Goa Pindul, salah satu objek wisata alam favorit di Gunung Kidul Yogyakarta yang menawarkan petualangan yang seru dan menyenangkan di sungai bawah tanah, seperti Cave dan River Turbing.

Lokasi: Gelaran 2, Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kab. Gunung Kidul.
Map: Cek Lokasi

Yogyakarta tidak hanya dikenal dengan wisata sejarahnya semata, karena di kawasan ini pula Anda bisa menemukan sejumlah wisata alam menarik dikunjungi. Goa Pindul adalah salah satu bukti keindahan alam Yogyakarta yang wajib dikulik lebih dalam. Selama berada disana, wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas seru yang siap membuat hari libur terasa lebih seru. Sebelum mengunjunginya, silahkan simak ulasan berikut terkait dengan legenda Goa Pindul beserta aktivitas menarik yang bisa dilakukan selama berada disana.

Legenda Goa Pindul Jogja

Legenda Goa Pindul Jogja
Image Credit: Twitter.com @difa_wisata

Berdasarkan penuturan masyarakat setempat, cerita sejarah ini bermula saat seorang anak bernama Joko Singlulung sedang mencari ayahnya yang hilang. Tekadnya mencari sang ayah tercinta membawanya ke sebuah hutan tebat hingga menemukan sebuah gua. Dirinya berusaha mengarungi goa dengan aliran sungai yang cukup deras.

Saat berusaha mencari ayahnya di dalam gua tersebut, secara tidak sengaja bagian kepala dan pipinya terbentur batuan besar. Dalam bahasa Jawa sendiri disebut sebagai “pipi gebendul”, yang kemudian disingkat menjadi gua pindul. Pemberian nama yang tidak biasa ini akan membuat siapapun tertawa mendengarnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Goa Pindul

Daya Tarik Goa Pindul
Image Credit: Instagram.com @suluhpandu

Goa ini banyak direkomendasikan sebagai salah satu wisata alam yang wajib dikunjungi ketika bertandang ke daerah Yogyakarta. Disini pengunjung akan dimanjakan dengan pesona keindahan alam yang tiada duanya. Daya tarik utamanya terletak pada batuan stalagtit dan stalagmit tampak menyatu di tengah gua.

Selama perjalanan menyusuri gua, Anda tidak akan berhenti takjub melihat keindahan yang ditorehkan di dalamnya. Mulai dari lukisan alam pada dinding gua yang dihiasi dengan kristal kelelawar, hingga kejernihan airnya berhasil membuat siapapun jatuh cinta dibuatnya. Berkat kejernihan airnya, para pengunjung bisa menyaksikan ikan ikan jumbo tampak berenang bersama.

Ketika menelusuri Goa Pindul lebih dalam, para pengunjung bisa menemukan sebuah ruangan berukuran jauh lebih besar dan sebuah sumur terbalik yang tidak kalah indah dipandang. Lewat sumur tersebut, Anda bisa menyaksikan keindahan pantulan sinar mentari yang begitu mengagumkan. Keunikan yang dimilikinya ini berhasil membuat wisatawan datang berkunjung.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Goa Pindul

Kegiatan di Goa Pindul
Image Credit: Facebook.com @kotajogjacom

1. Cave Tubing

Berwisata ke tempat ini tidak akan pernah membosankan atau mengecewakan, karena di tempat yang begitu indah ini wisatawan bisa melakukan serangkaian aktivitas seru untuk menghiasi waktu berlibur. Melakukan Cave Tubing merupakan salah satu aktivitas terbaik yang bisa dilakukan selama berada disana.

Acara cave tubing akan semakin menyenangkan, karena wisatawan bisa menyaksikan keindahan dari goa yang dibagi menjadi 3 zona berbeda dengan aktivitas berbeda pula. Tiga zona tersebut terdiri dari zona terang, zona remang, dan zona gelap. Khusus untuk zona terang, wisatawan diperbolehkan berenang atau mencoba melompat indah sambil menikmati kesegaran airnya.

Kejernihan airnya memudahkan wisatawan untuk melihat dasar goa dengan jelas. Bahkan sesekali terlihat ikan ikan berukuran besar tampak berenang santai di beberapa titik goa. Setidaknya dibutuhkan waktu kurang lebih 45 menit untuk melakukan aktivitas seru satu ini. Selama itu pula, Anda bisa mendapatkan pengalaman tidak terlupa seumur hidup yang menambah cerita seru lainnya.

2. Stalagtit dan Stalagmit

Layaknya berkunjung ke goa pada umumnya, disini pengunjung bisa menyaksikan indahnya stalagtit dan stalagmit yang ada di dalam gua. Bebatuan cantik menawan tersebut terbentuk secara alami dan memiliki keunikan tersendiri. Salah satu keunikannya, kedua batuan ini ditemukan dalam satu tempat yang sama atau bahkan menyatu.

