Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Ngringin, Condongcatur, Kec. Depok, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Jika Anda membutuhkan wisata alam yang murah dan tidak terlalu jauh dari pusat kota Yogyakarta, Embung Tambakboyo adalah solusinya. Destinasi wisata ini merupakan sebuah waduk yang ada di Kecamatan Depok Kota Sleman Yogyakarta. Kawasan ini sangat cocok sebagai fasilitas rekreasi yang menarik untuk bisa dikunjungi bersama dengan keluarga.

Di kawasan perkotaan Yogyakarta yang padat, pemandangan di sekitarnya akan terasa sejuk. Wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan di sini. Berjalan-jalan santai sambil menikmati memancing, olahraga, menunggang kuda, atau pemandangan alam yang indah. Lokasi waduk biasanya ramai didatangi oleh para pengunjung pada pagi atau sore hari.

Daya Tarik yang Dimiliki Embung Tambakboyo

Daya Tarik Embung Tambakboyo
Image Credit: Google Maps Agus Rakhmat Suharseno

1. Jogging Track

Hal unik pertama yang bisa anda temukan di lokasi ini adalah dilengkapi dengan jogging track yang bisa dimanfaatkan untuk berolahraga. Waduk seluas 8 hektar ini dikelola dengan sangat baik, Anda bisa mengecek area sekitar waduk. Keberadaan blok jalan atau jogging track di sekitar waduk yang sangat nyaman dan bagus menjadi salah satu bukti nyatanya.

Area olahraga jogging tersebut memiliki ukuran yang cukup lebar dan bersih. Sehingga sangat cocok untuk siapa saja yang ingin jogging di sini. Banyak orang membawa anjing ke sini untuk jogging. Meskipun begitu, anda tidak perlu khawatir dan tetap bisa berolahraga dengan nyaman tanpa terganggu dengan kehadiran hewan atau anjing yang ada disekitar.

2. Fasilitas Memancing

Hal berikutnya yang tidak kalah menarik di Embung Tambakboyo ini anda juga akan dapat menemukan lokasi terbaik untuk memancing. Terdapat banyak jenis ikan seperti wader, lele dan nila yang disebar di dalam waduk. Dengan begitu masyarakat bisa memanfaatkannya dengan melakukan aktivitas memancing untuk mengisi waktu luang yang menyenangkan.

Aktivitas satu ini biasanya banyak digemari oleh kalangan bapak bapak yang ingin menghabiskan waktu istirahat setelah seharian bekerja. Untuk tempat memancing ini biasanya akan ramai dengan pengunjung jika sudah memasuki waktu sore hari. Anda bisa menggunakan pelet atau cacing sebagai umpan yang digunakan untuk mendapatkan ikan.

3. Pacuan Kuda

Tidak hanya jogging track, and juga bisa melakukan olahraga lain yaitu dengan menunggangi kuda. Lokasi dari wisata satu ini dilengkapi dengan lapangan yang digunakan untuk pacuan kuda. Kawasan atau area tersebut terbilang cukup aman untuk dijadikan sebagai tempat untuk berkuda. Anda juga akan dapat menemukan seorang pemandu di lokasi tersebut.

4. Banyak Pedagang

Ketika datang ke Embung Tambakboyo, anda tidak perlu khawatir kelaparan karena lokasi satu ini dipenuhi dengan pedagang yang menjual aneka cemilan dan juga minuman. Atau bagi anda yang ingin makan berat bisa datang menuju ke Angkringan yang ada di sekitaran waduk dan memesan minuman yang sangat segar seperti es dawet dan juga kelapa muda.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Embung Tambakboyo
Image Credit: Google Maps raga_syahputra 28

Meskipun menempati 3 desa, untuk bisa datang berkunjung ke destinasi wisata ini anda hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai Tlogo Putri Pakem dari pusat kota Yogyakarta. Dan perjalanan ke tempat itu sangat bagus dan mudah untuk dicapai. Keindahan Kaliurang tidak terdapat di kota-kota lain, jadi jangan lupa untuk berfoto disana.

Cara termudah menuju Tambakboyo adalah melalui Jalan Lingkar Utara. Tolok ukurnya adalah UPN atau Universitas Pembangunan Negara. Sesampai disana, Anda bisa mengikuti rute selanjutnya yaitu dari arah barat Jalan Lingkar Utara, Anda bisa belok kiri ke utara di pertigaan UPN. Lurus ke perempatan pertama menuju ke arah Universitas Islam Indonesia.

