Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. goa gajah-Twm, Lembah Bang, Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Ditengah kondisi sekarang ini, maka tidak dipungkiri banyak orang yang ingin untuk menyegarkan pikiran. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menyegarkan pikiran adalah dengan kegiatan kunjungan wisata alam. Terlebih jika anda sekarang berada di Bantul, Yogyakarta, maka tidak ada salahnya untuk jalan-jalan ke salah satu destinasi terkenal Goa Gajah.

Kawasan wisata yang satu ini menawarkan keindahan alam yang sangat luar biasa. Hal inilah yang pada akhirnya membuat destinasi wisata ini tidak pernah terpantau sepi. Jika anda termasuk orang yang tertarik untuk menyaksikan keindahan alam dari dataran tinggi, maka tidak ada salahnya untuk mampir berkunjung ke Goa megah ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Goa Gajah

Daya Tarik Goa Gajah
Image Credit: Twitter Pemkab Bantul

1. Mempunyai Batu yang Berbentuk Gajah

Ada banyak daya tarik yang bisa anda lihat jika berkunjung ke kawasan objek wisata Goa bernama Gajah ini, salah terdapat batu yang berbentuk gajah. Hal ini sepadan dengan nama dari lokasi wisata ini. Batu yang menyerupai gajah ini terdapat di dalam goa, dan biasanya banyak di buru oleh para pengunjung yang datang.

Kondisi batu di Goa Gajah terlihat sangat menyerupai gajah dikarenakan terdapat belalai panjang di bagian depan. Sehingga tidak heran jika dulunya masyarakat sekitar menamakan kawasan ini sebagai goa bernama gajah. Namun jika di tarik benang sejarah, batu yang menyerupai gajah ini dulunya bisa terjadi karena adanya proses pelapukan, sehingga jika di lihat dari depan tidak seperti pahatan.

2. Terdapat Cahaya yang Terpancar ke Dalam Goa

Goa pasti identik dengan lingkungan yang lembab dan engap. Hal ini karena jika anda di dalam goa tidak akan menjumpai yang namanya cahaya masuk. Namun jangan salah, beda cerita jika anda datang ke kawasan lokasi goa bernama gajah ini. Hal ini karena dalam lokasi Goa Gajah terdapat area terbuka dan bisa ditembus oleh cahaya.

Adanya kejadian tersebut, maka akhirnya bakal membuat lingkungan dalam goa terlihat lebih terang dan tidak terlalu lembab. Dengan adanya lokasi yang mampu ditembus cahaya matahari tersebut juga akan membantu meningkatkan sirkulasi udara yang ada di dalamnya. Sehingga pada pengunjung yang datang tidak akan merasa engap.

3. Adanya Hutan Mini di Dalam Goa

Bila anda suka dengan menyusuri lokasi goa, maka nanti bakal menjumpai banyak keindahan di dalamnya. Selain karena adanya bebatuan besar dan terbentuk karena proses alami, pengunjung yang datang juga mampu menyaksikan hutan mini yang ada di dalam gua bernama gajah tersebut.

Anda bisa menyaksikan keindahan hutan mini yang indah tersebut di area ujung Goa Gajah. Pada area tersebut anda bakal menjumpai adanya pohon besar dan tinggi hingga menjulang ke luar goa. Namun yang tidak kalah menarik adalah di sekitar lokasi tersebut anda juga bisa melihat pepohonan berukuran kecil dan semak-semak yang menyerupai goa.

Daya Tarik di Goa Gajah
Image Credit: Instagram Jiva

4. Susunan Stalaktit dan Stalagmit yang Indah

Daya tarik yang tidak ketinggalan jika datang ke lokasi wisata goa bernama gajah ini adalah adanya stalaktit dan stalagmit. Dimana stalaktit sendiri adalah ornamen bebatuan di dalam goa yang terjadi karena adanya pengendapan mineral di area atap. Dimana air yang kaya akan kandungan kalsium karbonat akan muncul di bagian atap goa dan menggantung sebelum akhirnya jatuh.

Lalu apa yang dimaksud dengan stalagmit di Goa Gajah? Jadi stalagmit adalah hiasan bebatuan yang ada di dalam goa berbentuk lancip dengan bagian ujung yang mengarah ke atas. Dimana adanya stalagmit ini akan lebih membuat ruangan yang ada di dalam goa terlihat lebih estetik dan berwarna, sehingga tidak jarang banyak orang yang berfoto di area ini.

