Harga Tiket: Rp 25.000, Jam Operasional: 09.00-18.00 WIB, Alamat: Jl. Grand Hotel No.33E, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Kita semua pasti mempunyai rutinitas setiap harinya. Entah itu dalam bekerja, kuliah, sekolah, dan yang lainnya. Tanpa disadari, kondisi tersebut dapat memicu stres yang kemudian dapat berdampak pada kesehatan fisik kita. Hal ini dapat kita cegah dengan berbagai cara, salah satunya dengan berekreasi keluar rumah. Kota Bandung dapat menjadi pilihan bagi anda yang ingin berekreasi ke luar rumah. Ibukota dari Provinsi Jawa Barat ini menawarkan berbagai obyek pariwisata yang menarik untuk dikunjungi. Jika anda tertarik dengan tempat wisata yang berada di dataran tinggi, anda dapat bertandang ke salah satu daerah yang berada di pinggiran Kota Bandung, yakni Lembang.

Lembang merupakan daerah yang termasuk ke dalam naungan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat. Kendati demikian, anda tidak perlu khawatir mengingat daerah ini tidak terlalu jauh dari pusat Kota Bandung. Dari banyaknya tempat wisata yang ada di Lembang, anda dapat memasukkan Floating Market Lembang ke daftar destinasi wisata yang akan anda kunjungi. Untuk mengetahui mengenai tempat wisata paling keren ini lebih lanjut, mari simak ulasan berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Floating Market Lembang

Daya Tarik Floating Market Lembang
Image Credit: Instagram Itox Geni

Pasar terapung ini memiliki banyak hal yang dapat membantu anda untuk merelaksasikan diri. Selain itu, anda juga dapat menemukan pengalaman baru yang mungkin belum pernah anda rasakan sebelumnya. Berikut ini merupakan ringkasan yang bisa menjadi daya tarik untuk anda mengunjungi tempat wisata yang unik ini.

1. Tempatnya yang Strategis dan Luas

Tempat wisata populer ini memiliki tempat yang strategis sehingga anda tidak akan mengalami kesulitan yang berarti untuk mengunjungi tempat ini. Selain itu, tempat ini memiliki cakupan wilayah yang luas sehingga anda lebih leluasa untuk menikmati tempat wisata yang indah ini.

2. Pemandangan yang Unik nan Asri

Floating Market Lembang memiliki pemandangan alam yang dapat memanjakan mata anda. Sesuai dengan namanya, anda akan melihat puluhan perahu yang terapung di sebuah danau yang masih asri. Tempat ini juga memamerkan berbagai lukisan dan barang-barang unik dengan nuansa yang tradisional. Lokasinya yang berada di dataran tinggi membuat anda dapat merasakan sensasi yang berbeda dari hiruk-pikuk perkotaan.

3. Adanya Berbagai Spot dan Permainan

Floating Market menyediakan berbagai spot dan permainan yang bisa Anda coba. Meskipun tidak semua spot dan permainan tersedia secara gratis, spot dan permainan ini tentu menjadi hal yang sebaiknya anda coba karena hal tersebut sangat menyenangkan.

Daya Tarik Dimiliki Floating Market Lembang
Image Credit: Google Maps Petra Nainggolan

4. Wisata Kuliner yang Variatif

Penat menikmati berbagai spot yang ada tentu membuat perut anda dapat keroncongan. Tempat wisata terhits ini menawarkan banyak variasi kuliner yang wajib anda cicipi. Kuliner ini dijajakan melalui perahu kecil yang ada di pinggir danau dan ada juga yang berkumpul di titik foodcourt.

Untuk melakukan pembelian makanan, anda harus menggunakan koin khusus yang disediakan oleh pihak Floating Market Lembang. Anda dapat menukarkan tunai anda sebesar 5 ribu Rupiah untuk satu koin berwarna kuning, 10 ribu Rupiah untuk koin berwarna biru, 50 ribu Rupiah untuk koin berwarna pink, dan 100 ribu Rupiah untuk satu koin berwarna jingga. Koin yang sudah ditukar tidak dapat diuangkan kembali, tetapi anda bisa membawanya pulang. Harga makanan yang dijual pun terbilang cukup terjangkau, yakni 5 sampai 25 ribu Rupiah.

