Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00-15.00 WIB, Alamat: Jl. Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Peninggalan sejarah di masa lalu nyatanya menjadi salah satu destinasi wisata di masa kini. Salah satu yang bisa anda temukan untuk bukti sejarah adalah Goa Jepang Jogja. Goa yang satu ini menjadi saksi bisu yang melindungi tentara sekutu pada masa penjajahan Jepang di masa lampau. Dengan berbagai kisah menarik, goa ini menjadi lokasi wisata sejarah di Sleman.

Tidak seperti goa goa yang ada di pulau Jawa, Goa Jepang Jogja memiliki fungsi berbeda. Dengan kata lain, goa ini masih sama seperti entuk awalnya dan tidak ada perubahan. Selain itu, goa peninggalan Jepang ini terlihat eksotis dengan pemandangan yang menawan. Apalagi letaknya yang berada di pegunungan, menambah suasana makin sejuk. Lebih lengkapnya, intip info di sini!

Daya Tarik yang Dimiliki Goa Jepang

Daya Tarik Goa Jepang
Image Credit: Instagram Dhenny Den

1. Bukti Peninggalan Sejarah

Jika mendengar namanya, tentu langsung terbesit pikiran jika goa ini adalah peninggalan Jepang. Benar saja, goa yang satu ini dulunya digunakan oleh tentara Jepang sebagai tempat tinggal dan berlindung dari serangan tentara sekutu. Meskipun berbeda dengan karakter goa Jepang lainnya di tanah air, goa ini memiliki keunikan tersendiri.

Goa Jepang yang berada di Kaliurang ini berjumlah 25 unit. Yang paling unik, goa goa tersebut saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Tidak berhenti sampai disitu saja, lokasi goa ini juga masih begitu asli dan tidak berubah. Bahkan goa bersejarah ini belum ada penerangan di sekitarnya.

Meskipun begitu, pengunjung tidak perlu khawatir ketika masuk ke kawasan wisata ini. Pasalnya di pintu masuk sudah ada pemandu yang siap menemani perjalanan menyusuri goa ini. Dengan biaya yang tidak menguras kantong, anda bisa menikmati wisata sejarah dengan ditemani pemandu.

2. Pemandangan yang Memukau

Pemandangan Goa Jepang ini begitu menakjubkan karena berada di lereng Gunung Merapi. Tidak heran jika pemandangan yang disuguhkan lokasi ini menghipnotis para wisatawan yang datang. Selain itu, goa ini masih berada di kompleks wisata alam Nirmolo Kaliurang atau pengelolaan Taman Nasional Gunung Merapi.

3. Goa yang Tersembunyi

Mengingat lokasinya berada di pegunungan, maka goa ini letakanya sedikit tersembunyi. Setelah sekitar 45 menit melangkah melewati trek yang bebatuan, maka anda bisa sampai perjalanan di Goa Jepang Kaliurang. Pintu goa akan menyambut anda di bagian samping jalan. Uniknya, anda akan menemukan pintu masuk goa yang tersambung satu sama lainnya.

Kondisi dalam goa tidak dilengkapi dengan lampu atau penerangan apa pun. Ketika musim hujan, air akan menetes dari celah dinding dan juga atap goa yang terbuat dari bebatuan. Ketika masuk dalam goa pun anda hanya menemukan lorong sunyi peninggalan masa lalu. Tetapi jika anda melanjutkan perjalanan, maka akan menemukan jalan setapak yang terus berlanjut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Lokasi Goa Jepang
Image Credit: Google Maps Rizki Raharjo

Jika anda ingin merasakan sensasi destinasi wisata sejarah, sebaiknya langsung datang ke Goa Jepang Jogja. Lokasi goa yang satu ini terbilang cukup jauh dari pusat kota Jogja jika ditempuh dengan kendaraan bermotor. Setidaknya, anda membutuhkan waktu sekitar 1 jam 5 menit dengan jarak tempuh 42 kilometer.