5. Menyaksikan Goa Kecil di Sekitar Lokasi

Pengunjung yang datang ke lokasi juga bisa melihat salah satu daya tarik yang memukau lainnya. Daya tarik yang dimaksud disini adalah menikmati goa kecil yang ada di sekitar goa bernama gajah tersebut. berbagai goa kecil yang dimaksud disini adalah Wonolagi, Jamirono, Longan, Menek, Kembang, Vertikal dan masih banyak yang lainnya di sekitar Goa Gajah.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Goa Gajah
Image Credit: Google Maps Artbiz

Salah satu hal yang akan anda cari terlebih dahulu jika ingin mengunjungi kawasan wisata adalah alamatnya. Dimana jika anda datang ke goa yang bernama gajah, maka ia berada di sekitar 21 kilometer di area sebelah Tenggara Kota Bantul Yogyakarta. Lebih tepatnya ada di Dusun lembah Bang, Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jika anda berangkat dari pusat Kota Yogyakarta, makan langsung ambil arah ke Terminal Ginawang. Jika sudah, maka ikuti jalan hingga menemukan Jalan Imogiri Timur. Perjalanan selanjutnya dilanjutkan sampai menemukan Pasar Imogiri jalan terus sampai ada pertigaan. Belok ke kanan menuju Jalan Dlingo, lalu teruskan sejauh 4 km dan ikuti jalan hingga tiba di lokasi Goa Gajah.

Dalam perjalanan menuju lokasi wisata goa, maka pengunjung bakal menjumpai banyak medan yang menantang. Seperti tanjakan, tikungan tajam dan lainnya. Sehingga, jika anda datang ke lokasi kawasan wisata yang satu ini, alangkah baiknya untuk menggunakan kendaraan roda dua atau mobil. Akan tetapi anda juga masih bisa menggunakan carteran, namun sebaiknya harus dengan sopir yang handal.

Apabila ingin datang ke lokasi wisata yang keren ini anda harus memperhatikan tips memilih waktu yang tepat. Sebaiknya jika ingin berkunjung ke lokasi wisata goa yang bernama gajah ini sekitar jam 12 siang. Hal ini karena di jam tersebut posisi matahari sudah condong ke barat. Sehingga cahaya matahari bisa masuk ke dalam Goa Gajah dan akan menghasilkan spot foto yang estetik.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk Goa Gajah
Image Credit: Twitter Radio Widoro Jogja

Setelah mengetahui rute lokasi untuk menuju ke goa yang bernama gajah tersebut, maka kini saatnya untuk paham dengan harga tiket yang ditawarkan. Dimana untuk harga tiket yang ditawarkan oleh kawasan wisata ini bisa dikatakan sangat terjangkau. Dimana untuk uang masuk ke lokasi ini gratis, namun untuk penyewaan barang dan jasa harus  dikenakan biaya.

Dimana saat datang ke lokasi wisata ini, maka anda bakal menemukan banyak penyewaan jasa dan barang. Dimana jika anda datang ke lokasi menggunakan kendaraan, maka kana dikenakan biaya sekitar 2 ribu rupiah untuk motor, dan 5 ribu untuk mobil. Lalu untuk jasa pemandu wisata di Goa Gajah juga akan dikenakan biaya tambahan.

Jangan salah, di sana juga di sediakan banyak orang yang menawarkan penyewaan senter. Biasanya untuk penyewaan senter sendiri bakal dikenakan uang tambahan sekitar 5 ribu rupiah. Sehingga dengan adanya kawasan wisata goa yang kokoh ini, bisa menjadi salah satu penyokong ekonomi warga sekitar.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Goa Gajah

Kegiatan Menarik Goa Gajah
Image Credit: Instagram Travlr Indonesia

1. Melakukan Susur Goa

Setelah mengetahui harga tiket dan jam operasional yang ditawarkan, maka kini saatnya anda melihat berbagai aktivitas yang bisa dilakukan jika datang ke lokasi wisata goa bernama gajah. Salah satu kegiatan yang bisa anda lakukan adalah susur goa atau carving. Kegiatan yang satu ini akan sangat menarik di Goa Gajah, sebab jarak antara pintu masuk hingga keluar goa mencapai 200 meter.