5. Dapat Beristirahat di Bangunan Tradisional

Jika anda lelah mengitari kawasan ini dan menginginkan suatu tempat untuk istirahat,saung dan rumah Joglo yang ada di sini dapat menjadi jawabannya. Saung merupakan sebuah bangunan kecil yang dapat anda sewa dengan keluarga anda. Namun jika kuantitas orang cukup banyak, sebaiknya anda memilih Joglo sebagai tempat istirahat anda.

6. Adanya Outlet untuk Membeli Buah Tangan

Dalam mengunjungi suatu tempat, tidak lengkap rasanya jika tidak membeli produk khas daerah tersebut. Di tempat ini, anda dapat membeli cenderamata seperti baju, tas, gelang, makanan, cemilan hingga pernak-pernik.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Floating Market
Image Credit: Instagram Dunia Cahaya

Floating Market ini berlokasi di Jalan Grand Hotel Nomor 33E Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391. Untuk mengunjungi tempat ini, terdapat berbagai rute yang bisa anda gunakan. Berikut beberapa rute yang dapat anda tempuh untuk mengunjungi nya:

Dari Kota Bandung, anda perlu mengarah ke Jalan Pasirkaliki yang kemudian berlanjut ke Jalan Sukajadi. Setelah itu, anda akan mengarah ke jalan Dr. Setiabudi dan Terusan Raya Lembang. Jika anda sudah menemukan pasar yang berada di pusat Lembang yakni Pasar Panorama, maka anda jarak yang akan anda tempuh sudah tidak terlalu jauh. Anda hanya perlu menyusuri Jalan Grand Hotel dan kemudian tibalah anda di Floating Market Lembang.

Dari Exit Tol Pasteur, arahkan kendaraan anda ke Jalan Dr. Djunjunan yang kemudian dilanjutkan di Jalan Sukajadi. Setelah itu, rute yang sama akan anda tempuh akan sama seperti yang sudah dijelaskan di rute sebelumnya.

Dari Exit Tol Cipali, ikuti rute Subang – Cijambe – Jalan Cagak – Ciater – Cikole – Raya Tangkubanparahu – Pasar Panorama – Grand Hotel – Floating Market.

Di zaman perkembangan teknologi ini, kehadiran peta daring seperti google maps tentu dapat membantu anda dengan lebih baik. Selain itu, anda juga dapat bertanya pada orang-orang supaya mendapatkan rute “tikus” yang membuat perjalanan anda akan lebih efisien.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Floating Market
Image Credit: Google Maps Tommy Tjahjono

Untuk berwisata di Floating Market Lembang, anda harus membayar tiket masuk sebesar 25 ribu Rupiah (harga dapat berubah sesuai kebijakan manajemen). Tarif tiket dikenakan pada pengunjung yang berusia 2 tahun ke atas. Tiket masuk anda pada nantinya dapat ditukar menjadi minuman seperti susu atau kopi.

Selain itu, anda juga perlu menyediakan tarif parkir, yakni 5 ribu Rupiah untuk kendaraan roda dua, 10 ribu Rupiah untuk kendaraan roda empat, dan 25 ribu rupiah untuk bis. Untuk jam operasionalnya sendiri, Tempat wisata terkenal keren ini beroperasi dari pukul 09.00 sampai 18.00 WIB.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Floating Market

Kegiatan Menarik Floating Market
Image Credit: Instagram Vina.

Floating Market Lembang memiliki berbagai spot dan permainan yang sayang sekali jika dilewatkan, yakni:

1. Kota Mini

Kota Mini merupakan salah satu spot yang masih terbilang baru di Floating Market Lembang. Berdasarkan namanya, spot ini menyajikan gambaran sebuah kota dalam bentuk yang relatif kecil. Selain menarik untuk tempat bersantai atau berfoto, spot ini memiliki beberapa sub area yang dapat digunakan secara khusus bagi anak-anak untuk mencoba menjadi berbagai macam profesi seperti pemadam kebakaran.

2. Taman Kelinci

Taman ini memiliki kawanan kelinci yang lucu dan menggemaskan. Jika anda mengunjungi Floating Market bersama anak-anak, spot ini akan menjadi spot yang cocok untuk mereka belajar dan bermain.

3. Rainbow Garden

Rainbow garden atau taman pelangi merupakan spot yang cocok bagi anda yang menyukai ragam flora. Area ini berisi deretan bunga hias yang indah dengan penataan yang sangat rapi. Deretan ini kemudian berpadu menjadi sebuah taman yang penuh dengan warna.

