Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 06.00-17.00 WIB, Alamat: Bangunrejo, Merdikorejo, Kec. Tempel, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Mengulas objek wisata di Jogja rasanya memang tiada habisnya. Bagaimana tidak, daerah yang dijuluki sebagai kota pelajar ini menyimpan banyak sekali destinasi menarik. Sampai sampai anda tidak akan dapat mengunjungi semuanya hanya dalam satu hari. Salah satu yang belakangan viral dan menjadi perbincangan yaitu Grojogan Watu Purbo.

Objek wisata yang ada di daerah Sleman tersebut populer di media sosial karena menampilkan air terjun yang unik. Karena di sana terdapat air terjun yang berundak dengan jumlah 6 buah, menampilkan keindahan yang begitu rupawan. Belum lagi dengan panorama alam sekitar yang terlihat begitu alami, hijau, dan menyegarkan mata.

Sejarah Grojogan Watu Purbo

Sejarah Grojogan Watu Purbo
Image Credit: Google Maps windu dolandolan

Tidak seperti objek wisata alam berupa air terjun lainnya, Grojogan Watu Purbo tidak tercipta secara alami. Grojogan ini dibangun sekitar tahun 1975, dan termasuk ke dalam proyek Merapi membangun sabo (dam). Tujuan pembuatan sabo atau dam tersebut yaitu untuk menahan aliran lahar apabila suatu saat Gunung Merapi mengalami erupsi.

Aliran airnya sendiri berasal dari Kali Bebeng dan Kali Krasak, yang diketahui keduanya sering terdampak aliran lahar dingin Gunung Merapi. Jadi bentuk awalnya berupa sabo atau dam dengan 6 trap grojogan yang dibentuk sedemikian rupa. Sementara bebatuan besar yang ada di sekitarnya adalah batuan alami.

Sejak saat itu, selama bertahun tahun Grojogan Watu Purbo justru menjadi terbengkalai. Hingga pada akhirnya Pokdarwis (kelompok sadar wisata) di daerah setempat kemudian berinisiatif untuk mengelolanya dan menjadikannya sebagai tempat wisata. Di tahun 2017, wisata alam buatan ini mulai diperkenalkan ke penduduk sekitar.

Namun baru benar benar diresmikan sebagai objek wisata untuk umum pada tahun 2020, dengan dihadiri oleh Bupati Sleman dan Ketua DPRD Sleman yang menandatangani prasasti. Dari situlah grojogan tersebut kemudian mulai dikenal masyarakat luas. Keindahannya tersebar di media sosial dan menjadi viral, sampai banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung.

Daya Tarik yang Dimiliki Grojogan Watu Purbo

Daya Tarik Grojogan Watu Purbo
Image Credit: Google Maps Ilham Syaiful R.

1. Arti Nama Grojogan

Grojogan dalam bahasa Jawa memiliki arti air terjun, sementara Watu Purbo diartikan sebagai batu purba. Penamaan terhadap air terjun buatan tersebut bukan tanpa alasan. Pasalnya di sekitar lokasi memang terdapat banyak bebatuan purba. Menurut para ahli yang pernah meneliti di lokasi, bebatuan tersebut berasal dari perut Gunung Merapi ketika mengalami erupsi.

Hal ini tentu tidak mengherankan, sebab lahar dingin pasca erupsi Gunung Merapi memang biasanya memberi dampak terhadap Kali Bebeng dan Kali Krasak. Yang mana Grojogan Watu Purbo berasal dari aliran kedua kali tersebut. Sehingga bebatuan dari perut Gunung Merapi juga sangat mungkin sampai ke lokasi air terjun ini.

2. Punya Air Terjun Bertingkat

Tidak seperti air terjun pada umumnya yang hanya terdiri atas satu tingkat, Grojogan Watu Purbo punya 6 tingkat sekaligus. Dimana desain bendungan yang bertingkat tersebut mampu menciptakan lanskap yang begitu memikat. Harmoni dengan hijau alam di sekelilingnya akan membuat siapapun terpesona ketika menyaksikan secara langsung.

Terlebih pemandangan semakin indah ketika langit sedang cerah. Sebab latar Gunung Merapi yang gagah akan ditampilkan di balik grojogan. Semua kombinasi panorama tersebut menciptakan suasana yang terasa amat menenangkan. Dan sejauh mata memandang, anda akan dimanjakan dengan pemandangan alamnya.

3. Spot Foto Instagramable

Air terjun yang bertingkat dan menampilkan lanskap begitu memikat, membuatnya menjadi spot foto Instagramable. Masing masing tingkatannya sendiri memiliki ketinggian sekitar 3 sampai 7 meter, sehingga terlihat seperti tangga yang berundak. Cocok sebagai background untuk menghasilkan foto ciamik.