Keunikannya ini justru menjadi daya tarik sendiri, mengingat stalagtit dan stalagmit di tempat wisata alam lainnya cenderung terpisah. Gabungan bebatuan tersebut berhasil menciptakan sebuah pilar berukuran jumbo, dan diperkirakan memiliki ukuran sekitar 5 rentang tangan seukuran orang dewasa. Bisa dibayangkan betapa besarnya batuan tersebut bukan ?

Ukurannya yang cukup besar, berhasil membuatnya sebagai batuan stalagmit dan stalagtit terbesar di dunia. Lokasinya pun berada tepat di tengah gua yang membuatnya tampak seperti tiang penyangga. Jika diperhatikan lebih teliti, Anda bisa menemukan sebuah celah yang hanya bisa dilewati oleh satu orang dewasa saja.

Pengunjung masih akan dikejutkan dengan keindahan ornamen yang berada di sepanjang dinding goa. Ornamen tersebut bak mahakarya dari sebuah lukisan abstrak yang akan membuat siapapun tertegun melihatnya. Hiasan alam tersebut dilengkapi dengan kristal kelelawar yang tampak menggantung di sepanjang lorongnya.

3. Melihat Keindahan Sumur

Pernahkah Anda membayangkan di tengah gua terdapat sebuah sumur ? Keajaiban tersebut bisa Anda temukan ketika berkunjung ke Goa Pindul. Sungai tersebut terletak di sebuah ruangan yang memiliki ukuran sedikit lebih besar, sedangkan sumurnya berada tepat di bagian tengah ruangan. Warga sekitar kerap menyebut ruangan tersebut sebagai sumur terbalik.

Diberi nama sumur terbalik, karena pantulan sinar matahari bisa dilihat dari lubang sumur tersebut. Memandang keindahan sinar mentari dari dalam sumur tentu menjadi aktivitas menarik sekaligus menakjubkan, karena tidak bisa ditemukan di tempat lainnya. Bahkan lubang sumurnya kerap dijadikan sebagai latihan bagi tim SAR.

4. River Tubing

River tubing termasuk salah satu aktivitas menarik lainnya yang sayang dilewatkan. River tubing akan mengajak Anda untuk menyusuri Sungai Oyo yang diperkirakan memiliki panjang 1.500m dan kedalaman sekitar 7m hingga 11m. Walaupun demikian, pengunjung tidak perlu takut tenggelam akibat tidak bisa berenang atau terbawa arus sungainya.

Pasalnya pengunjung akan menggunakan serangkaian peralatan keselamatan seperti rompi pelampung serta pemandu yang siap bersiaga. Penelusuran gua menggunakan bantuan ban dalam yang akan menambah keseruan saat dimainkan secara rombongan. Selama melakukan river tubing, para pengunjung akan disuguhkan tebing tebing cantik nan kokoh di sepanjang aliran sungainya.

5. Mencicipi Kuliner Lezat

Mencicipi kuliner lezat, merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan selain menikmati goresan alam Goa Pindul. Anda bisa melakukannya usai menyelesaikan perjalanan ke dalam gua yang memakan energi cukup besar. Dalam kondisi lapar dan lelah, tentu saja mencoba kelezatan kuliner khas disana bisa menjadi sebuah alternatif terbaik.

Wedang jahe adalah menu yang wajib dicoba untuk pertama kalinya. Minuman lezat dan kaya akan khasiat ini akan mengembalikan suhu tubuh agar terhindar dari kedinginan atau masuk angin. Setelah puas menyeruput wedang jahe, jangan lupa memesan Nasi Trancam. Kuliner satu ini berupa nasi yang disajikan dengan aneka sayuran dan diberikan sambal kelapa parut di atasnya.

Soal rasa sepertinya tidak perlu dipertanyakan, terutama saat tubuh membutuhkan energi agar bisa melakukan aktivitas lainnya. Sedangkan tingkat kepedasan sambalnya yang berpadu mesra dengan nasi hangat, berhasil membuat Anda ketagihan mengkonsumsinya hingga habis tak bersisa. Semua kenikmatan tersebut bisa Anda dapatkan tanpa menguras isi dompet.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Goa Pindul

Rute Goa Pindul
Image Credit: Instagram.com @travelapak.id

Goa Pindul berlokasi di Gelaran 2, RT 3/RW 16, Seropan, Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Untuk bisa sampai di kawasan wisatanya, Anda bisa memulai perjalanan dari pusat kota Yogyakarta. Arahkan kendaraan menuju jalan raya Wonosari. Selanjutnya perjalanan bisa dilanjutkan menuju ke Desa Bejiharjo.

