Green Canyon, Wisata Air yang Seru di Pangandaran

Green Canyon Pangandaran

Lokasi: Jl. Raya Cijulang – Green Canyon, RT.02/RW.10, Kec. Cijulang, Kab. Pangandaran.
MapCek Lokasi

Disaat mendengar nama Green Canyon, sebagian orang sudah bisa membayangkan suasana damai yang dilengkapi dengan tebing tebing cantik. Cocok dikunjungi bagi mereka yang senang berwisata alam, dimana semua aktifitasnya berkaitan dengan segala kegiatan outdoor. Bahkan nama dan keindahan alamnya, sudah terdengar hingga ke seluruh pelosok tanah air. Disebut sebagai salah satu wisata air menakjubkan di Pangandaran, berikut ulasannya.

Aktitas Menarik Selama Berada di Green Canyon

Aktitas Menarik Selama Berada di Green Canyon

Image Credit: Jabarku.com

Sebagai salah satu destinasi wisata dengan sajian alam indah nan menakjubkan, ada berbagai aktifitas menarik yang dijamin tidak akan membuat bosan. Bisa dikatakan bila aktifitas yang bisa dilakukan, sangat cocok bagi mereka yang menyukai tantangan dan juga alam. Salah satu aktifitas seru yang bisa dilakukan disana yaitu dengan menyusuri sungai yang berada diantara Ngarai.

Selama penyusuran sungai, pengunjung akan disuguhkan dengan keindahan alam ciptaan Tuhan sekaligus menikmati betapa sejuknya air yang mengalir. Aliran sungainya yang tidak terlalu deras dan cukup luas, sangat cocok diarungi menggunakan perahu dayung. Hanya perlu menempuh jarak sekitar 3 km atau sekitar 30 hingga 40 menitan saja, perahu akan membantu penumpangnya untuk sampai di tujuan dengan selamat.

Selagi menikmati pemandangan dari atas perahu, tak jarang pengunjung berusaha mengabadikan momen berlibur menggunakan smartphone kesayangannya. Hasil jepretannya ciamik, sehingga banyak yang berlomba lomba mendapatkan spot terbaik. Sedangkan dari sisi keamanann, penumpang tak perlu khawatir karena akan diberikan rompi pelambung untuk setiap orangnya.

Bagi mereka yang lebih tertarik untuk merasakan nuansa alam lebih dekat, maka body rafting menjadi jawabannya. Tanpa melalui perantara sedikitpun, pengunjung benar benar murni bermain air dan merasakan kesegarannya secara langsung. Hanya berbekal pelampung dan helm, satu kelompok bisa berenang menggunakan tubuhnya untuk bisa sampai di lokasi yang diinginkan.

BACA JUGA:  10 Mall di Bogor yang Wajib Anda Kunjungi

Meski terlihat menyenangkan, ada baiknya aktifitas ini dilakukan oleh mereka yang memiliki kemampuan berenang. Sebenarnya hal ini tidaklah wajib, namun bisa sangat membantu terutama mengingat kondisi alam bisa saja berubah kapanpun. Sebab, tidak semua orang bisa tetap tenang dan menekan rasa paniknya ketika berada di dalam air. Kabar baiknya, pengunjung yang melakukannya akan dibantu dengan pemandu serta peralatan keamanan yang lengkap.

Aktifas lain yang tak kalah seru untuk dilakukan, yaitu terjun dari batu ataupun loncat dari tebing. Aktifitas ini memang cukup berbahaya, sehingga tidak semua orang bisa dan mau melakukannya. Apabila tertarik untuk melakukannya, pengunjung tak perlu gelisah akan resiko yang diterima. Sebab, kawasan ini masuk dalam pengawasan agar tetap aman dan terasa nyaman bagi setiap pengunjungnya.

Pengunjung yang berniat melompat dari tebing, dijamin akan mendapatkan pengalaman baru sekaligus merasakan keseruannya. Bagaimana tidak, setiap tebingnya memiliki tinggi berkisar 5 meter hingga 10 meteran. Keseruan aktifitas menantang ini semakin terasa kuat, mengingat mereka akan langsung disambut dengan air yang segar dan tampak jernih. Meski dikatakan aman, jangan lupa untuk tetap waspada demi keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Bagi mereka yang tidak tertarik terjun dari tebing, bisa menikmati hujan abadi yang terkenal akan tumpahan air yang sebenarnya berupa rembesan air dari celah celah lembah. Debit airnya yang terus mengalir, seakan membentuk sebuah air manjur yang terasa seperti hujan karena tak pernah berhenti. Bahkan tak jarang pula pengunjung mengabadikan momen unik tersebut, dan membagikannya ke akun media sosialnya.

Harga Tiket Masuk Green Canyon, Pangandaran

Harga Tiket Masuk Green Canyon, Pangandaran

Image Credit: Majalahpajak.net

Ketika berniat mengunjungi kawasan wisata ini, ada baiknya untuk datang secara beramai ramai. Sebab, perhitungan transportasi serta aktifitasnya lebih banyak dhitung secara berkelompok. Jika datang dalam jumlah yang tidak terlalu banyak atau bahkan sendirian, dirasa akan mendatangkan kerugian karena tetap dihitung berkelompok. Oleh karenanya, silahkan ajak kerabat maupun teman kerja untuk saling mendapatkan keuntungan.

