Harga Tiket: Rp 30.000, Jam Operasional: 10.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Parangtritis KM. 9,5, Gabusan, Balong, Timbulharjo, Kec. Bantul, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Liburan ke Jogja memang tidak pernah membosankan, mengingat kota ini memiliki banyak destinasi menarik untuk dijelajahi. Bagi anda yang ingin liburan seru dan mengunjungi destinasi anti mainstream, anda bisa menjadikan Grand Puri Water Park sebagai tujuan. Wahana wisata air ini, akan membuat liburan anda semakin berkesan juga menyenangkan.

Termasuk wahana wisata air paling besar di Jogja yang berdiri di atas lahan dengan luas 1,5 hektar. Tersedia berbagai permainan dan wahana yang akan membuat liburan makin seru. Objek wisata Bantul ini juga berada di kawasan yang asri juga nyaman. Untuk mengetahui pesonanya, anda bisa menyimak review berikut agar tahu apa saja yang menarik di sini.

Wahana Menarik di Grand Puri Water Park

Wahana Menarik Grand Puri Water Park
Image Credit: Google Maps Hendry Sutrisno

1. Kehadiran Kolam Penerima

Menghabiskan waktu liburan di Waterpark memang menyenangkan, apalagi jika ada banyak pilihan lapangan yang bisa dijadikan pilihan. Di Grand Puri Water Park, anda bisa menemukan beberapa kolam renang sebagai wahana bermain. Untuk kolam pertama dikenal dengan nama Kolam Penerima. Kolam ini memiliki kedalaman mulai 60 cm hingga 90 cm dengan luas 350 m2.

Dengan kedalaman tersebut membuatnya cukup ramah untuk usia remaja ataupun dewasa. Yang membuatnya semakin menarik, kolam ini juga dilengkapi dengan beberapa permainan. Seperti 2 races slider dan juga water slider. Ketinggian dari Water Slide Nya sekitar 12 meter dari permukaan kolam, cocok untuk anda yang ingin sekalian menantang adrenalin.

Sebenarnya anda bisa mencoba water slide dengan ketinggian yang berbeda beda. Karena kehadiran wahana berkelok yang seru inilah mengapa kawasan kolam penerima menjadi yang paling favorit. Terutama untuk mereka yang masih belajar berenang ataupun mengasah skil. Dilengkapi juga dengan beberapa seluncuran mini yang dibuat dari kayu.

2. Memiliki Kolam Semi Olympic

Untuk wahana Grand Puri Water Park yang berikutnya yakni kehadiran Kolam Semi Olympic. Dari namanya sudah bisa diketahui jika kolam ini dikhususkan untuk anda yang sudah ahli berenang. Hal ini dikarenakan kedalamannya mencapai 1,5 meter dan juga sudah dilengkapi dengan lintasan. Sangat mirip ketika perlombaan renang di tingkat nasional.

Memang untuk kolam semi olympic ini tidak seluas yang pertama, luasnya hanya sekitar 280 meter persegi. Tetapi untuk olahraga renang sudah cukup membuat aktivitas menjadi seu. Meskipun menjadi kolam untuk olimpic, anda tetap bisa bermain polo air. Karena tersedia gawang khusus di masing masing sisinya.

Wahana Menarik di Grand Puri Water Park
Image Credit: Google Maps Syafira Z

3. Kolam Untuk Balita

Grand Puri Water Park menjadi wahana wisata air yang juga ramah untuk anak anak. Karena tersedia wahana khusus untuk balita yang juga dikenal dengan Kolam Batita. Kedalaman kolam ini hanya sekitar 40 cm dengan berbagai wahana yang seru. Tentu saja anak anak bisa bebas bermain di area ini, tetapi tetap harus dalam pengawasan orang dewasa.

