah Nglanggeran ini menjadi sebuah objek wisata tersendiri. Kini banyak wisatawan yang berkunjung untuk menyaksikan indahnya telaga air raksasa di kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran tersebut.

2. Alam

Keindahan alam akan menjadi daya tarik berikutnya yang dimiliki oleh tempat wisata alam menakjubkan ini. Pasalnya selain terdapat Kebun Buah Nglanggeran yang berada di dekatnya wisatawan juga bisa menyaksikan indahnya bukit, Gunung Api Purba Nglanggeran, pemukiman warga, dan hutan dari kejauhan.

3. Sunrise dan Sunset

Karena lokasi Embung Nglanggeran yang berada di atas ketinggian 500 meter dari permukaan laut membuat anda dapat menyaksikan indahnya sunrise dan sunset dengan begitu jelas. Sunrise sendiri adalah momen saat Matahari terbit sedangkan sunset adalah momen saat Matahari terbenam, dimana kedua momen ini memiliki keindahan yang luar biasa menakjubkan.

4. Kebun Buah Nglanggeran

Beralih ke daya tarik terakhir dari Embung Nglanggeran yaitu Kebun Buah Nglanggeran, hal ini wajar saja karena telaga raksasa yang ada di atas bukit ini memang sengaja dibuat untuk mengairi kebun buah tersebut. Di dalam Kebun Buah Nglanggeran anda bisa menemukan beberapa jenis durian seperti kencana rukmi, montong, bawor, dan musang king.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi Embung Nglanggeran

Alamat Embung Nglanggeran Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps Firas Siraj

Lokasi dari Embung Nglanggeran yang berupa telaga air raksasa ini berada di Kecamatan Patuk, Dusun Nglanggeran Wetan, Kabupaten Gunung Kidul, Desa Nglanggeran. Untuk rute perjalanannya anda bisa menggunakan Alun-Alun Kidul Yogyakarta sebagai patokan.

Jadi Alun-Alun Kidul Yogyakarta silahkan ambil jalur menuju Jl. Mayjend Sutoyo dan terus lurus sampai memasuki Jl. Menteri Supeno kemudian belok kiri sedikit setelah melewati Harmoni untuk masuk ke Jl. Veteran. Terus ikuti Jl. Veteran sampai anda memasuki Jl. Ki Penjawi lalu menemukan perempatan dekat Minimarket Amani.

Dari perempatan tersebut silahkan belok kanan untuk masuk ke Jl. Rejowinangun dan masuk ke Jl. Wonosari kemudian terus di Jl. Wonosari atau Jl. Nasional III sampai anda menemukan pertigaan dekat Pos Polisi Piyungan. Disini silahkan belok kiri untuk masuk ke Jl. Raya Piyungan dan terus lurus sampai menemukan perempatan dekat Toko Usaha Lancar 2.

Di perempatan tersebut silahkan belok kanan menuju Jl. Piyungan – Ngoro Oro dan terus ikuti jalan tersebut sampai menemukan perempatan setelah Puskesmas 2 Patuk. Silahkan belok kanan di perempatan tersebut untuk masuk ke Jl. Sembada Handayani lalu tiba di Jl. Ngoro Ngoro Ombo, disini silahkan belok kanan untuk mengikuti jalan tersebut.

Setelah melewati Toko Dika anda akan menemukan sebuah perempatan, silahkan belok di perempatan tersebut dan tidak jauh dari situ anda akan menemukan sebuah pertigaan. Disini anda harus belok kiri kemudian ikuti jalan tersebut sampai menemukan pertigaan setelah Masjid Jabal Qadim.

Silahkan belok kiri di pertigaan ini dan anda akan sampai di area parkir Embung Nglanggeran yang berada tepat di ujung jalan. Perjalanan bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki menaiki anak tangga yang cukup banyak. Panjang rute perjalanan dari Alun-Alun Kidul diperkirakan sekitar 25 km dengan waktu tempuh sekitar 55 menit menggunakan kendaraan pribadi.

Harga Tiket Masuk Lokasi Wisata Embung Nglanggeran

Tiket Embung Nglanggeran Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps Rusmiyanta MK

Untuk bisa memasuki kawasan wisata telaga raksasa ini anda harus membayar 2 jenis tiket yaitu pertama adalah tiket Manusia sebesar Rp. 10.000 per orang dan kedua adalah tiket kendaraan atau parkir (bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi). Harga tiket atau retribusi parkir adalah sebesar Rp. 2.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Selain itu bagi wisatawan yang ingin menjelajah kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 15.000 per orang. Perlu diketahui bahwa Embung Nglanggeran buka setiap hari namun untuk weekday (Senin sampai Jumat) buka mulai pukul 08.00 sampai 18.00 sedangkan untuk weekend (Sabtu dan Minggu) buka selama 24 jam.