Ditambah dengan pemandangan indah yang ada di sekeliling, membuat setiap sisi yang ada di Grojogan Watu Purbo bisa menjadi spot foto menarik untuk dibagikan ke sosial media. Jadi bukan hanya bagian air terjunnya saja, namun pepohonan hijau yang melingkari area air terjun bahkan bisa anda manfaatkan sebagai pemanis foto ketika mengabadikan momen di sana.

Daya Tarik Dimiliki Grojogan Watu Purbo
Image Credit: Google Maps Dionisius Kusuma

4. Debit Air Tidak Terlalu Besar

Bagi anda yang ingin menikmati wisata alam berupa air terjun bersama dengan keluarga dan mengajak anak anak, sepertinya grojogan yang ada di daerah Sleman ini merupakan pilihan yang tepat. Sebab bentuknya yang melebar dan setiap tingkat hanya memiliki ketinggian sekitar 4 sampai 7 meter, maka debit air di sini tidak terlalu besar. Sehingga termasuk cukup aman apabila anda ingin bermain main air.

5. Dekat Wisata Populer Lainnya

Grojogan Watu Purbo yang berada di kawasan Gunung Merapi, mempunyai lokasi yang berdekatan dengan beberapa objek wisata populer lainnya yang juga berada di kawasan sama. Seperti Landmark World Merapi, Museum Ullen Sentalu, Museum Gunung Merapi, Bunker Kaliadem, dan Teras Merapi. Sehingga anda bisa menikmati banyak objek wisata sekaligus dalam sekali jalan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Grojongan Watu Purba
Image Credit: Google Maps Dipu Goswamy

Air Terjun Watu Purbo terletak di Desa Bangunrejo, Tempel, Sleman, Yogyakarta. Lokasi ini berada di kawasan Gunung Merapi dan berdekatan dengan beberapa objek wisata terkenal, sehingga tidak sulit untuk menemukannya. Jaraknya dari pusat kota kurang lebih 18 kilometer, sehingga membutuhkan waktu sekitar 35 menit perjalanan untuk sampai ke tujuan.

Dari titik nol kilometer atau dari Malioboro, anda bisa menggunakan rute menuju Ringroad Utara sampai 10 kilometer. Selanjutnya arahkan kendaraan ke Jalan Raya Magelang sampai menuju lokasi. Untuk memudahkan perjalanan anda, sebaiknya gunakan bantuan peta digital atau sempatkan diri bertanya pada penduduk sekitar agar tidak tersesat.

Rute yang anda lewati untuk sampai di lokasi air terjun terbilang sudah cukup mulus. Sehingga anda dapat menggunakan berbagai jenis kendaraan sesuai kebutuhan. Baik itu kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat berupa mobil atau bus sekalipun. Bahkan lahan parkir yang luas sudah tersedia untuk menampung banyak kendaraan pengunjung.

Harga Tiket Masuk Grojogan Watu Purbo

Harga Tiket Masuk Grojogan Watu Purbo
Image Credit: Google Maps windu dolandolan

Perlu diketahui bahwa objek wisata Grojogan Watu Purbo dibuka untuk umum setiap harinya mulai pukul 06.00 sampai dengan 17.00 WIB. Sehingga pastikan anda datang pada jam jam tersebut apabila ingin berkunjung dan menikmati wisata alam ini. Adapun harga tiket masuknya menurut informasi tidak dikenakan biaya alias gratis.

Akan tetapi anda akan dikenakan biaya tambahan untuk retribusi parkir. Tidak mahal, cukup sediakan sekitar Rp. 2.000 untuk sepeda dan Rp. 5.000 untuk sepeda motor serta Rp. 10.000 untuk mobil. Sementara bagi anda yang datang bersama rombongan menggunakan bus, maka biaya parkirnya sedikit lebih tinggi.

Untuk bus kecil dengan muatan 30 orang, anda perlu membayar sekitar Rp. 30.000. Sedangkan yang datang menggunakan bus besar perlu membayar Rp. 50.000. Biaya tersebut berlaku untuk satu hari, jadi anda tidak akan dikenakan biaya lain pada hari yang sama. Dengan biaya yang begitu terjangkau ini, anda sudah bisa menikmati berbagai keseruan yang ada di area air terjun.