Silahkan ikuti jalan beraspal selama beberapa menit, hingga akhirnya menemukan sebuah jalan bertuliskan Pindul atau Pindhul yang menandakan bahwa Anda hampir sampai di lokasi wisata. Teruskan perjalanan kembali karena Goa Pindul berada di ujung jalan sana. Akses menuju kesana pun cukup mulus dan rata, sehingga cukup mudah untuk menjangkaunya.

Apabila Anda mendapatkan kesulitan di tengah jalan, sebaiknya jangan pernah sungkan bertanya kepada masyarakat sekitar untuk menunjukkan jalan yang benar. Anda juga bisa mengandalkan aplikasi penunjuk jalan yang sudah tersematkan di smartphone kesayangan.
Ikuti petunjuk yang diberikan, maka tidak lama kemudian Anda akan sampai di lokasi tujuan.

Harga Tiket Masuk Wisata Goa Pindul Jogja

Harga Tiket Goa Pindul Jogja
Image Credit: Instagram.com @agustine.21

Sebelum melihat keindahan yang ditorehkannya, wisatawan wajib membayarkan tiket masuk terlebih dahulu. Wisatawan akan dikenakan biaya mulai dari 10 ribuan sebagai bentuk retribusi umum. Kemudian Anda bisa melanjutkan perjalanan kembali hingga sampai di lokasi wisatanya. Disini pengunjung akan ditarik dana mulai dari 40 ribuan per orangnya untuk tiket masuk wisata.

Namun perlu diingat bahwa besaran dana yang sudah dikeluarkan masih belum terhitung dengan biaya parkir kendaraan, apabila wisatawan membawa kendaraan pribadi. Kendaraan roda dua akan dikenakan biaya mulai dari 2 ribuan, sedangkan untuk kendaraan roda empat akan dikenakan biaya mulai dari 5 ribuan per kendaraan.

Wisatawan yang datang rombongan bersama dengan keluarga atau kerabat kerja dengan menggunakan bus, kemungkinan akan ditarik dana mulai dari 15 ribuan saja per kendaraan. Wisatawan juga dikenakan biaya tambahan apabila tertarik mencoba berbagai wahana mulai dari cave tubing atau susur goa. Oleh karena itu, jangan lupa membawa sejumlah dana sebagai solusinya.

Ingin berwisata lebih murah tanpa menguras isi dompet ? Anda bisa memilih paket liburan ke Goa Pindul sebagai alternatifnya. Paket wisata yang disediakan cukup lengkap, dan sudah termasuk jasa pemandu wisata terpercaya dan kompeten di bidangnya. Pemandu wisata akan memberikan sejumlah informasi sekaligus tips agar berwisata dengan aman dan nyaman.

Penginapan Dekat Lokasi Wisata Goa Pindul

Penginapan Dekat Goa Pindul
Image Credit: Google Maps (The New Orlinds Guest House)

Goa menawan ini tidak hanya populer di kalangan wisatawan lokal semata, namun juga dikenal luas oleh masyarakat luar daerah. Pengunjung rela datang dari jauh hanya untuk melihat keindahannya dari dekat. Sehingga tidak heran jika memasuki musim liburan, kawasan Goa Pindul akan dipenuhi dengan wisatawan dari berbagai daerah.

Beruntungnya Anda bisa menemukan sejumlah penginapan yang dekat dengan lokasi wisata populer satu ini. Fasilitas yang diberikan pun cukup lengkap dan ditawarkan dengan harga bervariasi, sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan isi dompet. Bermalam selama beberapa hari bisa menjadi solusi terbaik bagi Anda yang ingin berlibur lebih lama di Yogyakarta.

Fasilitas yang Tersedia di Goa Pindul Jogja

Fasilitas di Goa Pindul Jogja
Image Credit: Google Maps (Ongis22 Studio)

Goa Pindul bukan termasuk wisata baru, sehingga wisatawan bisa menikmati sejumlah fasilitas pendukung yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Berkat adanya fasilitas tersebut, aktivitas berlibur semakin menyenangkan dan tetap aman. Beberapa fasilitas yang disediakan terdiri dari mushola, toilet umum, tempat parkir yang luas, serta kamar mandi.

Di tempat ini pula, Anda akan dimanjakan dengan berbagai sarana permainan yang termasuk dalam bagian fasilitas Goa Pindul. Sarana permainan akan dilengkapi dengan berbagai peralatan keselamatan dan keamanan pengunjung sesuai standar yang berlaku, sehingga tidak perlu khawatir jika ingin mencoba wahana yang ada.

Berdasarkan pemaparan singkat di atas, kita dapat mengetahui bahwa destinasi wisata alam ini wajib masuk dalam daftar kunjungan berikutnya. Sajikan goresan alam menawan yang hingga kini terjaga keasriannya, bahkan di tempat ini pula wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas menarik yang siap memberikan pengalaman tak terlupa.