Goa Jomblang salah satu objek wisata yang indah dan alami di Gunung Kidul, Jogja yang wajib dijelajahi oleh para pecinta tantangan. Goa eksotis dengan pemandangan yang memanjakan mata ini ternyata diwarnai dengan sejarah yang kelam.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jetis, Pacarejo, Kec. Semanu, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Goa Jomblang merupakan salah satu destinasi wisata yang memiliki pesona begitu menawan. Dengan bentuknya yang unik, goa ini mampu menarik banyak wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Selain itu, ada berbagai macam daya tarik yang bisa Anda temukan dari wisata yang satu ini. Penasaran? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Sejarah Singkat Goa Jomblang

Sejarah Goa Jomblang
Image Credit: Twitter.com @fnuhaaq

Sebelum mengenal lebih dalam mengenai Goa yang satu ini, maka ada beberapa hal perlu Anda ketahui. Salah satunya yaitu mengenai sejarah dari goa yang cukup unik. Goa ini terbentuk dari aktivitas geologis yang terjadi jutaan tahun silam yang mengakibatkan tanah menjadi ambles dan membuat vegetasi ke dasar bumi.

Fenomena inilah yang menyebabkan terbentuknya sinkhole atau lubang yang berdiameter mencapai lebih dari 50 meter. Sinkhole ini juga dikenal dengan sebutan lain oleh warga setempat yaitu Luweng. Sehingga goa yang termasuk masuk dalam jenis goa vertikal dengan tipe Collapse Doline memiliki julukan lainnya yaitu Luweng Jomblang.

Karena bentuknya yang cukup unik, maka pengujung harus masuk ke dalam goa ini dengan cara yang cukup unik yaitu dengan teknik Single Rope. Teknik ini cukup menarik wisatawan dari berbagai macam daerah, baik itu dalam negeri maupun mancanegara. Sebab, Anda harus menggunakan satu tali sebagai lintasan untuk menaiki dan menuruni goa Jomblang.

Tak hanya itu saja, terhadap sejarah kelam yang menyelimuti pesona dari goa yang satu ini. Konon katanya, menurut warga sekitar goa tersebut pernah dijadikan sebagai tempat pemberantasan anggota PKI. Menurut cerita yang beredar, anggota dari PKI tersebut diikat satu sama lain dan kemudian ditembak agar jatuh ke gua dengan ketinggian yang mencapai 80 meter.

Hal ini dibuktikan dengan sisa sisa tulang belulang manusia yang ditemukan dalam goa pada tahun 1982. Tak tanggung tanggung, ada sekitar 3 truk tulang belulang manusia yang berhasil dievakuasi dari Goa Jomblang. Karena alasan tersebut, ada banyak cerita mistis yang beredar ketika berada di Goa ini. Bahkan tak jarang membuat bulu kuduk pengujung merinding.

Daya Tarik yang Dimiliki Goa Jomblang

Daya Tarik Goa Jomblang
Image Credit: Twitter.com @gummymongie

Goa yang satu ini memiliki bentuk vertikal karena permukaan tanah yang runtuh ke arah dalam. Kondisi ini membuat tanaman yang tumbuh di sekitarnya menjadi hancur pada bagian atas. Namun, tanaman tersebut menjadi ikut tumbuh ke bawah dengan baik. Hal inilah yang membuat Goa Jomblang dikaruniai hutan mempesona di dalam goa.

Hutan dengan nama Hutan Purba ini menjadi salah satu daya tarik yang cukup menawan bagi para pengunjung yang datang. Tak hanya itu saja, ada juga keindahan cahaya matahari yang masuk ke dalam goa dengan memukau. Karena keunikan goa ini, bahkan acara game show Amerika menjadikan goa ini sebagai latar belakang dari proses syuting acara tersebut.

Pesona dari wisata ini tidak hanya bisa dilihat dari keindahan alamnya saja, Anda juga akan disuguhkan dengan pengalaman yang tak terlupakan. Hal ini karena akses menuju goa terbilang cukup ekstrim. Tak ayal jika tempat wisata ini sangat cocok bagi wisatawan yang mempunyai jiwa petualang yang ingin memacu adrenalin.

Diperlukan nyali besar bagi wisatawan yang ingin mengintip pesona keindahan goa dari bagian dalamnya. Untuk memasuki goa vertikal memang bukanlah perkara yang gampang dan bisa disepelekan. Sebab, Anda akan membutuhkan peralatan khusus sesuai standar keamanan dan pendamping yang profesional di bidangnya.

