Harga Tiket: Rp 17.000, Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Sudah menjadi rahasia umum jika Indonesia terkenal dengan kekayaan alamnya yang sangat luar biasa. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya tempat wisata alam yang penuh dengan keindahan di setiap daerahnya. Salah satu tempat wisata yang paling banyak menyita penduduk Jawa adalah destinasi air terjun Grojogan Sewu di Tawangmangu, Karangayar.

Grojogan Sewu sendiri adalah salah satu kawasan wisata air terjun yang berada di wilayah provinsi Jawa Tengah. Dimana kawasan wisata yang satu ini banyak menyita perhatian karena memiliki keindahan alamnya yang sangat memukau. Jangan salah, tempat ini juga memiliki beberapa daya tarik yang banyak menarik pengunjung.

Daya Tarik yang Dimiliki Grojogan Sewu

Daya Tarik Grojogan Sewu
Image Credit: Google Maps Krisna Anugrah

1. Adanya Debit Air yang Sangat Deras

Jika berkunjung ke lokasi wisata, pasti hal pertama yang anda lihat adalah daya tarik di area tersebut. sama halnya jika anda berkunjung ke Grojogan Sewu, pasti hal yang anda lihat pertama kali adalah daya tarik yang ada di wisata tersebut. Namun jangan salah, pada kawasan wisata ini anda bisa menemukan banyak sekali daya tarik, salah satunya adalah debit air yang deras.

Debit air yang ada pada lokasi air terjun ini cenderung deras dan dengan ketinggian kurang lebih mencapai 80 meter. Hal tersebut akhirnya tidak mengherankan, sebab ia menjadi kawasan air terjun dengan urutan ke 12 tertinggi di Indonesia. Sehingga akan menghasilkan debit air yang tergolong deras.

Meskipun memiliki debit air yang deras, namun air terjun yang jatuh dari ketinggian tersebut berasal dari Gunung Lawu yang terkenal dengan kesegaran dan jernih. Akan tetapi, biasanya para pengunjung yang datang ke lokasi wisata ini dilarang untuk mandi di area bawah terjunan, sebab hal tersebut akan sangat membahayakan keselamatan pengunjung Grojogan Sewu.

2. Sekumpulan Kera yang Hidup Bebas

Karena berada di kawasan pengunungan yang masih snagat lebat dan asri, maka jika anda telah datang menikmati kawasan wista yang keren ini bakal bisa berjumpa dengan sekumpulan kera yang hidup bebas di alam. Kera-kera tersebut memang oleh warga dan juga pengurus sekitar memang dibiarkan hidup bebas di habitat asalnya, sebab tidak ingin merusak ekosistem yang ada di sana.

Pada dasarnya kera yang ada di kawasan wisata ini terkenal jinak pada lingkungan sekitar dan juga ramah pada pengunjung yang datang. Namun di satu sisi, anda juga jangan sampai terlena, bagi para pengunjung destinasi wisata Grojogan Sewu Tawangmangu diharapkan untuk tetap harus waspada pada saat membawa barang bawaannya.

Daya Tarik Dimiliki Grojogan Sewu
Image Credit: Google Maps Air Terjun Grojogan Sewu

3. Tantangan 1250 Anak Tangga

Seperti yang diketahui, lokasi dari wisata Grojogan Sewu ini masih berada pada pegunungan yang asri. Sehingga bagi pengunjung yang ingin menuju lokasi harus jalan kaki pada anak tangga yang cukup panjang. Jumlah anak tangga yang ada pada lokasi tersebut yaitu kurang lebih sebanyak 1250.

Jumlah anak tangga yang ada dalam kawasan wisata ini sesuai dengan namanya yang berjumlah seribu. Meskipun jika menggunakan tangga ini bakal terlihat melelahkan, namun nyatanya hal tersebut bakal dibayar dengan pemandangan yang indah saat berada di perjalanan. Bahkan jika sudah sampai lokasi air terjun, anda akan takjub dengan air terjun yang besar.

4. Air Terjun yang Penuh dengan Pemandangan yang Asri

Sudah di katakan sebelumnya, bahwa kawasan wisata air terjun ini berada di lokasi yang masih sangat terjaga keasriannya, sehingga bagi pengunjung yang datang bisa dengan mudah menikmati pemandangannya yang begitu memukau. Di tambah lagi jika anda datang di waktu pagi bakal menjumpai kabut yang begitu menyejukkan.