Kegiatan Menarik yang Bisa Dilakukan di Lokasi Wisata Embung Nglanggeran

Aktivitas Embung Nglanggeran Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps Amedia Official

1. Berfoto

Kegiatan menarik pertama yang bisa anda lakukan di sekitaran lokasi wisata populer ini adalah berfoto. Terdapat banyak spot menarik yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan sebuah foto instagramable seperti telaga air raksasa, perbukitan, Gunung Api Purba Nglanggeran, Kebun Buah Nglanggeran, dan pemandangan alam dari dataran tinggi.

Selain itu ada beberapa momen menarik yang bisa anda potret juga seperti awan yang bergerak perlahan melewati tempat wisata cantik ini, sunrise, dan sunset. Maka dari itu pastikan anda membawa kamera yang memorinya masih kosong banyak dan baterainya sudah terisi penuh karena akan ada banyak hal yang bisa anda foto.

2. Melihat Indahnya Telaga Air Raksasa

Selanjutnya anda juga bisa melihat bagaimana indahnya telaga air raksasa yang berada di dataran tinggi. Telaga air ini dapat memantulkan warna langit sehingga akan sangat bagus dijadikan spot berfoto. Meskipun telaga ini memiliki pagar pembatas namun wisatawan harus tetap berhati-hati selama berada di bagian pinggirnya.

3. Menyaksikan Indahnya Alam Sekitar

Dari lokasi Embung Nglanggeran wisatawan bisa melihat indahnya alam sekitar mulai dari Kebun Buah Nglanggeran, Gunung Api Purba Nglanggeran, bukit, hutan, perkebunan, hingga pemukiman warga dari ketinggian. Keindahan alam ini bahkan bisa menjadi salah satu obat mujarab untuk mereka yang sedang mengalami banyak masalah.

Aktivitas Lain Embung Nglanggeran Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps Tikno

4. Hiking

Beralih ke kegiatan menarik berikutnya yaitu hiking atau mendaki. Dikarenakan lokasi wisata alam cantik ini berada di atas perbukitan atau dataran tinggi maka setiap wisatawan mau tidak mau harus melakukan hiking atau pendakian agar bisa sampai ke lokasi wisata yang dituju.

Jangan khawatir soal kondisi jalur hiking karena anda tidak akan melewati jalanan yang berbahaya. Hal tersebut karena sepanjang jalur pendakian anda hanya akan melewati sejumlah anak tangga. Meskipun begitu persiapan tenaga tetap dibutuhkan karena jumlah anak tangga yang akan dinaiki cukup banyak.

5. Melihat Indahnya Sunrise dan Sunset

Terakhir anda bisa menikmati indahnya momen Matahari terbit atau sunrise yang akan terlihat jelas dari lokasi wisata Embung Nglanggeran. Hal tersebut dikarenakan letak wisata menawan ini yang berada di atas ketinggian 500 mdpl sehingga momen munculnya sang mentari dari balik bukit akan sangat menakjubkan untuk disaksikan.

Selain itu momen Matahari terbenam atau sunset juga bisa dinikmati oleh wisatawan dari tempat wisata hits ini. Indahnya warna langit berwarna merah kekuning-kuningan serta sang mentari yang perlahan mulai hilang di ufuk barat akan sangat cantik untuk disaksikan bersama orang-orang terdekat anda.

Fasilitas yang Tersedia di Embung Nglanggeran

Fasilitas Embung Nglanggeran Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps San Doank

1. Tempat Parkir

Fasilitas pertama yang dimiliki oleh Embung Nglanggeran adalah tempat parkir kendaraan yang cukup luas. Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi bisa memarkirkan kendaraan tersebut di fasilitas ini dengan aman karena ada petugas yang menjaga semua kendaraan wisatawan.

2. Toilet Umum

Selanjutnya ada toilet umum yang dapat digunakan oleh wisatawan untuk membuang air besar dan kecil. Kebersihan fasilitas yang satu ini sudah cukup bagus, namun kita sebagai pengguna harus tetap menjaga kebersihan toilet umum tersebut agar tetap nyaman untuk digunakan.

3. Warung Makan

Terakhir ada beberapa warung makan yang bisa anda jumpai di sekitar lokasi wisata alam populer ini. Warung makan tersebut menjual beberapa jenis makanan dan minuman jadi bagi anda yang tidak sempat membawa bekal tidak usah khawatir.

Saran untuk berlibur ke Embung Nglanggeran adalah menggunakan sepatu yang cukup kuat karena anda akan menaiki banyak anak tangga, selain itu persiapkan tenaga dengan baik agar perjalanan anda tidak terhambat. Demikian sedikit review tentang salah satu lokasi wisata alam populer di Kabupaten Gunung Kidul tersebut.

REKOMENDASI DESTINASI