BACA JUGA:  15 Restoran & Tempat Makan di Tasikmalaya Paling Enak Paling Enak & Murah

Khusus untuk tiket restribusi perahu tradisional ini berkisar 150 ribuan per perahunya, sedangkan peralatan untuk memulai aktifitas dibandrol mulai dari harga 250 ribuan per paket yang setidaknya berisikan 5 orang. Jika datang secara berkelompok, besaran harga tersebut sudah termasuk murah mengingat banyaknya pengalaman dan keseruan yang didapatkan. Maka dari itu, segera undang siapapun untuk mendapatkan harga lebih terjangkau.

Sedangkan untuk jam operasionalnya sendiri, destinasi wisata satu ini sudah siap melayani pengunjung dari jam 7 pagi hingga 4 sore. Karena banyaknya peminat menuju lokasi wisata, ada baiknya untuk datang lebih pagi agar tidak saling berdesakan dengan pengunjung lainnya. Terutama jika berniat datang di akhir pekan atau hari libur lainnya, dijamin jumlah pengunjung akan jauh lebih banyak daripada di hari biasanya.

Sebelum berangkat ke lokasi wisata cantik ini, ada sedikit tips agar tidak mengalami hambatan ketika berada disana. Tips tersebut mengharuskan membawa uang dalam bentuk cash, mengingat transportasi yang disediakan masih sederhana dan akan menyulitkan jika tidak menggunakan uang tunai. Bahkan lokasi untuk mengambil uang pun dirasa cukup jauh, sehingga ada baiknya mengambil uang terlebih dahulu sebagai persiapan.

Fasilitas yang Ditawarkan di Green Canyon

Fasilitas yang Ditawarkan di Green Canyon

Image Credit: Dakatour.com

Akses menuju lokasi wisata terbilang cukup mudah, bahkan kendaraan pribadi dapat melaluinya tanpa menemukan hambatan berarti. Selain dari kemudahan akses, pengunjung juga dimanjakan dengan adanya area parkir luas. Dengan ukuran lahan parkir tersebut, sangat memungkinkan untuk menampung bus berukuran besar sekalipun. Bukan hanya dari segi area parkir, karena pengunjung juga dimanjakan dengan banyaknya restoran di sepanjang jalan.

Restoran tersebut menawarkan berbagai kuliner lezat, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat untuk mengisi tenaga kembali. Sebagai bentuk pelayanan terbaik, kawasan wisata ini juga dilengkapi dengan mushola serta toilet yang dijaga akan kebersihannya. Hanya saja lokasinya yang cukup jauh dari Pengandaran, tidak ada salahnya untuk menyewa villa ataupun bungalow yang berada di Batu Karang.

BACA JUGA:  Rabbit Town Bandung, Wisata Unik & Keren untuk Keluarga

Apabila ingin menghemat pengeluaran, pengunjung diperkenankan untuk beristirahat di salah satu rumah warga. Mereka akan menyambut ramah, dan menyiapkan segala keperluan agar bisa beristirahat dengan nyaman dan nyenyak. Pelayanan tersebut, diharapkan dapat membantu para pelancong dari jauh sekaligus meningkatkan kenyamanan selama berwisata kesana.

Rute Menuju Destinasi Wisata Green Canyon

Rute Menuju Destinasi Wisata Green Canyon

Image Credit: Dakatour.com

Destinasi wisata satu ini berlokasi di Desa Kertajasa, Kecamatan Cijulang, Ciamis, Jawa Barat. Perlu diketahui bila Green Canyon masih berada dalam kawasan wisata Batukaras sekaligus Lapangan Terbang Nusawiru. Jika Anda datang dari arah kota Ciamis, setidaknya perlu melakukan perjalanan sekitar 130 km. Sedangkan pengunjung yang datang dari arah Pengandaran, hanya perlu melakukan perjalanan sekitar 31 km saja.

Pengunjung sudah bisa menikmati keindahan alam destinasi wisata populer satu ini dari Sungai Cijulang. Sebab, sungai satu inilah yang akan menuntun ke arah tujuan wisata utama. Untuk bisa sampai di tempat tersebut nantinya melewati sebuah dermaga bernama Ciseuruh menggunakan perahu kayuh, yang ternyata hanya berjarak sekitar 3 km saja dari Green Canyon. Dari dermaga inilah petualangan telah dimulai dan memberikan pengalaman baru.

Terkenal sebagai wisata air dengan sejuta aktifitas seru, dimana pengunjung akan diajak bermain air dengan cara berbeda dari kebanyakan destinasi wisata. Selain mengaruhi sungai menggunakan perahu dayung, tidak ada salahnya mencoba menenyusuri sungai sembari berenang santai. Fasilitas dan tingkat keamanannya pun cukup memadai, sehingga menghadirkan rasa aman sekaligus menciptakan rasa ingin kembali di lain hari.