Jangan salah, wisata yang keren ini juga banyak digunakan untuk spot foto bagi muda mudi. Banyak yang datang ke lokasi meng dengan tujuan untuk mengabadikan momennya. Bahkan tidak jarang juga, anda bakal menemukan pasangan yang menuju ke Grojogan Sewu untuk melakukan sesi foto prewedding dengan pasangannya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Grojogan Sewu
Image Credit: Google Maps Angga J Pratama

Setelah anda mengetahui berbagai daya tariknya, maka kini saatnya untuk tahu alamat dan juga rute lokasi jika ingin mengunjungi Air Terjun Grojogan Sewu. Kawasan wisata yang keren ini berada di Jawa Tengah, atau lebih tepatnya berada di lereng Gunung Lawu.

Lokasi wisata dari air terjun ini bisa dikatakan masih sangat terjaga keasriannya. Hal ini bisa terjadi karena ia masih masuk dan tidak bisa dipisahkan dari Hutan Wisata Grojogan Sewu. Sehingga tidak jarang banyak pengunjung baik lokal maupun luar negeri yang takjub dengan keindahan air terjun dan juga lingkungan sekitarnya.

Bagi anda yang ingin menuju lokasi air terjun dari Kota Semarang, maka bisa ditempuh dengan melanjutkan perjalanan ke Solo. Setibanya di sana, untuk menuju Grojogan Sewu Tawangmangu maka lanjutkan ke Karanganyar. Jika sudah, pengunjung bakal melewati Tawangmangu. Dari sana anda dan rombongan bisa langsung menuju lokasi yang tidak jauh dan menaiki anak tangga.

Apabila anda menggunakan transportasi umum seperti bus, maka pengunjung yang datang bisa langsung menuju ke terminal Tawangmangu. Dari lokasi tersebut, maka pengunjung bisa langsung berjalan kaki kurang lebih sekitar 1 km dengan medan yang berkelok-kelok. Namun jangan khawatir, jika anda tidak ingin lelah, disana disediakan jasa angkutan yang di bandrol dengan harga yang bersahabat.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Harga Tiket Masuk Grojogan Sewu
Image Credit: Google Maps Ngatno

Bagaimana dengan harga tiket yang ditawarkan untuk mengunjungi Air Terjun Grojogan Sewu Jangan khawatir, harga tiket yang ditawarkan termasuk sangat terjangkau. Anda hanya cukup mengeluarkan uang sekitar Rp 17.000 rupiah saja per orang. Dengan harga segitu, anda sudah bisa menikmati berbagai macam daya tarik yang diberikan oleh pihak air terjun.

Lalu bagaimana dengan jam operasionalnya? Sama dengan destinasi wisata pada umumnya, jika anda dan rombongan datang ke kawasan wisata ini, maka juga memiliki jam operasional. Untuk destinasi wisata di Karanganyar ini, biasanya akan buka setiap hari. Mulai dari jam 7 pagi hingga pukul 5 sore WIB.

Umumnya para pengunjung bakal memadati kawasan wisata ini pada saat akhir pekan. Terlebih bagi pengunjung yang memang datang ke lokasi wisata Grojogan Sewu Tawangmangu bersama dengan rombongan atau keluarga besar. Tidak ketinggalan, banyak juga para organisasi yang bergerak dalam bidang pecinta lama juga turut memerihakan keramaian di lokasi ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Grojogan Sewu

Kegiatan Menarik Grojogan Sewu
Image Credit: Google Maps Nurul maa

1. Menikmati Pemandangan yang Memukau

Hampir sama dengan wisata alam yang lainnya, jika anda datang ke Air Terjun Grojogan Sewu bakal menjumpai berbagai macam pemandangan yang keren. Pemandangan yang ada di kawasan wisata ini antara lain adalah pepohonan yang menjulang tinggi, berbagai tanaman hias yang hidup di alam bebas, bunga yang bermekaran, dan pastonya juga air terjunnya yang nampak elok.