Alamat dan Rute Lokasi Menuju Goa Jomblang

Alamat Goa Jomblang
Image Credit: Google Maps (Kunal Golani)

Lokasi goa yang satu ini bisa dibilang cukup aman dijangkau dan cukup layak dilewati yaitu pada Susun Jetis Wetan, Pacarejo. Namun, ada sebagian jalan yang masih cukup berkelok dan terjal. Beruntungnya, lokasi menuju ke objek wisata ini sangat mudah ditemukan karena berada di deretan objek wisata alam yang ada di sekitar Gunung Kidul.

Memang benar rute menuju wisata Goa Jomblang ini terbilang sangat mudah dijangkau dan layak untuk dilewati. Sayangnya, akses menuju wisata alam ini lumayan naik turun dan berkelok kelok. Apabila Anda datang dari pusat 0 km Kota Jogja, maka harus melewati Jl Panembahan Senopati, lalu lanjutkan hingga menuju Jl Kusumanegara.

Ketika sudah sampai perempatan, jangan lupa untuk mengubah arah ke selatan melewati jl gedong kuning. Lanjutkan sampai bertemu dengan perempatan lagi dan belok ke timur melewati Jl Wonosari. Dari sini, lurus terus sampai menuju ke Jl Nasional Rute 3 dan Jl Jogja-Wonosari. Jika sudah, temukan pertigaan yang berada di arah selatan melewati Jl Kyai Legi.

Jalan terakhir yang harus dilewati yaitu Jl. Krt Judodiningrat dan ikuti arah tersebut sampai menemukan papan bertuliskan Goa Jomblang. Jarak yang akan Anda tempuh untuk menuju lokasi ini dari pusat kota Jogja terbilang cukup jauh yaitu sekitar 48,9 kilometer. Karena jarak tersebut, Anda harus menempuh waktu sekitar 1 jam 37 menit dengan kendaraan normal roda dua atau empat.

Harga Tiket dan Fasilitas Goa Jomblang Gunung Kidul

Harga Tiket Goa Jomblang
Image Credit: Google Maps (Andrew Fisher)

Untuk harga masuk objek wisata Goa Jomblang sebenarnya belum dikenakan biaya tertentu apabila Anda memiliki peralatan pribadi yang lengkap. Namun untuk memasuki goa, Anda harus mengantongi izin terlebih dahulu pada kepala dukuh setempat. Sementara itu, jika Anda ingin menggunakan jasa operator dengan membayar antara 450 ribuan sampai 1 juta per orangnya.

Meskipun terlihat mahal, tetapi Anda akan mendapatkan pengalaman seru yang tak terlupakan ketika berkunjung ke dalamg goa tersebut. Hal lainnya yang patut Anda ketahui yaitu biaya parkir. Pengunjung yang datang ke objek wisata ini harus membayar berkisar 3000an untuk kendaraan roda dua. Sedangkan kendaraan roda empat harus membayar tarif parkir berkisar 5000an.

Mengingat potensi wisata cukup menarik banyak pengunjung, maka pihak pengelola wisata goa ini menyediakan berbagai fasilitas yang memadai, seperti fasilitas umum dan lain sebagainya. Ada kamar mandi atau toilet, tempat parkir, resor, mushola bagi yang muslim, dan fasilitas penitipan barang barang di rumah kepala Dukuh.

Aktivitas Seru yang Bisa di Goa Jomblang

Image Credit: Twitter.com @wtravelmagazine

Bagi Anda yang ingin memacu adrenalin dan memiliki jiwa petualang, maka Goa Jomblang menjadi destinasi yang paling cocok dipilih untuk menghabiskan waktu liburan seru. Tempat wisata ini menawarkan sensasi caving atau menyusuri goa yang unik dan juga cukup menantang. Perlu adanya nyali dan keberanian yang cukup besar untuk masuk ke dalam goa yang memiliki tinggi 80 meter.

Anda juga akan disuguhi dengan pesona alam yang sangat langka apabila datang berkunjung ke goa ekotis ini. Menariknya, meskipun berada di bawah, pada dasar goa dipenuhi dengan kontur yang cukup unik mulai dari pepohonan, lumut, dan perdu. Tak hanya itu saja, bebatuan yang ada di sekitar goa juga menambah keindahan goa yang begitu menawan.