Setelah itu anda hanya perlu lurus sampai memasuki kondominium yang jaraknya cukup dekat. Tidak jauh dari sana, ada jalan di sebelah kanan yang disebut Tambakboyo. Jalannya sedikit menurun dan di sebelah kanannya anda akan menemukan rumah kost eksklusif D’paragon. Lokasinya berada di bawah homestay dengan portal di sebelah kiri.

Harga Tiket Masuk Embung Tambakboyo

Harga Tiket Masuk Embung Tambakboyo
Image Credit: Google Maps Zhafran Wicaksono

Untuk bisa menikmati keindahan di dalam destinasi wisata alam ini, anda tidak perlu bayar dan mengeluarkan biaya tiket masuk alias gratis. Selanjutnya, jika membawa kendaraan pribadi maka anda perlu mengeluarkan biaya parkir. Biaya tiket parkir untuk kendaraan roda dua adalah Rp 2000, mobil pribadi Rp 5.000 dan bus seharga Rp 10.000.

Sedangkan untuk jam kunjung yang ditetapkan oleh para penyelenggara wisata Embung Tambakboyo ini bisa didatangi tanpa adanya batasan waktu. Wisata ini bisa dikunjungi setiap hari dan selalu ramai di hari libur dan weekend. Bagi anda yang ingin berkesempatan menikmati keindahan alam di lokasi ini maka disarankan untuk datang di pagi atau sore hari.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Embung Tambakboyo

Kegiatan Menarik Embung Tambakboyo
Image Credit: Google Maps Guntur Budi Herwanto

1. Menikmati Keindahan Alam

Tidak perlu jauh-jauh ke desa untuk menikmati udara segar. Warga Yogyakarta bisa mampir ke Embung Tambakboyo di Sleman yang lokasinya tidak jauh dari pusat kota. Objek wisata ini merupakan waduk yang telah dibangun pada tahun 2003 dan selesai pada tahun 2008. Waduk Yogyakarta ini berdiri dan menempati area yang sangat luas setidaknya 7,8 hektar.

Ada tiga desa di wilayah tersebut diantaranya Desa Condong Catur, Desa Maguwoharjo dan Desa Wedomartani. Waduk itu sendiri menampung hingga 400.000 meter kubik air. Tujuan awal dari pembangunan situs ini adalah untuk menyediakan air permukaan yang bersih dan melestarikan sumber daya air. Selain itu waduk ini juga digunakan untuk rekreasi dan pariwisata.

Banyak warga Yogyakarta dan wisatawan non-Yogyakarta ingin berkunjung ke sini. Karena daerah sekitar waduk sangat sejuk, pemandangan hijau dan air di waduk sangat transparan. Apalagi di pagi hari, Anda bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi yang sangat indah. Jadi jangan lewatkan kesempatan untuk bisa mengunjungi destinasi Embung Tambakboyo.

2. Menikmati Pemandangan Senja

Bagi pecinta senja, Kawasan wisata Embung Tambakboyo adalah pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu. Saat senja terbenam, matahari siap untuk kembali tidur. Sinar matahari mulai meredup, menggantikan langit, dan langit mulai berubah jingga. Langit jingga terpantul indah di permukaan air yang jernih. Suasana menjadi lebih gelap dan lebih dingin.

Terkadang angin sore masih bertiup lembut. Selang beberapa saat, sholat Magrib pun berbunyi dan pengunjung mulai meninggalkan area waduk. Setelah menikmati keindahan waktu senja, para wisatawan agar bergerombol mulai meninggalkan waduk ini. Jangan pernah lewatkan untuk menikmati keindahan senja dari lokasi waduk Tambakboyo.

3. Berolahraga

Sore dan Pagi hari adalah waktu terbaik untuk mengunjungi objek wisata ini. Karena udara sangat sejuk di pagi hari dan suasana sangat gelap di sore hari. Sehingga banyak pengunjung yang datang untuk berolahraga, terutama jogging. Ikuti jalan berbatu di sepanjang tepi waduk. Jogging disini tidak membosankan karena panorama alam yang sangat indah.

Ditambah dengan megahnya pemandangan Gunung Merapi di stadion Maguwoharjo. Sangat menyegarkan juga untuk jogging sambil melihat jernihnya air waduk. Pepohonan di sekitar waduk juga ikut tertiup angin, membawa kesejukan. Kebanyakan pengunjung jogging di sekitar waduk. Waduk Embung Tambakboyo memiliki panjang lintasan minimal 1,7 kilometer.

