Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 08.00-22.00 WIB, Alamat: Mangunharjo, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Memasuki musim liburan rasanya kurang afdol jika belum membuat list kawasan wisata yang akan dikunjungi. Salah satu kawasan yang wajib untuk di datangi adalah Gembok Cinta di Probolinggo. Kawasan wisata yang satu ini banyak diserbu para wisatawan karena memiliki banyak pesona dan mampu membius para pengunjung yang datang.

Jangan salah, kawasan objek wisata ini atau oleh penduduk sekitar biasa menyebutnya dengan taman wisata BJBR (beejay bakau resort) ini selain menawarkan destinasi alam yang indah, ia juga terlihat romantis. Pasalnya kawasan ini juga terdapat area Gembok Cinta dan berbagai daya tarik lainnya. bagi yang penasaran bisa langsung melihat penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Gembok Cinta

Daya Tarik Gembok Cinta
Image Credit: Google Maps Nico

1. Patung Kokoh Kuda Troya

Berbicara tentang daya tarik, maka salah satu daya tarik yang ditawarkan dari adanya kawasan wisata di Probolinggo ini adalah patung kuda troya. Dimana untuk bisa mencapai kawasan yang satu ini, maka anda harus jalan pada jembatan kayu yang mempunyai panjang kurang lebih sekitar 700 meter dan mengitari hutan bakau.

Setelah jalan menyusuri ujung jembatan kayu yang kokoh ini, maka anda bisa langsung menjumpai salah satu daya tariknya yaitu patung kuda troya di Gembok Cinta. Kuda troya ini adalah salah satu jenis patung yang memiliki ukuran besar dengan ketinggian mencapai 7 meter dan terbuat dari bahan kayu.

2. Lampu Hias dengan Bentuk Satwa Laut

Jangan salah, anda juga bisa menyaksikan keindahan akan lampu hias dengan model satwa laut yang ada di dalamnya. Biasanya jika kondisi lingkungan sudah mulai gelap, maka untuk wilayah ini akan mulai di nyalakan lampunya. Cahaya-cahaya terang bakal menghiasi lautan hutan bakau di malam hari.

lalu sebenarnya bentuk dari lampu-lampu tersebut bagaimana? Jadi untuk lampu-lampu tersebut memiliki bentuk yang sangat beragam, mulai dari kepiting, ubur-ubur, ikan, dan masih banyak yang lainnya. warna lampu yang dipancarkan juga beragam, sehingga membuat suasana semakin meriah.

Daya Tarik Dimiliki Gembok Cinta
Image Credit: Google Maps Wildan official

3. Area Gembok Cinta

Anda juga akan dibuat terpukau dengan kehadiran keindahan daya tarik istimewa lainnya. Dimana untuk daya tarik ini adalah adanya area wisata. Pada kawasan tersebut, biasanya para pengunjung bakal memasang gembok dan mengukir namanya dan juga pasangan. Bahkan tidak jarang di Gembok Cinta banyak wisatawan yang melamar kekasihnya atau untuk perayaan di hari spesial.

4. Banyak Spot Foto yang Menarik

Jangan salah, bagian yang tidak bisa ditinggalkan jika mengunjungi tempat ini adalah adanya daya tarik spot foto yang menarik. Berbagai spot foto yang di tawarkan ini mulai dari kawasan Gembok Cinta fenomenal, area lampu warna-warni yang menyerupai biota laut, hingga di jembatan kayu. Bahkan tidak jarang banyak orang yang datang ke lokasi untuk berfoto di area hutan bakau.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Lokasi Gembok Cinta
Image Credit: Google Maps Petrus Winarto

Lokasi adalah bagian yang wajib diketahui jika anda ingin mengunjungi kawasan wisata. Sama halnya jika ingin mengunjungi Gembok Cinta. Dimana tempat wisata menarik ini ada di Provinsi Jawa Timur. Tepatnya ada di pelabuhan PPP Mayangan, Mangunharjo, Kota Probolinggo.

Agar anda bisa sampai di lokasi wisata ini, maka bisa menggunakan kendaraan sepeda motor atau mobil. Jangan khawatir, rute lokasi menuju objek wisata tergolong mudah. Supaya bisa selamat hingga tujuan, maka pengunjung bisa langsung memanfaatkan google map atau papan rute yang terpasang di pinggir jalan.

Harga Tiket Masuk Gembok Cinta

Harga Tiket Masuk Gembok Cinta
Image Credit: Google Maps hendra sidharta

Lalu bagaimana dengan harga tiket yang ditawarkan? Untuk harga tiket yang ditawarkan agar bisa masuk Gembok Cinta di beri dua opsi. Biasanya untuk akhir pekan harga tiket masuk yang dijual kurang lebih sekitar Rp 40.000 per orang. Untuk hari biasa umumnya bakal dikenakan tarif kurang lebih sekitar Rp 20.000 per orangnya.