Kegiatan yang Menarik di Grojogan Watu Purbo

Kegiatan Menarik Grojogan Watu Purbo
Image Credit: Google Maps serdadu kompeni

1. Berburu Foto

Dihadapkan dengan pemandangan alam yang begitu cantik nan mempesona, siapa yang tidak gatal untuk segera mengambil kamera dan berpose ? Rasanya hampir semua masyarakat millennials akan melakukan hal tersebut. Bisa dibilang bahwa berburu foto adalah aktivitas wajib yang harus dilakukan ketika berkunjung ke suatu objek wisata.

Pun ketika anda rekreasi ke Grojogan Watu Purbo ini, jangan sampai lupa untuk mengabadikan momen ketika berada di sana. Karena panoramanya yang begitu menawan membuat setiap sisi yang ada bisa menjadi spot foto menarik. Terlebih jika cuaca sedang cerah, anda bisa mendapat foto ciamik dengan latar belakang air terjun bertingkat dan Gunung Merapi yang begitu gagah.

2. Bermain Air

Didesain dengan bentuk yang melebar dan setiap tingkatnya tidak begitu tinggi, bermain air di sini termasuk cukup aman. Apalagi airnya yang jernih memang sangat menggoda siapapun untuk menyentuh dan merasakan sensasi dingin serta kesegarannya. Anda bisa berenang atau sekadar mencuci kaki dan wajah sambil menikmati pemandangan indah yang ada di sekitar.

3. Menikmati Keindahan Bunga di Sepanjang Jalan

Tenang saja, bukan hanya pemandangan hijau saja yang dapat anda temukan ketika berkunjung ke Grojogan Watu Purbo. Pasalnya di sini juga terdapat bunga bunga indah tumbuh subur di sepanjang jalan. Jenis bunga yang tumbuh pun ada berbagai macam, salah satunya bunga daisy. Biasanya pengunjung memanfaatkan bunga bunga tersebut sebagai spot foto yang Instagramable.

Kegiatan Menarik di Grojogan Watu Purbo
Image Credit: Google Maps Puther 7788

4. Membuat Rock Balancing Art

Rock balancing art yaitu seni menyusun batu yang sempat menjadi tren di masyarakat. Mengingat bahwa di sekitar air terjun bisa ditemukan banyak batuan, maka aktivitas ini sangat menarik untuk dicoba. Meskipun terlihat mudah, nyatanya cukup sulit membuat batu tersusun rapi dan tidak runtuh. Sehingga diperlukan ketenangan, konsentrasi, dan kesabaran dalam melakukan rock balancing art tersebut.

5. Memancing

Bagi anda yang hobi memancing, di sini juga sudah tersedia spot memancing yang bisa digunakan sebagai tempat menyalurkan hobi. Sambil menyalurkan hobi, anda bisa duduk dan menikmati keindahan alam yang begitu mempesona. Sehingga anda tidak akan merasa bosan selama memancing di sana.

6. Camping

Apabila ingin menikmati keindahan Grojogan Watu Purbo lebih lama, anda bahkan dapat mendirikan tenda dan melakukan camping. Tentunya pengalaman ini akan terasa sangat berkesan. Namun jangan lupa membawa jaket yang tebal, mengingat bahwa lokasi air terjun juga berada di kawasan Gunung Merapi. Sehingga tambah malam udara di sekitar akan terasa semakin dingin.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Air Terjun

Fasilitas Air Terjun Grojongan Watu Purba
Image Credit: Google Maps Ifandri Dwi Aryono

Setelah dikelola menjadi objek wisata, Air Terjun Watu Purbo dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Tujuan dari pembangunan fasilitasnya tidak lain adalah untuk menunjang para wisatawan yang datang. Sehingga apa yang anda butuhkan selama berada di lokasi pasti dapat terpenuhi.

Mulai dari toilet bersih yang bisa dimanfaatkan untuk membilas diri setelah bermain air di air terjun, tempat parkir luas untuk berbagai jenis kendaraan, mushola, spot mancing, sampai deretan spot foto ciamik. Anda juga tidak perlu khawatir akan kelaparan selama berkunjung ke destinasi, sebab sudah tersedia warung yang menjual berbagai makanan dan minuman kemasan maupun berat.

Grojogan Watu Purbo merupakan wisata alam di Sleman, Yogyakarta, yang menarik untuk dikunjungi bersama dengan keluarga maupun teman. Panorama alamnya yang begitu hijau dan menyegarkan cocok sebagai tempat rekreasi untuk menghilangkan penat. Terlebih ada banyak kegiatan menarik yang dapat dilakukan di lokasi, ditambah dengan fasilitasnya yang memadai akan menunjang berbagai aktivitas anda.

REKOMENDASI DESTINASI