Kegiatan Menarik di Embung Tambakboyo
Image Credit: Google Maps Haruyuki

4. Memancing

Waduk Ini adalah tempat yang populer tidak hanya untuk olahraga tetapi juga untuk memancing. Masyarakat sekitar dan wisatawan yang hobi memancing sering memadati waduk untuk membagikan kail. Beberapa orang membawa joran dan umpan pelet. Selain pelet, ada juga yang membawa bungkusan cacing yang berfungsi sebagai umpan.

Ada berbagai jenis ikan di sini, termasuk wader, nila, dan lele. Pemerintah dan pengelola waduk sengaja menabur ikan di waduk. Hal ini agar ikan dapat berkembang biak dan masyarakat dapat memanfaatkannya. Selai untuk mengisi waduk, tujuan pemberian ikan ini juga sebagai hiburan dan wahana yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi waktu luang.

5. Berkuda di Pacuan Kuda

Di destinasi wisata hits ini, wisatawan bisa mencoba pacuan kuda. Embung Tambakboyo memiliki arena pacuan kuda. Pastinya akan menyenangkan menunggang kuda sambil mengatasi rintangan yang ada. Jika Anda masih merasa ragu dan tidak pandai dalam menunggangi kuda maka bisa menggunakan jasa pelatih yang mengajar menunggang kuda.

Anda dapat mempelajari segalanya yaitu dengan balapan santai atau mengendarai kuda pacuan. Tempat berkuda ini dikelilingi oleh pagar besi yang kuat sehingga aman untuk pengunjung. Tidak tinggi, tapi tetap diyakini kuda-kuda ini akan tetap tidak melewati pagar. Arena pacuannya juga berpasir, sehingga saat kuda berlari menjadi cukup berdebu.

6. Wisata Kuliner

Jika Anda bepergian ke sini, jangan takut kelaparan. Karena disana tersedia warung-warung yang siap memanjakan kelezatan para wisatawan. Untuk menemani sore hari, wisatawan bisa mencoba kacang rebus, siomay, jagung bakar, dan bakso bakar. Atau jika ingin kenyang, kunjungi Tenda Angkringan yang telah menawarkan aneka makanan dan minuman.

Penghilang dahaga yang bisa ditemukan dan dipilih antara lain es dawet dan kelapa muda yang menjadi incaran wisatawan. Tentu saja, jangan lewatkan kopi panas yang bisa Anda temani saat senja. Anda juga dapat menemukan berbagai jajanan dan minuman lainya yang bisa dipilih ketika daang ke kawasan waduk yang ada di kota Sleman Yogyakarta ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Embung Tambakboyo
Image Credit: Google Maps Agus PD

Sama seperti dengan destinasi wisata lainnya, anda juga akan dapat menemukan berbagai jenis fasilitas yang cukup memadai di destinasi wisata ini. Bagi anda yang datang bersama dengan anak maka bisa menghabiskan waktu dengan melakukan aktivitas jogging dan berkuda di pacuan kuda yang bisa ditemukan di dalam kawasan wisata Tambakboyo.

Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi maka tidak perlu merasa khawatir kehilangan kendaraan karena wisata ini memiliki lahan parkir yang cukup luas dan juga aman untuk berbagai jenis kendaraan. Kamar mandi atau toilet tidak bisa anda temukan di lokasi ini. Jadi anda perlu berhati hati saat berkunjung dan memastikan bahwa perut dalam kondisi baik.

Anda juga bisa mendapatkan berbagai jenis cemilan atau makanan yang bisa dibeli di warung terdekat. Bagi yang ingin menghabiskan waktu lebih dari semalam di kawasan destinasi wisata ini maka bisa memesan penginapan yang ada di sekitaran Waduk Embung. Harga yang ditawarkan cukup bervariasi dan dapat dipilih sesuai budget yang dimiliki.

Terdapat banyak aktivitas yang bisa dilakukan di destinasi wisata yang satu ini. Wisata satu ini sangat cocok dikunjungi bagi anda yang ingin menghabiskan waktu bersantai tanpa perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar. Anda bisa berolahraga dengan jogging atau menunggangi kuda serta memancing di area pancing sekitaran Embung Tambakboyo Sleman.

REKOMENDASI DESTINASI