Berbicara tentang tiket masuk, maka untuk pengunjung dari warna setempat bakal memperoleh potongan harga, biasanya untuk potongan harga ini akan dikenakan dengan syarat harus menyerahkan fotocopy kartu tanda penduduk. Jika tidak bisa menyerahkan kartu tersebut, maka mereka bakal di tarik seperti pengunjung lainnya.

Bagaimana dengan jam operasional yang ditawarkan di lokasi ini? sama dengan kawasan wisata lainnya, jika berkunjung ke tempat ini juga memiliki jam operasional yang dimulai sekitar jam 08.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Namun biasanya pengunjung mulai memadati lokasi ini sekitar sore hingga malam tiba.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Gembok Cinta

Kegiatan Menarik Gembok Cinta
Image Credit: Google Maps Pri Adi

1. Mengabadikan Momen

Setelah anda tahu akan harga tiket dan jam operasional kawasan wisata ini, maka kini saatnya untuk paham dengan berbagai macam aktivitas menarik yang bisa dilakukan. Salah satu aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Gembok Cinta adalah dengan mengabadikan momen berharga bersama dengan pasangan atau keluarga tersayang.

Seperti yang dijelaskan pada bagian sebelumnya, bahwasannya ada banyak pilihan spot foto menarik di kawasan wisata indah ini. Mulai dari area jembatan kayu yang panjang, lingkungan lambu dengan bentuk biota laut, kawasan hutan bakau, dan bagian yang paling sayang untuk dilewatkan.

2. Menyisipkan Gembok Cinta

Sesuai dengan namanya, jika anda datang dan berkunjung ke kawasan wisata ini juga bakal bisa melakukan kegiatan makan bersama dengan pasangan. Kegiatan yang bisa dilakukan adalah dengan menyisipkan Gembok Cinta. Gembok-gembok ini bisa anda beli di sekitar area wisata atau membawa sendiri dari rumah.

Dalam gembok tersebut, biasanya kana anda ukir nama bersama dengan pasangan. Bahkan tidak heran jika banyak yang menyimbulkan kawasan yang satu ini sebagai area sakral dan simbol kisah cinta abadi bersama dengan pasangan. Namun anda harus datang lebih awal, agar tidak terlalu bergerombol bersama dengan pengunjung lainnya.

Kegiatan Menarik di Gembok Cinta
Image Credit: Google Maps Ophan Indra

3. Mancing Ikan

Jangan salah, bagi bapak-bapak atau kaum adam juga akan dibuat bahagia karena bisa menyalurkan salah satu hobinya yaitu memancing. Anda anda bisa langsung membawa berbagai peralatan pancing dari rumah atau bisa menyewa di area yang sudah disediakan. Jangan khawatir, Gembok Cinta untuk mancing ini tidak akan mengganggu pengunjung lainnya, sehingga bisa dipastikan nyaman.

4. Belajar Terkait Tanaman Bakau

Pengunjung yang hadir di kawasan wisata ini juga bisa belajar mengenai tanaman bakau. Misalnya budidaya tanaman bakau, manfaat adanya tanaman bakau untuk ekosistem laut, dan masih banyak yang lainnya. Sehingga tidak jarang, jika lokasi ini juga banyak digunakan untuk tujuan study tour bagi sekolah.

Bahkan tidak jarang banyak juga para pengunjung dari jajaran sekolah menengah atas melakukan penelitian di kawasan ini atau mengambil data. Kawasan wisata ini juga harus dikelola dengan baik bakal memberikan banyak manfaat bagi semua individu. Dimana mereka bakal saling merawat dan menjaga ekosistemnya

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Gembok Cinta
Image Credit: Google Maps Florensius Sukmowibowo

Lalu bagaimana dengan fasilitas yang disediakan? Jadi kawasan wisata yang indah ini juga menawarkan berbagai macam fasilitas untuk menunjang kenyamanan pengunjung yang datang. Berbagai fasilitas yang disediakan antara lain adalah area parkir yang luas, berbagi kuliner makanan lezat dan spot foto menarik.

Tidak ketinggalan, anda juga bisa menghabiskan malam dengan menginap di hotel di sekitar Gembok Cinta. Jangan khawatir masalah harga, diman untuk hotel yang ditawarkan di bandrol dengan harga yang terjangkau tergantung fasilitas yang ditawarkan dan juga anda minta.

Dari paparan di atas bisa diambil kesimpulan, bahwasannya ada banyak keindahan yang ditawarkan jika mengunjungi kawasan wisata Gembok Cinta ini. Berbagai keindahan atau daya tarik yang ditawarkan antara lain adalah patung kokoh kuda troya, lampu hias dengan bentuk satwa laut, dan spot foto yang menarik.