Jika anda datang di pagi hari, maka bisa menikmati embun yang masih sangat sejuk. Dimana adanya embun di area tersebut jika di dijadikan untuk berfoto akan memberikan kesan menyatu dengan alam sekitar. Namun jangan salah, jika anda datang di siang atau sore juga tidak akan mengurangi keindahan alamnya. Bahkan tampil eksotis dengan sorotan matahari.

2. Menikmati Kesejukan Air Terjun Grojogan Sewu

Bila datang ke destinasi alam ini, maka anda juga pastinya bisa menikmati kesejukan dari lingkungan sekitarnya. Terlebih jika anda menyentuh airnya. Hal ini bisa terjadi karena wisata air terjun berada di sekitaran Gunung Lawu. Bahkan karena air terjun ini masuk ada kategori nomor 12 tertinggi di indonesia, sehingga air yang disini masih sangat terjaga kesegaran dan alaminya.

3. Berenang di Sekitar Air Terjun Grojogan Sewu

Jangan salah, anda yang datang ke lokasi Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu juga bisa berenang di sekitarnya. Namun usahakan untuk menggunakan pengaman, terlebih bagi anda yang notabenenya masih kurang bisa berenang dengan baik. Dan perlu di garis bawahi, jangan sampai anda berenang di sekitaran grojogannya, sebab air terjun ini memiliki debit yang tergolong tinggi.

Kegiatan Menarik di Grojogan Sewu
Image Credit: Google Maps Zain Zairo

4. Menyantap Sajian Kuliner yang Nikmat

Jika banyak orang yang datang ke Tawangmangu bakal menyantap sate kambing atau ayam, kali ini berbeda jika anda mengunjungi Air Terjun Grojogan Sewu. Sebab di lokasi ini pengunjung bakal dimanjakan dengan berbagai menu unik yaitu sate kelinci. Mungkin bagi sebagian orang terlihat menggemaskan, namun nyatanya daging dari sate kelinci ini memiliki banyak khasiat.

Berbagai khasiat yang ditawarkan pada kuliner sate kelinci di sekitar Grojogan Sewu Tawangmangu diantaranya adalah mampu menurunkan kolesterol, sebagai obat asma, dan pastinya juga tergolong rendah lemak. Sehingga bagi pengunjung yang belum pernah menikmati sajian sate kelinci ini bakal menemukan sensasi yang berbeda dan pastinya juga menyenangkan.

5. Mengabadikan Momen Berharga

Bagia setiap wisatawan yang harus ke lokasi pasti tidak luput dengan yang namanya mengabadikan momen berharga. Tidak ketinggalan juga bagi anda yang datang ke lokasi wisata Air Terjun Grojogan Sewu. Sebab karena pemandangannya yang begitu asri banyak digunakan untuk berburu foto menarik di sekitarnya. Bahkan tidak jarang juga wisatawan yang berfoto di area tangga yang unik.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Grojogan Sewu
Image Credit: Google Maps Muhammad Mukty Zaki

Berwisata di Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu akan semakin nikmat dan nyaman dengan adanya berbagai fasilitas yang disediakan. Fasilitas yang ada di lokasi wisata Air Terjun ini, antara lain adalah flying fox yang memicu adrenalin. Bahkan disana juga disediakan waterboom dan kolam renang yang cocok untuk anak-anak, namun juga harus tetap diawasi orang tuanya.

Bagi anda yang ingin menyusuri sungai sekitar destinasi ini juga bisa menikmati fasilitas mini rafting yang disediakan oleh pihak pengelola. Tidak ketinggalan, d area ini juga banyak disajikan olahan kuliner yang sangat khas, salah satunya sate kelinci yang banyak khasiatnya. Bahkan bagi anda dari luar kota juga dapat menginap di beberapa hotel yang disediakan sekitar kawasan wisata.

Kesimpulannya, bahwasannya Grojogan Sewu adalah air terjuan yang memiliki air jernih nan sejuk di kawasan Tawangmangu. Air Terjun ini memiliki banyak daya tarik bagi pengunjung, diantaranya adanya debit air yang deras, terdapat sekumpulan kera yang hidup bebas, 1250 anak tangga, dan penuh dengan pemandangan yang asri.

REKOMENDASI DESTINASI