Ada beberapa permainan yang disediakan di sini, seperti ember tumpah, water playground dan juga beberapa water slider mini. Di beberapa titik juga ditemukan pancuran air yang akan membuat si kecil makin senang. Kendati kolamnya dangkal, tetapi pengelola tetap memperbolehkan untuk menggunakan ban yang bisa disewa di tempat.

4. Kolam Arus

Wahana berikutnya yang akan membuat liburan semakin menyenangkan yakni Kolam Arus. Memang belakangan kolam arus seperti sebuah wahana yang wajib di waterboom. Kolam Arus yang berada di Grand Puri Water Park memiliki panjang lintasan kisaran 175 meter. Desainnya modern dengan lebar sekitar 3 meter dan arusnya juga tidak terlalu kuat.

Menjadi area yang sangat pas untuk bersantai dan menikmati seluruh keindahan objek wisata di Bantul ini. Anda bisa menggunakan ban untuk menyusuri kolam arus ini sembari duduk santai. Wahana ini juga diperuntukkan untuk segala usia, dari anak anak sampai orang dewasa. Kedalamannya mencapai 60 meter, sehingga tetap butuh pengawasan ekstra.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Grand Putri Water Park
Image Credit: Google Maps Besar prasetyo irjayanto

Untuk anda yang ingin berenang dan menikmati semua wahananya, anda bisa langsung mengunjunginya di kawasan Bantul. Alamat tepatnya berada di Jalan Parangtritis KM 9,5 Bantul, Yogyakarta. Bagi warga lokal objek wisata untuk keluarga ini tidak sulit untuk ditemukan. Begitu juga untuk yang datang dari luar kota, karena rutenya tidak membingungkan.

Paling disarankan menggunakan kendaraan pribadi agar lebih mudah sampai di Grand Puri Water Park ini. Rute yang dianggap paling cepat yakni melalui jalur Imogiri. Untuk rute yang pertama bisa menggunakan Jalan Bakulan Imogiri menuju Jalan Parangtritis. Setelah melewati Jalan Imogiri, anda bisa lurus untuk menuju ke arah barat.

Sampai akhirnya menemukan Jl. Imogiri Siluk, anda bisa mengambil arah kanan melalui Jl. Imogiri Siluk hingga bertemu pertigaan, anda ambil arah kiri ke Jalan Parangtritis. Dari sini anda hanya perlu belok kiri di Bundaran yang ada di Jalan Parangtritis. Hanya tinggal mengarahkan kendaraan lurus, anda sudah bisa menemukan Grand Puri Waterpark ini.

Rute lainnya bisa melalui Jalan Imogiri Timur untuk menuju Jalan Imogiri Siluk. Kemudian mengambil arah ke barat dan mengikuti Jalan Imogiri Timur. Sampai akhirnya sampai di Jalan Manding Imogiri dan anda akan tiba di Jalan Parangtritis. Untuk memudahkan pengunjung menuju Grand Puri Water Park, anda juga bisa memanfaatkan GPS anda.

Harga Tiket Masuk Grand Puri Water Park

Harga Tiket Masuk Grand Puri Water Park
Image Credit: Google Maps Widi Wid

Bagi anda yang ingin menikmati keindahan juga wahananya, maka anda harus mengetahui harga tiketnya. Harga tiket masuk dibedakan berdasarkan hari dan juga usia pengunjung. Tetapi anda tenang saja, harganya masih terbilang ramah kantong. Untuk hari Senin sampai dengan Jumat, orang dewasa dikenakan Rp 30 ribu sementara anak anak Rp 25 ribu.

Ketika akhir pekan tepatnya di Sabtu juga Minggu juga di hari besar, harganya akan naik menjadi Rp 35 ribu untuk pengunjung dewasa. Dan anak anak membayarkan tiket sekitar Rp 30 ribu saja. Anda bisa mengunjunginya setiap hari dari Senin sampai Kamis yang buka pukul 10.00 hingga 17.00. dan untuk Jumat sampai Minggu mulai pukul 09.00 hingga 17.00.

