Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 08.00-16.30 WIB, Alamat: Jl. Ptp Terusan, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Wisata tidak hanya berupa pantai, gunung, sejarah, atau bahkan kebun binatang, tapi ada juga wisata berupa Goa. Ya, salah satu wisata berupa goa yang menarik di Kabupaten Bogor yakni Goa Garunggang. Bagi warga luar Bogor, nama goa ini mungkin terdengar cukup asing di telinga.

Sebagai informasi, goa ini pertama kali ditemukan pada tahun 80-an, tepanya sekitar 1983-1984. Goa yang berupa bebatuan alami ini memang memiliki keindahan yang menakjubkan. Tidak heran jika musim liburan tiba, goa ini cukup ramai dikunjungi wisatawan baik dalam maupun luar daerah.

Bagi yang suka dengan sejarah maupun hanya sekedar ingin menikmati keindahan alam, Goa Garunggang merupakan pilihan tepat. Oleh karena itu, jika Anda masih bingung mencari lokasi wisata bersama keluarga saat liburan tiba, goa ini bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.

Daya Tarik yang Dimiliki Goa Garunggang

Daya Tarik Goa Garunggang
Image Credit: Google Maps Hudaya Sutawijaya

1. Memiliki Bentuk Goa yang Mirip Green Canyon

Salah satu daya tarik yang dimiliki oleh goa tersebut adalah bentuknya yang mirip Green Canyon di daerah Arizona, Amerika. Bentuk tebing-tebingnya besar dan tinggi dan memiliki ciri khas berupa garis berlekuk yang tampak seperti terasering dan membuat Goa Garunggang tampak misterius sekaligus unik.

Garis-garis yang bentuknya berlekuk tersebut merupakan hasil aliran air yang dahulu pernah melewati goa. Selain berlekuk, perpaduan warna antara cokelat dan kehitaman membuat penampilan goa tampak lebih eksotis. Oleh karena itu, pemandangan goa benar-benar tampak begitu alami.

2. Mempunyai Karakteristik yang Unik

Bagi wisatawan yang hobinya menjelajah alam, tempat wisata antimainstream ini cocok untuk dicoba dikunjungi. Warna bebatuan begitu khas yakni kuning kecoklatan. Sepanjang perjalanan menuju ke lokasi membutuhkan perjuangan dimana wisatawan harus melalui area pertanian yang berisikan tanaman hias dilodendron selloum.

Selain itu, saat perjalanan ke Goa Garunggang, wisatawan juga akan melewati hutan pinus, sungai, dan persawahan. Bentuk batu-batuan yang ada di goa tampak berulir jika dilihat bagian atasnya, terlihat seperti jalan air. Uniknya, batu-batuan tersebut terlihat begitu alami, tidak terlihat seperti susunan atau batu-batuan candi.

Bentuk batunya pun ada yang tertata bersusun namun bercelah. Oleh karena itu celah di antara batu-batuan bisa diduduki oleh wisatawan. Celah-celah di antara bebatuan begitu sempit dan tidak terlalu panjang dengan tinggi yang tingginya maksimal 2 meter. Wisatawan juga akan menemukan beringin di sela-sela bebatuan.

3. Merupakan Hidden Gems yang Ada di Wilayah Sentul

Pada mulanya, Goa Garunggang yang berada di Sentul, Bogor ini bukan merupakan tempat wisata. Berdasarkan sejarahnya, seorang petani desa setempat menemukan goa tersebut di tahun 1983-1984. Petani tersebut menemukan keberadaan beberapa batu-batuan ketika dirinya masuk ke sebuah hutan.

Bebatuan yang ditemuinya tampak begitu unik karena memiliki bentuk bergaris dan warnanya bergradasi. Penemuan batu-batuan oleh petani kemudian tersebar luas ke telinga masyarakat dan membuat masyarakat tertarik untuk melihatnya. Asal muasal bebatuan Goa Garunggang lalu dilakukan penggalian beberapa tahun kemudian.

Proses penggaliannya membutuhkan waktu selama bertahun-tahun sampai akhirnya goa tersebut ditemukan. Ukuran goa tergolong cukup besar, kurang lebih 6.000-7.000 m2. Peralatan yang digunakan oleh masyarakat setempat untuk melakukan penggalian hanya menggunakan peralatan seadanya sehingga aksesnya belum baik.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Goa Garunggang
Image Credit: Google Maps Angga Prinawan

Lokasi goa berada di Sentul Bogor, tepatnya di Kecamatan Babakan Madang, Jawa Barat. Goa yang dulunya ditemukan oleh masyarakat setempat Desa Karang Tengah ini terletak di Jl. Ptp Terusan, tidak terlalu jauh dari Jakarta. Akses menuju ke lokasi tergolong sulit sehingga hanya bisa dilalui menggunakan kendaraan roda dua.

Akan tetapi, bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan roda empat, dibutuhkan perjalanan dengan berjalan kaki kurang lebih 1,5 meter menuju ke tempat tiket dari arah parkiran. Lokasi Goa Garunggang tersembunyi di kawasan perbukitan dan hutan sehingga sangat cocok untuk wisatawan yang hobi trekking.

Wisatawan yang datang dari arah Jakarta bisa keluar dari gerbang tol Sentul City kemudian ambil jalan ke arah Jungle Land Sentul. Setelah sampai di Jungle Land, wisatawan bisa belok ke kanan. Ketika bertemu jalan bercabang, wisatawan bisa berbelok ke kiri. Kurang lebih 6 km dari situ, wisatawan akan sampai di area parkir cukup luas yang berada di sisi kiri jalan.