4. Taman Miniatur Kereta Api

Pasar terapung ini memiliki taman miniatur kereta api yang dirancang persis seperti aslinya, hanya saja berbeda dalam segi ukuran. Anda dapat melihat kereta api mini yang melintasi rel-rel yang dilengkapi dengan bangunan mini di sekelilingnya.

5. Wahana Air

Wahana ini dapat dicoba jika anda memiliki ketertarikan untuk mengitari danau yang ada di Floating Market Lembang. Anda dapat menaiki kereta air atau perahu yang dapat anda dayung sendiri. Selain itu, anda juga dapat merasakan sensasi mencoba kano dan juga sepeda air.

Kegiatan Menarik di Floating Market
Image Credit: Twitter ASRIL

6. Adventure Park

Jika anda tidak terlalu tertarik untuk mencoba wahana air, Adventure Park dapat menjadi opsi yang anda ambil untuk menikmati berbagai macam permainan. Disini anda dapat mencoba menaiki ATV, Paintball, Flying Fox, Archery, dan masih banyak yang lainnya

7. Desa Kyotoku

Bagi anda yang memiliki keinginan untuk mengunjungi Asia Timur khususnya Korea Selatan dan Jepang, spot ini sangat cocok bagi anda. Arsitektur bangunan dan juga ditambahi dengan ornamen yang kental dengan gaya oriental membuat anda bisa merasakan suasana Korea Selatan dan Jepang yang kuat. Anda juga dapat mencoba untuk menggunakan pakaian khas dari Korea Selatan yakni Hanbok dan tentunya pakaian tradisional dari Jepang yaitu Yukata dan Kimono.

8. Becak dan Mobil Mini

Jika anda malas untuk berjalan, anda dapat menyewa mobil mini dan becak. Selain memudahkan anda dalam berkeliling, berfoto di kendaraan ini dapat menjadi ide yang unik untuk dicoba.

9. Swimming Pool

Tempat wisata yang hits ini juga menyediakan kolam renang bagi anda yang ingin bermain air. Terdapat dua jenis kolam yang ada di sini, yakni kolam renang indoor dan outdoor. Kolam renang indoor sering disebut juga sebagai hijab swimming pool, sehingga pengunjung dari kolam tersebut adalah para perempuan.

Fasilitas-Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Floating Market
Image Credit: Google Maps Martinus Andrew ..

Dalam berwisata, fasilitas-fasilitas penunjang menjadi hal yang krusial untuk kita perhatikan. Di Floating Market Lembang sendiri, terdapat fasilitas penunjang dasar seperti ATM, area parkir yang luas, Mushola, toilet, dan ruang ganti. Kebersihan dan kenyamanan dari fasilitas tersebut pun terjamin kualitasnya.

Jika anda memerlukan tempat untuk menginap, terdapat banyak hotel yang berada di sekitar kawasannya seperti Grand Hotel Lembang, Imah Seniman, Sapulidi, Takashimaya, dan banyak hotel yang berkualitas baik lainnya.

Tips Berwisata ke Floating Market Lembang

Tips Berwisata ke Floating Market Lembang
Image Credit: Instagram NIKITA

1. Gunakan Krim Tabir Surya

Berwisata di luar ruangan tentu mengharuskan kita untuk bersentuhan dengan sinar matahari secara langsung. Maka dari itu, gunakan krim tabir surya supaya kesehatan kulit anda tetap terjaga

2. Perhatikan Cuaca

Jika ingin berkunjung ke tempat wisata yang terkenal ini, sebaiknya anda memperhatikan cuaca sekitar atau memeriksanya melalui laman prakiraan cuaca. Sebab jika kita tidak terlalu memperhatikan hal tersebut, maka kemungkinan besar anda tidak dapat menikmati waktu relaksasi anda dengan maksimal.

3. Siapkan Uang Kecil

Mengingat terdapat beberapa permainan yang memerlukan biaya, sebaiknya anda menyiapkan uang kecil supaya anda tidak perlu repot-repot dengan urusan kembalian uang

Demikian sedikit gambaran mengenai Floating Market Lembang, tempat wisata yang sangat direkomendasikan untuk anda kunjungi. Namun jika ingin melakukan kunjungan di masa pandemi seperti ini, tetap jaga protokol kesehatan supaya anda tetap terlindungi. Untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai tempat wisata yang banyak di kunjungi ini, anda dapat mengunjungi akun instagram @floating.market.lembang.