Lokasi goa bersejarah tepatnya berada di Jalan Kaliurang, Area Hutan, Hargobinangun, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika ditempuh dengan kendaraan, anda bisa melewati rute Jl. Magelang ke Jl. Baru Mulungan di Banaran. Kemudian, anda bisa mengikuti arah barat yaitu Jl. KH. Ahmad Dahlan.

Setelah itu, ikuti jalan di sebelah kanan menuju Jl. Bhayangkara terus ke Jl. Jogonegaran. Gunakan lajur mana pun agar bisa sampai ke ke Jl. Tentara Pelajar dan di bundaran, ambil jalan keluar ke Jl. Magelang. Setelah itu, ambil jalan keluar ke-2 menuju Jl. Magelang – Yogyakarta lalu Putar balik.

Kemudikan kendaraan anda agar tetap di Jl. Baru Mulungan dan menuju ke Jl. Griya Taman Asri ke Jl. Jogja – Turi. Setelah itu, anda bisa tetap berada di Jl. Boyong ke Kaliurang agar bisa sampai ke Jl. Tlogo Nirmolo. Lanjutkan perjalanan ke arah kiri di Jl. Pramuka lalu Belok kanan ke lokasi Goa Jepang Jogja yang berada di kanan jalan.

Nantinya usai memarkir kendaraan dan membeli tiket untuk masuk, perjalanan masih berlanjut ke lokasi goa dengan cara berjalan kaki. Waktu tempuh dari loket hingga lokasi goa menempuh sekitar 45 menit. Meski demikian, kondisi rute cukup mudah karena sudah dikelola dengan baik dari Taman Nasional Gunung Merapi dengan jalan bebatuan.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk Goa Jepang
Image Credit: Google Maps Rina Takahashi

Karena Goa Jepang adalah destinasi sejarah, maka harga tiket masuknya terbilang cukup terjangkau. Tidak perlu menguras kantong untuk menjelajahi goa satu ini. Untuk masuknya, wisatawan yang berkunjung hanya perlu mengeluarkan uang sekitar sebesar 10 ribuan. Sedangkan bagi yang membawa kendaraan pribadi bisa membayar biaya tambahan sekitar 2 ribu sampai 10 ribu.

Kunjungan ke Goa Jepang Jogja memiliki waktu yang sudah ditentukan. Wisatawan hanya diperbolehkan berkunjung sampai pukul 15.00 WIB demi keselamatan. Tidak hanya itu saja, ada juga aturan yang tidak tertulis, tetapi wajib dipatuhi pengunjung. Wisatawan harus tetap menjaga tingkah dan tutur kata. Plus, pengunjung tidak diperbolehkan membuang sampah seenaknya.

Semua aturan tersebut perlu dipatuhi agar menjamin keselamatan para pengunjung. Pasalnya, kawasan wisata ini berada di sekitar Gunung Merapi yang masih aktif. Jadi, terkadang jalur pendakian ditutup karena meningkatnya aktivitas vulkanik. Tidak menutup kemungkinan wisata sejarah ini ditutup jika aktivitas Gunung Merapi dilaporkan meningkat.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Goa Jepang

Kegiatan Menarik Goa Jepang
Image Credit: Instagram Topaz F. Bagaskoro

1. Menikmati Keindahan Alam di Sekitar Goa

Goa Jepang ini memiliki karakteristik yang sedikit berbeda dengan goa lainnya. Lokasinya sedikit gelap dan tidak ada penerangan sama sekali. Namun, di sekitar goa ini terdapat pemandangan alam yang begitu memukau dengan latar belakang Gunung Merapi. Jadi, tidak heran kalau banyak wisatawan yang terkagum melihat keindahan alam sekitar goa.

2. Mengambil Gambar

Selain menikmati view yang unik, anda juga dapat mengabadikan momen disini. Tidak adalah larangan untuk memotret gambar di kawasan goa ini. Jika anda penggemar foto selfie, maka bisa melakukan aktivitas ini bersama rombongan maupun pribadi. Anda juga bisa mengambil gambar sebanyak mungkin saat berada di dalam Goa.