Wisatawan yang datang sering menyebut fenomena alam di sini dengan nama hutan purba. Selain itu, tempat ini juga menawarkan dengan keindahan stalaktit dan stalakmit yang berada di lorong lorong menuju dasar goa. Menariknya, Anda juga akan disuguhi dengan fenomena luar biasa dari cahaya matahari yang masuk melalui lubang goa

Keindahan dari sinari cahaya matahari yang menembus goa ini akan membentuk sebuah pilar cahaya yang luar biasa indahnya. Tak ayal jika banyak wisatawan yang berbondong bondong untuk datang ke wisata alam ini demi menikmati keindahan alam dan menyalurkan hobi berpetualang yang begitu mengesankan.

Selain melakukan aktivitas menyusuri goa yang seru, Anda juga dapat mengabadikan momen di lokasi objek wisata lengkap dengan keindahan alamnya. Banyak sekali objek objek menarik dan estetik yang bisa Anda tangkap dalam layar ponsel. Misalnya saja pesona dari hijaunya tanaman yang ada di dasar goa, batu kristal, stalakmit, stalaktit, dan juga sinar matahari yang menembus goa.

Tak hanya itu saja, goa yang satu ini merupakan spot terbaik dijadikan tempat selfie dan memotret pemandangan. Spot ini menjadi lokasi incaran bagi pengunjung yang datang ke Goa Jomblang. Sorotan cahaya matahari yang menembus goa, seolah memancarkan pesona yang begitu menawan. Tak ayal membuat pada wisatawan berfoto dengan indahnya cahaya tersebut.

Tips Aman Berkunjung dan Menyusuri Goa Jomblang

Tips Menyusuri Goa Jomblang
Image Credit: Instagram.com @tejawisata.jakbar

Mengingat susur Goa Jomblang ini cukup menantang adrenalin, maka dibutuhkan keamanan yang ekstra untuk melakukan aktivitas yang satu ini. Baik goa vertikal dan horizontal menawarkan petualangan yang ekstrim, sehingga wisatawan perlu berhati hati dan menaati segala peraturan yang sudah ditetapkan.

Bagi Anda yang ingin menelusuri goa goa ekstrem, maka bisa mengikuti kursus atau pelatihan pada sejumlah himpunan yang menyediakan jasa pelatihan tersebut. Sama halnya seperti diving, menyusuri goa juga memerlukan pengetahuan dasar mengenai pengetahuan tentang gua. Langkah ini penting dilakukan untuk mengantisipasi bahaya dan juga persiapan diri.

Selain itu, pengunjung yang datang juga dituntut untuk peka dengan keadaan alam. Wisatawan diimbau untuk tidak memasuki gua pada saat saat musim hujan, apalagi pada goa yang dekat aliran sungai. Lebih lanjut, Anda juga dituntut untuk membawa perlengkapan yang mumpuni seperti penerangan ganda.

Penerangan ini merupakan peranti utama yang wajib ada untuk memasuki goa alami. Anda bisa menyiapkan headlamp dan senter untuk mengantisipasi keadaan gua yang sedang gelap gulita. Baik itu siang atau entah malam, penerangan menjadi must-have item jika berkunjung ke wisata alam alami seperti Goa Jomblang.

Selama di perjalanan Anda harus didampingi oleh pemandu profesional untuk menyusuri goa. Anda harus mengikuti semua arahan pemandu yang sudah mengantongi standar operasional khusus. Pemandu profesional ini juga sudah paham dengan keadaan goa, sehingga menjamin keamanan dan keselamatan bagi para pengunjung.

Untuk melakukan kegiatan yang cukup menantang adrenalin ini, maka Anda harus menyiapkan fisik dan mental yang kuat. Pasalnya, aktivitas tersebut membutuhkan tenaga yang cukup banyak. Bila tak siap, maka kegiatan ini akan membahayakan diri. Seperti contoh ketika dalam keadaan lelah, maka bisa saja akan stay di goa dan jika mentalnya tak kuat, akan berakibat putus asa.

Setelah menyiapkan fisik dan mental yang mumpuni, Anda juga perlu memahami teknik untuk menyusuri gua dengan tali tunggak. Penelusuran goa vertikal harus dibekali dengan pengetahuan tentang single rope technique (SRT) atau tali tunggal. Teknik ini sangat membantu untuk menuruni gua dan menaiki kembali.

Itulah beberapa informasi mengenai wisata Goa Jomblang yang cukup menantang adrenalin di Gunung Kidul, Jogja. Karena goa ini terbentuk secara alami, maka memiliki keunikan tersendiri yang tidak dapat ditemukan pada destinasi lainnya. Selain itu, ketika Anda berada di sini, disarankan untuk selalu mengikuti pemandu profesional agar selamat ketika melakukan petualangan yang menantang.

REKOMENDASI DESTINASI