Meski memiliki ukuran yang tergolong panjang namun anda jangan khawatir, sebab dalam melakukan susur goa akan dilakukan bersama-sama dengan wisatawan lain. namun agar kegiatan susur gua lebih aman, maka alangkah baiknya untuk menyiapkan berbagai peralatan pendukung. Peralatan yang di maksud antara lain adalah alasan kaki anti licin, sarung tangan, dan juga senter.

2. Menyaksikan Keindahan Alam Stalaktit dan Stalagmit di Dalam Goa

Pengunjung yang datang ke lokasi wisata goa bernama gajah juga bisa melihat stalaktit dan juga stalagmit. Keindahan stalaktit dan stalagmit tersebut bisa dilihat jika anda sudah memasuki dalam goa. Keindahan dari stalaktit dan juga stalagmit menjadi memukau pada saat di dalam ruangan Goa Gajah tersebut mulai disinari dengan cahaya matahari.

Namun biasanya pengunjung yang datang di larang untuk melihat area stalaktit dan stalagmit tersebut, hal ini lantaran di khawatirkan mampu menimbulkan kerusakan seperti patah dan lain sebagainya. Biasanya wisatawan yang hadir hanya akan melihat dan mengabadikan foto di area tersebut sebagai kenang-kenangan.

Kegiatan Menarik di Goa Gajah
Image Credit: Twitter Investor Daily

3. Camping

Jangan salah, kawasan goa bernama gajah ini juga menyediakan area untuk camping, sehingga pengunjung yang pada dasarnya ingin menikmati suasana alam bisa dengan mudah bermalam di sana. Namun berbagai peralatan camping, pengunjung harus membawa sendiri dari rumah, hal ini karena di area goa tersebut belum ada tempat penyewaan untuk bermalam.

Meski terkesan akan ribet karena harus membawa peralatan camping di Goa Gajah, namun jangan khawatir, sebab di pagi harinya anda akan dibuat terpana berkat keindahan alamnya. Terlebih jika matahari terbit, maka para wisatawan bisa menikmati secangkir kopi sembari menyaksikan sunrise dari area gardu pandang dekat goa.

4. Berburu Foto

Para wisatawan yang hadir ke lokasi wisata bersejarah ini juga bisa dengan mudah mengabadikan foto. Hal ini lantaran pada goa bernama gajah telah memiliki banyak spot foto menarik. Mulai dari dalam goa yang terpapar sinar matahari, batuan stalaktit dan stalagmit, batu gajah, dan lainnya.

Bahkan pengunjung yang datang ke lokasi goa bernama gajah ini juga dapat berfoto di luar dengan latar belakang pepohonan yang rindang. Terlebih jika pagi hari, maka kawasan dekat Goa Gajah atau area gardu pandang bakal dipadati wisatawan yang berburu foto dengan sunrise serta gumpalan kabut. Sehingga hasil jepretan bakal memberikan kesan terbang di atas awan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Goa Gajah
Image Credit: Instagram Rudy Susanto

Sama halnya dengan kawasan wisata yang lainnya. Jika berkunjung ke goa yang bernama gajah ini, anda bisa menikmati berbagai fasilitas yang disediakan. Selain mempunyai lingkungan parkir yang luas, di sini anda juga bisa menjumpai area camping yang ramai dipakai para pengunjung pecinta alam.

Jangan salah, pengunjung yang datang ke lokasi goa ini juga bisa menikmati berbagai olahan kuliner khas di sekitarnya. Namun biasanya para pengunjung lebih tertarik untuk menikmati olahan kopi hangat yang disajikan dengan gorengan. Dan bila anda datang jauh dari luar kota, di sekitar objek wisata Goa Gajah juga menyediakan hotel dengan fasilitas lengkap serta penawaran harga yang murah.

Semua penjelasan tentang kawasan wisata alam Goa Gajah di Yogyakarta ini bisa ditarik kesimpulan. Bahwasannya di kawasan tersebut menawarkan banyak sekali daya tarik yang menyedot wisatawan. Daya tarik yang di maksud antara lain adalah mempunyai batu berbetuk gajah, terdapat cahaya ke dalam goa, hutan mini stalaktit dan stalagmit, dan menyaksikan goa kecil di sekitarnya.