3. Belajar Mengenai Sejarah Goa

Seperti obyek wisata lainnya, goa yang satu ini memiliki sejarah yang tidak bisa dipisahkan begitu saja. Seperti namanya, Goa Jepang Jogja menjadi tempat persembunyian tentara pada waktu itu dari kejaran musuh. Dengan bentuknya yang unik, gua ini menjadi strategi dalam mengamankan wilayah agar sekutu tidak masuk dan menguasai jajahan mereka.

Cerita lebih detail mengenai wisata bersejarah ini bisa anda dengarkan dengan menyewa pemandu. Cukup membayarkan sejumlah uang, anda bisa mengetahui bagaimana goa ini menjadi saksi bisu di masa penjajahan dahulu. Pemandu juga akan menjelaskan spot spot tertentu di dalam goa yang memiliki cerita tersendiri.

Kegiatan Menarik di Goa Jepang
Image Credit: Instagram Topaz F. Bagaskoro

4. Menguji Adrenaline yang Menantang

Bagi anda pecinta tantangan, Goa Jepang Jogja bisa anda jadikan sebagai tempat uji adrenaline anda. Menuju ke lokasi goa yang berada di Gunung Merapi menjadi salah satu yang bisa anda lakukan di sini. Namun kegiatan ini hanya bisa anda lakukan pada waktu-waktu tertentu karena aktivitas vulkanik dari Gunung Merapi terkadang sangat tinggi.

Melakukan trekking menuju lokasi goa membutuhkan waktu yang terbilang cukup jauh. Hanya berbekal jalan setapak yang dibentuk oleh batu, anda harus menyusuri hutan agar tiba ke lokasi tujuan. Butuh waktu sekitar 45 menit agar sampai ke Goa Jepang. Alhasil, ini memberikan tantangan tersendiri sebelum sampai ke tujuan goa tersebut.

5. Menyatu dengan Alam

Lokasi Goa Jepang Jogja yang berada di pegunungan yang cukup terjal, sehingga akan membuat suasana cukup berbeda. Terutama bagi anda yang terbiasa dengan hiruk pikuk kehidupan kota. Lokasi ini bisa sesekali menjadi tempat merefresh pandangan anda. Apalagi dalam perjalanan, anda akan disuguhi dengan pemandangan yang indah.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Goa

Fasilitas Goa Jepang
Image Credit: Google Maps Bayu Subekti

Berbicara tentang fasilitas, maka Goa Jepang ini terbilang sudah memenuhi standar wisata. Anda bisa menemukan jalan dari batu agar bisa tiba di kawasan goa lebih mudah. Beberapa saat melangkah, maka anda akan menemukan jalan yang ditunjukkan oleh plang penunjuk jalan menuju goa bersejarah.

Dengan fasilitas penunjuk jalan ini, maka anda bisa menemukan lokasi goa lebih mudah lagi. Namun jika musim hujan, jalanan bisa lebih licin dan berlumpur. Jadi, diharapkan pengunjung tetap berhati hati saat melakukan trekking menuju Goa. Karena alasan tersebut jalan bebatuan disediakan oleh pihak pengelola.

Selain itu, fasilitas Goa Jepang sudah terbilang cukup memadai untuk wisatawan yang datang. Saat pertama kali masuk, anda bisa memarkirkan kendaraan di area yang cukup luas. Kemudian jika membutuhkan toilet, maka dapat memanfaatkan fasilitas tersebut. Tidak ketinggalan, ada juga warung kecil untuk mengisi perut ketika lapar setelah kegiatan trekking.

Demikianlah informasi yang bisa anda ketahui mengenai Goa Jepang Jogja yang penuh sejarah. Dengan mengetahui apa saja daya tarik, fasilitas, dan jam buka dari wisata ini, maka akan memudahkan perjalanan anda nantinya saat menuju lokasi. Alhasil, perjalanan anda menuju lokasi wisata ini tidak mengalami kendala.

REKOMENDASI DESTINASI