Jarak dari parkiran menuju ke lokasi goa kurang lebih 3-4 km. Namun, jalanan yang dilalui adalah jalan berbukit dan berliku sehingga terasa jauh jaraknya. Wisatawan bisa memanfaatkan jasa guide atau pemandu wisata menuju ke goa. Perjalanan trekking menuju ke lokasi membutuhkan fisik yang kuat karena jalanan yang dilalui cukup menantang.

Trekking menuju ke Goa Garunggang dimulai dari area parkir dengan melewati jalanan setapak yang menanjak dan masuk ke area perkampungan kemudian menyeberangi jembatan kecil. Setelah itu wisatawan melalui hutan pinus sekitar 1,5 jam dengan jalanan sempit dan berlumpur. Kemudian bertemu dengan ladang singkong sebelum pintu masuk.

Harga Tiket Masuk Goa Garunggang

Harga Tiket Masuk Goa Garunggang
Image Credit: Google Maps Rahman Santalia

Wisatawan yang ingin berwisata ke goa tersebut bisa datang setiap hari Senin sampai dengan Minggu mulai pukul 08.00-16.30 WIB. Terkait harga tiket masuk, wisatawan cukup menyiapkan budget Rp 5.000 saja per orang.

Sebaiknya wisatawan datang ketika pagi maupun sore hari karena cuaca saat siang hari cukup terik. Jika ingin puas menikmati wisata, lebih baik lagi datang diluar hari libur.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Goa Garunggang

Kegiatan Menarik Goa Garunggang
Image Credit: Google Maps Bang Ramdhani

1. Trekking Menuju ke Lokasi

Wisatawan yang ingin mengunjungi Goa Garunggang diharuskan trekking menuju ke lokasi. Jalur yang akan dilalui ketika trekking cukup menantang, dimana wisatawan akan banyak melewati jalanan turunan dan tanjakan. Wisatawan akan melalui jembatan, rumah penduduk, serta persawahan dan perkebunan.

Karena aksesnya yang tergolong sulit seperti itu, wisatawan sebaiknya berkunjung ketika sedang musim kemarau. Jika berkunjung saat musim hujan, jalanan yang dilalui cukup licin dan membahayakan. Meski trekking ketika musim kemarau, sebaiknya wisatawan menggunakan sepatu yang nyaman digunakan untuk trekking.

2. Masuk ke Area Dalam Goa

Keindahan Goa Garunggang tidak hanya tampak dari bagian luarnya saja, namun juga di bagian dalamnya. Di dalam goa terdapat kolam pemandian dan batu gantung yang secara alami terbentuk. Pintu masuk goa bentuknya menganga lebar padahal di dalamnya cukup sempit secara vertikal.

Ketika masuk ke dalam goa, wisatawan akan melihat stalaktit seperti goa-goa lainnya. Wisatawan akan dibekali dengan lampu senter sehingga ketika memasuki goa yang gelap bisa menjadi terang dan setiap bagian dalam goa terlihat dengan jelas. Wisatawan diharuskan menggunakan sepatu yang nyaman saat masuk ke dalam goa.

3. Wisata Kuliner

Bagi wisatawan yang datang dari luar kota atau luar negeri, tentu ingin mencoba makanan khas Bogor yang mungkin belum pernah dicoba sebelumnya. Disana terdapat warung makan yang bisa disambangi. Untuk harganya termasuk terjangkau sehingga wisatawan tidak perlu merasa khawatir.

Setelah melalui perjalanan trekking yang melelahkan tentu saja wisatawan merasa lapar dan haus. Sehingga wisatawan bisa mampir ke warung makan yang ada di sekitar lokasi untuk mengisi kekosongan perut dan menghilangkan dahaga. Dengan begitu, eksplorasi goa akan terasa menyenangkan jika perut sudah merasa kenyang.

4. Hunting Foto

Kawasan goa ini juga menjadi lokasi wisata dan spot foto yang menarik di area Sentul, Bogor. Di pintu masuk terdapat tulisan berbunyi “Selamat Datang di Geopark Goa Garunggang”. Tulisan tersebut kerap menjadi spot foto oleh para pengunjung yang datang kesana. Meskipun dari pintu masuk itu, wisatawan melewati jalan menurun.

Kurang lebih 200 meter dari area pintu masuk, wisatawan akan melihat bebatuan berukuran besar dengan warna kuning kecoklatan. Wisatawan bisa berfoto sepuasnya di area goa. Bagi wisatawan yang ingin berfoto di dalam goa juga diperbolehkan asalkan datang berkunjung ketika hari masih terang.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Goa

Fasilitas Goa Garunggang
Image Credit: Google Maps Rahman Santalia

Karena tempat wisata ini berupa goa, sehingga fasilitas yang didapatkan wisatawan tidak selengkap seperti tempat wisata lainnya. Perjalanan menuju ke lokasi memang membutuhkan perjuangan namun sesampai disana wisatawan akan merasa takjub. Akses jalannya memang tidak mudah, harus melalui trekking di jalanan yang cukup menantang.

Namun, masyarakat setempat sudah menyediakan jalur trekking dengan rapi dan tertata sehingga akses untuk ke goa tidak akan membuat wisatawan kesulitan. Akan tetapi, wisatawan akan ditemani oleh guide atau pemandu selama berwisata ke Goa Garunggang.

Untuk lahan parkir juga sudah tersedia cukup luas sehingga bisa digunakan untuk parkir kendaraan roda dua maupun roda empat. Wisatawan yang merasa lapar dan haus juga bisa mencicipi kuliner di warung makan yang ada di sekitar lokasi.

Goa Garunggang menjadi salah satu tempat wisata menarik yang recommended untuk dikunjungi baik untuk wisatawan domestik maupun mancanegara. Jangan lupa mempersiapkan fisik dan sepatu yang kuat jika wisatawan datang menggunakan kendaraan roda empat karena harus berjalan kaki atau trekking menuju ke lokasi.