Kegiatan yang Menarik di Grand Puri Water Park

Kegiatan Menarik Grand Puri Water Park
Image Credit: Google Maps Masman Lukman

1. Berenang

Karena daya tarik utamanya berupa kolam renang, sudah pasti anda harus berenang ketika singgah di sini. Ada banyak kolam renang yang bisa dimanfaatkan untuk beraktivitas di air. Apalagi ada banyak wahana yang juga dijajal, anda bisa sekalian menantang adrenalin saat liburan di Grand Puri Water Park ini.

2. Bermain Polo Air

Perlu anda ketahui jika anda tidak hanya bisa berenang dan bermain slider, tetapi juga bisa bermain polo air. Di bagian kolam olympic, tersedia gawang di masing masing sisinya. Anda juga tidak perlu khawatir perihal bolanya, karena petugas sudah menyediakannya. Tentu akan semakin menyenangkan jika dilakukan bersama rombongan atau teman teman.

3. Outbound

Perlu anda ketahui, jika waterpark di Bantul ini juga menawarkan paket outbound yang bisa dijadikan sebagai pilihan pengunjung. Paket outbond ini menawarkan banyak kegiatan yang seru dengan instruktur game yang berpengalaman. Peralatan untuk gamenya juga lengkap, aktivitas ini cocok untuk anda yang pergi dengan rombongan besar.

Kegiatan Menarik di Grand Puri Water Park
Image Credit: Google Maps Nadia Dewiningsih

4. Membuat Kerajinan Tangan

Jika anda mengambil Paket Handicraft di Grand Puri Water Park ini, maka anda akan memiliki kesempatan untuk belajar membuat kerajinan tangan. Nantinya materi pembuatan handicraft ini akan disampaikan dengan cara menyenangkan. Selain itu juga hasil kerajinan tangan anda bisa anda bawa pulang.

5. Les Renang

Bagi anda yang berada di sekitar waterpark ini, anda juga bisa mengasah keahlian anda dalam berenang. Karena Grand Puri Waterpark memang melayani les renang. Anda bisa mengikuti secara privat maupun yang kolektif. Untuk kolektif, anda menyiapkan biaya mulai Rp 25 ribu, sementara privat sekitar Rp 300 ribu untuk 8 kali pertemuan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Taman Air

Fasilitas Grand Puri Water Park
Image Credit: Google Maps Syafira Z

Tidak hanya menawarkan banyak kegiatan seru, Grand Puri Water Park juga menyediakan berbagai fasilitas pendukung. Fasilitas pendukung yang bisa ditemukan mulai dari Area Parkir yang luas untuk menampung kendaraan anda. selain itu anda juga bisa menemukan beberapa toilet yang bisa difungsikan untuk membilas diri setelah berenang.

Kamar ganti dan kamar bilas dipisahkan berdasarkan jenis kelamin. Selama bermain di kawasan wisata air hits ini, anda juga bisa menikmati WIFI gratisnya. Beberapa gazebo juga dihadirkan untuk dijadikan sebagai tempat bersantai. Selama liburan di sini, keamanan juga menjadi prioritas utamanya karena anda bisa menemukan lifeguard di sini.

Bagi anda yang tidak sempat membawa bekal, anda juga bisa menemukan tempat makan yang menyediakan jajanan sampai makanan berat. Anda juga bisa menemukan mushola untuk tempat beribadah. Tersedia juga fasilitas untuk menyewa ban dan pelampung di taman air ini. Fasilitasnya memang terbilang lengkap dan memanjakan wisatawan.

Mengunjungi waterpark memang pilihan yang paling tepat saat liburan tiba. Apalagi ketika cuaca sedang panas, rasanya berendam di air tentu menyenangkan. Apalagi di Grand Puri Water Park, anda juga bisa menemukan banyak wahana sekaligus fasilitas yang bisa membuat liburan makin seru. Tidak ada salahnya singgah ke sini saat sedang di Jogja.

REKOMENDASI DESTINASI